merk sandal kulit lokal terbaik

Sandal kulit merupakan salah satu pilihan alas kaki yang banyak digunakan pria, alasannya karena sandal kulit sangat nyaman dan mudah digunakan. Selain itu, sandal kulit juga dapat membuat penampilan menjadi terlihat maksimal. Ada banyak merk sandal kulit lokal terbaik yang saat ini bisa dijadikan pilihan untuk Sedulur.

Untuk mendukung penampilan yang maksimal di atas, kali ini kita akan memberikan rekomendasi merk sendal kulit lokal terbaik yang bisa gunakan. Ulasan ini juga akan membantu Sedulur supaya tidak bingung memilih mana merk terbaik di pasaran saat ini. Dengan beragam varian model, jenis dan harga, tentu mencari merk sandal kulit lokal terbaik akan jadi lebih mudah. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sandal Terbaik Untuk Pria dan Wanita

Kelebihan menggunakan sendal kulit

merk sandal kulit lokal terbaik
Jim Joker

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait rekomendasi merk sandal kulit lokal terbaik, Sedulur harus tahu terlebih dahulu terkait kelebihan menggunakan sendal kulit. Kenapa sandal kulit sangat nyaman dan banyak digunakan.

-->

Selain bentuknya yang elegan, sendal kulit juga dapat memberikan kesan kasual. Sedulur juga akan sangat mudah memadukan dengan berbagai gaya berpakaian yang digunakan. Teksturnya yang lembut juga memberikan rasa nyaman ketika dipakai.

Terlebih, makin lama dipakai, teksturnya terasa lebih lentur. Selain memberikan kenyamanan yang tinggi, sandal kulit juga memiliki daya tahan yang baik sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. Meskipun dikenal awet dan tahan lama, sandal kulit memerlukan perawatan khusus supata kualitas sandalnya tetap terjaga.

Selain itu, harga sandal kulit juga cenderung lebih mahal dibandingkan sandal berbahan karet maupun kanvas. Akan tetapi, berkat modelnya yang timeless, sandal kulit tetap banyak dipilih para pria sebagai alas kaki untuk beraktivitas sehari-hari.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Outfit Traveling Pria Untuk Inspirasimu

1. Birkenstock Zürich Soft Footbed Suede Leather

merk sendal kulit lokal terbaik
Birkenstock

Sandal ini memiliki strap lebar yang melindungi punggung kaki dengan baik. Outsole-nya terbuat dari bahan EVA yang nyaman saat berjalan. Bahan suede yang halus rentan terhadap kotoran dan membutuhkan perawatan khusus agar tidak pudar.

Untuk sandal open toe dengan desain yang tidak terlalu terbuka, Sedulur bisa memilih Birkenstock Zurich. Sandal kulit pria ini dilengkapi dengan strap lebar untuk perlindungan maksimal pada punggung kaki. Desainnya elegan dan memberikan stabilitas serta kenyamanan, cocok bagi Sedulur yang ingin tampil bergaya dan berkelas.

2. HiJack Sandals

merk sandal kulit lokal terbaik
HiJack

Merk sendal kulit lokal terbaik ini menghadirkan sandal-sandal pria yang trendy dan maskulin di sini. Mulai dari model dengan banyak tali hingga sandal gunung dengan warna-warna menarik, semuanya tersedia. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari sekitar 249.000 hingga yang termahal 449.000 rupiah.

3. Story of Monday Yuno

merk sendal kulit lokal terbaik
Story Of Monday

Tersedia tiga pilihan desain warna yang dapat disesuaikan sesuai preferensi Sedulur. Dibuat dengan bahan upper kulit sintetis yang mudah dibersihkan dari kotoran. Namun, perlu diperhatikan bahwa warna pada kulit sintetis dapat pudar jika terkena sinar matahari.

Merk sendal kulit lokal terbaik asal Bandung ini ideal untuk tampil stylish tanpa harus mengenakan sepatu. Desainnya kasual dengan dua strap di bagian belakang kaki yang sangat modis saat dipakai. Tersedia tiga pilihan warna, yaitu hitam pekat, cokelat, dan hitam oreo. Padukan sandal ini dengan celana chinos atau jeans serta kemeja linen untuk penampilan yang keren saat hang out.

4. Cogen Slide Leather Rubber Premium

merk sendal kulit lokal terbaik
Cogen

Merk sendal kulit lokal terbaik ini memiliki desain sederhana, praktis, dan ringan! Modelnya yang slip-on memudahkan penggunaan yang cepat. Tersedia enam pilihan warna untuk disesuaikan dengan preferensi Sedulur.

Meskipun rentan terlepas saat berjalan cepat, sandal slip-on ini cocok untuk kebutuhan yang terburu-buru. Selain itu, bobotnya ringan dan variasi warnanya beragam, mudah dipadukan dengan berbagai jenis celana. Sandal ini akan menjadi sahabat setia Sedulur dalam menjalani hari yang sibuk!

5. UNCLEJACK Sandal Jepit Kulit Pria Pluto Series

merk sandal kulit lokal terbaik
Uncle Jack

Merk sendal kulit lokal terbaik ini cocok untuk Sedulur yang bersemangat muda dengan harga mulai dari Rp250.000. Tersedia tiga varian warna yang stylish untuk dipilih. Namun, perlu diingat bahwa bahan PU pada sandal ini rentan terhadap noda karena pori-porinya kecil. Merek UNCLEJACK direkomendasikan untuk Sedulur yang memiliki semangat muda.

Desainnya kombinasi tiga warna yang trendi dan stylish. Cocok dipadukan dengan celana pendek cargo dan kaus polos oversized berwarna terang untuk penampilan keren. Outsole-nya terbuat dari bahan EVA yang memberikan kenyamanan dengan kelembutannya. Dengan sandal ini, Sedulur yang aktif dan selalu bergerak tetap merasa nyaman.

6. Spoiled Sandal Selop Pria Semeru Pronojiwo

Spoiled

Sandal lokal ini dilengkapi dengan fitur adjustable velcro pada bagian atasnya. Insole-nya tahan air untuk mencegah kelembaban dan bau tak sedap. Namun, beberapa ulasan menyebutkan bahwa penyelesaian pada beberapa produk kurang rapi, membuatnya terasa agak kaku saat digunakan.

Sandal ini sangat cocok bagi Sedulur yang mencari sandal kulit yang dapat diatur ketatnya. Strap pada bagian atas sandal dilengkapi dengan velcro yang dapat disesuaikan sesuai preferensi. Selain itu, insole-nya tahan air, memberikan kenyamanan pada kaki saat digunakan dalam perjalanan jauh tanpa khawatir akan bau akibat keringat berlebihan.

7. Brodo Flipper Brown BS

Brodo

Merk sendal kulit lokal terbaik ini dijual mulai Rp175.000,00 dengan tampilan klasik yang segar dan modern. Desainnya elegan dan sederhana, cocok dipadukan dengan berbagai pakaian. Sol luar terbuat dari bahan karet termoplastik yang anti-selip.

Beberapa pelanggan menyarankan untuk membeli satu ukuran lebih besar karena ukurannya agak kecil. Brodo, merek sepatu lokal terkenal untuk pria. Sepatu dari Brodo memiliki desain modis dan mewah tanpa mengorbankan kenyamanan. Bahan kulit sintetis pada insole dan upper menjamin kenyamanan sepanjang hari.

Desain sandal ini mengikuti bentuk kaki agar tidak membuat pegal. Cocok dipadukan dengan celana pendek, jeans panjang, atau celana bahan. Para penggemar Brodo harus mencoba produk ini.

8. Kickers Sandal Kulit Pria Navona

Kickers

Dimulai dari harga Rp119.000, sandal yang satu ini cocok untuk acara santai dan formal. Model semi sepatu ini memberikan perlindungan maksimal untuk jari dan punggung kaki Namun demikian, sandal yang satu ini kurang sirkulasi udara sehingga dapat membuat kaki terasa panas saat digunakan dalam waktu yang lama.

Sandal kulit slip on dari merek Kickers ini memiliki desain yang mirip dengan sepatu karena bagian ujungnya tertutup dengan baik. Hal ini memberikan perlindungan yang optimal untuk jari dan punggung kaki.

Dengan model semi sepatunya, sandal kulit ini dapat digunakan baik untuk acara santai maupun formal. Dengan demikian, Sedulur dapat menghadiri acara pernikahan atau berkumpul bersama keluarga dengan menggunakan produk ini.

9. Joemen Sandal Kulit Pria Import

Joemen

Sandal ini memungkinkan Sedulur berjalan cepat dengan aman berkat tambahan strap belakang. Strap belakang menjaga sandal tetap terpasang pada kaki saat berjalan cepat dan memberikan kesan rapi untuk acara semi formal.

Beberapa ulasan mencatat adanya produk dengan jahitan dan penyelesaian kurang rapi, namun sandal kulit ini cocok bagi Sedulur yang suka bepergian. Desain menawan dengan strap belakang menjaga sandal tetap terpasang saat berjalan cepat, serta sol tebal memberikan perlindungan maksimal pada telapak kaki.

Namun, perlu diingat bahwa strap belakang tidak dapat disesuaikan dengan gesper, jadi disarankan memilih ukuran yang sesuai dengan panjang kaki Sedulur agar pas dan nyaman.

10. Carvil Sandal Pria BENZO01 M

Carvil

Sandal kulit pria lokal ini memiliki desain mewah dengan strap yang mirip gesper, bisa disesuaikan. Tersedia pilihan warna yang beragam. Insole sandal lokal ini terbuat dari suede yang rentan terhadap air dan noda jika terkena kelebihan air.

Sandal kulit Carvil adalah pilihan sempurna untuk tampilan sederhana namun elegan. Insole-nya dari kulit suede memberikan kesan kelasik. Strap-nya bisa disesuaikan seperti gesper, memudahkan penyesuaian. Desain sederhana sandal ini cocok dipadukan dengan pakaian kasual Sedulur.

11. Pakalolo Boots Sandal Brown OriginalBIMA03NSA

Pakalolo Boots

Sandal ini memiliki sol yang tebal dan kokoh, memberikan perlindungan aman untuk kaki dengan harga mulai dari Rp339.900. Sol yang tebal membuat sandal lebih tahan lama dan awet, sementara bahan solid memberikan kesan kokoh.

Namun, saat baru digunakan, sandal ini terasa kurang lentur dan gerakan kaki terbatas. Terbuat dari calfskin, kulit sapi muda dengan tekstur halus, sandal kulit dari merek Pakalolo ini memiliki sol yang tebal untuk daya tahan yang baik.

Sedulur tidak perlu khawatir saat berjalan di jalan berbatu karena sandal ini melindungi tapak kaki dengan baik. Jika Sedulur mencari sandal kulit pria yang tahan lama dan kokoh, kami merekomendasikan produk ini.

12. Heiden Shoes

Heiden Shoes

Ciri khas dari merek lokal ini adalah sepatu-sepatu dengan bahan kulit berkualitas tinggi. Namun, jika Sedulur sedang mencari sandal yang trendy, mereka juga menyediakannya.

Sandal buatan Heiden Shoes ini cocok dipadukan dengan berbagai pakaian dan dapat dipakai dalam berbagai suasana. Harganya pun sangat terjangkau, dimulai dari 160.000 rupiah saja. Sungguh murah, bukan?

BACA JUGA: 10 Referensi Outfit Pantai Pria yang Simpel Tapi Keren

Cara memilih sandal kulit

JA Original

Dari daftar merk sandal kulit lokal di atas, tentu ada beberapa yang menarik hati Sedulur. Tapi apakah Sedulur yakin untuk membeli dan menggunakannya? Apakah Sedulur yakin akan cocok? Untuk menepis semua keraguan tersebut, tentu Sedulur harus tahu bagaimana cara memilih sandal kulit yang tetap.

Terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan dalam memilih sandal kulit yang cocok. Berikut ini beberapa hal tersebut:

1. Perhatikan model yang digunakna

Ada banyak tersedia model sandal jepit di pasaran, sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dari rekomendasi di atas. Dari banyak model tersebut, hanya dua jenis model yang sangat populer, yaitu sandal jepit slip on dan flip flops.

Dua model tersebut tentu memiliki keunggulan di masing-masing jenisnya. Berikut ini penjelasannya terkait keunggulan kedua jenisnya:

  • Model slip on yang mudah digunakan dan dilepas. Ciri khasnya dilengkapi dengan strap lebar yang menutupi punggung kaki. Desain model ini dibuat untuk memudahkan Sedulur memakai dan melepas sandal. Namun, Sedulur perlu berhati-hati agar tidak tersandung ketika berjalan cepat menggunakan model ini. Agar ujung jari kaki tertutup seluruhnya, pilihlah ukuran sandal kulit yang lebih panjang 1,5–2,5 cm dari ukuran kaki Sedulur. Selain itu, cermatilah bentuk permukaan sol dari sandal kulit. Permukaan sol yang pas pada lengkungan telapak kaki membuat kaki Sedulur terhindar dari keram, risiko terkilir, hingga nyeri punggung.
  • Model flip flops tidak mudah terlepas saat digunakan. Berbeda dengan model slip on, strap pada model flip flops lebih tipis dan umumnya berbentuk V. Desain strap seperti ini ditujukan agar sandal tidak mudah terlepas ketika dipakai. Bahkan, ketika Sedulur memakainya berjalan di area yang basah sekalipun. Selain itu, desainnya yang terbuka membuatnya lebih adem ketika digunakan saat cuaca sedang panas. Sedulur jadi tidak perlu khawatir gerah dan lembab saat menggunakannya. Hanya saja, cengkeraman pada jari kaki membuat risiko nyeri betis lebih besar ketika memakainya dalam jangka waktu lama.

2. Cari tahu jenis kulit yang digunakann

Selain model, ada banyak jenis kulit yang digunakan sebagai bahan sandal. Setiap brand pasti menggunakan jenis kulit yang berbeda. Dua jenis kulit berikut ini merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk membuat sandal kulit. Berikut ini penjelasan terkait jenis kulit yang digunakan:

  • Kulit asli yang terasa lebih nyaman dan lembut. Kulit asli memiliki permukaan yang lebih keras. Hal ini membuatnya lebih tahan terhadap goresan, peregangan, dan tekukan berlebihan. Bahan ini pun dikenal tahan terhadap abrasi, api, dan bahkan tahan air. Selain itu, seratnya yang lembut membuat Sedulur merasa nyaman ketika menggunakannya. Karena cenderung water repellent, sandal berbahan kulit asli bebas dari rasa lembab berlebihan ketika dipakai pada siang hari. Berkat kelebihan itu, sandal kulit asli dipercaya lebih bisa melindungi kaki Sedulur dari jamur. Tidak heran, jika bahan ini banyak dipilih oleh produsen sandal untuk dijadikan bahan utama insole sandal.
  • Kulit sintetsi yang harga cenderung lebih murah. Agar lebih awet dan tahan lama, bahan kulit memang memerlukan perawatan yang khusus. Apabila Sedulur ingin bahan kulit yang simpel dan mudah untuk dirawat serta dibersihkan, bahan kulit sintetis dapat jadi pilihan. Harga kulit sintetis juga lebih terjangkau dibanding kulit asli sehingga Sedulur dapat menghemat pengeluaran. Bahan kulit sintetis yang kerap digunakan sebagai bahan baku sandal kulit ialah PU (polyurethane). Kelebihan dari PU adalah lebih lentur karena bahannya cenderung lebih tipis. Namun, bahan ini rentan menyerap noda karena memiliki pori-pori yang kecil.

3. Ketahui jenis outsole yang digunakna

Setiap merk sandal kulit lokal terbaik pasti memiliki outsole. Outsole sandal pria biasanya terbuat dari bahan bukan kulit. Hal ini bertujuan agar sandal lebih awet digunakan dan tahan lama. ahan outsole sandal kulit pria, umumnya terbuat dari bahan, seperti PVC, EVA, dan rubber. Ketiga bahan ini tentu memiliki kelebihannya tersendiri. Berikut ini penjelasannya:

  • PVC: Polivinil klorida atau dikenal dengan sebutan PVC merupakan sejenis polimer termoplastik. Bahan ini paling banyak digunakan sebagai material outsole sandal karena dikenal awet dan tahan lama. Selain itu, bahan ini juga mudah untuk dicetak atau dibentuk serta tahan terhadap panas.
  • EVA: Bahan satu ini kerap digunakan pula pada sepatu sport, seperti sepatu running. EVA merupakan spons sel tertutup yang terbuat dari Ethylene-Vinyl Acetate dan karet. Spons EVA dikenal empuk dan bobotnya pun ringan. Bantalan ini pun antilembab dan tahan terhadap guncangan berlebihan.
  • Rubber: Umumnya bahan karet dijadikan campuran bahan lain untuk menghasilkan outsole yang elastis. Namun, ada pula sandal yang bahan utama outsole-nya terbuat dari karet. Selain elastis, bahan ini memiliki karakter yang kuat dan awet. Hanya saja, bahan ini memiliki bobot yang paling berat dibanding kedua bahan outsole di atas.

Demikian tadi daftar rekomendasi merk sendal kulit lokal terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Jangan lupa juga untuk perhatikan tips dan cara memilih sandal kulit agar tidak salah pilih dan cocok digunakan oleh Sedulur. Semoga artikel dan penjelasan di atas bermanfaat bagi Sedulur, ya!