model rambut wisuda pakai toga

Persiapan wisuda memang harus dilakukan semaksimal mungkin. Salah satu yang wajib dan perlu diperhatikan adalah penggunaan model rambut wisuda pakai toga. Tak hanya bisa memberikan kesan elegan dan manis, gaya rambut yang tepat juga akan membuat kamu bagus saat difoto.

Wisuda memang menjadi salah satu momen yang berharga. Sehingga dalam memilih model rambut wisuda pakai toga sebaiknya tidak sembarangan. Nah, supaya Sedulur menemukan inspirasi saat memilih gaya rambut yang apik untuk wisuda. Mari simak beberapa ide model rambut wisuda berikut ini!

BACA JUGA: 20 Inspirasi Model Kebaya Wisuda 2023 yang Simpel Elegan

1. Messy back bun

model rambut wisuda pakai toga
Julia Lin

Messy back bun mungkin biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari, terutama saat keadaan sibuk. Namun dengan penataan lebih baik, messy back bun bisa menjadi gaya rambut yang keren untuk wisuda.

Efek dari hasil curling rambut, membuat sanggul bawah messy bun terlihat lebih bertekstur. Gaya rambut ini cocok untuk pemilik wajah lonjong atau diamond.

2. Sanggul dengan kepang bando

Bentuk sanggul rendah dan tambahkan kepang pada bagian crown (puncak kepala) untuk tampilan yang lebih cantik. Karena sanggulnya bervolume, hairdo wisuda ini lebih cocok untuk yang berambut panjang.

3. Sanggul klasik

Suka dengan gaya klasik yang manis? Coba model rambut ini. Semakin panjang rambutmu, hasilnya akan semakin bagus. Jangan lupa hias dengan bunga hidup. Selain wangi, berfungsi juga sebagai dekorasi. Bikin foto wisuda makin anggun.

4. Braided updo

Braided updo bisa menjadi inspirasi gaya rambut yang nyaman untuk menghadiri wisuda. Braided bun banyak digunakan oleh para selebriti dunia.  Kesan sederhana dan elegan membuat gaya rambut ini cocok untuk kegiatan padat, seperti acara wisuda.

5. Crown braid

Crown braids ala bohemian bisa menjadi pilihan jika ingin tampil berbeda saat menghadiri wisuda. Crown braids memberikan kesan anggun namun tetap santai. Penambahan aksesoris kecil lainnya seperti bunga-bunga kecil di sela-sela kepangan, dapat membuat braids terlihat lebih manis.

6. Sleek bun minimalis

model rambut wisuda pakai toga
Make Me Bridal

Untuk pencinta gaya minimalis, kamu bisa tampil elegan dengan model rambut wisuda modern berikut. Kamu bisa membuat sanggulnya seperti beberapa cara di atas. Bedanya, bagian depan rambut disisir ke belakang. Rapikan sanggul modern rambut sendiri wisuda ini dengan hairspray.

7. Sanggul chignon

Chignon dan hair bun hampir mirip jika dilihat dari bentuknya. ‘Chignon’ berasal dari frasa Prancis ‘chignon du cou’ yang berarti ‘tengkuk leher’. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa gaya rambut chignon biasanya posisinya persis di atas tengkuk leher.

Model sanggul ini favorit untuk acara prom dan pesta. Jika kamu ingin menggunakan strapless dress dan membuat pusat perhatian tertuju pada bahu dan leher, kamu bisa memilih model rambut ini.

8. Gibson tuck dengan simple bun

Kalau versi Gibson tuck yang ini cocok untuk rambut panjang. Bentuknya memang tak seperti sanggul pada umumnya, jadi terlihat unik! Pastikan rambutmu bebas dari flyaways atau anak rambut dengan menggunakan hairspray yang tepat.

9. Twisted low bun

Twisted low bun juga bisa menjadi inspirasi untuk rambut rambut pendek, yang cocok saat wisuda. Gaya rambut ini terlihat modern dan tetap memberikan kesan elegan. Paling penting adalah dapat menonjolkan keindahan dari baju yang digunakan saat wisuda.

Jika memiliki bentuk wajah yang bulat, bisa menyiasatinya dengan menambah volume di bagian atas, agar terlihat lebih proporsional.

10. Simple bun dengan poni

Untuk kamu yang tidak sempat pergi ke salon, kamu bisa coba gaya simpel nan mudah ini. Biarkan saja beberapa helai poni jatuh, gaya messy akan membuatmu terlihat makin seksi.

BACA JUGA: Tips Makeup Wisuda Natural ala Korea, Tampil Fresh & Elegan!

11. Ponytail kepang

HawtCeleb

Hairdo wisuda nggak harus sanggul, kok. Untuk kamu yang berambut sedang atau nanggung, kamu bisa coba variasi ponytail. Hasilnya masih terlihat pas untuk acara formal. Kalau mau model yang lebih simpel lagi, kamu bisa coba kombinasi kepang samping dan wavy ponytail seperti ini.

12. Curly twisted half do

Bagi kamu yang memiliki rambut pendek sebahu, kamu tak perlu memaksakan harus bersanggul. Coba gaya model rambut wisuda terurai yang simpel ini. Buat rambutmu menjadi bergelombang dengan curling iron, pelintir beberapa bagian rambutmu, dan jadikan satu di belakang.

13. Waterfall braids

Gaya rambut kepang ini lebih kompleks tapi tetap bikin kamu terlihat elegan. Untuk membentuk model rambut wisuda terurai seperti ini, kamu cukup mengeriting seluruh rambut, dan mulai mengepang bagian atasnya.

14. Kepang samping dengan aksesoris

Tak mau model cepol? No worries! Coba gaya rambut kepang samping dengan hair pin mutiara untuk acara wisuda. Gaya kepang rendah ini cocok untuk model rambut wisuda modern, karena bikin kamu dengan mudah mengenakan toga.

15. Curly updo

Untuk yang berambut keriting, coba kombinasikan gaya twisted dan model rambut updo simpel. Cukup twist atau pelintir rambut bagian samping dan jepit ke belakang. Bentuk cepol simpel dan sematkan hair pin cantik. Padankan dengan poni panjang yang menjuntai.

16. Wavy ponytail

Latest

Satu lagi model rambut untuk wisuda untuk kamu yang nggak suka ribet atau mesti berlama-lama di salon. Rapi di bagian atas dan depan, untuk diikat menjadi gulungan yang manis.

17. Half-do untuk rambut keriting

Yang punya rambut sangat keriting, mana suaranya? Hehe. Kalau ingin tetap mempertahankan tekstur rambutmu yang bergelombang, pilih gaya half-do atau kuncir setengah seperti ini.

Untuk mengurangi volume di bagian samping (dan agar tatanan rambut tetap rapi), kepang bagian samping rambut dan jepit di belakang. Kamu bisa tambahkan poni depan jika diinginkan.

18. Headband braids

Anti ribet ribet club! Hairdo wisuda ini cocok untuk kamu yang menginginkan tampilan santai atau lebih tone down. Saking simpelnya, model rambut wisuda terurai ini bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Kepangannya bukan model French braid atau Dutch braid. Kamu hanya perlu mengepang rambut dengan teknik biasa, buat melingkar dari sisi kanan hingga ke kiri (atau sebaliknya), dan jepit di belakang telinga. Hasilnya terlihat seperti bando.

19. Keriting gantung

Ini dia keriting klasik yang masih populer hingga sekarang. Model keriting gantung ini pas untuk kamu yang punya rambut panjang dan cenderung tipis. Alternatif gaya rambut wisuda yang bikin kamu tetap terlihat kekinian.

20. Loose curls

Tak suka keriting yang terlalu spiral atau menggulung seperti keriting gantung? Kamu bisa coba model keriting yang gelombangnya lebih longgar. Model rambut ini juga cukup populer, khususnya untuk kalangan wanita yang memiliki rambut keriting.

Alhasil penampilan menjadi lebih unik dan terkesan seksi. Jika Sedulur ingin memiliki penampilan yang cukup mencolok saat wisuda, maka opsi model rambut ini bisa jadi pilihan menarik!

21. Sanggul rendah tradisional

Allthingshair

Sanggul rendah tradisional, menjadi sanggul andalan banyak orang setiap tahunnya. Selain karena sanggul ini sangat simple, proses styling-nya pun cepat. Sanggul ini sangat mudah untuk dibuat, nilai plus lainnya sanggul ini minim penggunaan hairspray.

Sayangnya meski terlihat natural dan nyaman, sanggul ini tidak akan bertahan lama. Karena minim hairspray membuat ketahanan menjadi berkurang.

22. Konde klasik rendah

Model konde klasik rendah, bisa menjadi inspirasi gaya rambut simple untuk hadiri wisuda. Rambut yang disisir ke belakang ditambah dengan aksen sasak, membuat konde klasik terlihat elegan.

Selain itu, konde klasik rendah ternyata cocok untuk banyak bentuk wajah. Model konde klasik juga akan memudahkan saat lepas-pasang toga, tidak akan merusak tata rambut.

23. Sanggul modern

Sanggul modern menjadi salah satu model yang paling disukai. Model ini cocok untuk digunakan dengan berbagai jenis pakaian dan makeup. Rambut yang disasak ke belakang lalu diberi volume di bagian depan, membuat sanggul dapat menonjolkan wajah dengan sempurna.

Sanggul modern dapat membuat garis wajah terlihat lebih tegas, jika ditambah contour yang baik.

24. Side bun

Side bun bisa jadi salah satu gaya rambut yang bisa dibilang anti ribet. Model side bun akan mengumpulkan rambut ke salah satu bagian sisi leher, kanan atau kiri sesuai selera. Side bun bisa berupa sanggul cepol yang simple atau ditambah aksen curly agar terlihat messy. Side bun sendiri dapat membuat pemakainya terlihat lebih anggun.

25. Korean waves

Untuk penggemar style Korea, ini adalah model rambut wisuda terurai yang cocok untukmu. Simpel dan nggak neko-neko! Kalau punya alat styling di rumah, kamu bisa membentuk gaya rambut wisuda ala Korea ini dengan alat catok atau curling iron.

26. French twist

model rambut wisuda pakai toga
Lulus

French twist jadi model rambut wisuda pakai toga terakhir yang bisa Sedulur coba. Gaya rambut ini diciptakan dengan mengumpulkan seluruh rambut dan menggulungnya secara vertikal sehingga terbentuk seperti croissant. Biarkan penampilannya sedikit acak untuk menambah kesan kasual. Cocok untuk pergi ke kantor atau acara formal lainnya.

Demikian tadi deretan model rambut pakai toga yang bisa Sedulur jadikan inspirasi. Jangan sampai momen wisudamu kurang maksimal karena rambut yang kurang mantap. Jadi selamat memilih ya!