perbedaan sunscreen nivea pink dan biru

Sunscreen merupakan skincare wajib untuk orang-orang yang tinggal di kawasan tropis dengan sinar matahari yang melimpah. Barang satu ini memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi kering, hitam, dan tidak sehat. Salah satu produk sunscreen yang banyak digunakan adalah Nivea. Namun, masih banyak yang bingung tentang perbedaan sunscreen Nivea pink dan biru.

Meski terlihat sama baik fungsi dan merek produknya, namun sunscreen Nivea pink dan biru memiliki perbedaan yang cukup besar. Agar Sedulur tidak bingung, mari kita bahas bersama perbedaan sunscreen Nivea pink dan biru, baik dari penggunaan dan kandungannya. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita cek apa saja perbedaan sunscreen Nivea pink dan biru di bawah ini!

BACA JUGA: 11 Sunscreen Terbaik yang Cocok Untuk Berbagai Jenis Kulit

Perbedaan sunscreen Nivea pink dan biru

perbedaan nivea pink dan biru
Nivea

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Terutama melindungi kulit dari pengaruh buruk sinak matahari seperti UVB dan UVA.

Nivea Sunscreen Serum sendiri hadir di pasaran dengan dibekali SPF 50+ dan PA+++. Meskipun sama-sama punya kandungan SPF 50+ dan PA+++, namun ternyata ada perbedaan di antara keduanya. Berikut adalah hal-hal yang membedakan antara Nivea pink dan biru, yaitu:

1. Kandungan

Perbedaan sunscreen Nivea pink dan biru yang pertama adalah kandungannya. Untuk Nivea warna pnk sendiri bernama Nivea Sunscreen Instant Aura yang bagus dan cocok untuk perempuan dengan kondisi kulit yang normal, kering atau juga keduanya.

Hal ini dikarenakan Nivea pink mengandung vitamin E sekaligus aura booster yang bisa melembabkan wajahmu sekaligus mencerahkannya. Jadi, bisa dibilang formulasinya sendiri lebih cocok untuk Sedulur dengan kulit kering.

Sementara untuk sunscreen Nivea yang warna biru sendiri dinamakan dengan Nivea Sun Serum Oil Control. Selain melindungi wajahmu dari sinar matahari, maka bisa juga kontrol minyak.

Dari namanya sendiri sudah jelas ya jika Nivea biru sendiri cocoknya untuk Sedulur dengan tipe kulit berminyak dan cenderung berjerawat. Kandungan oil control pada serum sunscreen satu ini sangat bagus untuk mengontrol minyak dalam wajah.

2. Manfaat

Perbedaan sunscreen Nivea pink dan biru yang kedua adalah dari segi manfaat. Dengan kandungan SPF hingga 50 PA++++, maka sunscreen Nivea biru dan pink ini sama-sama bagusnya dalam melindungi wajahmu dari efek sinar UVA dan UVB. Hanya saja, beda sunscreen Nivea pink dan biru ini punya manfaat lain.

Sunscreen satu ini bisa melembabkan wajahmu dari dalam dengan adanya vitamin E. Tidak hanya itu saja, sunscreen Nivea pink juga bisa cerahkan wajahmu dengan efek tone up-nya. Jadi, kalau Sedulur punya kulit yang cenderung gelap, maka bisa gunakan produk ini  secara teratur.

Sementara untuk sunscreen Nivea warna biru sendiri memang bagusnya untuk perempuan dengan kulit berminyak. Hasilnya tidak akan membuat wajahmu mengkilap dan mengontrol kelebihan minyak di wajah.

Selain itu, sunscreen Nivea biru juga bisa bantu menghilangkan komedo dan juga jerawat yang ada di wajahmu. Kalau Sedulur punya masalah dengan wajah berminyak dan jerawatan, maka bisa pilih yang varian biru.

3. Tekstur

Selanjutnya, perbedaan sunscreen Nivea pink dan biru yaitu dari segi tekstur. Nivea serum warna pink ini punya tekstur yang sunscreen dan bisa langsung meresap dengan mudah ke kulit. Teksturnya ini mudah sekali untuk diratakan ke wajah, ringan dan tidak lengket.

Sementara untuk Nivea Sun Serum Oil Control sendiri memiliki tekstur yang sunscreen juga namun lebih ke berwarna kuning. Sifatnya juga ringan dan cepat diserap kulit dengan hasil akhir yang matte setelah diaplikasikan ke wajah.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Kering Terbaik di 2023

Cara menggunakan sunscreen

perbedaan nivea pink dan biru
iStock

Perbedaan selanjutnya yang perlu Sedulur ketahui yaitu terkait cara penggunaannya. Kedua jenis Nivea Sunscreen serum memiliki langkah yang berbeda-beda dalam penerapannya. Nah, untuk itu Sedulur harus tahu cara dan langkahnya. Yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Nivea Sun Serum Pink

Agar pemakaiannya maksimal, Sedulur bisa mengaplikasikan Nivea Sun Serum Instant Aura ini setelah memakai toner dan sebelum memakai foundation serta bedak. Jadi, setelah cuci muka, Sedulur bisa langsung memakai toner dan menunggunya hingga kering.

Karena di dalam sunscreen Nivea ini terkandung serum, Sedulur nggak perlu repot lagi memakai serum tambahan. Cukup aplikasikan Nivea Sun Serum Instant Aura yang tekstur krimnya berwarna pink ini merata ke seluruh wajah. Setelah beberapa saat, barulah Sedulur bisa pakai bedak dan foundation merata ke seluruh wajah.

2. Nivea Sun Serum Biru

Banyak beauty influencer yang menyarankan untuk memakai produk ini setelah pemakaian moisturizer dan sebelum make up. Jadi, setelah Sedulur mencuci wajah dan memakai toner, aplikasikan pelembap terlebih dahulu dan tunggu hingga kering.

Setelah itu, Sedulur bisa aplikasikan sunscreen ini hingga mengering. Baru setelahnya Sedulur bisa menimpa dengan make up yang Sedulur perlukan. Sedulur tenang saja ketika memakainya karena tekstur dari sunscreen ini sangat ringan dan sangat cepat meresap.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Perbedaan sunscreen dan sunblock

iStock

Seringkali Sedulur sulit membedakan sunscreen dan sunblock. Keduanya memang bagian dari skincare namun memiliki perbedaan yang jelas. Seperti yang diketahui, keduanya sama-sama dipadankan dengan istilah tabir surya dalam bahasa Indonesia. Tabir surya sendiri memiliki arti sebagai produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi bahaya sinar matahari. Sementara, pengertian sunscreen dan sunblock adalah sebagai berikut.

Dikutip dari Kamus Merriam-Webster, sunscreen didefinisikan sebagai sebuah lapisan untuk melindungi dari matahari. Selain itu sunscreen juga didefinisikan sebagai preparat atau sesuatu misalnya losion yang diaplikasikan pada kulit dalam rangka mencegah sengatan matahari. Adapun sunscreen melindungi kulit secara kimiawi.

Sementara itu, Kamus Merriam-Webster juga mendefinisikan sunblock sebagai preparat berupa losion yang diaplikasikan pada kulit untuk mencegah sengatan matahari. Namun sunblock melindungi kulit dengan cara menghalangi radiasi secara fisik. Sehingga saat dioleskan ke kulit, sunblock akan bekerja seperti membuat lapisan pelindung pada kulit.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa tabir surya, sunscreen, dan sunblock sama-sama merujuk pada produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

1. Kandungan bahan

Perbedaan yang pertama dapat dilihat dari kandungan zat di dalam kedua jenis tabir surya tersebut. Mengutip dari laman Health, sunscreen mengandung bahan kimia sedangkan sunblock mengandung bahan mineral.

Sebelumnya sudah disinggung bahwa sunscreen melindungi kulit secara kimiawi. Hal ini disebabkan karena sunscreen umumnya mengandung bahan kimia organik berupa octyl methoxycinnamate, octyl salicylate, dan ecamsule.

Di sisi lain, berbagai bahan yang terkandung di dalam sunscreen juga membuatnya memiliki karakter tekstur yang tipis dan dapat mudah menyerap sehingga tidak terlihat setelah diaplikasikan ke kulit.

Di sisi yang lain, sunblock mengandung bahan mineral berupa titanium dioksida atau seng oksida yang dapat menangkal sinar UV secara fisik. Dengan kata lain, kandungan bahan mineral dalam sunblock akan membentuk lapisan yang dapat menghalangi masuknya paparan sinar UV.

2. Fungsi

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari segi fungsinya. Meski sama-sama berfungsi untuk melindungi kulit, sunscreen dan sunblock memiliki manfaat secara spesifik yang berbeda. Berikut penjelasannya.

  • Fungsi sunscreen

Telah diketahui bersama bahwa sunscreen mengandung bahan kimia organik sehingga melindungi kulit secara kimiawi yakni dengan masuk ke lapisan kulit teratas. Hal ini menyebabkan sunscreen melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dari dalam lapisan kulit. Di sisi lain, kebanyakan sunscreen hanya dapat melindungi kulit dari sinar UVB.

  • Fungsi sunblock

Berbeda dengan sunscreen yang hanya dapat melindungi kulit dari UVB, sunblock disebut dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Tak hanya itu, sunblock juga berfungsi untuk melindungi kulit dengan menciptakan lapisan fisik di atas permukaan kulit. Sehingga sunblock dapat menghalangi masuknya sinar matahari ke dalam kulit.

3. Cara kerja

Perbedaan yang ketiga adalah cara kerja dari sunscreen dan sunblock dalam melindungi kulit. Perbedaan cara kerja ini perlu diperhatikan karena bisa mempengaruhi efektivitasnya setelah digunakan.

Diketahui, sunscreen melindungi kulit dengan cara menyerap sinar UV. Tepatnya sunscreen akan menyerap sinar UV yang masuk ke dalam kulit dan mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

Lantaran bekerja dengan cara menyerap sinar UV dari dalam, sunscreen sebaiknya dioleskan ke kulit sekitar 20 menit sebelum keluar ruangan. Hal ini dikarenakan sunscreen membutuhkan waktu untuk dapat diserap oleh kulit.

Sementara itu, sunblock bekerja dengan membuat lapisan di atas permukaan kulit untuk mencegah masuknya sinar UVA dan UVB. Lantaran bekerja dari permukaan kulit, sunblock cenderung dapat langsung bekerja setelah dioleskan ke kulit. Sehingga Sedulur dapat menggunakan sunblock sesaat sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Nah itulah tadi penjelasan terkait perbedaan sunscreen Nivea pink dan biru. Setelah membaca penjelasan di atas, tentu Sedulur tidak boleh lagi salah menggunakan sunscreen dari Nivea dan agar kulit Sedulur bisa terlindungi dengan baik.