tali sepatu keren

Tali untuk sebuah sepatu adalah komponen yang begitu penting. Tidak hanya membuat alas kaki menjadi lebih kencang dan pas di kaki, tali juga bisa menjadi aksesoris yang membuat sepatu makin bagus. Jadi tak heran jika banyak produsen sepatu yang secara khusus mengeluarkan tapi sepatu keren untuk dijual terpisah.

Nah, jika Sedulur memilih menggunakan sepatu dengan tali, tentu sudah tidak asing dengan tali-tali keren tersebut. Namun, yang tidak kalah menarik adalah teknik mengikat tali yang juga semakin beragam. Sedulur bisa mencoba beberapa referensi mengikat tali agar sepatu jadi makin tampil keren. Penasaran seperti apa? Simak berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sepatu Trail Running yang Paling Dicari 2023

1.  Double cross lacing

tali sepatu keren
Pinterest

Cara mengikat sepatu keren pertama adalah Double Cross Lacing. Gaya ini memberikan tampilan yang menarik dan juga dapat membantu menjaga sepatu lebih aman pada kaki.

-->

2.  Hash lacing

Hash Lacing adalah cara mengikat tali sepatu keren selanjutnya. Gaya ini memiliki tampilan yang unik dan menarik, dan sering digunakan untuk sepatu dengan banyak lubang, seperti sepatu hiking atau sepatu bot.

3.  Lattice lacing

Lattice Lacing adalah gaya mengikat tali sepatu keren yang menciptakan pola silang di bagian atas sepatu seperti jaring-jaring. Gaya ini memberikan tampilan yang unik dan menarik pada sepatu Sedulur.

4.  Zipper lacing

Gaya mengikat sepatu Zipper Lacing adalah cara kreatif untuk mengunci tali sepatu dan memberikan tampilan yang unik. Gaya ini terlihat seperti ritsleting dan cocok digunakan pada sepatu dengan banyak lubang atau sepatu boot.

5.  Riding boot lacing

cara mengikat tali sepatu keren  selanjutnya adalah Riding Boot Lacing, cara mengikat sepatu riding boot yang khusus dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra selama berkuda. Gaya ini menggunakan tali yang lebih panjang untuk memberikan dukungan tambahan di sekitar pergelangan kaki dan bagian atas sepatu.

6.  One handed lacing

Pinterest

One Handed Lacing adalah cara mengikat tali sepatu keren yang memiliki teknik mengikat sepatu menggunakan hanya satu tangan. Gaya ini sangat berguna jika Sedulur memiliki keterbatasan fisik di salah satu tangan atau jika Sedulur ingin mengikat sepatu dengan cepat dan muda. Teknik satu ini cocok digunakan ketika Sedulur sedang dalam keadaan sibuk atau repot dengan membawa barang lain di tangan.

7.  Segmented lacing

Segmented Lacing adalah gaya mengikat sepatu yang menciptakan pola terpisah atau segmen-segmen pada bagian atas sepatu. Gaya ini memberikan tampilan yang unik dan menarik pada sepatu Sedulur. Selain itu, metode ini dapat memberikan dukungan ekstra di area tertentu atau memungkinkan penyesuaian kencang di berbagai bagian sepatu.

8.  Knotted segment lacing

Knotted Segment Lacing adalah variasi dari gaya mengikat sepatu Segmented Lacing yang menciptakan segmen-segmen pada bagian atas sepatu dengan menambahkan simpul di antara segmen-segmen tersebut. Gaya ini memberikan tampilan yang lebih menarik dan kreatif pada sepatu.

9.  Hidden knot lacing

Hidden Knot Lacing adalah gaya mengikat sepatu yang dirancang untuk menyembunyikan simpul di dalam sepatu, memberikan tampilan yang lebih rapi dan teratur. Gaya ini juga dapat mencegah simpul terbuka atau terjepit saat beraktivitas. Hidden knot lacing ini cocok banget jika Sedulur ingin ikat tali sepatu Sedulur terlihat rapi dan simpel. Mungkin model ini juga menjadi cara mengikat tali sepatu keren.

10.  Loop back lacing

Loop Back Lacing adalah variasi mengikat sepatu yang menciptakan loop di bagian belakang sepatu untuk memberikan tampilan yang menarik dan memudahkan untuk mengencangkan atau mengendurkan sepatu. Gaya ini juga bisa membantu mengurangi tekanan pada bagian belakang kaki Sedulur.

Ikatan tali dengan kesan saling mengait ini cocok diaplikasikan jika tali sepatumu memiliki warna yang berbeda di sebagian kanan dan kirinya, karena jika satu warna seperti pada gambar, detail bentuknya tidak akan terlihat jelas.

BACA JUGA: 35 Rekomendasi Brand Sepatu Pantofel Lokal, Wajib Dimiliki!

11.  Knotted lacing

tali sepatu keren
Pinterest

Knotted Lacing adalah cara mengikat tali sepatu keren selanjutnya yang melibatkan penggunaan simpul untuk mengunci tali sepatu dengan cara yang kreatif dan menarik. Gaya ini menciptakan simpul-simpul dekoratif di sepanjang tali sepatu, memberikan tampilan yang unik dan berbeda.

12.  Twistie lacing

Twistie Lacing adalah cara mengikat tali sepatu keren yang menggunakan metode melilit tali sepatu untuk menciptakan tampilan putaran tali pada bagian tengah dan juga memberikan dukungan tambahan di sekitar kaki. Gaya ini dapat memberikan tampilan unik dan kreatif pada sepatu Sedulur.

13.  Roman lacing

Roman Lacing, juga dikenal sebagai Roman Sandal Lacing, adalah cara mengikat tali sepatu keren yang terinspirasi oleh cara mengikat sandal Romawi kuno. Gaya ini menciptakan pola zigzag yang menarik pada bagian atas sepatu, memberikan tampilan yang unik dan klasik.

14.  Hexagram lacing

Hexagram Lacing adalah cara mengikat tali sepatu keren dan menarik yang menciptakan pola heksagram di bagian atas sepatu Sedulur. Gaya ini pasti akan menarik perhatian dan membuat sepatu Sedulur terlihat berbeda.

15.  Pentagram lacing

Pentagram Lacing adalah gaya mengikat sepatu yang menciptakan pola pentagram di atas sepatu Sedulur. Gaya ini memberikan tampilan yang unik, menarik, dan seringkali dikaitkan dengan gaya alternatif atau gothic.

16.  Footbag lacing

Pinterest

Footbag Lacing, juga dikenal sebagai Sandal Lacing atau Footbag sandall Lacing, adalah gaya mengikat sepatu yang biasanya digunakan pada sSedulurl atau sepatu terbuka yang cocok untuk aktivitas seperti footbag.

17.  Lock lacing

Lock Lacing, juga dikenal sebagai Runner’s Loop, adalah cara mengikat tali sepatu keren yang dirancang untuk memberikan dukungan tambahan di sekitar tumit dan menghindari gesekan atau geseran pada tumit saat berlari atau beraktivitas. Gaya ini sering digunakan oleh pelari dan olahragawan untuk meningkatkan kenyamanan dan stabilitas selama aktivitas fisik.

18.  Checkerboard lacing

Checkerboard Lacing adalah cara mengikat tali sepatu keren yang menciptakan pola kotak-kotak seperti papan catur di atas sepatu. Gaya ini memberikan tampilan yang menarik dan unik pada sepatu Sedulur, dan cocok digunakan untuk sepatu olahraga dan sepatu kasual.

19.  Criss cross lacing

Sedulur pasti sudah sangat familiar dengan cara mengikat tali sepatu keren yang satu ini. Ikatan tali sepatu criss cross lacing ini adalah yang terpopuler dan terpasaran. Ikatan yang simpel dan gak memakan waktu banyak dalam pengaplikasiannya, membuat cara mengikat gaya ini disukai banyak orang.

20.  Over under lacing

Cara mengikat tali sepatu keren ini hampir sama dengan sebelumnya, pemakaiannya juga tak kalah populer dengannya. Bedanya hanya terletak pada konsistensi dalam memasukkan tali ke dalam lubang sepatu.

BACA JUGA: 8 Cara Mudah Membedakan Sepatu Ori dan KW, Jangan Salah!

21.  Straight european lacing

Pinterest

Ini adalah model tali sepatu dengan motif zig-zag di dalam dan formasi tali horizontal dibagian luarnya. Gaya ini cocok bagi Sedulur yang ingin memberi variasi pada bentuk tali sepatumu, namun tetap terlihat  simpel dan gak berlebihan.

22.  Straight bar lacing

Desain ini sangat simpel dan tidak membutuhkan panjang tali yang banyak. Jika ingin mencoba mengaplikasikannya, usahakan talimu tak terlalu panjang agar saat ikatan terakhirmu tidak menyentuh tanah.

23.  Straight easy lacing

Yang membedakan dengan gaya sebelumnya adalah cara memasukkan tali ke dalam lubang sepatu. Untuk memasukannya Sedulur harus memanjangkan salah satu tali karena disini hanya satu tali yang digunakan untuk membuat formasi. Sedangkan tali satunya lagi hanya dimasukkan pada lubang pertama dan terakhir sehingga tidak membutuhkan tali yang panjang.

24.  Hiking atau biking licing

Seperti namanya, cara mengikat tali sepatu keren ini cocok digunakan untuk berolah raga seperti menaiki gunung dan bersepeda. Dengan ikatan yang kuat dan tali samping yang mengunci, membuat sepatu dengan bentuk tali ini nyaman digunakan untuk berolah raga.

25.  Sawtooth lacing

Cara mengikat tali sepatu keren ini menggunakan motif garis miring pada bagian dalamnya. Sama simpelnya dengan model tersebut, gaya tali sepatu ini cocok untuk Sedulur yang ingin tampil beda.

26.  Shoe shop lacing

tali sepatu keren
Pinterest

Model yang cukup simpel untuk dibuat, dengan satu bagian tali yang lebih dipanjangkan supaya hasilnya seimbang. Mungkin akan sedikit sulit untuk mengira-ngira panjang yang pas saat baru mencobanya.

27.  Display shoe lacing

Cara mengikat tali sepatu keren ini mirip sekali dengan criss cross lacing. Namun, ada sedikit perbedaan pada alurnya. Jika criss cross lacing memulai memasukkan talinya dari bawah, cara ini memulainya dari atas. Model tali sepatu ini biasa ditemukan pada sepatu baru untuk display toko, itulah mengapa gaya ini dinamakan sebagai display shoe lacing.

28.  Ladder lacing

Ladder Lacing adalah cara mengikat tali sepatu keren yang menciptakan pola seperti tangga di atas sepatu. Gaya ini memberikan tampilan yang unik dan menarik pada sepatu Sedulur. Ladder Lacing sering digunakan pada sepatu dengan banyak lubang untuk memberikan variasi dalam cara mengikat tali sepatu.

29.  Spider web lacing

Spider Web Lacing adalah cara mengikat tali sepatu keren  yang menciptakan pola seperti jaring laba-laba di atas sepatu Sedulur. Gaya ini memberikan tampilan yang unik dan menarik pada sepatu, dan cocok digunakan untuk sepatu olahraga atau sepatu kasual.

30.  Double back lacing

Double Back Lacing adalah gaya mengikat sepatu yang menciptakan pola silang seperti biasa, tetapi dengan tambahan simpul di bagian belakang sepatu untuk memberikan dukungan tambahan pada tumit. Gaya ini cocok digunakan pada sepatu olahraga atau sepatu yang membutuhkan stabilitas ekstra di bagian tumit.

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu Beserta Kisaran Modalnya

31.  Bow tie lacing

tali sepatu keren
Pinterest

Bow Tie Lacing adalah gaya mengikat sepatu yang menyerupai tampilan dasi kupu-kupu. Ini akan menambah sentuhan keanggunan dan bakat pada sepatu Sedulur, membuatnya menonjol dan terlihat unik. Gaya menali ini biasa digunakan pada dress shoes atau sepatu yang dikenakan untuk acara-acara khusus.

32.  Army lacing

Army Lacing, juga dikenal sebagai Military Lacing, adalah gaya mengikat sepatu yang sering digunakan di dalam militer. Gaya ini memiliki keuntungan karena memberikan kencangan yang ekstra pada bagian tumit dan melindungi kaki agar tetap stabil dan aman saat melakukan aktivitas fisik yang intens.

33.  Double helix lacing

Double Helix Lacing adalah gaya mengikat sepatu yang menciptakan pola tali sepatu yang menyerupai DNA heliks gandar atau “double helix” dalam struktur spiralnya. Gaya ini memberikan tampilan unik dan menarik pada sepatu Sedulur, dan biasanya digunakan pada sepatu olahraga atau kasual.

34.  Train track lacing

Train Track Lacing, juga dikenal sebagai Parallel Lacing atau Ladder Lacing, adalah gaya mengikat sepatu yang menciptakan pola garis lurus di sepanjang sepatu, mirip seperti jalur kereta api. Gaya ini memberikan tampilan yang rapi dan simpel pada sepatu Sedulur, dan cocok digunakan pada sepatu olahraga atau sepatu kasual.

35.  Cross lacing

Cross Lacing adalah gaya mengikat sepatu yang merupakan pola klasik dan paling umum digunakan. Dalam Cross Lacing, tali sepatu dibawa secara silang melalui lubang-lubang sepatu, membentuk pola “X” di bagian atas sepatu. Gaya ini memberikan dukungan yang baik dan memastikan sepatu tetap aman dan nyaman di kaki Sedulur.

Nah, itulah beberapa cara ikat tali sepatu keren yang tentunya mudah untuk dilakukan. Jadi yang mana nih, cara favorit Sedulur?