facial wash kulit kombinasi

Merawat kesehatan kulit kombinasi tentu tidak semudah merawat jenis kulit lainnya. Pasalnya kamu membutuhkan usaha ekstra dengan mencoba beberapa produk skincare terbaik. Khususnya Sedulur yang memiliki memiliki kulit kombinasi, maka harus menemukan produk facial wash kulit kombinasi yang tepat.

Dengan memiliki kulit kombinasi, artinya kamu mempunyai dua jenis kulit, yaitu kulit kering dan kulit berminyak yang perlu dijaga kesehatannya secara bersamaan. Jika keliru dalam memilih produk atau cara perawatan, justru akan memperburuk masalah pada kulit.

Tapi kamu dapat mengantisipasi hal ini dengan mengenali seperti apa sebenarnya kulit kombinasi itu. Dengan begitu kamu bisa melakukan perawatan yang tepat dan sesuai yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Begini Cara Memakai Lulur Shinzui yang Baik dan Benar

Apa itu Kulit Kombinasi?

rekomendasi skincare untuk kulit kering
Cosmo

Kulit kombinasi adalah gabungan dari beberapa jenis kulit. Ciri khas kulit kombinasi yakni terasa berminyak, sedangkan bagian lainnya justru normal, kering, atau bahkan sensitif. Ini merupakan jenis kulit yang paling umum.

Minyak berlebih biasanya ditemukan pada T-zone. Bagian ini mencakup dahi, hidung, dan dagu. Pipi mungkin kering atau berminyak, sebab hal ini ditentukan oleh seberapa banyak produksi minyak alami kulit.

Sementara itu, area kulit yang biasanya kering adalah kulit di sekitar mata dan mulut. Pemilik kulit kombinasi kadang juga bermasalah dengan pori-pori besar, komedo, dan kulit mengilap.

Namun, kondisinya mungkin tidak separah kulit berminyak. Pemilik kulit kombinasi perlu cermat dalam memilih produk perawatan. Pasalnya, tiap area kulit mungkin menunjukkan reaksi yang beragam terhadap produk yang sama. Jadi, kenali dahulu produk skincare untuk kulit kombinasi kamu.

Walupun bisa berubah-ubah, namun terdapat beberapa tanda yang pasti untuk menunjukkan jenis kulit kamu termasuk kombinasi. Untuk itu, kenali beberapa ciri-ciri kulit kombinasi yang paling umum.

  • Kulit bagian dahi dan hidung (T-zone) cenderung berminyak.
  • Kulit bagian pipi cenderung kering.
  • Kulit cenderung berminyak saat cuaca panas, kering saat cuaca dingin.
  • Di musim peralihan area T-zone cenderung berminyak dan pipi lebih kering.
  • Saat sedang haid, kulit cenderung berjerawat karena produksi minyak meningkat.
  • Setelah haid, jerawat akan hilang dan kondisi kulit bisa lebih kering.

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Parfum Wanita dan Pria yang Tahan Lama

Rekomendasi Facial Wash Kulit Kombinasi

facial wash kulit kombinasi
Healthshots

Kulit kombinasi memang sudah cukup umum dan banyak yang memilikinya. Namun meski begitu, kamu nggak boleh sembarangan memilih produk facial wash kulit kombinasi yang ada di pasaran.

Pastikan kamu memilih facial wash kulit kombinasi yang tepat dengan jenis kulit kamu. Untuk itu, berikut ini beberapa produk facial wash kulit kombinasi yang bisa menjadi pilihanmu.

1. L’Oreal Paris Classic Extraordinary Whip

Pertama ada L’Oreal Paris Classic Extraordinary Whip. Sabun pembersih wajah ini memiliki tekstur krim lembut yang ringan. Krimnya yang lembut dan ringan dapat membuat kulit berasa lebih halus, bebas minyak, dan cepat meresap.

Sedulur tidak perlu ragu apakah face wash ini membuat lengket di kulit. Pasalnya, setelah pemakaian, tidak akan meninggalkan bekas-bekas lengket dan membuat wajahmu terasa nyaman. Namun, produk ini tidak disarankan untuk kulit sensitif.

2. Clean & Clear Foaming Face Wash

Bagi kamu para remaja, face wash satu ini diformulasikan untuk kulit kamu. Busa lembutnya mampu membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering.

Nggak cuma itu, Clean & Clear Foaming Face Wash bisa mengontrol minyak selama 8 jam dan membantu melawan 99.8% bakteri penyebab jerawat. Sabun muka ini bisa membuat kulitmu jauh dari berbagai masalah dan jenis jerawat. Face wash ini cocok untuk remaja yang berusia 12-18 tahun atau baru pertama kali menggunakan facial wash.

3. Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Kidskin

Siapa yang gak pernah mendengar merek Wardah? Meskipun dikenal sebagai merek kosmetik untuk perempuan, namun produk face wash-nya ini juga bisa dipakai oleh laki-laki. Sesuai namanya, Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash mengandung ekstrak aloe vera untuk membersihkan wajah secara lembut.

Produk ini dilengkapi dengan formula Advanced Dermaclear+ dan Triple Hydrating Complex yang bisa membantu menjaga kelembapan wajah. Cocok banget buat kulit kombinasi. Selain itu, teksturnya lembut dan tidak membuat kering wajah sehingga cocok digunakan untuk jenis kulit apa pun! 

4. Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Rekomendasi face wash untuk kulit kombinasi selanjutnya adalah Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing. Produk ini memiliki kandungan Purifying Zinc dan Ekstrak Witch Hazel yang bisa membersihkan wajah secara lembut, mengurangi minyak berlebih, jerawat, dan kemerahan pada kulit.

Sabun muka ini juga gak bikin pori-pori kamu tersumbat dan gak bikin alergi. Kamu bisa dengan mudah menemukan produk ini di berbagai supermarket dan minimarket terdekat.

5. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Low pH Good Morning Gel Cleanser dapat menjadi solusi bagi kamu yang mempunyai kulit wajah yang dehidrasi dan kehilangan kelembapan alaminya. Produk yang berasal dari COSRX ini memiliki pH rendah, yaitu pH 5,0-6,0, yang mana sama seperti pH wajah pada umumnya.

Selain itu, kandungan BHA di dalamnya dapat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati jerawat muncul kembali. Sedangkan formula citric acid berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Jadi kulit kamu kembali regenerasi menjadi kulit baru. Kamu dapat merasakan kulit kenyal dan lembap setiap kali membersihkan wajah dengan produk ini.

6. Neutrogena Pink Grapefruit Acne Face Wash & Cleanser with Vitamin C & Salicylic Acid

facial wash kulit kombinasi
Pure Sense

Facial wash yang satu ini mengandung bahan utama grapefruit yang diturunkan secara alami, vitamin C, dan salicylic acid. Kandungan-kandungan di dalam produk face wash untuk kulit kombinasi ini tangguh untuk menumpaskan jerawat dan bekasnya.

Kandungan vitamin C terbukti bisa membuat wajah terlihat lebih cerah. Sedangkan kandungan salicylic acid juga terbukti dapat menghilangkan dan mencegah jerawat hingga komedo. Produk ini juga non-comedogenic, sehingga tidak menyumbat pori-pori.

7. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Ketika mempunyai kulit sensitif, tak bisa sembarangan menggunakan produk, apalagi gonta-ganti. Bagi kamu yang saat ini masih kesulitan untuk memilih produk face wash untuk kulit kombinasi, maka bisa mempertimbangkan Gentle Skin Cleanser dari Cetaphil.

Sabun ini memiliki kandungan hypoallergic yang aman untuk semua tipe jenis kulit, bahkan kulit sensitif. Produk ini mempunyai formula yang ringan, tidak mengandung detergen, tidak berbusa, dan dapat pula melembapkan tanpa menjadikan kulit berminyak.

8. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Facial Wash

Brit Co

Banyak orang yang mempunyai kulit sensitif terhadap alkohol. Bila kamu sedang mencari produk yang bebas alkohol, pewangi, dan pewarna, maka Gokujyun Ultimate Moisturizing Facial Wash adalah jawabannya.

Face wash untuk kulit kombinasi ini mempunyai tekstur krim yang cukup pekat dan pas bagi kamu yang memiliki kulit kombinasi kering. Selain itu, formulanya tak akan menjadikan kulit wajah kesat atau terasa ditarik. Kelembapan alami kulit dapat tetap terlindungi karena pH sabun ini disesuaikan dengan pH alami kulit.

9. Himalaya Herbals Purifying Neem Facial Wash

Apakah kamu mempunyai kulit dengan tipe kombinasi berminyak? Jika iya, kamu dapat mempertimbangkan Purifying Neem Facial Wash dari Himalaya Herbals. Sabun cuci muka ini mengandung kunyit dan daun neem yang dipercaya menjadi salah satu ramuan tradisional yang bisa bermanfaat dalam membasmi bakteri yang penyebab jerawat. 

Selain itu, produk ini bisa mengangkat sebum berlebih di wajah. Namun, karena tak mengandung detergen, produk ini tidak dapat mengangkat make up secara optimal. Jadi, kamu disarankan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mencucinya dengan sabun muka.

10. Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

Merek face wash ini berasal dari Korea Selatan yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sabun muka ini diformulasikan dengan Jeju Volcanic Clusters untuk membantu mengurangi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori.

Jika kamu menggunakan rangkaian Jeju Volcanic milik Innisfree ini, kamu dapat mendapatkan wajah yang lebih cerah dan bersih, serta sebum lebih terkontrol.

11. The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Gel Wash

facial wash kulit kombinasi
Kidskin

Produk face wash untuk kulit kombinasi berikutnya, yaitu The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Gel Wash. Produk ini termasuk face wash terbaik untuk kulit kombinasi karena memiliki tekstur gel yang diperkaya dengan seaweed extract dari Irlandia.

Sabun muka ini membantu membersihkan wajah dari kotoran dan sebum berlebih. Selain itu, juga dapat menyeimbangkan kelembapan kulit, sehingga wajah bebas dari kilap.

12. Sensatia Botanicals Green Tea & Tamarind Facial Cleanser

Produk face wash yang satu ini memiliki keunikan karena diformulasikan dari beberapa bahan tumbuhan yang kaya vitamin dan antioksidan. Produk Sensatia Botanicals Green Tea & Tamarind Facial Cleanser berbahan dasar sari lidah buaya.

Produk ini juga mengandung ekstrak belimbing, teh hijau, dan tamarind yang membantu menarik kotoran dan menjaga kulit agar tetap cerah dan sehat.

13. Sebapharma Sebamed Facial Cleanser Oily and Combination

Saat mengalami masalah komedo, maka kamu bisa menjadikan Facial Cleanser Oily and Combination dari Sebapharma Sebamed ini sebagai produk andalan. Produk ini ampuh dalam membersihkan kotoran di wajah hingga ke dalam pori-pori sehingga komedo tak akan muncul lagi.

Di samping itu, formulanya yang lembut tidak akan membuat kulit menjadi iritasi, jadi aman dipakai untuk kulit sensitif. Ditambah, wanginya yang menyegarkan dapat pula membuatmu rileks setelah mencuci muka.

14. Origins Checks and Balances Frothy Face Wash

facial wash kulit kombinasi
Everyday Health

Produk face wash yang satu ini punya daya tarik tersendiri, yaitu mengandung produk yang 100% vegan atau bebas bahan dari turunan hewani. Facial wash ini bisa membersihkan kotoran dan mengontrol minyak di permukaan kulit dengan nyaman.

Face wash ini juga mengandung Broad Leaf Kelp Extract, Wheat Protein, dan Tourmaline yang membersihkan dan memurnikan semua jenis kulit. Zona kering dan berminyak akan bersih, segar, dan seimbang.

15. Laneige White Dew Milky Cleanser

Rekomendasi face wash terakhir adalah Laneige White Dew Milky Cleanser. Produk berjenis cleansing foam ini dapat melembapkan kulit wajah dan membuat kulit wajah tampak cerah dan bersih. Rangkaian White Dew ini mengandung ekstrak Saururus Chinensis yang merupakan kandungan pencerah.

Selain itu, produk ini membantu meratakan noda-noda hitam dan warna kulit. Terdapat juga kandungan Glycocomponent dari Phyto Sugar Water membuat kulit tampak lembap dan cerah. Selain mencerahkan, kulit akan terasa lembut dengan ekstrak tumbuh-tumbuhan.

BACA JUGA: 17+ Rekomendasi Lip Balm Berwarna, Tetap Lembab & Merona

Cara Merawat Kulit Kombinasi

detox facial wajah
IPSY

Seperti yang dijelaskan di atas, memiliki kulit kombinasi memang membutuhkan perawatan yang ekstra. Bahkan, meskipun memiliki jenis yang sama kondisi kulit kombinasi setiap orang bisa berbeda. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk melakukan perawatan kulit kombinasi.

  • Membedakan perawatan sesuai jenis kulit

Jika kulit berminyak di area T-zone, tapi kering di bagian pipi, mungkin lebih sulit menemukan satu produk yang cocok mengatasi dua masalah kulit tersebut sekaligus. Cara terbaik adalah dengan menggunakan obat jerawat berbentuk krim untuk area berjerawat dan pelembap yang tanpa kandungan minyak untuk kulit kering.

Gunakan satu produk untuk mengatasi satu masalah kulit tersendiri.

  • Memilih pembersih wajah yang tepat

Pilihlah pembersih wajah berbahan dasar air, baik berbentuk gel atau krim. Pembersih kulit berbahan air sifatnya lebih lembut dan aman untuk kulit kombinasi. Jenis pembersih ini juga efektif menghilangkan kotoran yang menumpuk pada wajah tanpa membuat kulit terasa berminyak atau kering sesudahnya.

  • Menggunakan air hangat

Saat mencuci muka, sebaiknya gunakan air hangat untuk membilas sisa sabun. Pasalnya, suhu air yang hangat bisa meluruhkan kandungan minyak berlebih di wajah secara perlahan.

Selain itu, uap panas juga membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Selesai mencuci muka, keringkan dengan menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk bersih, bukan menggosoknya.

  • Menggunakan toner

Kulit berminyak dan kulit kering memiliki nilai pH yang berbeda. Nilai pH menunjukkan tingkat keasaman kulit. Kulit yang sehat memiliki nilai pH sekitar 5,5. Nilai pH yang lebih atau kurang dari itu dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Salah satu produk yang membantu menyeimbangkan pH kulit adalah toner, yang bisa menjaga kesehatan dan kelembapan kulit, terutama jenis kombinasi. Gunakan toner setelah mencuci muka, tapi pilihlah toner bebas alkohol agar kulit tidak kering.

  • Melakukan eksfoliasi

Perawatan kulit akan lebih maksimal dengan prosedur eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah. Kulit kombinasi membuat pipi terlihat kering dan bersisik, tapi di sisi lain juga menyebabkan area wajah lainnya cenderung berjerawat.

Eksfoliasi bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat sekaligus menjaga kulit tetap halus.

  • Menggunakan tabir surya untuk perlindungan ganda

Sunscreen atau tabir surya tidak hanya menjaga kulit dari paparan sinar matahari, tapi juga bisa melembapkan kulit kombinasi. Gunakan sunscreen mengandung asam beta hidroksi dan bersifat non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori.

Pilih sunscreen berbahan dasar mineral atau sunscreen dalam bentuk bedak bubuk yang lebih aman.  

  • Memanjakan kulit wajah dengan clay mask

Masker wajah tak kalah penting untuk mengencangkan kulit kombinasi. Namun, tentu tidak semua jenis masker bisa kamu gunakan. Pilih clay mask atau masker tanah liat, karena masker ini paling efektif untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Clay mask juga mampu menyerap minyak berlebih tanpa mengiritasi kulit.

  • Menghindari produk yang mengandung alkohol

Produk perawatan mengandung alkohol bersifat menarik air dari sel-sel kulit sehingga kulit terasa semakin kering. Kelenjar minyak merespons hal ini dengan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengembalikan kelembapan kulit.

Ini akan memperburuk masalah kulit kombinasi kamu. Jadi, pastikan selalu membaca label pada setiap produk perawatan yang kamu gunakan, baik itu pembersih wajah, toner, maupun produk lainnya.

  • Melindungi kulit dengan vitamin A

Vitamin A adalah salah satu antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas pada sel-sel kulit. Vitamin ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan merangsang pergantian sel kulit untuk mencegah penuaan dini.

Maka dari itu, pastikan produk yang kamu pilih mengandung sejumlah vitamin A agar kulit terlindungi. Guna memudahkan pencarian, vitamin A biasanya dicantumkan sebagai retinol atau tretinoin dalam label produk skin care.

Itulah tadi beberapa rekomendasi facial wash kulit kombinasi hingga cara merawatnya. Memang jenis kulit ini membutuhkan perhatian lebih banyak saat perawatan. Tapi beberapa produk dan tips merawatnya tadi bisa kamu coba.