jenis perawatan di salon

Salon merupakan surga bagi sebagian besar wanita. Tak hanya bisa merasakan perawatan dari ujung kaki sampai ujung rambut, pelanggan salon kadang juga bisa kembali segar setelahnya. Namun, masih banyak yang bingung tentang apa saja jenis perawatan di salon ketika belum pernah berkunjung ke sana.

Bagi Sedulur yang memiliki rencana untuk memanjakan diri ke salon. Tentu artikel kali ini bisa membantumu mengenal lebih dalam tentang apa saja sih treatment atau perawatan yang ada di salon. Penasaran seperti apa ulasannya? Simak berikut ini.

BACA JUGA: 15 Model Rambut Wanita Terpopuler dan Terbaik 2023!

Apa itu Salon?

jenis perawatan di salon
Unsplash/Karely Ruiz

Istilah salon diadaptasi dari bahasa Inggris yang bermakna ruangan atau ruang besar. Terdapat pula pengertian lain berdasar kamus saku Oxford Learner’s Pocket Dictionary, yaitu tempat di mana penata rambut dan penata kecantikan bekerja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian salon adalah ruang (kamar) yang diatur dan dihias dengan baik. Secara umum, salon dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni beauty salon (salon kecantikan, wajah atau tubuh) dan hair salon (salon rambut). Tetapi pemakaian kata salon saja sudah dapat mewakili keduanya.

Salon merupakan tujuan masyarakat ketika hendak mempercantik diri. Oleh karena itu, ada pula istilah salon kecantikan, yaitu tempat (gedung) orang merawat kecantikan (merias muka, menata rambut, dan sebagainya).

Sehingga bisa disimpulkan, bahwa secara umum salon adalah sebuah tempat usaha yang bergerak di bidang jasa kecantikan yang berhubungan dengan perawatan kecantikan dan kosmetik untuk pria dan wanita.

Dimana salon kecantikan sebagai tempat untuk memperindah dan mempercantik tubuh dengan menyediakan perawatan berkaitan dengan kesehatan kulit, keindahan rambut, estetika wajah, perawatan kaki, perawatan kuku, waxing atau hair removal lainnya, dan sebagainya yang berhubungan dengan pelayanan kecantikan tubuh.

BACA JUGA: 25 Model Rambut Wisuda Pakai Toga dari Simpel Hingga Elegan!

Tipe-Tipe Salon Kekinian

jenis perawatan di salon
Pexels/Arina Krasnikova

Ada cukup banyak jenis salon yang bisa Sedulur temukan di era sekarang ini. Namun, salon yang cukup umum adalah seperti berikut.

1. Beauty salon

Terdapat segala jenis perawatan kecantikan seperti perawatan kulit tubuh, perawatan kuku tangan dan kaki, perawatan muka, pengaplikasian kosmetik, hair removal dan sebagainya. Namun pada salon jenis ini juga memiliki perawatan intensif dari sebuah spa, seperti reflexy, pemijatan tubuh, dan lainnya yang berhubungan dengan relaksasi.

Adanya beauty salon memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin tampil cantik dan juga mendapatkan relaksasi.

2. Hair salon

Salon ini menawarkan servis khusus yang berhubungan dengan perawatan rambut saja, seperti pemangkasan rambut, penataan, pewarnaan, pencucian dan perawatan spesial seperti penyambungan rambut (hair extensions) atau penghilangan rambut di daerah tertentu (hair removal).

3. Nail salon

Walaupun di beberapa salon kecantikan telah memiliki perawatan khusus kuku, banyak terdapat Nail Salon yang memang khusus hanya untuk perawatan kuku saja dan dikerjakan oleh teknisi kuku yang biasa disebut “manicurists” atau “nailists”.

Salon kuku ini menyediakan semua perawatan khusus kuku kaki dan tangan dan kesehatan kulitnya, juga nail art yang bervariasi.

4. Bridal salon

Salon khusus yang menyediakan perlengkapan khusus untuk pengantin, seperti penataan rambut, tata rias untuk pengantin bahkan lengkap dengan menyediakan banyak pilihan gaun dan jas untuk pengantin beserta aksesorisnya.

5. Tanning salon

Salon ini banyak ditemukan di negara barat yang mayoritas penduduknya berkulit putih yang menginginkan kulit mereka menjadi kecoklatan tanpa harus berjemur di bawah terik matahari. Salon ini menyediakan sunbed atau tanning bed yang akan mengeluarkan sinar UV yang dapat membuat kulit menjadi coklat.

Selain itu, salon ini juga menyediakan Sunless Spray Tanning yaitu teknik pencoklatan kulit tanpa sinar matahari atau UV buatan, namun hanya dengan memakai spray khusus yang merupakan bahan kosmetik yang disemprotkan ke kulit dan mempunyai efek yang terlihat sama dengan mencoklatkan kulit memakai sinar UV.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Peeling Body Gel Terbaik, Kulit Mati Terangkat!

Jenis Perawatan di Salon

Unsplash/Lindsay Cash

Ada cukup banyak jenis perawatan yang bisa Sedulur rasakan ketika datang ke salon. Mulai dari merawat rambut, kulit hingga kuku. Namun, ada beberapa jenis perawatan di salon yang wajib Sedulur coba seperti berikut ini.

1. Perawatan keratin

Macam perawatan di salon yang pertama adalah perawatan keratin. Sedulur yang memiliki rambut keriting tentu mengetahui betapa sulitnya melakukan perawatan di rumah. Perawatan keratin bisa menjadi solusinya.

Bisa dibilang perawatan keratin telah menjadi perawatan smoothing yang popular selama lebih dari sepulu tahun. Hal ini dikenal untuk memberikan hasil halus yang berlangsung selama berminggu-minggu. Perawatan keratin lebih dikenal sebagai Brazilian Blowout, dan dapat mengubah rambut dari keriting menjadi halus, rambut lurus.

Perawatan ini sangat ideal untuk wanita dengan rambut keriting dan keriting yang tidak mau diam. Perawatan keratin memberikan hasil yang halus tanpa perlu setrika datar dan produk penataan rambut. Ada dua metode mengoleskan keratin ke rambut.

Perawatan penghalusan keratin dasar memberikan rambut berkilau dan halus hingga enam bulan. Di sisi lain, Brazilian Blowout memberikan solusi yang membuat batang rambut rontok dan mencegah ikal selama hampir tiga bulan sebagai kelebihannya.

Untuk kekurangannya, perawatan keratin ini mahal untuk dilakukan. Lalu sulit perawatan di rumah bagi sebagian orang karena Sedulur harus menunggu 3 hingga 4 hari setelah perawatan keratin untuk mencuci rambut. Jadi, jika Sedulur tidak bisa melewatkan cuci rambut maka perawatan ini perlu dipertimbangkan.

2. Perawatan kulit kepala

Selanjutnya adalah perawatan kulit kepala. Orang yang mengalami kulit kepala gatal dan kering dapat meminta perawatan kulit kepala dari salon mana pun. Layanan ini bisa mengoreksi produksi minyak di kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Kelebihan dari perawatan kulit kepala dapat dilakukan untuk Sedulur dengan kulit kepala berminyak atau mereka yang memiliki bercak kering bersisik. Memiliki kulit kepala yang sehat diperlukan untuk memiliki rambut yang sehat.

Setelah perawatan kulit kepala, skala kulit kepala Anda akan berkurang atau bahkan bebas serpihan kulit mati. Pelunakan dan penghilangan timbangan secara manual memungkinkan kulit kepala di bawahnya dirawat dengan lebih efektif. Jenis perawatan kulit kepala ini bisa efektif dalam kasus dimana shampo dan lotion kulit kepala gatal.

Kekurangannya yaitu tergantung pada kondisi dan tingkat keparahannya sehingga membutuhkan waktu untuk menjadikan kulit kepala sehat kembali. Biasanya perawatan di dua minggu awal untuk mengatasi masalah di kulit kepala. Namun, jika terlalu banyak masalahnya maka membutuhkan waktu lebih lama.

3. Perawatan detoks

Jenis perawatan rambut ini paling baik bagi Sedulur yang telah menjalani berbagai jenis gaya dan perawatan rambut. Penggunaan produk yang berlebihan atau paparan bahan kimia akan meninggalkan penumpukan pada batang rambut dan memulai kerusakan rambut.

Perawatan detoks rambut membersihkan batang rambut dan meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan untuk mendorong pertumbuhan rambut. Detoks rambut juga akan membersihkan rambut dan menghilangkan kotoran yang menyebabkannya kurang bersinar dan lebat.

Kekurangannya, bagi Sedulur yang memiliki kulit sensitif maka pertimbangkan perawatan pra-detoks seperti mengoleskan beberapa tetes minyak yang menghidrasi tetapi tidak berminyak seperti argan atau kelapa dan membiarkannya meresap semalaman. Kemudian oleskan perawatan kulit kepala seperti sampo, kerjakan dengan gerakan melingkar kecil dan bilas. Atau, cobalah scrub kering.

4. Perawatan kelembaban

Bangkitkan kembali rambut kering dan kering dengan perawatan protein kelembaban. Perawatan kelembaban berkualitas dapat memperbaiki masalah rambut yang umum seperti kurangnya kilau dan ujung bercabang.

Ini paling baik untuk rambut kering, diproses berlebihan, rusak karena panas, dan putus asa yang membutuhkan sedikit (atau banyak) cinta. Tambahkan perawatan kelembaban saat mewarnai rambut.

5. Perawatan relaksasi

Tidak hanya otot tubuh kamu saja yang butuh relaksasi, tapi kulit kepala dan rambut juga. Perawatan relaksasi bisa mengembalikan kekuatan rambut. Perawatan relaksasi cocok digunakan pada rambut bertekstur, baik bergelombang maupun keriting.

Meski perawatan ini bisa berlangsung berbulan-bulan, namun pengaplikasian ulang harus dilakukan dengan hati-hati. Jika perawatan relaksasi terlalu sering dilakukan, maka berdampak pada rambut kering dan lepek. 

6. Hair spa

Risih karena rambut kusam, kering, keriting, dan berminyak? Bagi kamu yang mengalami masalah rambut tersebut, makanya jangan lupa melakukan perawatan rambut secara rutin. Apalagi bila sering terpapar sinar matahari atau menggunakan alat catok, rambut menjadi mudah rusak.

Nah, hair spa bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah rambut di atas. Hair spa bisa memberikan nutrisi pada akar rambut, merevitalisasi kulit kepala, dan memperkuat folikel rambut. Dengan begitu, kesehatan rambut juga tetap terjaga.

7. Hot oil treatment

Perawatan rambut ini adalah salah satu yang paling populer jika Sedulur menginginkan kilau instan dan menutup kutikula rambut. Ini menghasilkan rambut halus yang terlihat dan terasa halus dan bergizi baik. Prosesnya biasanya memakan waktu 30 menit hingga 1 jam tergantung kondisi dan kesehatan rambut.

Hot oil treatment ini bisa diterapkan pada rambut selama sekitar 15-20 menit kemudian bilas. Sedulur dengan rambut berwarna serta mereka yang memiliki rambut kering dan keriting dapat memperoleh manfaat dari perawatan rambut ini.

Kelebihan hot oil treatment ini adalah dapat mengatasi masalah ketombe, meningkatkan sirkulasi darah, menguatkan rambut, kurangi kerontokan rambut, hingga mendorong pertumbuhan rambut baru menurut Healthline.

Namun, kekurangannya perlu diulang secara teratur jika ingin mempertahankan hasil, hanya bersifat sementara, minyak tertentu bisa berbau tidak menyenangkan jika dicium, memicu potensi alergi sehingga dibutuhkan test skin patch.

8. Lulur badan

Lulur berfungsi mengangkat kulit mati, meremajakan kulit dan juga untuk membuat kulit menjadi putih. Lulur biasanya terbuat dari bahan-bahan rempah alami seperti cengkeh, jahe, serai, kunyit, bunga melati, bunga mawar dan lain sebagainya. Lulur juga bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon.

9. Totok wajah

Perawatan totok tak hanya bisa dilakukan pada tubuh, tetapi juga pada wajah. Perawatan ini memiliki banyak manfaat seperti menjadikan wajah lebih cerah, segar, serta tidak kusam. Totok wajah dilakukan dengan cara pemijatan yang berpusat pada titik-titik tertentu.

10. Scrubbing

Perawatan scrub atau scrubbing yang dilakukan pada tubuh berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh. Scrub bisa juga dilakukan pada kulit wajah. Perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah namun akan lebih baik dilakukan di salon kecantikan agar lebih maksimal.

11. Masker

Masker wajah dan tubuh menjadi salah satu jenis perawatan paling sering dilakukan. Selain khasiatnya jitu untuk mengurangi kerutan, meremajakan serta memutihkan kulit, jenis perawatan ini juga menjadi favorit karena praktis dilakukan dan tidak memerlukan biaya besar.

12. Facial

Facial bermanfaat untuk mengangkat komedo sehingga membuat kulit bersih dan cerah. Meski banyak manfaatnya, facial juga menimbulkan efek samping pada kondisi tertentu. Tidak semua jenis kulit cocok melakukan perawatan ini. Jika kulit sensitif melakukan perawatan facial, hasil yang didapat bukan memuaskan melainkan justru membuat masalah baru.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang ragam jenis perawatan di salon yang mungkin belum Sedulur ketahui. Semoga dengan informasi kali ini bisa membantu Sedulur untuk bisa menemukan pilihan perawatan terbaik ya.