kacamata untuk wajah persegi

Kacamata menjadi salah satu aksesoris yang makin populer belakangan ini. Namun, untuk bisa mendapatkan penampilan yang tepat harus bisa menentukan frame yang cocok. Dimana kacamata untuk wajah persegi merupakan yang paling sulit dicari.

Bagi Sedulur yang memiliki wajah persegi tapi bingung menemukan model kacamata yang bagus seperti apa. Tenang, karena kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi terbaik untuk kacamatamu. Penasaran? Langsung simak berikut ini.

BACA JUGA: Apa Beda Kacamata Mahal dan Murah? Mari Kita Bahas!

Kenali Bentuk Wajahmu

Unsplash/Susan Duran

Untuk bisa mendapatkan frame kacamata yang tepat dengan wajah. Sedulur harus bisa memahami dan mengenali bentuk wajah terlebih dahulu. Hal ini penting karena setiap bentuk wajah memiliki kecocokan tersendiri dengan tiap jenis frame.

-->

Nah, agar Sedulur semakin mudah mengenali bentuk wajahmu. Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang ragam bentuk wajah dan jenis frame kacamata yang cocok.

  • Wajah oval

Bila Sedulur memiliki dahi dan garis rahang yang luas, maka Sedulur termasuk dalam salah seorang yang berwajah sama bentuknya dengan Megan Fox, Jessica Alba, Halle Berry dan Beyonce. Sedulur sangat beruntung untuk memiliki tipe wajah ini, karena model kacamata apapun akan tampak sempurna pada wajah Sedulur .

Yang perlu diperhatikan hanyalah ukuran lensanya, bila wajah Sedulur kecil jangan memilih model oversized ya, pastikan agar bentuknya sesuai atau seimbang sehingga tidak menutupi keseluruhan wajah.

Pilihlah juga bentuk frame yang tebal. Untuk wajah berbentuk oval seperti ini bisa memilih model cat eye, persegi dengan lengkungan seperti model wayfarer, dan oversized round.

  • Wajah bulat

Selebriti berwajah bulat seperti Kirsten Dust, Ginnifer Goodwin dan Isla Fisher ini memiliki ukuran wajah yang lebar dan panjang yang sama, serta rahang yang full dan bulat. Untuk tipe wajah ini hindarilah bentuk kacamata yang bulat dan melengkung, karena akan membuat wajah Sedulur tampak semakin bulat.

Namun akan tampil sempurna dengan kacamata yang berbentuk persegi dan retro style wayfarer.

  • Wajah bentuk hati

Reese Witherspoon adalah selebriti yang mewakili dengan sempurna bagaimana wajah berbentuk hati. Selain Reese ada juga selebriti cantik seperti Scarlett Johansson dan Jennifer Lopez.

Kategori tipe ini dapat dilihat dengan luas dahi yang lebih lebar dibandingkan bagian wajah lainnya, serta dagu yang lebih runcing dan menonjol. Dengan wajah berbentuk hati ini, pilihlah kacamata yang dapat menonjolkan garis rahang dan meminimalkan ukuran dahi Sedulur yang lebar.

Oleh karena itu wajah berbentuk hati akan tampil sempurna dengan kacamata aviator, rimless dan Jackie Oh by Rayban.

  • Wajah lonjong

Wajah lonjong memiliki tulang pipi yang tinggi dan rahang yang tegas seperti Sarah Jessica Parker, Gwyneth Paltrow, Liv Tyler dan Blake Lively. Tampilan kacamata yang cocok untuk wajah lonjong yaitu dengan memilih kacamata yang dapat menyeimbangkan panjangnya wajah.

Dengan frame oversized untuk dapat memberikan ilusi sempurna sertatampil lebih seimbang. Sedulur juga bisa memilih kacamata yang bentuk framenya tebal.

  • Wajah persegi

Untuk wajah persegi seperti Demi Moore, Angelina Jolie dan Katie Holmes, tipe ini memiliki rahang dan tulang pipi yang menonjol serta ukuran yang sama. Tipe wajah ini perlu memperhatikan keseimbangan akan rahangnya yang menonjol, bentuk atau model kacamata yang cocok untuk tipe wajah persegi ini adalah kacamata bulat dan vintage cat eye.

BACA JUGA: Pentingnya Kacamata Anti Radiasi untuk Mata & Fungsinya

Bentuk Kacamata untuk Wajah Persegi

kacamata untuk wajah persegi
Unsplash/Carlos Vaz

Jika Sedulur sedang mencari referensi bentuk kacamata yang cocok untuk wajah persegi. Beberapa bentuk frame ini mungkin bisa Sedulur pilih.

  • Kacamata persegi panjang

Rekomendasi kacamata yang cocok untuk wajah persegi pertama adalah persegi panjang. Kacamata inin memiliki frame berbentuk persegi panjang yang unik. Frame ini cocok karena mampu membuat struktur wajah terlihat lebih tebal dan terdapat penegasan pada sekitar mata.

Jika menyukai frame ini, maka pilihlah dengan sangat berhati-hati. Pasalnya, terkadang jika terlalu lebar atau panjang, penampilan justru jadi kurang menarik dan wajah menjadi terlihat aneh.

  • Kacamta bulat

Kacamata yang cocok untuk wajah persegi berikutnya adalah kacamata bulat atau round. Kacamata ini melembutkan tulang pipi yang tirus sehingga lebih luwes. Pilih juga kacamata bulat dengan frame yang cocok.

Bagi beberapa orang frame tipis cenderung lebih disukai karena ringan dan cenderung seamless. Namun, ada pula pemilik wajah persegi yang lebih menyukai kacamata bulat dengan frame yang tebal. Frame ini juga dapat menegaskan bentuk wajah sehingga lebih terlihat menonjol di bagian mata.

  • Kacamata oversized

Selain itu, terdapat pula model kacamata untuk wajah persgi yang lebar dan luasnya melebihi ukuran. Sebenarnya pemilik wajah persegi cocok mengenakan berbagai bentuk kacamata.

Tetapi harus memperhatikan aspek lain yakni apakah terlalu besar, berat, merepotkan, dan cenderung memenuhi wajah atau tidak. Pilih kacamata oversized yang cukup dan cocok untuk wajah. Jangan sampai kacamata justru menyulitkan penglihatan sehari-hari.

BACA JUGA: 5+ Cara Membersihkan Kacamata yang Tergores, Pasti Ampuh!

Rekomendasi Brand Kacamata Terbaik

kacamata untuk wajah persegi
Unsplash/Quang Pham Duy

Dengan sedikit penjelasan tentang bentuk wajah. Sedulur tentu sudah bisa membayangkan jenis dan model frame kacamata yang cocok digunakan. Berikut ini juga ada beberapa rekomendasi frame sekaligus merek yang bagus untuk wajah persegi.

1. Grey Jack Half Frame 1809

Kacamata berbentuk clubmaster atau half-frame cocok untuk Sedulur yang suka dengan penampilan minimalis, tetapi ingin terlihat menonjol. Kacamata ini juga memberikan tampilan yang tegas dan serius.

Bingkai kacamata ini cocok untuk bentuk wajah diamond sebab bisa mengurangi bentuk wajah yang bersudut. Material TR90 dan metal yang digunakannya pun membuat frame ini lentur dan nyaman digunakan.

2. Djava Optik Frame Tiara

Wajah persegi umumnya memiliki garis rahang yang kaku. Untuk mengimbanginya, Sedulur bisa memakai kacamata dengan desain bingkai bulat, seperti frame Tiara dari DJAVA OPTIK ini. Desain frame bulat akan sedikit mengurangi image wajah yang terlalu kaku dan tegas.

Sudut pada frame yang terbuat dari titanium juga diklaim lebih awet. Jadi, Sedulur tidak perlu risau frame mudah patah ketika memakainya setiap hari. 

3. Colore.in TR1019R

Produk yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Sedulur yang sering beraktivitas serta kerap mencopot dan memasang kembali kacamata. Pasalnya, frame kacamata ini didesain lentur sehingga tidak mudah patah ketika tertekuk berlebihan.

Selain itu, frame ini juga tersedia dalam 9 variasi desain warna menarik yang dapat Sedulur pilih sesuai selera. Pastikan memilih yang pas dengan gaya Sedulur, ya!

4. Berry Barton Round Frame 11933

Frame kacamata bulat dari Berrybarton ini kami rekomendasikan untuk Sedulur penggemar gaya retro. Bentuknya yang bulat dengan diameter frame yang tipis menguatkan citra retronya.

Terlebih lagi, nosepad frame ini terbuat dari silikon yang ramah di hidung. Alhasil, hidung tidak akan sakit karena kelembutan dari silikon walau dipakai dalam waktu yang lama. 

5. 1001 Eyewear Cat Eye S11931

Desain cat-eye pada frame ini bisa dijadikan alternatif pilihan tepat untuk Sedulur yang memiliki wajah berbentuk segitiga dan oval. Memiliki sudut-sudut frame yang tinggi dapat membuat wajah Sedulur terlihat lebih seimbang.

Selain itu, desain kekinian frame ini juga sedang hype di kalangan banyak anak muda. Dengan memilikinya,  Sedulur pun bisa tampil fashionable plus tidak ketinggalan zaman, keren!

6. La Chapela Metal Frame 3504

Kacamata ini memiliki bingkai tebal dengan desain simpel dan sentuhan yang elegan. Framenya dilapisi warna gold sehingga amat pas dipakai oleh Sedulur yang senang tampil classy. Material metalnya menjadikan frame kacamata ini lebih kukuh dan kuat. Selain itu, tangkainya juga tidak mudah patah dan nyaman di telinga karena dilapisi material TR90.

7. Mollucas Muna Gel Turtle

Bila Sedulur ingin tampil beda, pilihlah frame Muna Gel Turtle dari Mollucas. Kombinasi material acetate berpadu dengan aksen tortoise shell sukses menyuguhkan desain yang otentik kala dipandang.

Berkat hal itu, Sedulur jadi terlihat menonjol dan berbeda saat memakainya. Sedulur bisa memadukannya dengan beragam jenis pakaian kasual karena desainnya juga cenderung versatile.

8. Bridges Eyewear Jhene FBIATX

Kacamata dengan frame aviator selalu berhasil membuat Sedulur tampil stylish. Kini, bingkai aviator memiliki berbagai warna dan motif sehingga memberikan tampilan menarik. Salah satunya produk ini! Frame ini terkesan simpel, tetapi berkelas berkat kombinasi warna elegan yang ditawarkan.

Selain itu, produk ini memiliki lebar diameter yang mencapai 55 mm sehingga membuat pandangan Sedulur jadi lebih nyaman. Sedulur yang juga memiliki masalah pada penglihatan tentu akan terbantu dengan produk ini.

9. Robins De Eyewear

Untuk Sedulur yang mencari kacamata semi rimless, pertimbangkan sunglasses yang satu ini. Model semi rimless membuat desainnya lebih unik dan gagangnya yang slim tidak membuat telinga terasa sakit.

Karena desainnya simpel, Sedulur bisa menggunakan sunglasses ini sehari-hari. Selain warna hitam, produk ini juga tersedia dalam pilihan warna lensa dan frame lainnya, lho.

10. Groovy Eyewear Syifa

Kacamata dari Groovy Eyewear ini cocok sekali untuk Sedulur yang ingin tampil lebih seksi. Frame-nya yang penuh dan tidak terlalu tebal akan lebih menonjolkan kacamata ini. Selain itu, model bagian kacamata yang lebih besar pun kontras dengan bentuk rahang Sedulur.

Semua mata akan tertuju pada kacamata Sedulur yang tampak menarik ini. Meski begitu, ukuran frame-nya juga tidak terlalu tebal sehingga cocok dipakai oleh pengguna hijab.

11. Lunett Avicenna Tortoise

Sedulur membutuhkan kacamata multifungsi sebagai kacamata koreksi penglihatan sekaligus kacamata hitam? Ini adalah produk yang tepat! Kacamata dari Optika Lunett ini merupakan model snap it yang bagian lensa sunglasses-nya bisa dilepaskan.

Bagian sunglasses-nya pun terlihat unik dengan model aviator. Dipakai untuk kacamata harian ataupun sunglasses membuat saat liburan jadi lebih praktis! So, jangan sampai kehabisan model kacamata yang satu ini, ya.

12. Owndays Air Fit AF 1025G

Kacamata dengan frame tipis adalah salah satu tren fashion ala Korea. Nah, jika Sedulur ingin steal the look salah satu artis idola Sedulur, kacamata ini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, kacamata Air Fit dari Owndays menggunakan bahan titanium. 

Bahan titanium ini memang tipis dan tidak seberat stainless steel. Jadi, Sedulur akan tetap merasa nyaman melakukan berbagai aktivitas dengan menggunakan kacamata.

13. KCMTKU Kaito Asha

Kacamata berikutnya yang kami rekomendasikan untuk pemilik wajah kotak adalah KAITO Asha Signature dari KCMTKU. Kacamata berbentuk oval ini cocok sekali digunakan oleh pemilik wajah kotak yang sedang atau besar. Ukuran kacamata ini membuat wajah Sedulur tampak lebih proporsional.

Terlebih lagi, ketebalan frame kacamata ini cocok untuk bentuk wajah kotak pengguna hijab.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kacamata Hitam Pria Terbaik dan Terbaru 2023

Cara Merawat Kacamata

kacamata untuk wajah persegi
Unsplash/Jocelyn Morales

Bagi pengguna kacamata, tentu merawat kacamata adalah hal yang wajib dilakukan. Meski terlihat mudah, sebenarnya membersihkan kacamata yang buram dan merawat kacamata perlu perhatian khusus, terutama pada lensanya. Bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan dan merawat kacamata?

1. Selalu pakai cairan khusus

Kamu dapat membeli cairan pembersih kacamata yang dirancang khusus untuk membersihkan lensa dan bingkai. Cairan ini efektif menghilangkan noda minyak, debu, atau kotoran lainnya tanpa merusak lensa atau lapisan pelindung.

2. Gunakan lap microfiber

Jangan sembarangan mengelap kacamata. Gunakan kain microfiber yang lembut dan bersih, sebab kain tersebut tidak akan menggores lensa. Hindari menggunakan tisu, baju, atau benda kasar lainnya yang dapat merusak permukaan lensa.

3. Bilas dengan air hangat

Sebelum membersihkan, bilas kacamata dengan air hangat untuk menghilangkan partikel-partikel besar seperti debu atau kotoran yang menempel. Hindari menggunakan air panas atau air mengalir yang keras karena bisa merusak lapisan pelindung pada lensa.

4. Jangan sentuh lensa

Menyentuh lensa dengan jari tangan dapat membuat minyak dan kotoran di jari menempel pada lensa. Pegang kacamata pada bingkainya supaya lensa terhindar dari minyak dan kotoran.

5. Selalu simpan di tempat khusus

Ketika tidak digunakan, simpan kacamata di dalam kotak kacamata atau dalam kantong khusus. Ini akan melindungi kacamata dari debu dan risiko tergores oleh benda-benda lain.

Demikian tadi deretan rekomendasi kacamata untuk wajah persegi yang cocok untukmu. Semoga informasi kali ini bisa membantu Sedulur mendapatkan pilihan kacamata terbaik dan membuat penampilan makin mantap ya!