rekomendasi peeling body gel

Apakah Sedulur merasa kulitmu kasar dan kusam? Mungkin saja kulitmu butuh untuk di eksfoliasi dengan menggunakan rekomendasi peeling body gel yang banyak dijual sekarang ini. Eksfoliasi sendiri merupakan cara untuk mengangkat sel kulit mati dari lapisan kulit terluar.

Selain memaksimalkan menggunakan body scrub, eksfoliasi ini bisa bermanfaat untuk mencerahkan, melembutkan, serta memperbaiki tampilan kulit. Eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan menyesuaikan jenis kulitmu. Dimana eksfoliasi yang sedang banyak disukai adalah dengan menggunakan peeling gel.

Teksturnya yang lembut cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan memiliki risiko iritasi yang minimal. Dengan peeling gel, Sedulur akan mendapatkan wajah yang bersih, tampak cerah, dan lebih bersinar.

BACA JUGA: 12+ Masker Wajah Lokal Organik Terbaik untuk Semua Tipe Kulit

Rekomendasi Peeling Body Gel Terbaik

rekomendasi peeling body gel
Pexels/Pavel Danilyuk

Peeling gel merupakan produk exfoliating atau pengangkat sel kulit mati yang tergolong lembut. Dengan kandungan campuran bahan kimia dan ekstrak bahan alami, peeling gel akan bereaksi dengan minyak di kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Penggunaan rutin akan buat kulit lebih cerah, lembut, dan pastinya bersih. Ada banyak sekali rekomendasi peeling body gel yang bisa Sedulur pilih. Setiap produk juga memiliki kegunaan atau keunggulan yang berbeda-beda.

Jadi, sebelum membeli, sangat penting untuk mengetahui apa jenis peeling body gel yang dibutuhkan atau cocok dengan jenis kulit. Oleh karena itu, Sedulur nggak bisa sembarangan memilih. Simak beberapa rekomendasinya berikut ini ya!

1. Garnier Pure Active Acne & Oil Clearing Scrub Wajah

Kondisi kulit yang berjerawat dan berminyak, membuatmu ragu untuk menggunakan scrub wajah? Meski saat kondisi kulit seperti ini Sedulur perlu berhati-hati dalam memilih produk eksfoliator, tapi tetap ada facial scrub yang aman untuk digunakan pada kondisi kulitmu tersebut dan membantu mengatasinya. Salah satunya adalah produk Garnier ini.

Selain melawan minyak berlebih dan jerawat, kandungan Pure Active dalam Garnier Clearing Scrub ini, dapat menghilangkan noda hitam, warna kulit yang tidak merata akibat efek paparan sinar UV, komedo, kulit kasar hingga pori-pori besar dan tersumbat.

Produk ini memiliki tekstur gel dengan bulir-bulir scrub yang halus. Kandungan bahan utama yang terdapat di dalamnya, yaitu ekstrak blueberry dan salicylic acid. Setelah menggunakan produk ini, Sedulur akan langsung merasakan sensasi kulit yang segar dan bersih.

Produk dalam kemasan tube dengan penutup flip-top ini dikemas dalam ukuran yang travel friendly, yang memudahkanmu menggunakannya kapanpun dibutuhkan. 

2. Cleora Beauty 3 Minute Exfoliating Gel

Rekomendasi produk exfoliating gel untuk wajah berikutnya datang dari brand lokal Cleora Beauty, yaitu Cleora Beauty 3 Minute Exfoliating Gel. Sesuai dengan namanya produk ini diklaim praktis dan cepat karena bisa digunakan tiga menit saja.

Cleora Beauty 3 Minute Exfoliating Gel diformulasikan dengan AHA,BHA dan PHA yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan sisa kotoran di wajah. Selain itu, produk ini aman digunakan bahkan untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Produk Cleora Beauty 3 Minute Exfoliating Gel juga aman digunakan oleh remaja mulai usia 13 tahun ke atas tanpa membuat kulit kering dan iritasi. Hal ini karena terdapat kandungan Hyaluronic Acid dan Aloe Vera yang mampu menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit.

3. Npure Licorice Advanced Peeling Gel

Npure Licorice Advanced Peeling Gel adalah solusi terbaik untuk mendapatkan kulit yang bersih, cerah, dan bercahaya. Dengan formula khusus yang mengandung licorice, produk ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati, noda, dan kotoran dengan lembut tanpa merusak kulit.

Peeling atau exfoliating gel ini mengandung bahan alami yang tidak hanya menghilangkan sel-sel kulit mati, tetapi juga membantu mencerahkan kulit dan memberikan efek bercahaya. Licorice adalah bahan yang terkenal dengan kemampuannya untuk meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Cara penggunaannya sangat mudah. Aplikasikan gel ini pada kulit wajah yang telah dibersihkan dan kering, pijat lembut dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air. Hasilnya akan langsung terasa, kulitmu akan terasa lebih segar dan berseri.

Npure Licorice Advanced Peeling Gel adalah pilihan terbaik untuk merawat kulit wajahmu. Dapatkan kulit yang lebih bersih, cerah, dan bercahaya dengan produk ini.

4. Madame Gie You Peel Me Peeling Gel

Madame Gie memang terkenal dengan harga produknya yang terjangkau. Selain itu, brand ini juga mengeluarkan peeling gel dengan dua varian. Ada varian honey yang mengandung madu, ekstrak lemon, dan saffron untuk mencerahkan, menenangkan kulit, dan mengurangi kemerahan.

Sedangkan, varian blueberry yang mengandung ekstrak blueberry dan buah pomegranate sebagai sumber antioksidan dan membantu meratakan warna kulit. Peeling gel ini bisa dibeli secara online dengan harga Rp35 ribu saja.

5. Sensatia Botanicals Exfoliating Berry Enzyme Gel Mask

Sensatia Botanicals Exfoliating Berry Enzyme Gel Mask menggunakan beragam bahan alami yang digunakan sebagai bahan aktif exfoliator. Termasuk enzim dari nanas mengeksfoliasi kulit dengan lembut, witch hazel yang membersihkan kulit dan menghilangkan minyak berlebih.

Produk ini juga mengandung gluconolactone yang efektif mengangkat sel kulit mati. Hal ini akan membuat kulit yang tampak lebih halus dan cerah, setelah pemakaian exfoliating gel ini.

Produk yang sudah memiliki sertifikasi halal ini, tergolong aman untuk ibu hamil dan menyusui, serta vegan friendly. Selain itu, produk ini ramah lingkungan karena tidak melalui uji coba terhadap hewan, dan tanpa bahan yang membahayakan eksistensi terumbu karang.

6. The Body Shop British Rose Exfoliating Gel Body Scrub

Kalau produk dari cruelty free brand ini dirancang untuk tubuh. The Body Shop British Rose Exfoliating Gel Body Scrub akan memberikan sensasi mandi ala spa di rumah dengan wangi yang mewah.

Bahannya mengandung kelopak mawar asli dan rose essence dari Inggris. Ada pula kandungan madu yang pastinya akan membuat kulit semakin lembut, segar dan cerah.

Berbeda dengan scrub pada umumnya yang berbentuk cream. Sesuai dengan namanya The Body Shop British Rose Exfoliating Gel Body Scrub berbentuk gel dengan butiran scrub berwarna merah kecokelatan. Tekstur scrubnya yang halus membuat produk ini Ketika diaplikasikan ke kulit rasanya lembut dan juga nyaman.

Aroma mawar yang dihasilkan oleh produk ini terbilang lembut dan menenangkan. Cocok untuk Sedulur yang sedang mencari produk exfoliating yang bagus untuk relaksasi. Wanginya pun enak dan super calming ketika Sedulur mandi menggunakan produk ini. Setelahnya kulit lebih cerah, bersih, dan juga kenyal. 

7. Hanasui Body Spa Exfoliating Gel

Setelah lelah beraktivitas, cocok nih untuk Sedulur memanjakan badan dengan produk Hanasui Body Spa Exfoliating Gel. Produk yang satu ini bukan cuma mengangkat sel kulit mati, tapi juga menjaga dan mengembalikan nutrisi alami kulit berkat kandungan Collagen dan vitamin E.

Serunya lagi, Hanasui hadir dalam enam varian wangi yang bisa Sedulur sesuaikan dengan mood lho! Variannya ada aroma lemon, blueberry, cherry, strawberry, orange dan juga aloe vera.

Hanasui Body Spa ini memiliki tekstur yang kental dan warnanya sesuai dengan varian bahannya. Misalnya aroma cherry gelnya berwarna merah, arome lemon berwarna kuning, aroma blueberry berwarna biru muda dan sebagainya. Lebih keren lagi Hanasui body spa Exfoliating gel cocok untuk semua jenis kulit.

8. Nuxe Aquabella Exfo Gel Comb Skin

Nuxe Aquabella Exfo Gel Combo Skin terbuat dari bahan aktif yang berasal dari micro manik-manik biru alami yang dapat membersihkan tanpa membuat kulit kering. Tak hanya itu, Exfoliating gel ini juga dapat menghilangkan sebum berlebih dan menghaluskan kulit sehingga tampak lebih bersih, segar dan bercahaya.

Produk ini memiliki aroma yang ringan dan segar sehingga menyegarkan saat digunakan. Cara menggunakan produk ini adalah dengan mengoleskannya di pagi atau sore hari. Nuxe Aquabella Exfo Gel Combo cocok digunakan untuk segala usia. Namun, idealnya usia 18 hingga 25 tahun.

9. Bioderma Sebium Exfoliating Purifying Gel

Dirancang khusus untuk kulit berminyak, exfoliating gel ini mengandung Glycolic dan Salicylic Acid untuk mengatasi jerawat serta komedo. Jika digunakan secara rutin, kulit diyakini akan menjadi lebih cerah serta halus.

Meski bersifat hypoallergenic, non-comedogenic dan bebas dari perbasi, Bioderma Sebium Exfoliating Purifying Gel memang masih memiliki wangi yang cukup menyengat.

Butiran mikronya diperkaya oleh kandungan bahan aktif karetalotik (glikolik dan asam salisilik) yang dapat mempercepat proses membersihkan kotoran dan memperbarui sel-sel. Produk ini juga diformulasikan dengan bahan pembersih yang telah terbukti khasiat dan kelembutannya. Selain itu, partikel scrub-nya tidak terlalu besar jadi sangat nyaman dipakai.

10. Valenno Papaya Lightening Exfoilating Gel

Pexels/Anete Lusina

Valenno Papaya Lightening Exfoilating Gel diformulasikan dengan ekstrak pepaya yang mampu membersihkan kotoran, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah. Selain itu, kandungan vitamin E memberikan nutrisi yang baik bagi regenerasi kulit dan berfungsi sebagai anti-aging.

Valenno Papaya Lightening Exfoilating Gel dapat digunakan 1-2 kali sehari dengan mengoleskan pada wajah tanpa dibasahi. Selanjutnya gosok melingkar hingga kulit kasar dan kotoran terangkat selama 30 detik kemudian bersihkan dengan air atau bisa juga menggunakan Valenno Facial Foam untuk hasil yang lebih maksimal.

11. BIOAQUA Niacinamide Brightening & Smooth Facial Exfoliating Gel

BIOAQUA Niacinamide Brightening & Smooth Facial Exfoliating Gel adalah produk terbaik untuk merawat kulit wajahmu dengan lembut dan efektif. Gel eksfoliasi ini memiliki formula yang unik dengan kandungan niacinamide, aloe vera, dan ekstrak buah persik, yang bekerja bersama-sama untuk memberikan hasil yang luar biasa.

Dengan Bioaqua Niacinamide Exfoliating Gel, Sedulur dapat dengan mudah mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Hasilnya adalah kulit yang lebih cerah, halus, dan segar.

Cara penggunaannya sangat mudah. Aplikasikan gel ini pada kulit wajah yang telah dibersihkan, pijat lembut dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air. Hasilnya akan terlihat dengan cepat, dan kulitmu akan terasa lebih sehat dan bercahaya.

12. Whitelab Gentle Peeling Exfoliating Gel

Whitelab Gentle Peeling Gel adalah solusi terbaik untuk merawat kulit wajahmu dengan lembut dan efektif. Exfoliating gel ini dirancang khusus untuk kulit normal, kering, dan sensitif, serta cocok untuk mencapai kulit yang halus, lembap, dan cerah.

Dengan kandungan AHA, PHA yang sudah memiliki sertifikasi BPOM. Produk ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan merangsang regenerasi kulit. Hasilnya adalah kulit yang lebih bersih, halus, dan bersinar.

Whitelab Gentle Peeling Gel adalah pilihan terbaik untuk merawat kulit wajahmu tanpa perlu pergi ke salon kecantikan. Tambahkan produk ini dalam rutinitas perawatan kulitmu dan nikmati kulit yang lebih sehat dan bercahaya. 

13. Elvicto Exfo Gel

Exfoliating tidak hanya penting untuk kulit pada wanita, demikian pula kulit pada pria. Elvicto Exfo Gel merupakan gentle physical exfoliation untuk pria yang efektif mengangkat sel-sel kulit mati. Tekstur gel yang halus tanpa butiran kasar, membuat produk ini nyaman dan aman saat digunakan.

Beberapa bahan yang terkandung dalam gel exfoliator ini antara lain Lactic Acid yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, Bee Venom yang memiliki kandungan melittin dan apamine, berfungsi melindungi dan meredakan kulit yang mengalami iritasi. Kemudian, terdapat Gluconobacter/Honey Ferment Filtrate yang akan membuat kulit lembap dan halus.

Cara pakainya mudah. Sedulur cukup oleskan Oleskan Elvicto Exfo Gel pada wajah yang bersih dan kering. Lakukan secara merata menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar. Hindari area mata. Bilas dengan air dan keringkan. Jangan gunakan setiap hari. Untuk hasil yang maksimal, gunakan Exfo Gel 1-2 kali seminggu. 

14. PYUNKANG YUL Peeling Exfoliating Gel

PYUNKANG YUL Peeling Gel adalah solusi terbaik untuk merawat kulit wajahmu dengan lembut dan efektif. Gel pengelupasan ini dirancang oleh merek yang terkenal dengan produk perawatan kulit alami dan berkualitas tinggi.

Dengan kandungan alami seperti HA dan Betaine akan mengangkat sel kulit mati, menyamarkan pori-pori hingga tampak lebih halus, sekaligus membantu mengurangi sebum berlebih.

Ada pula kandungan Allantoin  yang akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan merangsang regenerasi kulit. Hasilnya adalah kulit yang lebih bersih, halus, dan cerah. Cara penggunaannya sangat mudah. Aplikasikan gel ini pada kulit wajah yang telah dibersihkan, pijat lembut dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air. Sensasi segar dan lembut akan langsung Sedulur rasakan.

15. Seca Skin Renewal Mild Exfoliating Peeling Gel 

Kalau Sedulur mencari produk dengan ukuran kecil untuk mencoba-coba dulu, Sedulur bisa memilih peeling gel ini. Seca Skin mengeluarkan dua ukuran peeling gel yaitu 30ml seharga Rp26 ribu dan 100ml seharga Rp69 ribu.

Selain membersihkan kulit mati, peeling gel ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dengan kandungan ekstrak licorice dan mencegah timbulnya masalah kulit lainnya dengan aloe barbadensis leaf juice dan sodium hyaluronate.

BACA JUGA: 12 Lip Scrub Alami yang Buat Bibirmu Lebih Sehat dan Lembab

Cara Memilih Exfoliating Gel yang Tepat

Pexels/Alesia Kozik

Proses exfoliating merupakan bagian vital dalam perawatan kulit sehingga tampak jauh lebih cerah dan sehat. Melakukan exfoliating juga perlu berhati-hati dan harus ditunjang produk yang tepat pula.

Sebelum memutuskan untuk menambahkan exfoliating gel ke dalam koleksi kosmetik, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips dalam memilih exfoliating gel.

  • Sesuaikan dengan jenis kulit

Seperti kosmetik pada umumnya, kebutuhan tiap jenis kulit juga berbeda-beda. Sedulur tidak mau kan kalau wajahmu malah jadi perih setelah di-exfoliate? Atau malah jadi jerawatan karena produk yang tidak sesuai.

Pemilik kulit berminyak biasanya perlu produk yang mampu melakukan deep cleansing sehingga bisa mengangkat sebum berlebih serta komedo. Pemilik kulit kering pastinya perlu produk yang sangat menghidrasi dan menutrsisi. Sementara pemilik kulit sensitif memerlukan exfoliating gel yang lembut, bebas parfum dan alkohol.

  • Perhatikan apakah untuk wajah atau badan

Proses exfoliating tidak hanya terbatas untuk kulit wajah, tapi juga bisa dilakukan di kulit tubuh. Maka, pastikan dulu produk yang Sedulur pilih sesuai dengan kebutuhan sebelum membeli ya.

Exfoliating gel untuk tubuh tidak bisa dipakai di wajah karena elastisitas dan ketebalan kulit wajah dengan kulit pastinya berbeda. Kulit wajah jauh lebih sensitif daripada kulit tubuh. 

  • Cek kandungan bahan atau komposisinya

Ini dia tahap yang selalu hadir dalam memilih produk kosmetik apa pun. Kandungan bahan penting untuk Sedulur periksa agar tidak timbul alergi pada kulitmu. Sebaiknya, pilih produk yang banyak mengandung bahan alami dan bebas dari paraben.

Hal ini untuk menghindari terjadinya masalah pada kulitmu seperti alergi atau alkohol yang bisa buat kulitmu kering. Ekstrak buah, tanaman, serta mineral cocok untuk menutrisi kulitmu setelah proses exfoliating.

Cara Pakai Exfoliating Gel yang Benar

rekomendasi peeling body gel
Pexels/Karlina Garbowska

Exfoliating merupakan satu kunci kulit wajah yang bagus, mulus dan bebas dari permasalahan kulit. Oleh karena itu dalam melakukan exfoliating harus dilakukan dengan cara yang tepat. Hal ini karena jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat maka akan dapat merusak kulit. Simak cara-cara exfoliating berikut:

  • Membasahi kulit dengan air hangat untuk membuka pori-pori

Sebelum melakukan exfoliating Sedulur perlu untuk membilas tubuh Sedulur dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Apabila exfoliating dilakukan sebelum membilas dengan air hangat, maka kulit akan  sisa-sisa kotoran akan masuk ke dalam pori-pori.

  • Pilih produk exfoliating yang sesuai dengan kulitmu

Memilih produk yang sesuai dalam melakukan exfoliating sangatlah penting. Hal ini agar pros exfoliating yang Sedulur lakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Ada dua produk yang dapat digunakan untuk exfoliating yaitu, mechanical exfoliating dan chemical exfoliating.

Mechanical exfoliating bisa digunakan menggunakan alat bantu seperti exfoliating brush. Sedangkan chemical exfoliating dilakukan dengan bahan-bahan kimia untuk mengangkat sel kulit seperi AHA, BHA dan salicy acid.

  • Melakukan exfoliating dengan lembut

Melakukan exfoliating dengan lembut tanpa adanya tekanan. Biarkan produk exfoliatornya bekerja dengan sendirinya. Apabila kita menekan terlalu keras ke kulit maka akan dapat membuat kulit iritasi. Lakukan exfoliating dengan lembut agar mencapai hasil yang maksimal.

  • Membilas dengan air bersih

Langkah terakhir yang bisa Sedulur lakukan untuk proses exfoliating adalah dengan membilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Jangan terlalu keras agar kulit tidak kering dan iritasi.

Itulah tadi rekomendasi peeling body gel sekaligus wajah yang bisa menjadi pilihan. Penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Jadi, jangan sampai Sedulur asal pilih ya. Semoga artikel ini bisa membantu.