Bagi para pecinta alam, penting sekali untuk memilih merk sandal gunung pria yang terbaik. Alasannya sederhana, agar nyaman dan nyaman saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Apalagi kegiatan outdoor biasanya memiliki medan yang sulit ditebak, mulai dari yang berlumpur, licin, hingga berpasir.

Daripada kaki menjadi cidera atau sepatu yang digunakan rusak. Tentu menemukan merk sandal gunung bisa jadi pilihan tepat, karena sandal ini memiliki tampilan yang modis dan juga bagus untuk kegiatan luar ruangan. Nah, jika Sedulur sedang mencari sandal gunung yang worth it untuk dibeli, sebaiknya simak ulasan dalam artikel ini sampai habis. Karena kita akan membahas tentang berbagai macam tipe, merk sandal gunung pria dan juga kelebihannya. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung simak artikel berikut ini!

BACA JUGA: 10 Referensi Outfit Pantai Pria yang Simpel Tapi Keren

Tipe sandal outdoor

Travel+Leisure

Ada beberapa tipe merk sandal outdoor yang perlu Sedulur ketahui. Pertama, tipe belt, yang memiliki keunggulan tidak mudah lepas meskipun digunakan di dalam air. Sandal ini terasa stabil di kaki, sulit mengapung, dan dilengkapi dengan dua atau tiga tali pengunci untuk menjaga kekokohan.

-->

Selanjutnya, ada tipe shoe, yang dirancang khusus untuk mengurangi cedera pada bagian kaki dan jari-jari saat melewati daerah yang penuh dengan rintangan seperti bebatuan.

Terakhir, tipe clog, yang memiliki keunggulan mudah dipakai dan dilepas karena tidak menggunakan tambahan tali pengikat. Selain itu, sandal ini juga dirancang hampir menutupi bagian jari-jari hingga ke bagian belakang kaki untuk memberikan perlindungan lebih.

Dengan mengetahui perbedaan dari masing-masing tipe sandal outdoor ini, Sedulur dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi saat akan menjalani aktivitas di alam bebas.

Cara memilih sandal outdoor

Sociolla

Selain mengetahui berbagai tipe sandal gunung terbaik, penting juga untuk mengetahui cara memilih merk sandal gunung pria. Hal ini akan membantu Sedulur dalam memilih sandal outdoor yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih merk sandal outdoor pria terbaik:

  • Pilih sandal outdoor yang memiliki ukuran sesuai dengan ukuran kaki Sedulur. Pastikan sandal tersebut pas dengan ukuran kaki agar memberikan kenyamanan saat digunakan.
  • Perhatikan bentuk sandal outdoor yang sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai bentuk sandal outdoor, seperti model dengan jari terbuka atau tertutup. Pilih yang sesuai dengan aktivitas dan kenyamanan yang diinginkan.

Bahan sol yang sesuai pemakaian

Switchback Travel

Periksa bahan dari merk sandal gunung pria yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa bahan yang umum digunakan adalah kulit, nylon, atau bahan sintetis. Pastikan bahan tersebut tahan terhadap kondisi alam yang akan Sedulur hadapi.

Perhatikan sol sandal outdoor. Pilih sandal yang memiliki sol yang kesat untuk memberikan cengkeraman yang baik pada berbagai permukaan, terutama saat berjalan di medan yang licin atau berbatu. Pastikan sandal outdoor memiliki grip tebal untuk memberikan daya cengkeram yang lebih baik pada tanah atau permukaan yang tidak rata.

Periksa jahitan pada sandal. Pilih sandal yang memiliki jahitan yang rapi dan kuat, sehingga tahan lama dan tidak mudah putus saat digunakan. Sesuaikan harga sandal outdoor dengan kemampuan finansial. Ada banyak merek sandal outdoor dengan berbagai harga. Pilih yang sesuai dengan budget tanpa mengorbankan kualitas dan kebutuhan yang Sedulur inginkan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Sandal Kulit Lokal Terbaik 2023

Rekomendasi sandal gunung

Jika Sedulur penasaran ada apa saja merk sandal gunung pria yang menarik untuk dibeli. Coba simak rekomendasinya berikut ini!

1. LAF Project Outdoor Jack V.1

Kumparan

Salah satu kelebihannya adalah insole-nya yang didesain dengan sangat empuk dan dapat mengikuti lekuk kaki. Beberapa ulasan pengguna juga menyebutkan bahwa produk ini kokoh dan nyaman digunakan.

Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Beberapa pembeli melaporkan bahwa lem pada produk ini kurang kuat, sehingga solnya mudah terbuka.

Merk sandal outdoor pria ini hadir dengan pilihan warna yang netral, yang cocok digunakan oleh pria maupun wanita. Selain itu, tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 35 hingga 44, sehingga Sedulur dan pasangan dapat memilih ukuran yang sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

2. Eiger Kinkajou Roll Strap 2.0

The Travelearn

Saat menggunakan merk sandal gunung pria Kinkajou dari Eiger, Sedulur akan merasakan cengkeraman yang kuat dan gerakan yang lebih gesit. Sandal ini memiliki beberapa kelebihan yang patut diperhatikan.

Pertama, tersedia dalam empat pilihan warna dengan tampilan yang minimalis, sehingga Sedulur dapat memilih sesuai dengan gaya Sedulur. Selain itu, menurut ulasan dari pembeli, jahitan pada sandal ini rapi dan memiliki daya tahan yang kuat. Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diketahui. Beberapa ulasan mencatat bahwa lekukan pada bagian kanan dan kiri sandal kurang simetris.

Sandal outdoor Kinkajou ini merupakan salah satu produk lokal yang sangat keren. Eiger telah membuktikan kualitasnya yang tidak main-main melalui desain sandal outdoor yang sangat ergonomis ini.

Sandal ini memiliki ketebalan sol yang pas dan terbuat dari bahan yang memberikan daya cengkeram yang kuat. Dengan menggunakan sandal ini, Sedulur akan merasakan gerakan yang lebih gesit. Selain itu, strap pada sandal ini juga terasa nyaman saat digunakan.

3. Arei Outdoorgear Astec

REI

Bagi Sedulur yang ingin merasakan kenyamanan dan praktisnya sandal outdoor, sandal jepit ini siap menjadi pilihan yang tepat. Sandal ini memiliki beberapa kelebihan yang patut diperhatikan.

Pertama, didesain dengan sangat ringan, sehingga membuat langkah Sedulur semakin nyaman. Selain itu, sandal ini juga dirancang dengan sistem grip yang membuat kaki tetap stabil dan mengurangi kemungkinan tergelincir saat menggunakannya.

Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diketahui. Beberapa pembeli mengeluhkan ketidaktersediaan informasi ukuran dalam sentimeter, sehingga ada beberapa yang memilih ukuran yang tidak sesuai.

Produk dari Arei Outdoorgear ini sangat kami rekomendasikan, terutama bagi Sedulur yang tidak ingin repot dengan sandal yang tertutup atau memiliki banyak tali. Pada pandangan pertama, sandal ini mungkin terlihat seperti sandal jepit biasa. 

Namun, jangan salah, sandal ini dilengkapi dengan sol yang memiliki grip yang mantap. Selain itu, lekukan sandal ini mengikuti anatomi kaki, sehingga Sedulur akan merasa nyaman dan betah bertualang ke mana pun dengan sandal ini.

4. Adidas Cyprex Ultra II

Pinterest

Satu dari merk sandal outdoor pria terbaik yang layak dipertimbangkan adalah Adidas Cyprex Ultra II. Sandal ini adalah produk terbaru dari Adidas yang dirancang khusus untuk digunakan di medan bercuram dan berair.

Adidas Cyprex Ultra II menggunakan bahan berkualitas tinggi, yaitu Eva yang memiliki kemampuan cepat kering saat terkena air. Hal ini membuat sandal ini cocok untuk digunakan dalam situasi yang basah.

Selain itu, keunggulan lain dari Adidas Cyprex adalah sol Traxion-nya yang dirancang untuk memberikan cengkeraman yang baik di daerah berair atau licin. Dengan demikian, Sedulur tidak perlu khawatir tentang terpeleset saat menggunakan sandal ini.

5. Teva Sanborn Universal

Decathlon

Sandal ini telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Sedulur yang menginginkan sandal outdoor yang ringan, nyaman, dan empuk saat digunakan.

Rasa nyaman dan empuk pada sandal ini diperoleh berkat penggunaan bahan Eva pada bagian midsole. Bahan ini memberikan perlindungan yang baik dan memberikan sensasi kenyamanan saat berjalan di medan yang berat.

Selain itu, bagian insole sandal ini dilengkapi dengan bagian mesh yang berfungsi untuk menyerap keringat pada telapak kaki. Dengan demikian, Sedulur tidak perlu khawatir akan timbulnya bau tak sedap pada kaki, karena sandal outdoor memiliki sirkulasi udara yang baik.

6. Consina Adventure Trekker

Unsplash

Consina Adventure Trekker juga merupakan salah satu merk sandal outdoor terbaik yang layak dipertimbangkan. Kelebihan sandal outdoor ini terletak pada tingkat kenyamanan yang ditawarkannya kepada para penggunanya. Desain tali pengunci sandal dilengkapi dengan padding untuk memberikan kenyamanan ekstra saat digunakan.

Selain itu, sandal ini juga menggunakan bantalan pada alasnya yang dapat mengurangi rasa lelah dan gesekan yang mungkin terjadi pada kulit. Hal ini memastikan bahwa pengguna sandal akan merasa nyaman dan terlindungi saat beraktivitas di medan yang berat.

Dengan menggunakan Consina Adventure Trekker, Sedulur dapat menikmati kenyamanan maksimal saat menjelajahi alam bebas tanpa harus merasa khawatir dengan kenyamanan kaki.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Outfit Traveling Pria Untuk Inspirasimu

7. Adidas Adilette Boost

The Broke Backpacker

Adidas Adilette Boost Slide dirancang khusus sebagai sandal untuk penggunaan santai, seperti jalan-jalan di pantai atau musim panas, dan juga dapat digunakan sebagai pengganti sepatu saat istirahat setelah berolahraga. 

Sandal ini memiliki konstruksi slipon yang memudahkan penggunaan, dengan midsole full length yang memberikan kenyamanan maksimal saat digunakan dalam waktu yang lama, dilengkapi dengan bantalan superior yang lembut di setiap pijakan. 

Selain itu, sandal ini terbuat dari karet sintetis tahan air dan memiliki daya cengkeram yang baik, sehingga dapat mengurangi risiko terpeleset di permukaan yang licin. Desain sandal outdoor ini terkesan klasik namun tetap trendy, dengan dominasi warna hitam dan garis-garis (3-stripes) khas Adidas, serta logo Adidas yang terlihat jelas di bagian dalam sandal. 

Produk ini tersedia dalam ukuran 36-47 dan memiliki konsep unisex, sehingga cocok digunakan oleh pria maupun wanita. Selain warna hitam, tersedia juga pilihan warna lain seperti hitam-putih atau putih-biru yang juga menarik perhatian.

8. Footstep Footwear Cleo

Gear Patrol

Footstep Footwear, sebuah merek sandal outdoor pria asal Bandung yang telah berdiri sejak tahun 2012, akan meningkatkan apresiasi Sedulur terhadap produk-produk buatan Indonesia. 

Merek ini telah sukses menghasilkan sepatu dan sandal terbaik yang menekankan kenyamanan dan kualitas. Salah satu produk unggulannya adalah seri Cleo. Sandal outdoor Footstep Footwear Cleo dirancang dengan model slipon yang menggabungkan bagian upper dan sol, sehingga sandal ini pas di kaki dan tidak mudah lepas.

Bahan yang digunakan dalam sandal outdoor pria Footstep Footwear adalah phylon premium yang memiliki tingkat daya tahan yang tinggi. Meskipun memiliki tampilan yang besar dengan material full rubber, sandal ini terasa sangat ringan saat digunakan. 

Sandal ini cocok digunakan dalam berbagai kesempatan, baik saat hangout atau sebagai sandal sehari-hari. Warna hitam yang solid memberikan kesan maskulin yang kuat, sehingga dapat meningkatkan gaya kasual Sedulur.

9. Consina Labengki

Curated

Kegiatan luar ruangan seperti hiking, camping, dan trekking tidak hanya dilakukan oleh pria, tetapi juga banyak wanita yang memiliki minat dan hobi serupa. Mereka juga ingin merasakan keuntungan kesehatan fisik dan mental yang didapat dari kegiatan alam ini. 

Sandal Consina Labengki dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai sandal outdoor dengan tingkat daya tahan yang tinggi, sehingga cocok digunakan di berbagai medan datar atau keras, termasuk lingkungan lembab di hutan. 

Sandal ini memiliki insole yang terbuat dari bahan phylon super ringan dan upper HiKnitted Webbing yang elastis sehingga dapat menyesuaikan bentuk kaki dengan baik.

10. Eiger Mozambique

Gear Moose

Merk sandal outdoor pria Eiger dirancang dengan fokus pada kenyamanan, dengan desain yang sesuai dengan anatomi kaki Sedulur. Menggunakan bahan full-injection outsole phylon yang lembut dan nyaman pada setiap langkah, sandal ini memberikan pijakan yang optimal. 

Bahkan, sandal ini juga tahan terhadap air laut, sehingga sangat cocok untuk digunakan saat berjalan-jalan di pantai. Ketebalannya pas dan ringan, tanpa menghambat gerakan Sedulur.

Sedulur juga dapat dengan mudah mengatur sandal ini agar pas di kaki, berkat sistem hook-and-loop pada tali pengunci yang terbuat dari nylon webbing dengan padding neoprene. Dengan sistem ini, sandal akan tetap aman di kaki Sedulur, bahkan saat Sedulur berlari. 

Harga sepatu outdoor dari Eiger terjangkau, dengan segala fungsi yang Sedulur butuhkan dalam satu produk.

11. Torch Arrafa

Gear Moose

Strap Torch Arrafa dapat diubah menjadi dua gaya yang berbeda, memberikan fleksibilitas dalam gaya penggunaan. Tersedia dalam lima pilihan warna yang menarik. Namun, ada sedikit kekurangan yang perlu diperhatikan. 

Beberapa pengguna yang memiliki kaki lebar mengeluhkan ketatnya bagian kelingking saat memakai sandal ini. Meskipun lebih populer di kalangan bapak-bapak, sandal Torch juga sangat cocok untuk dipakai oleh anak muda. 

Material sol bagian dalam dan luar sangat nyaman digunakan sepanjang hari. Yang menarik, sandal ini juga diklaim cocok untuk menemani perjalanan ibadah umrah dan haji Sedulur dengan kenyamanan yang optimal. Selain itu, terdapat strap belakang yang dapat Sedulur pindahkan ke bagian punggung kaki, menambah nilai tambah dalam desainnya.

12. AP Clogs

Switchback Travel

AP Clogs adalah merk sandal gunung pria yang ringan dan terjangkau, sangat cocok untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Sandal ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya tidak mudah berbau dan cepat kering jika terkena air. 

Selain itu, tersedia dalam tujuh pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Sedulur. Namun, perlu diperhatikan bahwa produk ini yang berwarna putih mudah kotor jika terkena noda. Ternyata, AP Boots tidak hanya menghasilkan sepatu boots lapangan berkualitas. Mereka juga menghadirkan AP Clogs, sandal outdoor dengan desain yang sederhana namun nyaman. 

Sandal ini sangat cocok digunakan dalam aktivitas sehari-hari dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun terlihat bulky, sandal ini ringan saat dipakai. Sedulur bebas memilih warna yang Sedulur sukai sesuai dengan preferensi Sedulur.

Tips merawat sandal outdoor

Boogie Adventure

Merawat sandal outdoor tidak bisa dilakukan sembarangan, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sandal tetap awet dan nyaman digunakan. Berikut adalah beberapa tips dalam merawat sandal outdoor:

Selalu bersihkan sandal outdoor setelah digunakan. Setelah selesai menggunakan sandal outdoor, segera bersihkan dengan membersihkan kotoran atau lumpur yang menempel. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan dan menjaga kebersihan sandal.

Gunakan bahan yang halus dan bulu yang lembut untuk membersihkan bagian alas sandal. Hindari menggunakan sikat kasar atau bahan yang abrasif yang dapat merusak permukaan sandal. Gunakan sikat lembut atau kain lembut untuk membersihkan dengan lembut.

Cuci sandal outdoor hingga bersih menggunakan air mengalir. Jika sandal sangat kotor, Sedulur dapat mencucinya dengan air mengalir. Gunakan sabun ringan atau deterjen yang lembut dan gosok perlahan dengan sikat lembut. 

Setelah dicuci, pastikan sandal benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Jemur sandal outdoor di area yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Terlalu banyak sinar matahari dapat merusak bahan dan mempercepat penuaan sandal. Jemur sandal di tempat yang teduh atau dalam ruangan yang cukup ventilasi. Untuk menjaga bentuk sandal, taruh kertas di dalam sandal. Setelah dicuci dan dikeringkan, taruh kertas koran atau kain di dalam sandal untuk menjaga bentuknya.

Demikianlah rekomendasi merk sandal gunung pria terbaik untuk tahun 2023. Setiap merek dan model sandal tersebut memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Sedulur. 

Dari sandal-sandal yang ringan dan nyaman, hingga yang tahan air dan anti selip, semuanya dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan selama aktivitas di luar ruangan.