Tato adalah tanda atau lukisan pada kulit tubuh yang dibuat dengan memasukkan pigmen atau tinta menggunakan jarum. Tato juga dikenal sebagai salah satu seni tua di dunia yang memiliki banyak arti. Tertarik memilikinya? Sedulur bisa melihat beberapa desain tato simple dan artinya berikut ini.

Tato berasal dari bahasa Tahiti, yaitu “tatau” yang memiliki arti menandai. Meskipun hingga saat ini masih menjadi perdebatan bagi sebagian orang, tato tetaplah sebuah karya seni pada tubuh yang memberikan sebuah dimensi keindahan dan tentunya menarik perhatian banyak orang.

Berikut adalah 16 rekomendasi desain tato simple dan artinya yang bisa Sedulur jadikan referensi. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: Mengenal Macam-Macam Aliran Seni Lukis & Teknik Melukisnya

1. Bulan sabit

tato simple dan artinya
Tatuantes

Bulan sabit menjadi salah satu desain tato simple yang cukup banyak dipilih. Selain bentuk yang sederhana, bulan sabit juga memiliki makna yang baik. Tato berbentuk bulan sabit menunjukkan progres, kreativitas, dan titik awal kehidupan baru.

Tato dengan desain bulan sabit ini sangat cocok untuk Sedulur yang sedang memulai sesuatu yang baru. Sedulur bisa membuat tato ini di salah satu bagian tubuh, seperti di pergelangan tangan, pergelangan kaki, jari, leher, ataupun lengan. 

2. Kupu-Kupu

tato simple dan artinya
Tatuantes

Selain bulan sabit, desain tato simple kupu-kupu juga memiliki banyak penggemar, terutama para wanita. Tato kupu-kupu dipercaya memiliki arti yang cukup beragam, mulai dari perubahan yang indah, alam, hingga menggambarkan kebebasan. 

Kupu-kupu merupakan fase terakhir dalam proses metamorfosis. Hal ini menggambarkan perubahan besar dari sebutir telur yang berubah menjadi ulat dan bersabar dalam balutan kepompong hingga bisa menjadi sosok yang indah.

Tak hanya itu, kupu-kupu juga merupakan hewan yang bebas pergi kesana kemari. Hal ini membuat tato kupu-kupu seringkali dipilih mereka yang merindukan sebuah kebebasan. Di luar itu, tato kupu-kupu memiliki bentuk yang elegan dan terlihat feminim.

3. Love

tato simple dan artinya
Gramedia

Bentuk love atau hati juga menjadi tato dengan desain simple dan artinya yang memiliki banyak peminat. Selain bentuknya yang sangat familiar, tato dengan desain love juga memiliki arti yang indah. Secara sederhana, simbol hari merupakan sebuah gambaran dari perasaan cinta ataupun keinginan yang besar.

Di samping itu, desain berbentuk love juga menggambarkan persahabatan dan penghargaan bagi orang-orang yang spesial di hati. Sedulur bisa membuat tato berbentuk love dengan penuh warna ataupun berupa garis tipis saja.

4. Matahari

tato simple dan artinya
iStock

Matahari merupakan benda langit yang identik dengan cahaya, awal yang baru, dan sesuatu yang bersinar. Tato ini banyak dipilih karena seringkali dikaitkan dengan hal-hal positif dalam hidup. 

Tak hanya itu, matahari juga identik dengan sikap optimis dan energik yang membuat hidup menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Jika Sedulur merasa telah menjadi pribadi yang lebih baik atau berhasil melewati masa-masa tersulit, tato dengan desain matahari ini nampaknya sangat tepat untuk dipilih.

BACA JUGA: Pengertian Kritik Seni Beserta Jenis dan Bentuk-Bentuknya

5. Yin Yang

tato
Savedtatto

Desain tato simple berikutnya adalah Yin dan Yang. Menurut filosofi China, Yin Yang merupakan simbol yang merepresentasikan dualitas dan keseimbangan. Simbol ini banyak dipilih oleh orang-orang yang mendambakan kehidupan yang seimbang.

Yin Yang juga memiliki arti yang menunjukkan bahwa dalam setiap kegelapan pasti selalu ada setitik cahaya. Sebaliknya, dalam cahaya yang terang pasti selalu muncul setitik kegelapan. Konsep keseimbangan ini juga melambangkan rasa saling melengkapi dan saling ketergantungan.

6. Infinity

tato
iStock

Jika Sedulur menyukai sesuatu yang bersifat tidak terbatas, maka tato dengan desain simple infinity dapat menjadi pilihan yang tepat. Simbol infinity ini menggambarkan sesuatu yang tak terbatas, tanpa akhir, dan berkaitan dengan keabadian.

Tato dengan desain infinity dapat Sedulur gunakan untuk menunjukkan perasaan kepada orang-orang yang spesial dalam hidup. Bisa jadi dalam hal cinta, kekuatan, kasih sayang, persahabatan, penghormatan, atau apapun itu bisa Sedulur salurkan melalui desain ini.

7. Anak panah

tato
Gramedia

Desain tato berupa anak panah memiliki arti yang merepresentasikan arah dan kekuatan dalam mencapai tujuan hidup. Anak panah merupakan simbol yang tepat untuk menggambarkan orang-orang yang senantiasa berusaha untuk bisa meraih target yang dimiliki.

Lebih dari itu, anak panah juga bisa diartikan sebagai tantangan yang harus dilewati untuk bisa meraih tujuan. Baik tantangan yang kecil ataupun besar, semuanya sama-sama harus ditaklukkan.

Tato dengan desain anak panah ini biasa ditempatkan di kaki bagian belakang dekat tumit. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa langkah kaki akan membawa Sedulur menuju tujuan yang ingin dicapai.

8. Kerang laut

tato
Pinterest

Desain simple yang seringkali digunakan sebagai tato adalah kerang laut. Gambar kerang yang sederhana tersebut memiliki makna yang besar, yakni kebangkitan, kesuburan, feminim, dan nasib yang baik. Kerang laut juga dijadikan lambang perlindungan pada cinta dan kehidupan.

Selain makna di atas, kerang laut juga menjadi pilihan yang tepat jika Sedulur memang suka dengan benda-benda yang ada di laut. Daripada menggambar ikan, kerang laut dinilai jauh lebih unik dan menarik perhatian.

Tato dengan desain kerang laut bisa Sedulur letakkan pada lengan tangan, baik di bagian atas maupun bawah. Sebenarnya, tato dengan desain kerang laut ini bisa disesuaikan ukurannya bergantung pada keinginan si pembuat tato, apakah ingin berukuran kecil atau dibuat menjadi kerang raksasa.

BACA JUGA: Teknik Cetak Dalam, Salah Satu Teknik dalam Seni Grafis

9. Rune Inguz

tato
Tattoofilter

Suka dengan simbol huruf tapi menginginkan sesuatu yang unik? Coba gunakan huruf alfabet rahasia bernama Rune. Huruf alfabet yang dipercaya berhubungan dengan bangsa viking ini memiliki simbol dan ciri kepribadian yang berbeda pada tiap hurufnya.

Salah satu yang bisa Sedulur pilih adalah Rune Inguz, yakni huruf Rune yang melambangkan pertumbuhan dan perkembangan. Simbol yang sekilas mirip dengan dua buah huruf X yang berjajar atas bawah ini memiliki makna keluarga, cinta, kesadaran dan perlindungan.

Tato dengan desain Rune Inguz ini biasanya ditempatkan di lengan bagian bawah ataupun pergelangan tangan. Namun, tato dengan desain ini juga bisa Sedulur letakkan dimanapun sesuai keinginan karena memiliki bentuk yang kecil.

10. Semicolon

tato simple dan artinya
Liputan6

Semicolon atau titik koma merupakan desain tato yang sangat simple. Hanya berupa dua simbol kecil, namun tato ini memiliki arti yang sangat dalam. Dalam hal kepenulisan, titik koma digunakan ketika seorang penulis bisa memilih untuk mengakhiri kalimat, tetapi mereka memilih untuk melanjutkannya.

Hal ini dapat dimaknai sebagai semangat pantang menyerah dan jiwa yang tangguh. Tato ini juga bisa menunjukkan bahwa Sedulur adalah sosok yang kuat dalam mengatasi berbagai tantangan yang ada dalam hidup.

Sedulur dapat menggunakan desain semicolon ini sebagai pengingat dan penyemangat untuk terus maju melanjutkan hidup. Jika merasa hidup terlalu berat dan banyak tantangan yang membuat ingin menyerah, lihatlah tato bergambar titik koma tersebut. 

11. Berlian

tato
Hotcore

Berlian menjadi tato desain simple yang menunjukkan rasa kepercayaan diri yang tinggi. Ada banyak makna yang dipercaya oleh orang-orang. Sebagian memaknainya sebagai lambang dari kekuatan, keindahan, kekayaan, cinta, kesetiaan, dan daya tarik.

Sementara itu, sebagian yang lain memaknainya sebagai lambang kemurnian dan ketahanan diri untuk menghadapi segala kesulitan yang ada. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa berlian merupakan material yang sulit untuk dihancurkan. 

Tato berlian biasanya berukuran kecil sehingga cocok digambar menggunakan garis tipis daripada penuh dengan warna. Karena bentuknya yang kecil pula, tato ini bisa digambar dimanapun sesuai dengan keinginan.

12. Pesawat kertas

tato
iStock

Pernah membuat pesawat dari kertas ketika masih kecil? Kini Sedulur bisa menggambarnya menjadi sebuah tato di tubuh. Tato dengan desain pesawat kertas tidak hanya simple, namun juga memiliki makna yang baik.

Simbol ini dipercaya melambangkan kebebasan dan tanda untuk melepaskan apapun yang menahan diri untuk berkembang. Sedulur bisa memaknainya sebagai alat untuk membawa pergi sejauh mungkin kenangan atau emosi buruk yang pernah ada.

Selain itu, pesawat kertas juga bisa dimaknai sebagai keberanian untuk memulai hubungan dengan orang baru setelah kandas dengan kisah cinta yang lama. Tidak ada sedikitpun rasa takut disakiti oleh orang lain, melainkan rasa keberanian untuk membuka hati dengan orang lain dan mengharapkan kisah yang lebih baik lagi.

Lebih dari itu, pesawat kertas juga bisa dimaknai sebagai lambang kebebasan. Pesawat yang terbang kesana-kemarin menggambarkan kebebasan dan proses untuk memulai sebuah awal yang baru. Jika Sedulur sedang ingin memulai awal yang baru, maka pesawat kertas merupakan desain tato yang sangat tepat.

BACA JUGA: 8 Unsur-unsur Seni Rupa Beserta Pengertian dan Contohnya

13. Bunga Teratai

tato
Gramedia

Menyukai bunga dan ingin mengabadikannya dalam sebuah tato? Bunga Teratai dapat menjadi pilihan yang tepat. Desain bunga simple ini dapat dimaknai sebagai lambang kemurnian dan keindahan ilahi. Selain itu, bunga ini juga menggambarkan asal mula kehidupan dan reinkarnasi.

Dalam budaya China, bunga teratai biasa dijadikan lambang kecantikan, feminim, dan menunjukkan perasaan bahagia atas pernikahan. Lebih dari itu, tato dengan desain bungai teratai juga bisa dimaknai sebagai proses pencarian makna hidup yang sebenarnya. Dengan demikian, bunga teratai dapat diartikan sebagai lambang kemurnian, kedamaian, dan kebangkitan spiritual.

14. Jangkar

tato simple dan artinya
iStock

Tato menggunakan simbol jangkar dapat dipilih jika Sedulur menginginkan desain yang simple dan mudah. Simbol yang erat kaitannya dengan pelaut dan dunia pelayaran ini memiliki arti yang cukup dalam.

Jangkar dapat dimaknai sebagai diri yang kuat dan tidak mudah mudah tumbang dalam menjalani hidup. Hal ini merupakan representasi dari sebuah kapal yang sudah menjatuhkan jangkarnya, maka tidak akan ada yang bisa membawanya kemana-mana lagi.

15. Kucing

tato
Tatuantes

Bagi pecinta kucing, tato bergambar kucing tentu sangat cocok untuk dipilih. Selain digunakan untuk mengingat atau mengenang kucing kesayangan, tato dengan gambar kucing juga memiliki arti yang sangat dalam.

Kucing merupakan hewan yang melambangkan keberuntungan, rahmat, kecerdasan, misteri, keanggunan, dan kehidupan setelah kematian. Hewan lucu ini merupakan makhluk yang menggemaskan dan misterius. Tato bergambar kucing tentu sangat cocok untuk Sedulur yang anggun namun juga penuh dengan teka-teki.

16. Bunga Mawar

tato
Galeri Kata

Rekomendasi desain tato simple dan artinya yang terakhir adalah Bunga Mawar. Bunga yang terkenal sebagai lambang kesetiaan ini banyak dipilih sebagai desain tato karena membuat siapapun yang memakainya menjadi lebih menarik perhatian.

Bunga ini juga melambangkan keberanian dan kecantikan. Dengan bentuk sedang, tato bergambar bunga mawar dapat Sedulur letakkan di pergelangan tangan, pinggul, lengan bawah, ataupun jari tangan sesuai ukuran yang dipilih.

Nah, itulah 16 rekomendasi desain tato simple dan artinya yang bisa Sedulur simak sebelum menentukan tato mana yang akan dibuat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.