Primer berfungsi untuk membantu tampilan make up menjadi lebih halus dan tahan lama. Bagi Sedulur yang memiliki masalah jerawat, tentu akan menggunakan primer. Namun Sedulur tidak boleh sembarangan menggunakan primer, Sedulur wajib menggunakan primer untuk kulit berjerawat.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar rekomendasi primer untuk kulit berjerawat yang bisa Sedulur gunakan dan dijadikan pilihan Sedulur saat menggunakan make up. Yuk, mari langsung kita simak daftar rekomendasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berminyak, Gak Lengket!

Tips memilih primer untuk kulit berjerawat

primer untuk kulit berjerawat
iStock

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait rekomendasi primer untuk kulit berjerawat, ada baiknya Sedulur mengetahui terlebih dahulu tips memilih primer untuk kulit berjerawat. Dengan mengetahui tips ini, Sedulur akan terhindar dari salah pilih primer.

-->

Berikut ini terdapat beberapa tips dan cara untuk memilih primer untuk kulit berjerawat. Yuk, mari langsung kita simak tipsnya di bawah ini!

1. Tentukan jenis primernya

Cellular Cosmetics

Dalam tips memilih primer untuk kulit berjerawat, hal pertama yang wajib Sedulur tentukan adalah jenis primernya. Biasanya primer mengandung silikon yang berfungsi untuk menyamarkan pori-pori. Namun, saat ini primer hadir dengan berbagai jenis dan tekstur.

Sedulur bisa memilih hasil akhir primer sesuai dengan jenis kulit yang Sedulur miliki. Berikut ini beberapa jenis primer yang dimaksud:

  • Gel: Primer jenis ini adalah yang paling umum dijual di pasaran. Ada dua tipe primer gel yaitu tipe water-based dan silicone-based. Tipe silicone-based berfungsi mengisi pori-pori agar tekstur kulit terlihat lebih merata. Karena itu, pengaplikasian silicone-based primer cukup sedikit saja agar kulit tidak terlalu terasa berat. Sementara itu, tipe water-based biasanya formulanya ringan dan berfungsi melembapkan juga.
  • Krim: Primer dengan tekstur krim memiliki kandungan terbesar air atau disebut water-based. Berbeda dengan jenis gel yang transparan, primer jenis krim biasanya memiliki warna. Karena itu, primer jenis ini biasanya menawarkan kemampuan coverage dan dapat digunakan untuk menyamakan warna kulit.
  • Spray: Primer jenis ini juga merupakan tipe water-based dan dikombinasikan dengan bahan-bahan skincare dalam formulanya. Spray primer didesain untuk dapat membantu melembapkan sekaligus menghaluskan tekstur kulit. Selain digunakan sebagai primer, spray primer juga biasanya dapat digunakan sebagai setting spray.

2. Perhatikan komposisi bahannya

Gurl Gone Green

Tips kedua yaitu memperhatikan komposisi bahannya. Komposisi bahan atau ingredients adalah salah satu hal yang penting utnuk diperhatikan ketika memilih primer, terutama jika Sedulur memiliki kulit berjerawat.

Kondisi kulit berjerawat akan menjadi lebih rentan dan sensitif. Hal tersebut ketika saat sedang berjerawat, maka dari itu pastikan untuk memilih primer yang formulanya ringan. Selain itu, pertimbangkan primer yang mengandung bahan-bahan berikut ini:

  • Primer dari asam salisilat, bekerja aktif singkirkan kotoran dan kulit mati
  • Primer dengan kandungan centella asiatica yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.
  • Primer dari niacinamide yang dapat menghadirkan kulit wajah yang lebih kencang.

3. Periksa kandungan yang harus dihindari kulit berjerawat

Cosmopolitan

Tips dalam memilih primer untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah dengan memeriksa kandungan yang harus dihindari, terutama oleh kandungan kulit berjerawat. Primer yang dibuat khusus untuk kulit berjerawat biasanya tidak mengandung bahan-bahan yang akan memperparah kondisi kulit.

Meskipun demikian, beberapa produk primer masih menggunakan bahan-bahan tersebut untuk memberikan efek tertentu pada kulit. Karena itu, saat memilih primer, coba periksa apakah bahan-bahan berikut ada dalam komposisinya.

  • Bismuth oxychloride: Sering digunakan dalam komposisi makeup untuk memberi efek halus dan shimmering. Namun, pada banyak kasus, bismuth oxychloride dapat menyebabkan rasa gatal, ruam, breakout, hingga jerawat kistik.
  • Lauric acid: Coconut oil merupakan kandungan yang banyak dijadikan sebagai bahan tambahan dalam produk skincare dan makeup. Akan tetapi, lauric acid yang terkandung di dalamya merupakan bahan yang sangat komedogenik. Hal ini tentu saja harus dihindari, apalagi untuk kulit yang sedang berjerawat.
  • Isopropyl isostearate: Merupakan turunan dari stearic acid. Jika Sedulur menemukan primer yang teksturnya sheer atau seperti lotion, periksa apakah mengandung bahan ini. Jika iya, sebaiknya Sedulur tinggalkan karena isopropyl isostearate dapat membuat pori-pori tersumbat dan jerawat breakout.

4. Pertimbangkan primer dengan hasil akhir matte

Byrdie

Terakhir Sedulur harus mempertimbahkan primer dengan hasil akhir matte. Kulit kering dan kulit berminyak membutuhkan primer yang mengandung bahan pelembap untuk mencegah kulit dehidrasi. Bagi pemilik kulit kering, kandungan pelembap adalah hal yang wajib.

Selain berguna untuk menjaga kelembapan, primer berpelembap dapat mencegah makeup menjadi crack dan memicu keriput. Akan lebih baik juga apabila Sedulur memilih primer dengan hasil akhir dewy. Sementara itu, untuk kulit berminyak dan cenderung acne prone, pilihlah primer dengan hasil akhir matte. Primer yang matte dapat menahan minyak dan membuat wajah tampak smooth.

Meskipun begitu, primer yang dipilih juga harus mengandung pelembap agar kulit tidak memproduksi sebum berlebih karena kurang terhidrasi. Jadi, pilihlah primer yang mengandung pelembap, seperti glycerin, squalene, dan betaine.

BACA JUGA: 12+ Toner Untuk Kulit Berminyak & Berjerawat Terbaik, Jadi Mulus!

Nah, setelah mengetahui tips dan cara memilih primer yang cocok bagi Sedulur yang memiliki kulit berjerawat, tentu Sedulur harus mengetahui apa saja rekomendasinya. Berikut ini rekomendasi primer yang bisa jadi pilihan Sedulur, yaitu:

1. Make Over Powerstay Color Correcting Primer Green

 primer untuk kulit berjerawat
Make Over

Rekomendasi primer untuk kulit berjerawat yang pertama yaitu Make Over Powerstay Color Correcting Primer Green. Primer ini diformulasikan dengan prime lock technology dan oil absorber yang membuat makeup tidak mudah bergeser dan tahan lama.

Sementara itu, primer ini memiliki formula ringan yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Nah, harga dari Make Over Powerstay Color Correcting Primer Green adalah Rp 90.000.

2. Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser

 primer untuk kulit berjerawat
Maybelline

Selanjutnya primer untuk kulit berjerawat yang bisa jadi pilihan Sedulur adalah produk dari Maybelline dengan produk Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser. Primer dari Maybelline ini diformulasikan dengan tekstur ringan.

Tidak hanya itu, Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser juga memiliki kandungan antioxidant, clinically proven, dan cherry extract. Semua kandungan tersebut bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan membuat hasil makeup menjadi lebih halus.

Nah, harga dari Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser bisa Sedulur dapatkan mulai dari Rp 60.000 saja. Bisa jadi rekomendasi primer menarik bagi Sedulur.

3. ESQA Seal Primer Serum Mattifying

primer untuk kulit berjerawat
ESQA

Produk primer dari ESQA ini bisa jadi primer untuk kulit berjerawat yang bisa Sedulur gunakan. Primer ini diformulasikan dengan berbagai kandungan yang bisa menyamarkan pori-pori, mengontrol minyak, dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Tidak hanya itu, primer ini bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Sementara itu, Sedulur bisa mendapatkan ESQA Seal Primer Serum Mattifying dengan harga mulai dari Rp 115.000. Dibandingkan primer sebelumnya, primer dari ESQA ini cenderung lebih mahal. Namun harga tidak akan mengkhianati kualitas.

4. Azarine Matte My Day Hydra Veil Primer Serum

Azarine

Azarine memiliki produk primer yang terbaik untuk kulit wajah Sedulur yang berjerawat. Melalui produk Azarine Matte My Day Hydra Veil Primer Serum, primer ini juga dapat digunakan menjadi serum. Selain itu, Azarine Matte My Day Hydra Veil Primer Serum memiliki tekstur ringan.

Walau begitu, primer ini dapat menyamarkan pori-pori, kerutan, dan kemerahan pada wajah. Di sisi lain, adanya kandungan centella asiatica di dalamnya bisa sekaligus merawat kulit berjerawat. Hanya dengan harga mulai dari Rp 90.000 Sedulur sudah bisa mendapatkan primer ini.

5. Wardah Insta Perfect Porefection Skin Primer

Wardah

Wardah Insta Perfect Porefection Skin Primer merupakan primer berikutnya yang bisa Sedulur coba. Pasalnya, primer ini dilengkapi dengan silicone based primer yang bisa menyamarkan pori-pori. Walaupun begitu primer dari Wardah ini memiliki tekstur yang tidak berat.

Di sisi lain, adanya kandungan titanium dioxide dalam produk ini bisa membuat kulit lebih halus. Nah, harga dari Wardah Insta Perfect Porefection Skin Primer bisa Sedulur dapatkan mulai dari Rp 85.000.

6. Rimmel London Stay Matte Primer

Rimmel London

Rimmel London Stay Matte Primer merupakan primer untuk kulit berjerawat selanjutnya. Rimmel London Stay Matte Primer merupakan rekomendasi berikutnya. Primer ini dapat memberikan hasil makeup flawless.

Tidak hanya itu, Rimmel London Stay Matte Primer memiliki tekstur ringan dan mengandung moisturizer yang bisa melembapkan wajah. Sementara itu, Sedulur bisa mendapatkan Rimmel London Stay Matte Primer dengan harga mulai dari Rp 105.000.

7. Mineral Botanica Dura Wear Pore Refining Primer

Mineral Botanica

Mineral Botanica Dura Wear Pore Refining Primer ini memiliki tekstur lembut. Maka dari itu, bisa menjadi pilihan Sedulur. Tidak hanya itu, primer ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, terutama kulit berjerawat.

Pasalnya, primer ini memiliki kandungan berupa vitamin C dan bisabolol yang melindungi kulit dari bakteri. Hanya dengan harga mulai dari Rp 80.000 Sedulur bisa mendapatkan Mineral Botanica Dura Wear Pore Refining Primer.

8. Luxcrime Perfect Canvas Mattifying Poreless Primer LXC-000076

Luxcrime

Luxcrime Perfect Canvas Mattifying Poreless Primer merupakan rekomendasi selanjutnya. Primer ini bisa digunakan bagi kulit berjerawat dan berminyak. Pasalnya, primer ini bisa mengontrol minyak pada wajah. Sehingga membuat wajah bebas dari kilap dan makeup menjadi tahan lama.

Tidak hanya itu, primer dari Luxcrime ini termasuk primer non komedogenik sehingga tidak membuat pori-pori tersumbat. Sementara itu, harga dari Luxcrime Perfect Canvas Mattifying Poreless Primer dibanderol mulai dari Rp 100.000.

Bagi Sedulur yang mengeluarkan banyak minyak di wajah, primer ini memiliki fungsi dan manfaat untuk mengontrol minyak wajah Sedulur. Ditambah, minyak pada wajah bisa menyebabkan wajah kusam dan memunculkan jerawat. 

9. Studio Tropik Balance Priming Water

Studio Tropik

Studio Tropik Balance Priming Water merupakan rekomendasi primer berikutnya yang bisa Sedulur gunakan. Primer ini memiliki kandungan yang bebas dari alkohol dan paraben. Sementara itu, Studio Tropik Balance Priming Water ini memiliki kandungan berupa niacinamide dan zinc yang bisa membuat kulit menjadi lembap dan halus.

Tidak hanya itu, Studio Tropik Balance Priming Water juga mudah menyatu dengan makeup dan membuat makeup tetap flawless. Nah, harga dari Studio Tropik Balance Priming Water bisa Sedulur dapatkan mulai dari Rp 100.000.

10. e.l.f Blemish Control Face Primer

primer untuk kulit berjerawat
elfcosmetics

Rekomendasi primer untuk kulit berjerawat terakhir. Primer ini dapat membuat kulit Sedulur tampak sehat dan segar dengan dua kandungan anti-acne. Primer ini juga ampuh bagi Sedulur untuk mengatasi peradangan dan noda di wajah akibat jerawat.

Primer ini juga mengandung  tea tree oil dan salicylic acid ini. Dua bahan tersebut terkenal sebagai bahan aktif untuk melawan jerawat. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp180.000 saja. Dijamin wajah Sedulur akan tampak lebih bersih.

BACA JUGA: Jangan Salah! Urutan Make Up Untuk Remaja yang Benar

11. Emina Pore Ranger Primer

priimer untuk kulit berjerawat
Emina

Rekomendasi primer untuk kulit berjerawat lainnya yang bisa Sedulur coba yaitu Emina Pore Ranger Primer. Primer ini memiliki formula ringan yang bisa menyamarkan pori-pori dan garis halus pada wajah. Tidak hanya itu, primer ini bisa memberikan hasil makeup flawless, tahan lama, dan bebas kilap.

Hanya dengan harga mulai dari Rp 63.000 Sedulur bisa mendapatkan Emina Pore Ranger Primer. Salah satu rekomendasi primer berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa Sedulur gunakan agar bisa tampil lebih percaya diri.

12. Madame Gie Face Prime Gel

primer untuk kulit berjerawat
Madame Gie

Rekomendasi terakhir primer untuk kulit berjerawat yaitu Madame Gie Primer Gel. Primer dari Madam Gie ini bisa memberikan finish makeup flawless dan tahan lama. Madame Gie Face Primer Gel memiliki tekstur gel.

Sementara itu, Madame Gie Face Primer Gel bisa mengontrol minyak, membuat makeup tampak halus, dan tidak transfer saat menggunakan masker. Nah, Madame Gie Face Primer Gel bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 45.000.

Nah itulah daftar rekomendasi primer untuk kulit berjerawat yang bisa jadi pilihan Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama untuk mendapatkan primer yang tepat dengan kondisi kulit wajah Sedulur.

Semoga juga dari daftar primer yang direkomendasikan di atas, terdapat merk primer yang cocok dengan Sedulur, baik dari segi harga atau dari segi kualitas. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah Sedulur, ya!