cara memotong bulu hidung

Sedulur tidak bisa sembarangan mencabut atau memotong bulu hidung. Terdapat cara memotong bulu hidung yang aman dan dianjurkan untuk dilakukan. Karena bulu hidung yang tumbuh terlalu panjang akan sangat menganggu.

Banyak orang yang mencabut atau memotong bulu hidung yang terlalu panjang karena sangat menganggu. Namun jika dilakukan dengan cara yang salah, mencabut bulu hidung bahkan bisa membuat infeksi.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama cara mencabut bulu hidung yang aman yang bisa Sedulur lakukan. Yuk, mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Cara Menumbuhkan Jambang Secara Cepat. Jadi Maskulin!

Fungsi bulu hidung

Pexels

Sebelum Sedulur memutuskan untuk mencabut bulu hidung, tentu Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu apa fungsi dari bulu hidung itu sendiri. Setidaknya ada beberapa fungsi bulu hidung yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaatnya:

1. Menjaga kesehatan dan melindungi tubuh

Bulu hidung dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus melindungi tubuh. Sebab, bulu hidung bertindak sebagai filter yang mencegah partikel seperti debu, serbuk sari, dan alergen memasuki paru-paru. Ketika partikel memasuki hidung, partikel tersebut akan terjebak pada lapisan tipis lendir yang melapisi bulu hidung. Pada akhirnya, partikel-partikel tersebut akan dikeluarkan melalui bersin atau tertelan.

2. Menjaga kelembapan udara 

Tak hanya menyaring polusi dan partikel asing dari udara, bulu hidung juga dapat menjaga kelembapan udara yang dihirup saat bernapas. Itulah sebabnya jika memotong bulu hidung, pastikan untuk tidak memotongnya terlalu tips.

3. Memudahkan seseorang bernapas

Jika Sedulur memiliki masalah pernapasan seperti asma, maka bulu hidung pantas untuk  mendapat predikat penyelamat. Pasalnya bulu-bulu halus ini akan membantu dan memudahkan Sedulur dalam bernapas. Selain itu, hidung juga dipenuhi dengan rambut mikroskopis yang disebut silia.

Perlu diketahui bahwa silia dapat membantu mendorong lendir dan kotoran lainnya menjauh dari paru-paru. Hal ini menunjukan bahwa bulu hidung memang memegang peran peting bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 15 Gaya Rambut Quiff yang Cocok untuk Pria Indonesia

Teknik mencukur bulu hidung

Kendati mengetahui fungsi yang penting dari bulu hidung, tentu jika ada bulu hidung yang menganggu Sedulur tetap akan mencabutnya. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara mencabut bulu hidung yang aman yang bisa Sedulur lakukan. Yuk, mari langsung kita simak:

1. Waxing

cara memotong bulu hidung
Liputan6

Waxing atau mencabut bulu hidung pada dasarnya tidak dianjutkan karena dapat menyebabkan bulu hidung tumbuh ke dalam kulit. Hal ini bisa menimbulkan bisul dan infeksi di dalam hidung. Namun, jika ingin tetap melakukan waxing di rumah, ikuti selalu petunjuk penggunaan.

Sedulur disarankan mengoleskan lilin atau wax hanya di bagian tepi lubang hidung guna mencegah terjadinya luka di dinding lapisan dalam hidung. Apabila area hidung terasa perih setelah waxing dilakukan, cobalah untuk mengompresnya dengan handuk hangat. Mengompres area hidung dengan handuk hangat dapat meredakan nyeri sekaligus membantu proses penyembuhan setelah waxing.

2. Laser hair removal

iStock

Bagi Sedulur yang ragu dan tidak berani menggunakan cara manual, Sedulur bisa menggunakan pencabutan bulu hidung dengan laser atau laser hair removal. Namun, cara ini berisiko menyebabkan luka pada selaput lendir di dalam rongga hidung.

Oleh karena itu, penting bagi Sedulur untuk memastikan bahwa tindakan laser hair removal dilakukan oleh dokter yang ahli dalam bidang ini, guna mengurangi risiko terjadinya efek samping, seperti iritasi atau terlukanya selaput lendir.

Mencabut atau menghilangkan bulu hidung aman dilakukan, tetapi Sedulur disarankan tidak melakukannya secara berlebihan. Hal ini karena bulu hidung memiliki fungsi penting dalam mengurangi risiko alergi serta mempertahankan kelembapan udara dalam hidung.

3. Menggunakan pinset

cara memotong bulu hidung
Liputan6

Menggunakan pinset untuk mencukur bulu hidung memang akan terasa sedikit lebih menyakitkan dibandingkan menggunakan gunting dan pemangkas khusus. Pangkas bulu hidung di ruangan yang terang dengan menggunakan cermin.

Pilihlah bulu hidung yang dirasa mengganggu dan ingin Sedulur hilangkan. Untuk mengatasi rasa sakitnya, Sedulur bisa mengusapkan es batu di area sekitar hidung sehingga bulu hidung yang tercabut tidak terasa begitu sakit. Setelah selesai, bersihkan pinset dengan larutan antiseptik atau sabun dan air untuk menjaga kesterilannya.

4. Menggunting

iStock

Cara mencabut bulu hidung selanjutnya yaitu dengan menggunting. Menggunting adalah cara paling aman. Cukup gunakan gunting kecil yang umumnya ada dalam satu set alat perawatan. Gunting memiliki ujung yang membulat. Ujung bulat itu berfungsi untuk mencegah tertusuknya kulit pada rongga hidung.

Selain itu, Sedulur juga bisa mencoba gunting elektrik. Namun, perlu diketahui, pengguntingan tak bersifat permanen. Jangan kaget jika bulu hidung tetap tumbuh.

5. Menggunakan alat cukur

T3

Selain menggunakan gunting, Sedulur juga bisa memotong bulu hidung dengan menggunakan alat cukur atau pemangkas listrik. Cara aman menggunakan alat cukur ini dengan mendongkakkan kepala ke belakang dan masukkan pemangkas hidung di saluran hidung.

Jangan memasukkannya terlalu dalam. Pemangkas listrik dapat digunakan hanya dengan satu tangan untuk memangkas rambut dengan cepat dan efisien, sedangkan pemangkas manual perlu digunakan dua tangan.

Pangkaslah bulu hidung yang keluar dari hidung. Pemangkas hidung dirancang dengan aman, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir terluka. Bersihkan hidung dengan cara sebelumnya ketika sudah selesai.

BACA JUGA: 27 Gaya Potongan Rambut Undercut Paling Keren di 2023!

Bahaya mencabut bulu hidung

Pexels

Sedulur juga perlu mengetahui bahaya mencabut bulu hidung. Kondisi pertama yang akan Sedulu rasakan yaitu nyeri dan iritasi. Apabila bulu hidung dicabut dengan keras hingga berdarah, maka penderitanya akan mengalami mimisan.

Selain itu, kuman seperti bakteri dan parasit dari telapak tangan dapat masuk langsung ke rongga hidung dan menyebabkan infeksi akar rambut hingga bisul. Walaupun berukuran kecil, bisul akan terasa nyeri.

Ketika bulu hidung dicabut, secara tidak langsung Sedulur akan kehilangan faktor pertahanan terhadap debu dan kotoran dalam udara. Akibatnya, berbagai kotoran akan mudah masuk ke dalam saluran pernapasna dan memicu peradangan saluran pernapasan, termasuk radang paru-paru.

Parahnya, bahaya mencabut bulu hidung bisa mengakibatkan komplikasi seperti infeksi otak. Hal ini dikarenakan daerah sekitar hidung dan mulut merupakan bagian tubuh dengan struktut anatomi yang unik dan kompleks.

Area ini kaya akan pembuluh darah balik (vena), di mana aliran darah dari hidung dan otak bertemu dan bermuara di sinus kavernosus di otak. Saat Sedulur mencabut bulu hidung sampai menyebabkan perdarahan, ini juga bisa menjadi sarang bagi bakteri.

Darah merupakan media yang sangat baik untuk tumbuhnya bakteri. Bakteri yang berkembang biak tersebut dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan menjalar ke otak, menyebabkan gumpalan di pembuluh darah otak dan di sinus kavernosus.

Nah itulah beberapa cara memotong bulu hidung yang aman serta penjelasan penting terkait manfaat keberadaan bulu hidung dan juga bahaya yang didapatkan jika mencabutnya dengan cara tidak aman. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur, ya!