Beda kacamata mahal dan murah

Sedulur mungkin pernah berpikir apa beda kacamata mahal dan murah? Toh orang lain tidak akan mengetahui perbedaannya, karena yang paling penting adalah fungsi dari kacamata itu sendiri. Tidak ada yang salah dari pemikiran tersebut, tapi bukan berarti juga benar.

Kacamata mahal dan murah yang dimaksud, dalam hal ini adalah lensa yang memiliki peran dan fungsi utama. Jangan sembarangan menggunakan lensa yang murah. Sedulur harus benar-benar mengatahu beda kacamata mahal dan murah, terutama bagian lensa.

Nah, hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dalam penjelasan kali ini. Termasuk informasi terkait dampak buruk menggunakan kacamata atau lensa murah secara sembarangan. Lantas apa perbedaannya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Pentingnya Kacamata Anti Radiasi untuk Mata & Fungsinya

-->

Beda kacamata mahal dan murah

beda kacamata mahal dan murah
iStock

Perbedaan kacamata mahal dan murah terletak pada lensanya. Karena hal yang membedakan kacamata mahal dan murah adalah lensa itu sendiri. Lensa pula yang memiliki fungsi utama dan penting dari kacamata itu sendiri.

Lensa mahal memiliki beberapa fitur unggul dan memberi kondisi penglihatan menjadi normal. Selain itu, lensa mahal juga tidak perlu repor melakukan perawatan, cukup sekali membersihkan saja. Karena umumnya lensa mahal memiliki fitur tahan debu dan kotoran.

Ditambah, lensa mahal juga tidak akan meninggalkan bekas sidik jari dan juga tahan terhadap uap. Maka uap dan embun akan tahan. Selain itu, lensa mahal juga sudah anti radiasi dan anti sinar UV sehingga dapat melindungi mata menjadi lebih aman.

Berbeda dengan lensa murah yang harus dibersihkan sendiri, bahkan harus dibersihkan ulang. Juga tidak memiliki fitur-fitur menarik yang dijelaskan di atas.

Dampak menggunakan kacamata atau lensa murah

beda kacamata mahal dan murah
iStock

Secara keunggulan, lensa atau kacamata mahal memiliki banyak fitur yang unggul, terutama keamanan dan perlindungan yang diberikan. Berbeda dengan lensa atau kacamata murah yang bahkan dapat memberikan bahaya dan ancaman pada kesehatan mata.

Maka dari itu, Sedulur penting memahami dan mengetahui beda kacamata mahal dan murah. Adapun bahaya menggunakan kacamata murah dengan sembarangan yaitu sebagai berikut:

1. Dapat menyebabkan katarak

beda kacamata mahal dan murah
iStock

Lensa murah biasanya tidak dilengkapi dengan anti radiasi anti sinar UV, sehingga tidak akan dapat melindungi mata. Padahal, mata yang terpapar sinar ultraviolet lama-kelamaan akan menyebabkan lensa mata menjadi keruh akibat protein yang rusak.

Kondisi lensa mata yang mengeruh itu lantas kita kenal sebagai katarak. Seperti pada kacamata hitam atau sunglasses, jika yang Sedulur gunakan adalah kacamata hitam murahan, maka bisa dipastikan warna gelap dari kacamata tersebut hanya akan mengurangi intensitas cahaya.

Tanpa sedikit pun melindungi mata dari paparan radiasi sinar matahari. Bukan hanya katarak, kacamata yang tidak dilengkapi dengan pelindung sinar UV berpotensi menyebabkan penyakit mata lainnya yakni degenerasi makula, dan pada kasus yang jarang bahkan sampai mengakibatkan berkembangnya sel kanker melanoma mokular.

Jadi, hindari bahaya memakai kacamata murah yang satu ini dengan membeli kacamata yang sudah memiliki standar perlindungan sinar UV, yakni kacamata yang memiliki label ‘CE’ (Standar perlindungan sinar UV Eropa), atau label ‘UV 400’.

2. Mata menjadi rabun

iStock

Banyak orang menggunakan kacamata hanya sebagai aksesoris untuk tampil penuh gaya. Lensa kacamata yang digunakan pun hanya sebatas kaca film biasa, bukan lensa minus, plus, atau silindris. Kacamata seperti ini bisa didapatkan di penjual kacamata murah manapun.

Hal yang tidak kita sadari, yakni kacamata seperti itu berpotensi menimbulkan bahaya jika kacamata digunakan secara sembarangan. Salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan yaitu mata akan menjadi rabun dan kesulitan melihat.

BACA JUGA: 10 Model Kacamata Untuk Wajah Bulat Agar Kelihatan Tirus

3. Mata mudah lelah

iStock

Pada kacamata murah, jarak antar pupil (Interpupillary distance) pada lensa kacamata mungkin tidak akurat, tidak seperti kacamata yang dijual di optik-optik yang sudah memiliki reputasi baik. Hal ini lantas menimbulkan bahaya memakai kacamata murah lainnya, yaitu mata menjadi mudah lelah.

Bahkan dalam kondisi yang buruk, fokus mata tetap saja tidak maksimal. Terutama akan terjadi pada Sedulur yang kondisi mata minus, plus, atau silindrisnya sudah sangat tinggi. Oleh sebab itu, pastikan kacamata yang Sedulur gunakan memiliki interpupillary distance yang tepat agar mata dapat melihat dengan baik dan jelas.

4. Sering sakit kepala

iStock

Kacamata murah secara kualitas tentu saja tidak sebaik kacamata dengan harga yang sedikit lebih mahal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacamata murah umumnya memiliki potongan lensa yang asimetris, frame yang mudah patah, hingga yang paling mengganggu, interpuppillary distance yang tidak akurat.

Salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan adalah Sedulur akan sering mengalami sakit kepala, karena membiarkan penggunaan kacamata dengan lensa murah yang jelas memiliki dampak berbahaya.

Nah itulah penjelasan beda kacamata mahal dan murah, tentu Sedulur kini menjadi paham akan bahaya kesehatan mata jika menggunakan kacamata murah dengan sembarangan. Semoga penjelasan di atas dapat memberi informasi penting bagi Sedulur dan lebih berhati-hati dalam memilih kacamata dan lensa. Apalagi mata merupakan indera yang berperan penting dalam kehidupan, berhati-hati menggunakan kacamata sangat wajib agar kesehatan mata juga bisa terjamin dan terjaga.