macam-macam foundation

Bagi Sedulur yang ingin mendalami ilmu makeup atau fashion, tentu perlu mengetahui macam-macam foundation. Hal ini lantaran penggunaan foundation menjadi dasar untuk bisa menghasilkan makeup yang bagus. Dan, tak hanya cuma satu jenis foundation yang dijual sekarang ini.

Agar Sedulur bisa menentukan jenis foundation yang tepat, khususnya menyesuaikan dengan karakter kulit. Maka wajib banget untuk mengetahui macam-macam foundation. Supaya tidak bingung mari simak beragam jenis foundation berikut ini.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cushion Terbaik dan Terlaris

1. Liquid foundation

macam-macam foundation
Pexels/Greta Hoffman

Liquid foundation adalah jenis-jenis foundation cair yang memberikan hasil akhir matte. Sayangnya bagi pemilik kulit berminyak akan memberikan hasil akhir makeup pecah. Untuk pengaplikasian jenis-jenis foundation liquid, gunakan spons lembab agar hasil akhirnya tipis alami.

Bila dengan spons kering maka akan didapatkan hasil akhir yang sangat mulus dan menutup noda dengan total. Namun, bila Sedulur ingin hasil yang agar tidak terlalu tebal maka bisa sedikit menambahkan air sehingga tidak terlalu berat.

Jenis-jenis foundation liquid ini paling umum dan mudah diaplikasikan sesuai intensitas yang diinginkan. Teksturnya disebut paling friendly, tetapi pastikan formulanya cocok untuk kondisi kulitmu.

2. Mousse foundation

Jenis foundation selanjutnya adalah mousse foundation. Foundation ini memiliki ciri khas bentuk busa. Penggunaan foundation ini cocok bagi yang ingin kulitnya terlihat lebih mulus namun tetap terlihat alami.

Begitu juga tidak ingin pakai produk yang terasa berat di kulit. Penggunaan dari jenis-jenis foundation mousse ini sangat praktis, cukup digosokkan ke kulit menggunakan jari. Memang memiliki hasil akhir matte, kulit wajah akan tetap terlihat halus dan tidak terlalu kering. Sayangnya jenis ini hanya bisa bertahan 2-3 jam saja.

Foundation yang mirip whipped cream ini dapat memberikan  hasil halus di seluruh wajah karena teksturnya. Selain menggunakan jari, jenis-jenis foundation yang mousse dapat diaplikasikan dengan spons bagi tingkat coverage medium.

3. Sheer foundation

Bagi Sedulur yang memiliki kulit yang tergolong normal, jenis foundation yang satu ini bisa Sedulur coba. Kandungan silikon di dalamnya membuat sheer foundation sangat mudah diaplikasikan dan membuat wajah tampak segar secara alami tanpa terlihat berminyak. 

Saat digunakan, alas bedak ini juga akan terlihat sangat menyatu dengan kulit, sehingga membuat Sedulur terlihat seperti tidak menggunakan makeup. Cocok banget deh untuk Sedulur yang suka riasan wajah natural ala-ala Korea.

4. Stick foundation

Stick foundation paling cocok digunakan untuk kulit normal dan mudah dibawa kemana-mana. Pengaplikasian alas bedak dengan coverage pekat ini akan membuat penampilan wajah berkulit normal semakin sempurna.

Namun, alas bedak dengan bentuk stick ini tidak cocok untuk kulit kering. Finish-nya yang berat dapat memicu timbulnya jerawat bila digunakan terus menerus dalam jangka waktu lama.

5. Serum foundation

Serum foundation menjadi salah satu jenis foundation yang kurang populer di pasaran. Meskipun begitu, foundation ini cocok digunakan oleh semua tipe kulit khususnya kulit yang berminyak.

Kelebihan lain dari serum foundation yaitu kemampuan coverage-nya yang medium to full dan sifatnya yang mampu melembabkan. Berbentuk cair menyerupai serum, foundation ini terasa ringan ketika digunakan di kulit meskipun hasil akhirnya matte.

Memiliki daya tahan selama 2-3 jam pemakaian, serum foundation dapat diaplikasikan dengan flat brush. Karena memiliki formula berbasis silikon yang menjadikannya berair dan tipis, maka pengaplikasian foundation ini harus dilakukan dengan cepat agar foundation tidak bleber ke mana-mana.

BACA JUGA: Tutorial Makeup Kondangan yang Simple dan Elegan

6. Cream foundation

foundation untuk kulit sawo matang
Unsplash/Element5 Digital

Alas bedak bertekstur krim ini lebih cocok digunakan untuk acara formal karena finish-nya tampak berat di wajah. Kulit kering sangat cocok menggunakan cream foundation dengan kandungan ekstra pelembab yang akan membuat wajah selalu sehat dan tetap terhidrasi.

Gunakan alas bedak ini untuk menyamarkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat, kerutan, garis-garis halus, dan flek hitam. Biasanya tersedia dalam kemasan stick padat, pot kecil, dan botol tabung.

7. Matte foundation

Matte foundation adalah jenis foundation yang cocok untuk kondisi kulit yang berminyak. Namun sayangnya kebanyakan jenis-jenis foundation ini harganya lebih mahal.

Formula matte akan membuat minyak pada kulit jadi lebih terkontrol. Dipercaya tidak akan boros penggunaan karena diterapkan secara tipis-tipis sudah cukup sekali. Penggunaan yang sedikit juga akan membuat kulit tidak terlalu kering berlebihan.

Benar sekali, jenis-jenis foundation ini dapat memberikan tampilan full-coverage dan tahan lama. Sangat cocok digunakan pada saat acara-acara spesial agar wajah lebih mulus sempurna.

8. Powder foundation

Powder foundation merupakan gabungan dari alas bedak dengan bedak tabur yang dikemas dalam satu wadah. Karena teksturnya hampir sama dengan bedak tabur biasa, hasil riasannya pun akan terlihat sangat ringan. Jadi Sedulur tidak perlu takut untuk menyapukan foundation ini ke wajah Sedulur lebih dari satu kali dalam sehari. 

Nah bagi Sedulur wanita aktif, powder foundation sangat cocok untuk Sedulur gunakan karena penggunaannya sangat mudah dan cepat. Cukup sapukan ke seluruh bagian wajah dan leher menggunakan spons, sama halnya seperti menggunakan bedak biasa.

9. Tinted foundation

Tinted foundation adalah jenis-jenis foundation yang dapat melembabkan dan mengandung pigmen warna yang ringan. Foundation ini bisa dibilang cikal bakal dari BB dan CC Cream.

Perbedaannya adalah tinted moisturizer memiliki kadar SPF yang tak setinggi BB Cream. Lalu jenis-jenis foundation tinted moisturizer tidak dilengkapi dengan antioksidan dan penyerap minyak.

Tinted moisturizer merupakan jenis-jenis foundation  yang sebenarnya hanya memiliki sedikit pigmen warna. Penggunaannya hanya cocok untuk menyempurnakan riasan sehari-hari, ringan dan nyaman.

10. Compact foundation

Jenis-jenis foundation yang compact atau berbentuk padat seperti bedak memiliki tekstur sangat ringan. Dapat digunakan beberapa kali untuk hasil yang lebih mulus. Bisa juga dengan sekali saja menggunakan kuas kering untuk hasil sangat alami.

Bila ingin hasil yang sangat bagus dan mulus, aplikasikan jenis-jenis foundation compact dengan spons lembab. Foundation jenis bedak padat ini mampu menyerap minyak dengan sangat baik hingga pengaplikasiannya di kulit benar-benar matte lebih lama.

Compact foundation merupakan jenis-jenis foundation yang terinspirasi dari produk kecantikan Korea. Biasanya cushion foundation ini dilengkapi dengan skincare, tekstur light, dan hasil akhir glowing.

BACA JUGA: 7 Cara Memakai Foundation Wardah yang Benar untuk Pemula

Rekomendasi Produk Foundation untuk Semua Kulit

foundation untuk kulit sawo matang
Unsplash/Rendy Novantino

Setelah mengetahui macam-macam foundation. Sedulur bisa mencoba beberapa rekomendasi foundation yang cocok untuk semua kulit dan bagus digunakan pada warna kulit cokelat atau sawo matang berikut ini.

1. Pixy Stay Last Serum Foundation

Foundation dari Pixy juga cocok untuk Sedulur yang memiliki kulit sawo matang. Produk unggulannya adalah Pixy Stay Last Serum Foundation shade 04 Golden Tan dan 05 Rich Tan. Hasil makeup apabila memakai alas bedak satu ini tak akan terlihat abu-abu, justru semakin cantik karena finishnya glow look.

Produk foundation dari Pixy ini termasuk serum foundation yang teksturnya cair dan menghasilkan tampilan dewy finish atau berkilau. Meski hasilnya dewy look dan bentuknya serum, makeup tetap bisa tahan lama seharian dan tak gampang oksidasi.

Produk ini karena mengandung serum, cocok sekali dipakai oleh pemilik kulit kering agar lebih lembab dan tak mudah crack. Adanya serum tersebut selain melembabkan, juga mampu menutrisi kulit dengan cukup baik.

2. Viva Liquid Foundation

Brand Viva Cosmetics sudah sejak puluhan tahun lalu telah dipercaya dalam dunia kecantikan dan menghasilkan produk kosmetik terbaik yang disesuaikan dengan kulit orang Indonesia. Salah satu produknya adalah foundation Viva untuk kulit gelap (sawo matang) maupun cerah. Tekstur alas bedak ini termasuk cukup cair namun mudah menempel di kulit. 

Foundation Viva untuk kulit sawo matang bisa memilih shade Natural karena warnanya tidak terlalu terang juga tidak kuning seperti shade Pengantin. Finishnya termasuk semi-matte atau menghasilkan glow look yang kesannya natural.

Harga alas bedak cair dari brand Viva sangat terjangkau, hanya kurang dari 10 ribu rupiah saja sudah bisa mendapatkan produknya. Hasil makeupnya pun tak kalah bagus dari produk mahal, sebab sejak zaman dahulu hingga kini pun masih sering dipakai sebagai riasan pengantin maupun untuk sehari-hari. 

3. Maybelline Fit Me

Warna foundation untuk kulit sawo matang sebenarnya tidak hanya satu atau dua saja, sebab disesuaikan pula dengan undertone kulitnya. Oleh karena itu, alas bedak Maybelline Fit Me untuk kulit sawo matang merupakan rekomendasi terbaik karena produk ini menyediakan lebih banyak pilihan shade agar kulit gelap atau sawo matang bisa menyesuaikan, yakni ada 40 shades.

Shade foundation Maybelline Fit Me untuk pemilik kulit gelap atau sawo matang, dapat memilih shade 338 (Spicy Brown), 330 (Toffee), 320 (Natural Tan), 335 (Classic Tan), 340 (Cappuccino), dan 332 (Golden Caramel) menyesuaikan tingkatan warna kulit dan undertone-nya.

Termasuk Matte Foundation, Maybelline Fit Me ini merupakan salah satu foundation yang cocok untuk kulit berminyak. Meskipun begitu, untuk hasil yang lebih baik, tetap disarankan untuk menggunakan pelembab.

4. Mineral Botanica Loose Foundation

Rekomendasi foundation yang tahan lama adalah Mineral Botanica Acne Care Loose Foundation. Foundation ini berfungsi seperti bedak two way cake, yang menggabung bedak dan foundation dalam bentuk bedak compact.

Produk ini punya serbuk di dalamnya yang mengandung sebagai mineral. Bagi Sedulur yang mempunyai masalah pada kulit sensitif dan juga berminyak, Mineral Botanica Acne Care Loose bisa menjadi salah satu pilihan, lho.

Kandungan yang dimilikinya mampu mengurangi jerawat di wajah serta minyak yang berlebih pada wajah bisa berkurang. Produk yang memiliki 3 varian warna yaitu rose, natural, dan beige. Tentunya ini bisa menjadi pilihan menarik untuk Sedulur yang memiliki kulit sawo matang agar bisa mendapatkan tampilan yang flawless.

5. Make Over Ultra Cover Liquid Matt

Rekomendasi foundation terbaik untuk kulit sawo matang selanjutnya adalah Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation yang teksturnya cair namun ringan ketika diaplikasikan.

Produk ini meskipun matte finish, namun tidak menyebabkan muka kering dan crack setelah dipakai selama beberapa jam. Justru hasilnya bagus dan wajah terlihat lebih mulus karena fungsinya juga menyamarkan noda hitam dan kerutan halus.

Tak hanya itu, foundation Make Over Cover Liquid Matt ini cocok sekali untuk pemilik kulit muka berminyak. Simak pula bacaan dari Smartalog mengenai tips memilih foundation untuk kulit berminyak agar tidak membuat muka kusam dan riasan jadi awet sepanjang hari.

Alas bedak Make Over yang teksturnya cair ini mudah sekali diaplikasikan dan diblend, ketahanannya pun awet seharian. Produk foundation dari Make Over tidak cepat oksidasi, sehingga tak akan membuat wajah kusam jika dipakai sepanjang hari. Pilih shade W42 Warm Sand dan C62 Rich Cocoa untuk kulit gelap atau sawo matang.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang macam-macam foundation dan beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu coba. Semoga dengan informasi ini, bisa menambah wawasan Sedulur yang ingin mendalami dunia makeup.

Oia, apabila Sedulur mencari dan membutuhkan produk kecantikan seperti foundation, bedak, dan kebutuhan makeup lainnya itu semua bisa mudah ditemukan kok. Sedulur bisa membelinya langsung secara online di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.