Sinar matahari merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Karena itu, yuk simak rekomendasi sunscreen terbaik ini!

Sunscreen merupakan bagian penting dari rangkaian skincare. Terutama bagi Sedulur yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, sunscreen penting untuk menjaga kulit dari sinar matahari yang ganas. Paparan sinar matahari dan UV, merupakan salah satu faktor penyebab kerusakan kulit yang utama seperti penuaan dini, keriput, flek hitam, serta risiko kanker kulit.

Jangan sampai sedulur mengalami kerusakan kulit hanya karena lupa mengenakan sunscreen. Yuk simak rekomendasi tabir surya terbaik di bawah ini!

Rekomendasi Sunscreen Terbaik Untuk Berbagai Jenis Kulit

Jenis Sunscreen Terbaik

Photo by Fleur Kaan on Unsplash

Sekilas tampak sama, namun sunscreen sebenarnya memiliki jenis atau tipe masing-masing. Hal ini dibedakan dari komponen ingredients penangkal matahari di dalamnya. Terdapat 3 jenis sunscreen yang banyak ditemukan di pasaran hingga saat ini.

-->

Pertama, yang paling sering ditemukan kini adalah chemical sunscreen. Sesuai namanya, sunscreen jenis ini menggunakan bahan sintetis sebagai UV filternya. Terdapat beberapa jenis ingredient UV filter sintetis yang kerap digunakan, seperti avobenzone, octinoxat, Mexoryl SX, Tinosorb S dan M, dan Oxybenzone. Sunscreen jenis ini biasanya lebih lightweight, menyerap, dan jarang meninggalkan whitecast.

Jenis selanjutnya adalah physical sunscreen. Tabir surya jenis ini menggunakan komponen UV filter mineral yang bekerja dengan membangun lapisan di atas kulit untuk memblokir sinar matahari sehingga tidak mengenai kulit. Terdapat dua jenis mineral yang sering digunakan dalam physical sunscreen, yakni titanium dioxide dan zinc oxide. Ciri utama dari physical sunscreen adalah teksturnya yang lebih padat serta lengket, dan biasanya memiliki lapisan whitecast di atas kulit.

Jenis ketiga adalah hybrid sunscreen yang menggabungkan kedua jenis UV filter, chemical dan physical. Jenis sunscreen ini biasanya memiliki tekstur lebih ringan dari physical sunscreen, namun tidak seringan chemical sunscreen.

Tips Memilih Sunscreen Terbaik

Hal utama yang perlu Sedulur perhatikan saat memilih sunscreen adalah Spf yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Jika Sedulur banyak beraktivitas di bawah sinar matahari, maka disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan Spf 50 ke atas dan selalu mengaplikasikannya ulang secara berkala.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mencari sunscreen yang nyaman di wajah Sedulur. Banyak sunscreen yang membuat wajah semakin berminyak, lengket, atau kusam. Beberapa tabir surya pun memiliki lapisan whitecast. Sunscreen adalah produk skincare yang harus digunakan setiap hari. Sehingga, Sedulur harus memastikan bahwa Sedulur nyaman menggunakannya.

Rekomendasi Sunscreen Terbaik

Sunscreen Terbaik Korea: Cosrx Aloe Soothing Sun Cream

cosrx.com

Sunscreen ini merupakan jenis hybrid yang memadukan UV filter physical dan chemical. Hasilnya adalah sunscreen berbentuk gel yang cukup ringan, dengan sedikit whitecast. Sesuai namanya, sunscreen ini terasa soothing dan melembapkan di wajah. Sedulur dengan kulit kering akan menyukai feel dari sunscreen satu ini.

Dikemas dalam tube berukuran 50ml, Cosrx sun cream ini dibanderol dengan harga toko Rp199.000.

Biore UV Aqua Rich Watery Essence

beautynesia.id

Sempat menjadi sunscreen favorit banyak orang, Biore UV Aqua Rich merupakan tabir surya yang mengandalkan UV filter chemical. Hal ini menyebabkan tekstur sunscreen yang sangat ringan, mudah meresap, dan tidak memiliki whitecast sama sekali. Karena karakteristik inilah Biore UV Aqua jadi sunscreen terbaik untuk remaja.

Kelebihan lainnya terletak pada harganya yang murah serta kemudahannya untuk didapatkan di berbagai toko offline maupun online. Untuk 50ml sunscreen dalam tube, dibanderol dengan harga Rp115.000 saja.

Skinaqua UV Moisture Milk

Termasuk dalam salah satu daftar sunscreen terbaik dan termurah, Skinaqua UV Moisture Milk masih menjadi favorit banyak orang. Sunscreen satu ini merupakan tipe sunscreen hybrid antara physical dan chemical. Karena itu, teksturnya ringan, tidak lengket, dan menyerap ke kulit meski masih terasa sedikit lapisan UV filter di atas kulit.

Sunscreen dari Skin Aqua ini dibanderol dengan harga Rp60.000 saja untuk ukuran 40ml. Murah ‘kan?

Anessa Perfect UV Sunscreen

beautynesia.id

Termasuk ke dalam salah satu jenis sunscreen high-end yang memiliki harga tinggi dan kualitas unggul. Anessa Perfect UV Sunscreen jadi kesukaan banyak beauty influencer di Indonesia karena sangat ringan, mampu melindungi dengan baik, serta cocok untuk digunakan anak kecil sekalipun. Selain itu, Anessa Perfect UV merupakan sunscreen terbaik untuk kulit sensitif.

Sedulur yang memiliki kulit sensitif pasti kerap bingung memilih skincare karena berpotensi mengiritasi kulit. Jangan khawatir, sunscreen dari Anessa ini aman untuk kulit sensitif dan tidak membuat mata perih jika terkena. Harga dari sunscreen high-end ini adalah Rp449.000 untuk kemasan 60ml.

Sunscreen Terbaik Lokal: Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

beautynesia.id

Pemilik kulit berminyak akan merasa kesulitan dalam mencari sunscreen yang tepat. Pasalnya, banyak sunscreen yang justru membuat kulit semakin lengket dan berminyak. Jika Sedulur mencari sunscreen terbaik untuk kulit berminyak, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel bisa jadi pilihan.

Sunscreen lokal ini memiliki tekstur gel yang sangat ringan dan mudah menyerap di wajah. Meski begitu, tampilan dari sunscreen ini saat digunakan cukup matte dan tidak membuat Sedulur merasa wajah berminyak. Keunggulan lainnya lagi, sunscreen Azarine ini dibanderol dengan harga Rp65.000 saja untuk 50ml.

Baca Juga: 12+ Toner Untuk Kulit Berminyak & Berjerawat Terbaik, Jadi Mulus!

Emina Sun Battle

leeviahan.com

Sunscreen satu ini diformulasikan dan dipasarkan bagi remaja. Memiliki tekstur yang ringan di wajah dan cepat meresap, sunscreen ini merupakan jenis chemical sunscreen. Harganya pun sangat murah, cocok untuk kantong remaja, yakni hanya Rp49.000 untuk 30ml. Hal ini membuat Emina Sun Battle termasuk dalam sunscreen terbaik untuk remaja.

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel

deamerina.com

Brand lokal terpercaya Wardah juga memiliki beberapa varian sunscreen yang dapat Sedulur pilih sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Wardah UV Shield Sunscreen Gel merupakan salah satu produk sunscreen terbaru keluaran Wardah dan memiliki improved formula dari sunscreen lama Wardah.

Sesuai namanya, tabir surya satu ini memiliki tekstur gel yang ringan dan mudah dibaurkan. Meninggalkan sedikit saja whitecast, sunscreen ini cocok bagi Sedulur yang berkulit cenderung gelap. Untuk sunscreen dengan ukuran 40ml, dibanderol dengan harga Rp35.000 saja.

Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector

somethinc.com

Tabir surya keluaran brand lokal Somethinc ini disebut-sebut sebagai sunscreen terbaik untuk kulit kusam. Pasalnya, sunscreen ini merangkap sebagai corrector yang dapat mencerahkan warna kulit kusam. Uniknya lagi, sunscreen ini sebenarnya merupakan physical sunscreen. Akan tetapi sunscreen ini terasa ringan di wajah dan tidak meninggalkan whitecast yang berlebihan. Cocok bagi Sedulur dengan kulit yang rawan berjerawat dan kusam.

Rose All Day Don’t Forget Sunscreen

farahsab.com

Rose All Day memiliki sunscreen dengan kualitas baik yang disukai oleh banyak orang. Don’t Forget Sunscreen memiliki tekstur gel cair yang sangat ringan dan tanpa whitecast. Selain itu, sunscreen ini tidak meninggalkan rasa lengket di wajah yang bikin tidak nyaman. Terlebih dikemas dalam botol bulat kecil yang menggemaskan, tak heran jika tabir surya ini jadi pilihan banyak orang.

Avoskin x BLP Multipurpose Tinted Sunscreen

avoskinbeauty.com

Mencari sunscreen yang dapat merangkap sebagai base makeup? Cobalah satu-satunya tinted sunscreen keluaran brand lokal ini. Avoskin yang terkenal dengan kualitas produk skincare unggulan, serta BLP dengan keahlian meracik base makeup sesuai kulit wanita Indonesia, berkolaborasi dan menghasilkan tinted sunscreen yang sempurna.

For Skin’s Sake Weightless Sunscreen

thebareskinhacks.com

Produk dari brand lokal satu ini mungkin tidak sepopuler sunscreen lainnya dalam daftar ini. Akan tetapi kualitas dari sunscreen ini tidak main-main. Sangat ringan di kulit, melembapkan, serta tidak meninggalkan whitecast. Sunscreen ini jadi pilihan bagi Sedulur yang mementingkan kenyamanan kulit selama menggunakan sunscreen. Untuk harganya, sunscreen ini dibanderol di angka Rp190.000 untuk 45ml.

Cara Penggunaan Sunscreen yang Benar

Lebih dari sekadar jenis dan brand sunscreen, Sedulur perlu tahu pula bagaimana cara yang benar untuk menggunakan sunscreen. Penggunaan yang salah akan berdampak pada proteksi sunscreen yang berkurang dan tidak mampu menangkal bahaya UV pada kulit di masa depan.

Tabir surya, baik chemical maupun physical, perlu digunakan dengan kuantitas 2mg setiap cm persegi kulit. Jika sulit untuk menghitung kebutuhan sunscreen wajah Sedulur secara langsung, Sedulur dapat menggunakan trik penggunaan sunscreen sebanyak dua jari. Kuantitas ini diperkirakan cukup untuk berbagai ukuran wajah.

Selain itu, Sedulur perlu untuk selalu mengaplikasikan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali jika menginginkan proteksi maksimal. Sunscreen, terutama physical, mudah luntur saat tergesek, terkena air, atau keringat. Karena itu, Sedulur perlu untuk menjaga level proteksinya dengan aplikasi ulang.

Apakah dari daftar sunscreen terbaik di atas ada yang cocok bagi kebutuhan Sedulur? Sunscreen merupakan bagian penting dari rangkaian skincare. Percuma jika Sedulur rajin menggunakan skincare tapi tidak menggunakan sunscreen untuk proteksi kulit. Karena itu, jangan lupakan produk satu ini, ya!

Selain sunscreen, untuk menjaga kulit tetap sehat Sedulur juga perlu mengonsumsi makanan sehat. Untuk menghemat dan memudahkan, Sedulur dapat membeli bahan makanan sehat berkualitas via Aplikasi Super. Install sekarang dan rasakan kemudahannya!