cara mengatasi sepatu kebesaran

Sedulur pernah mengalami salah beli ukuran sepatu? Jika iya, tentu ini menjadi momen yang mengesalkan karena sepatu menjadi kurang nyaman digunakan. Namun, beruntung sekarang sudah ada banyak cara mengatasi sepatu kebesaran yang praktis dan aman.

Trik mengatasi sepatu kebesaran ini tentu bisa membantu Sedulur tanpa harus membeli sepatu baru lagi. Kira-kira seperti apa ya caranya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 35 Cara Mengikat Tali Sepatu Keren, Unik dan Mudah

1. Pakai kaus kaki tebal

cara mengatasi sepatu kebesaran
Self

Tidak hanya mencegah bau kaki atau gesekan yang bisa terjadi di dalam sepatu, kaus kaki juga bisa berfungsi sebagai penambah panjang telapak kaki sehingga sepatu tidak lagi kebesaran. Selain dengan memilih kaus kaki yang tebal, Sedulur juga bisa melipat kaus kaki dan menjadikannya sebagai ganjalan untuk sepatu yang kebesaran.

Untuk membuat ganjalan sepatu dari kaus kaki, Sedulur tinggal memakai kaus kaki panjang setengah bagian. Setelah itu, biarkan sisa kaus kaki berada di depan jari-jari. Dengan begitu, posisi tumit kamu bisa lebih ke belakang untuk mengisi bagian sepatu yang kosong karena kebesaran.

2. Gunakan pengganjal sepatu

Selain memakai kaus kaki, Sedulur juga bisa mengganjal bagian depan sepatu dengan benda lain, seperti tisu, koran, atau busa. Cara ini juga akan mencegah ujung jari kaki terantuk bagian depan sepatu.

Akan tetapi, jangan lupa untuk mengganti pengganjal secara berkala dan mengeluarkannya saat sepatu tidak sedang digunakan. Jika Sedulur merasa sepatu tersebut semakin longgar, jangan lupa untuk menyesuaikan tebalnya ganjalan sehingga sepatu tetap nyaman digunakan.

3. Coba toe filler

cara mengatasi sepatu kebesaran
Skolyx

Jika insole berbentuk layaknya telapak kaki, toe fillers memiliki bentuk melengkung yang menyerupai bagian depan ujung telapak kaki hingga jari-jari. Seperti saat menggunakan ganjalan dengan kaus kaki atau busa, toe fillers hanya perlu Sedulur tempatkan pada ujung sepatu untuk mengisi ruang kosong yang ada.

Ada cukup banyak macam toe fillers dilengkapi penutup pada bagian atas jari-jarinya. Dengan begitu, Sedulur bisa menggunakannya untuk mengurangi gesekan saat memakai sepatu tanpa kaus kaki. Beberapa toe filler juga telah didesain dengan ujung yang lebih mengerucut supaya bisa digunakan pada alas kaki lainnya, seperti high heels.

4. Manfaatkan tissu atau koran

Selain beberapa trik di atas, ada cara mengatasi sepatu kebesaran yang mudah untuk kamu praktekkan. Hanya dengan menggunakan sumpalan tisu, koran, atau busa, kamu sudah bisa menyiasati sepatu yang kebesaran.

Letakkan sumpalan ini di bagian belakang kakimu dan gunakan sumpalan secukupnya. Jangan sampai terlalu banyak hingga sepatu menjadi kecil dan tidak nyaman ketika dipakai, ya!

5. Tambahkan karet

Sedulur bisa mencoba trik dari seorang balerina untuk mengatasi sepatu kebesaran. Salah satunya dengan menambahkan karet pada sepatu milikmu. Cara ini biasa diaplikasikan oleh para balerina ketika sepatu yang mereka gunakan ternyata memiliki ukuran lebih besar.

Bahan utama pada tips ini adalah karet elastis. Jenis karet yang biasa dikenakan untuk karet celana atau ikat rambut. Siapkan beberapa meter karet elastis agar bisa disesuaikan dengan pergelangan kakimu. Setelah diukur, kamu tinggal jahit karet pada bagian belakang sepatu kebesaranmu.

BACA JUGA: 17 Merk Sepatu Anak Perempuan yang Bagus dan Kekinian 2023!

6. Manfaatkan insole tambahan

cara mengatasi sepatu kebesaran
Verywell

Cara mengatasi sepatu heels kebesaran tampaknya kurang cocok jika menggunakan taktik kaus kaki. Nah, untuk mengakalinya, cobalah untuk menggunakan insole.

Apa itu insole? Jadi, insole merupakan lapisan yang umumnya diletakkan antara sol sepatu dan telapak kaki. Selain membuat volume sepatu lebih terisi, insole juga bisa meningkatkan tingkat kenyamanan penggunanya, lho. Hal ini dikarenakan insole bertekstur empuk dan lembut.

7. Gunakan elastic band

Cara lainnya untuk mengatasi sepatu yang kebesaran adalah dengan menambahkan elastic band pada sepatumu. Kamu tinggal pilih model dan warna elastic band yang cocok dengan sepatumu. Mudah sekali kamu dapatkan secara online. Sepatu yang cocok untuk cara ini adalah high heels atau pun flat shoes, ya. 

8. Coba gel sepatu

Tidak hanya insole, kamu juga bisa menggunakan gel pengisi sepatu untuk mengurangi ruang kosong dalam sepatu secara merata. Alternatif satu ini memiliki berbagai bentuk.

Pilihlah sesuai kebutuhanmu. Jika sepatu kebesaran di bagian panjang, kamu bisa menggunakan gel sepatu yang diletakkan pada belakang kaki. Jika sepatu kebesaran dalam bentuk volume, pilihlah gel yang sesuai dengan bentuk sepatu.

9. Jahit sepatu

Solusi satu ini cocok bagi kamu yang bisa dan memiliki kemampuan menjahit. Ukurlah kaki dan ruang kosong pada bagian sepatu, kemudian jahit karet bagian belakang sepatu sehingga menjadi lebih kecil.

Dalam hal ini, karet yang digunakan adalah karet yang serupa dengan ikat rambut ataupun celana, yakni karet elastis. Namun, jika Sedulur ragu, kamu bisa pergi ke tukang sepatu dan memintanya untuk menjahit sepatumu.

10. Bisa pakai bantalan kaki

Solusi sepatu kebesaran yang terakhir adalah gunakan bantalan kaki atau foot cushion. Bantalan empuk ini bisa kamu dapatkan di berbagai toko sepatu dengan mudah.

Selain dapat mengurangi volume sepatu yang besar, foot cushion juga tahan lama dan bisa membuat pengguna sepatu semakin nyaman untuk beraktivitas. Biasanya, bantalan ini digunakan untuk para pemilik sepatu heels. Jadi, sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari pengganjal sepatu heels!

BACA JUGA: 10 Cara Mudah dan Cepat Memperbaiki Kulit Sepatu Terkelupas

11. Gunakan heels grip untuk sepatu hak

cara mengatasi sepatu kebesaran
Faverie

Pengguna high heels umumnya familiar dengan penggunaan heel grips. Tambalan yang satu ini biasa digunakan ketika memakai sepatu high heels. Biasanya heel grips digunakan agar kaki terhindar dari lecet dan menyiasati sepatu kebesaran. Dengan tekstur lembut, tumit terasa lebih nyaman saat memakai sepatu high heels.

Poin plusnya, kamu bisa menyiasati sepatu high heels kebesaran dengan tambalan ini. Kamu dapat mengaplikasikannya pula pada flat shoes dan boots, lho. Intinya, kamu dapat menggunakan heel grips untuk sepatu dengan model tumit tertutup.

12. Lipat kaos kaki diujung jari

Selain memakai kaos kaki tebal, kamu juga bisa mengenakan kaos kaki panjang sebagai opsi yang tepat untuk mengakali sepatu kebesaran. Setelah memakai kaus kaki panjang, turunkan kaus kaki dan lipat menjadi dua dan masukkan ke dalam sepatu atau sedikit menggulung dibagian jari. Volume dalam sepatu pun akan bertambah dan kakimu pun tetap akan merasa nyaman. 

13. Manfaatkan shoe tape

Biasanya ketika seseorang mengenakan sepatu hak tinggi yang kebesaran, tumit akan terlihat berpindah posisi dan seperti terlepas dari sepatunya. Apalagi ditambah jika sepatu memiliki material yang licin, tumit akan kurang menempel dari sepatu. Sepatu pun akan menjadi mudah terlepas, dan bisa membuatmu tergelincir.

Nah, untuk mengakali hal ini, kamu bisa mengenakan double sided shoe tape. Shoe tape ini memiliki rupa yang mirip dengan double tape, hanya saja produk yang satu ini fokus terhadap masalah sepatu kebesaran.

14. Cuci dengan air

Cara mengatasi sepatu kebesaran yang cukup beresiko adalah dengan mencuci dengan air. Sedulur bisa melakukannya dengan mudah hanya cukup menyiapkan bahan seperti deterjen dan air.

Teknik ini bias dicoba pada beberapa jenis sepatu yang memiliki bahan canvas atau kain. Proses kerja cara ini yaitu memanfaatkan kemampuan deterjen dan air yang mampu membuat karet pada sepatu menciut beberapa mili.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi sepatu kebesaran yang bisa Sedulur coba. Dengan trik di atas, Sedulur tidak perlu khawatir sepatu menjadi tidak bisa digunakan. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan bisa membantumu ya!