desain henna simple

Henna merupakan aksesoris kecantikan yang cukup populer belakangan ini. Cukup mirip dengan tato dan juga nail art, henna biasanya menjadi pilihan untuk para wanita mempercantik bagian tangannya agar tidak terlihat polos. Apalagi sekarang ini juga semakin banyak desain henna simple tapi tetap cantik ketika digunakan.

Bagi Sedulur yang sedang ingin mencoba merias tangan. Ada beberapa desain henna simple yang bisa Sedulur coba lho. Desain tersebut tak hanya membuat tangan lebih cantik, tapi juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Penasaran seperti apa saja desain henna simple yang dimaksud? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 25 Inspirasi Desain Nail Art untuk Pemula, Tanpa Alat Khusus!

Mengenal Seni Henna

Pexels/Rezoana Amin Rayna

Henna merupakan budaya merias asal Timur Tengah. Nama henna sendiri diambil dari kata serapan dalam bahasa Arab yaitu pohon Hina. Henna juga sudah banyak digunakan untuk merias tubuh, mewarnai kuku, dan juga sebagai alat lukis di atas kain. 

Henna digunakan sebagai alternatif dari tato, karena henna tetap halal dan bisa bertahan hingga satu bulan. Banyaknya penggemar henna, memang memunculkan jasa lukis henna profesional. Apalagi seni menggambar satu ini memang begitu indah dan membuat tangan terlihat cantik. Kalau Sedulur penasaran desain yang bisa dibuat. Mari simak beberapa daftar berikut ini ya.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Desain Tato Simple dan Keren Beserta Artinya

1. Gambar mini spade

Pexels/Muneeb Zaidi

Model mini spade memakai motif sekop kecil yang dikombinasikan dengan tambahan pola-pola lain. Seperti yang terlihat pada gambar, model mini spade berpusat di sepanjang area tengah telungkup tangan. Motif yang dilukis pada pergelangan tangan yaitu berupa motif lace atau pita.

Ujung dari motif lace ini kemudian dihubungkan dengan motif mandala modifikasi pada punggung tangan. Kedua motif tersebut menjadi awalan untuk melanjutkan hiasan selanjutnya pada jari tengah. Sedulur juga bisa mengkreasikan dengan beberapa manik-manik silver sehingga tercipta kesan anggun dalam model henna yang simpel ini.

2. Gambar kaki kucing

Henna tidak harus berbentuk bunga-bunga rumit kan? Karena sifat henna adalah seni untuk mempercantik, juga kegunaannya yang seperti alternatif tato. Sedulur juga bisa berkreasi seunik mungkin. Seperti misalnya, motif jejak kaki kucing yang satu ini. Terlihat cute dan cantik!

3. Gambar swirl mehndi

Motif melingkar merupakan salah satu desain henna yang mudah untuk pemula adalah. Desain ini simpel nan cantik sehingga terlihat sempurna di tangan. Untuk membuat henna art satu ini, Sedulur tidak harus menjadi ahli cukup teliti dan detail saja.

4. Gambar kupu-kupu

Pola kupu-kupu bisa jadi pilihan desain henna yang simple juga, lho. Padukan motif kupu-kupu dengan titik-titik minimalis dan sedikit garis. Henna art satu ini begitu manis jika dihias pada punggung tangan. Kupu-kupu juga dikatakan menyimbolkan kelahiran kembali, permulaan baru, dan perubahan.

5. Gambar simple arabic

Kekhasan motif bunga dan daun pada model simple arabic dapat dikreasikan dengan gaya yang sederhana. Seperti yang terlihat pada gambar, hiasan bunga beserta daun dibuat menjuntai hingga melilit jari tengah.

Untuk menciptakan kesan kontras antara bunga dan daun, cukup manfaatkan satu warna henna saja. Caranya yaitu dengan mengatur tebal-tipisnya motif sehingga warna akhir yang dihasilkan pun terlihat berbeda. 

6. Gambar henna pendek lacey

desain henna simple
Pexels/Mee Nee

Jika Sedulur ingin desain henna yang simple, maka hindari desain henna pendek lacey yang rumit ini. Tampilan lacey adalah salah satu yang paling dicari dalam hal desain henna pengantin muslimah.

Karena ini adalah salah satu yang sangat rumit, pengantin memang harus siap jika warna mehndi cenderung sedikit lebih tebal daripada garis yang diterapkan.

7. Gambar liontin bunga

Nama dari model ini didasarkan pada motif setengah bunga yang menyerupai liontin. Model liontin bunga menggunakan motif bunga dekoratif yang dihubungkan dengan motif cincin. Seperti yang ada pada gambar, motif bunga hanya dibentuk sebagian pada tepi luar telungkup tangan.

Terdapat pula pola-pola tambahan yang dapat mempercantik motif utama, di antaranya pola paisley (keong-keongan), daun-daunan, garis-garis pipih, serta beberapa bulatan. Garis lengkung yang menyerupai tali gelang dibuat untuk menyambungkan motif bunga dan cincin yang tersemat pada jari telunjuk.

8. Gambar jeepers creepers

Model henna pengantin muslim ini mirip dengan tanaman merambat yang merayap di seluruh tangan. Ini menjadi desain henna simple yang bagus jika Sedulur tidak menginginkan sesuatu yang terlalu simple.

Meskipun bunga dan tanaman merambat ditampilkan dalam desain mehndi tradisional, ini dibuat dengan sentuhan estetika lebih barat, membuatnya sedikit lebih kontemporer. Model yang satu ini merupakan jenis desain mehndi pendek yang cukup populer yang sempurna untuk para tamu.

9. Gambar mandala minimalis

Motif mandala minimalis ini dikombinasikan dengan motif hiasan gelang serta cincin yang berjajar di jari-jari. Pola-pola yang sederhana dan adanya space pada setiap motif mewujudkan karakter gaya henna yang longgar.

Begitu pula pola-pola yang dilukiskan pada setiap jari. Pola yang beragam seperti bentuk cincin, titik-titik, garis, lengkungan, dan bunga, dibuat dengan mungil dan berbeda pada setiap jari sehingga tidak menimbulkan kesan penuh. 

10. Gambar henna ala Afrika

Secara umum, henna Afrika mempunyai motif yang sama dengan motif henna pengantin muslimah Arab. Keduanya sama-sama mengusung konsep kesederhanaan. Hanya saja, motif henna Afrika identik dengan menggunakan bentuk geometris seperti garis, kotak dan gambar titik.

Gambar-gambarnya yang sederhana sangat cocok digunakan untuk Sedulur yang tidak suka dengan hal yang terlalu ramai.  Biasanya, apabila Sedulur menggunakan motif ini, henna artist akan membuat gambar dengan pola-pola tertentu yang menutupi bagian tangan dan lengan Sedulur.

Jadi sekalipun motif henna pengantin simple ini terlihat sederhana, tapi Sedulur tetap akan terlihat cantik dan menawan.

BACA JUGA: 12 Jenis Perawatan di Salon yang Patut Dicoba, Pasti Worth It!

11. Gambar sulur bunga

desain henna simple
Pexels/Mee Nee

Ide model sulur bunga dibentuk dari bentuk rangkaian bunga dan dedaunan yang menjalar. Tidak ada kombinasi atau tambahan pola-pola lain seperti titik-titik atau lengkungan. Model ini benar-benar dibuat menyerupai sifat natural dari bunga dan daun.

Hiasan dilukiskan pada kedua jari manis dan telunjuk, kemudian dimunculkan lagi pada bagian pergelangan tangan. Jika Sedulur memilih tema rustic wedding untuk hari pernikahan nanti, henna dengan model sulur bunga ini sangat serasi jika dipadukan bersama.

12. Gambar sulur daun

Model sulur daun memang terlihat mirip dengan model sulur flora. Perbedaannya terletak pada space dan motif yang digunakan. Model sulur daun menggunakan motif sulur dedaunan yang rimbun dan rapat.

Lukisan sulur daun dibuat mengitari pinggiran telungkup tangan sehingga akan tetap memancarkan sifat natural. Di samping itu, Sedulur juga bisa menambahkan 5-10 butir manik-manik putih kecil yang pada beberapa tempat. Aksen manik-manik ini akan membuat tampilan henna milikmu makin elegan.

13. Gambar geometris kombinasi

Model geometris kombinasi disusun dari setengah bentuk bujur sangkar yang ditambahkan dengan beberapa mandala, daun, serta pola-pola dekoratif, seperti garis dan titik-titik.

Serupa pada gambar, model ini dilukiskan pada telungkup tangan serta jari tengah bagian atas. Kreasi pola dekoratif disusun secara rapi dan rapat sehingga tidak ada motif yang terlihat mengambang.

14. Gambar henna India

Desain henna dari negara India juga merupakan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini sangat wajar mengingat henna juga pertama kali muncul dari negara ini.

Desain henna dari India biasanya diidentikkan dengan titik besar yang melambangkan seorang tokoh. Titik ini biasanya digambar di bagian telapak maupun punggung tangan. Bisa dikatakan titik besar dalam desain henna simple India jadi sebuah desain krusial yang tidak bisa dihilangkan begitu saja.

Secara umum, motif India dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori simple dan kategori rumit. Untuk kategori simple, tidak memerlukan waktu banyak dalam pembuatannya. Sedangkan kategori rumit, Sedulur harus sedikit bersabar karena butuh waktu hingga beberapa jam sampai motif tersebut selesai dikerjakan.

15. Model bunga gantung

Model bunga gantung berisi motif dekoratif bunga dan daun yang dihubungkan dengan garis melengkung. Baik motif bunga maupun daun, keduanya dilukis secara asimetris dan letaknya disesuaikan mengikuti alur zig zag dari garis lengkung.

Agar tetap terlihat natural dan longgar, motif ditempatkan pada sisi-sisi jari yang berbeda. Besar kecilnya motif juga ditentukan oleh tinggi rendahnya permukaan telungkup tangan dan sela-sela jari. Hal ini akan menciptakan hasil akhir yang sederhana tetapi tetap proporsional. 

16. Gambar henna burung

desain henna simple
Unsplash/Vitaliy Iyubezhanin

Desain henna burung menjadi bentuk yang terakhir kita bahas. Dalam kepercayaan masyarakat, burung dipercaya sebagai hewan yang membawa pesan antara dunia fana menuju dunia baka.

Oleh sebab itu, tidak heran jika pengantin wanita banyak yang meminta bentuk burung untuk dilukis di tangannya. Mereka berharap melalui gambar henna pengantin burung yang dilukis di tangan, setiap doa yang mereka panjatkan dapat terkabul.

Itulah beberapa contoh motif yang sering digunakan pada henna pengantin beserta maknanya. Setelah Sedulur mengetahui informasi ini, Sedulur bisa memilih motif henna pengantin mana yang paling cocok dengan kepribadianmu.

Demikian tadi beberapa desain henna simple yang bisa Sedulur coba. Semoga ide dan inspirasi di atas bisa membantumu mendapatkan gambar henna terbaik untuk diterapkan di tangan ya. Jadi selamat mencoba!