kulit sepatu terkelupas

Fashion yang tak lekang oleh waktu adalah sepatu kulit. Seperti jeans yang terus digemari, sepatu kulit juga menjadi favorit para pecinta mode. Kekuatan dan daya tahan yang dimiliki sepatu kulit menjadi alasan utama mengapa banyak orang memilihnya. Namun, memiliki sepatu kulit tidak semudah yang dibayangkan oleh Sedulur karena pada kenyataanya membutuhkan perawatan khusus. Alih-alih tidak dirawat dengan baik, maka kulit sepatu terkelupas akan menjadi malapetaka.

Agar masalah kulit sepatu terkelupas bisa dicegah, Sedulur perlu rajin melakukan perawatan pada sepatu dengan tidak ceroboh saat menyimpannya. Hal ini lantaran kulit sepatu mudah sekali dipengaruhi oleh cuaca dan udara. Tapi jangan khawatir, karena kami sudah menyiapkan tips dan trik agar sepatu kulit Sedulur bisa awet dan tetap bagus meskipun sudah sering dipakai. Seperti apa caranya? Mari simak ulasannya di bawah!

BACA JUGA: 12 Cara Mudah Atasi Sepatu atau Sandal Agar Tidak Licin

1. Rutin membersihkan sepatu

kulit sepatu terkelupas
iStock

Langkah pertama dalam memperbaiki sepatu adalah membersihkannya terlebih dahulu dari debu dan kotoran yang menempel. Hal ini penting untuk memastikan bahwa area yang akan diperbaiki bersih dan bebas dari segala kotoran yang bisa mengganggu proses perbaikan. 

-->

Kamu bisa menggunakan kain lap bersih atau tissue untuk membersihkan sepatu tersebut. Pastikan kamu membersihkan sepatu dengan perlahan dan hati-hati. Jangan terlalu keras dalam menggosok sepatu karena hal itu bisa memperburuk kerusakan dan membuat area yang rusak semakin luas. 

Jika terdapat bagian kulit yang mengelupas, pastikan untuk menggosoknya dengan sangat hati-hati sehingga tidak ada kerusakan tambahan pada sepatu.

Setelah membersihkan sepatu, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi kerusakan pada sepatu tersebut. Ada beberapa jenis kerusakan pada sepatu yang mungkin kamu temukan, seperti kulit yang terkelupas, sol yang aus, atau bagian sepatu yang robek. 

Terlepas dari jenis kerusakan yang ditemukan, pastikan untuk mengevaluasi dengan cermat sehingga kamu bisa mengetahui langkah apa yang harus diambil untuk memperbaiki sepatu tersebut.

2. Amplas untuk membuat lem tetap menempel pada sepatu

kulit sepatu terkelupas
iStock

Pada tahap ini, amplas digunakan untuk membantu kulit sepatu menempel dengan baik sebelum proses penyambungan lem dimulai. Cara ini merupakan tahap awal untuk membantu menghilangkan kulit sepatu terkelupas.

Sebelum melakukan penyambungan lem, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengamplas bagian permukaan kulit sepatu yang mengalami kerusakan, seperti kulit yang terkelupas. 

Amplas ini digunakan hingga permukaan kulit terkelupas terlihat rata dan halus, sehingga lem dapat menempel dengan baik pada permukaan kulit. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan amplas harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak kulit sepatu yang masih utuh.

3. Warnai bagian yang terkelupas dengan spidol

kulit sepatu terkelupas
iStock

Setelah Sedulur melakukan tahap amplas pada bagian sepatu yang terkelupas, langkah selanjutnya adalah memberikan warna pada area tersebut. 

Salah satu cara untuk memberikan warna pada bagian yang terkelupas adalah dengan menggunakan marker atau spidol permanen. Pastikan Sedulur memilih spidol permanen dengan warna yang sesuai dengan warna sepatu. 

Jika sepatu Sedulur berwarna hitam, sebaiknya menggunakan spidol permanen warna hitam agar warna bagian yang terkelupas terlihat lebih serasi dengan bagian lain dari sepatu. Berikan warna pada area yang terkelupas hingga warnanya serupa dengan warna asli sepatu kulit. 

Jangan khawatir jika Sedulur menggunakan spidol permanen, karena warna sepatu yang terkelupas akan terlihat merata setelah diberikan pewarnaan dengan spidol tersebut. Setelah tahap ini selesai, Sedulur dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu aplikasi cat kulit.

4. Memakai lap bersih untuk menyemir sepatu

kulit sepatu terkelupas
iStock

Untuk memperbaiki kulit sepatu terkelupas, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan semir pada permukaan sepatu. Pastikan sebelumnya Sedulur telah membersihkan sepatu dari debu dan kotoran dengan kain lap atau tissue.

Untuk mengaplikasikan semir pada sepatu, pertama-tama celupkan lap ke dalam kaleng semir sepatu. Pastikan lap terendam sempurna dalam semir. Kemudian, usapkan semir secara merata pada bagian atas dan samping sepatu yang sudah diamplas tadi. Sapukan semir dengan sapuan yang panjang dan merata agar warna permukaan sepatu tetap serupa.

Pilihlah semir yang memiliki warna yang serupa dengan warna sepatu. Umumnya, semir hitam atau cokelat menjadi pilihan yang baik. Sedulur dapat membeli semir sepatu di toserba atau toko sepatu terdekat. Pastikan Sedulur mengaplikasikan semir secara merata agar warna permukaan sepatu tetap serupa dengan warna asli sepatu kulitmu.

Dengan mengaplikasikan semir pada sepatu, selain dapat membuat warna sepatu menjadi lebih merata, juga dapat memberikan lapisan pelindung pada sepatu. Pelindung ini akan membuat sepatu lebih tahan lama dan terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh cuaca atau kotoran.

5. Aplikasikan shoe goo ke permukaan sepatu

kulit sepatu terkelupas
iStock

Memperbaiki kulit sepatu terkelupas, mengaplikasikan Shoe Goo adalah tindakan penting untuk menjaga sepatu agar lebih tahan lama. Shoe Goo adalah lem khusus yang diformulasikan untuk merekatkan berbagai jenis bahan sepatu. 

Dengan mengoleskan Shoe Goo pada permukaan sepatu, Sedulur akan membuat sepatu Sedulur lebih tahan air, tahan gores, dan melindungi bagian sol sepatu.

Pertama, siapkan Shoe Goo dan kuas berukuran kecil sebelum memulai proses aplikasi Shoe Goo pada sepatu Sedulur. Kemudian, oleskan Shoe Goo secara merata pada bagian yang terkelupas menggunakan kuas kecil. 

Pastikan semua bagian yang terkelupas tertutup oleh Shoe Goo. Jangan terlalu banyak mengoleskan Shoe Goo pada sepatu karena hal ini dapat membuat sepatu Sedulur terlalu kaku dan kurang nyaman saat dipakai.

Sedulur juga harus memastikan jahitan sol sepatu tertutup oleh Shoe Goo. Jahitan sol sepatu yang tidak tertutup akan membuat sepatu mudah robek dan rusak. Jahitan sol sepatu yang terlapisi Shoe Goo juga akan membuat sepatu lebih tahan lama dan awet.

Shoe Goo adalah produk yang mudah ditemukan di toko sepatu atau toserba terdekat. Dengan mengaplikasikan Shoe Goo, Sedulur akan membuat sepatu Sedulur tahan lama dan terhindar dari kerusakan. Lakukan dengan hati-hati dan pastikan Sedulur mengikuti instruksi penggunaan yang tertera pada kemasan Shoe Goo.

6. Biarkan lem mengering

kulit sepatu terkelupas
iStock

Jangan tergesa-gesa dalam memperbaiki sepatu kulit. Setelah merekatkan lem pada permukaan yang terkelupas, biarkan lem mengering secara alami agar hasilnya maksimal.  Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan lem bisa berbeda-beda tergantung dari jenis lem dan keadaan lingkungan tempat lem ditempatkan.

Untuk memastikan lem benar-benar kering, sebaiknya menunggu minimal 6-8 jam setelah aplikasi. Jangan mencoba untuk mengenakan sepatu sebelum lem benar-benar kering, karena bisa merusak hasil perbaikan yang telah dilakukan.

Pastikan untuk menjaga sepatu dalam keadaan tetap kering dan terlindungi dari sinar matahari langsung saat menunggu lem mengering. Jika terlalu cepat mengering, lem mungkin akan terbelah atau retak, sehingga dapat merusak hasil perbaikan. Jangan lupa untuk mencoba melepas lem yang terlebih pada permukaan sepatu. Lem yang terlebih akan menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan.

7. Tekan sepatu

iStock

Setelah mengaplikasikan lem pada midsole sepatu, pastikan untuk tidak menunggu terlalu lama sebelum menempelkan kedua sisi sepatu. Hal ini karena jika lem terlalu lama mengering, kemampuannya dalam merekatkan kedua sisi sepatu akan menurun. 

Sebaliknya, pastikan Sedulur menempelkan kedua sisi sepatu dalam waktu yang cukup, yaitu sekitar 20-30 detik setelah Sedulur mengoleskan lem pada midsole. Saat menempelkan kedua sisi sepatu, pastikan tekanan yang diberikan tidak terlalu kuat agar tidak merusak bentuk sepatu. Tekanlah dengan lembut dan merata pada seluruh bagian sepatu untuk memastikan kedua sisi menempel dengan baik. 

Setelah menempelkan kedua sisi, biarkan sepatu selama beberapa jam untuk memberikan waktu bagi lem untuk mengering dan merekat dengan kuat. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, sepatu Sedulur akan terlihat seperti baru kembali.

8. Menyemprot sepatu kulit dengan spray khusus

iStock

Sedulur dapat menggunakan spray untuk merawat sepatu kulit agar terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh pecah-pecah. Setelah membersihkan sepatu, semprotkanlah cairan ini secara merata pada seluruh permukaan sepatu. 

Pastikan untuk menghindari semprotan yang terlalu dekat dengan sepatu untuk menghindari kerusakan pada bahan sepatu. 

Setelah semprotan dilakukan, biarkan cairan meresap ke dalam pori-pori kulit dengan menyimpan sepatu di tempat berangin. Hal ini penting dilakukan agar cairan dapat meresap secara maksimal dan memberikan perlindungan yang optimal pada sepatu kulit Sedulur.

Spray pelindung untuk sepatu kulit biasanya tersedia di toko-toko sepatu atau toko-toko perawatan sepatu. Sebaiknya Sedulur memilih produk yang sesuai dengan jenis sepatu kulit Sedulur. 

Penggunaan spray pelindung ini akan membantu menjaga tampilan dan kualitas sepatu Sedulur, sehingga dapat bertahan lebih lama dan terhindar dari kerusakan.

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu Beserta Kisaran Modalnya

9. Dapat mencoba memakai cat kulit khusus

iStock

Membetulkan sepatu yang sudah rusak bisa menjadi tugas yang sangat mudah jika Sedulur mengetahui cara yang tepat. Terkadang, sepatu kesayangan kita tergores atau bahkan robek dan membutuhkan perbaikan. 

Salah satu cara yang efektif untuk memperbaiki sepatu yang rusak adalah dengan menggunakan lapisan cat kulit yang sesuai.

Cara memperbaiki sepatu dengan menggunakan lapisan cat kulit yang sesuai. Setelah mengaplikasikan cat kulit, dianjurkan untuk membiarkannya mengering selama 30 menit sebelum melanjutkan tahap perbaikan selanjutnya.

10. Tetap jaga kelembaban sepatu

iStock

Seperti halnya kulit muka, kulit pada sepatu juga membutuhkan hidrasi yang cukup untuk tetap sehat dan lembap. Namun, menyimpan sepatu kulit di tempat yang lembab juga bukanlah solusi yang tepat. Jika tidak disimpan dengan benar, sepatu kulit dapat mengalami kerusakan seperti jamur dan mengurangi masa pakainya.

Untuk menjaga kondisi sepatu kulit tetap baik, penting untuk menyimpannya di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup. Hindari menyimpan sepatu kulit dalam plastik tertutup yang dapat membuat sepatu tidak bisa bernafas dan mempercepat kerusakan sepatu. 

Sebaiknya, simpan sepatu kulit di rak atau lemari yang memiliki ventilasi yang baik dan mengalirkan udara dengan lancar. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan sepatu secara teratur dan mengoleskan produk perawatan kulit yang sesuai untuk menjaga kelembapan sepatu. 

Produk perawatan kulit seperti pelembab dan pelindung dapat membantu menjaga kondisi kulit sepatu tetap lembab dan terlindungi dari kerusakan. Ingatlah bahwa perawatan yang tepat dan teratur akan memperpanjang masa pakai sepatu kulit Sedulur, dan menghemat uang Sedulur dalam jangka panjang. 

Dengan mengetahui cara memperbaiki kulit sepatu yang terkelupas, Sedulur dapat memperbaiki sepatu Sedulur sendiri di rumah tanpa perlu membayar biaya tambahan untuk perbaikan di tempat reparasi sepatu.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba beberapa cara di atas dalam memperbaiki sepatu kulit yang terkelupas dan tetap terlihat stylish dengan sepatu yang terawat dengan baik. Selamat mencoba!