cara menumbuhkan jambang pria

Sedulur ingin mencoba penampilan yang agak berbeda tapi tetap maskulin? Maka bisa coba dengan menumbuhkan jambang dan kumis. Namun untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Sedulur harus mengetahui cara menumbuhkan jambang yang tepat dan melakukan perawatan dengan benar.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa cara menumbuhkan jambang yang bisa Sedulur lakukan agar mendapatkan jambang yang tepat dan bisa mendukung penampilan Sedulur agar lebih sempurna. Lantas seperti apa tips dan trik menumbuhkan jambang yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 17 Cara Menumbuhkan Kumis Tipis Secara Alami dan Cepat

1. Pastikan untuk rajin merawat wajah

cara menumbuhkan jambang
iStock

Tips dan cara menumbuhkan jambang yang pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah rajin merawat wajah. Pada dasarnya jambang atau brewok merupakan rambut yang tumbuh di bagian wajah. Sedulur harus memahami konsep kesehatan ini, tentu agar jambang bisa tumbuh dengan cepat.

-->

Agar menumbuhkan jambang, Sedulur harus konsisten melakukan perawatan rambut dan perawatan wajah sekaligus. Sedulur perlu membersihkan, mengeksfoliasi dan menggunakan booster untuk menumbuhkan rambut. Membersihkan dan mengeksfoliasi dapat membantu membuka ruang bagi rambut untuk tumbuh secara permanen.

Cuci muka minimal dua kali sehari dengan sabun, eksfoliasi bagian dagu dengan sabun yang mengandung scrub atau toner wajah, dan gunakan serum atau minyak penumbuh jenggot. Berapa lama kumis tumbuh tergantung pada konsistensi dan niat dalam merawat wajah. Ingat, jambang akan tumbuh sempurna di wajah yang sehat.

2. Rajin cukuran

cara menumbuhkan jambang
iStock

Jangan lupa untuk rajin cukuran, ini merupakan tips sekaligus cara menumbuhkan jambang yang tepat yang perlu Sedulur lakukan. Jika Sedulur ingin menumbuhkan jambang secara alami, cara ini merupakan cara yang tepat untuk Sedulur lakukan.

Rajin cukuran merupakan solusi terbaik untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut, dan mencukur rambut adalah salah satu solusinya .Selain itu, cukuran atau shaving jadi cara pertama untuk mengenali area muka Sedulur yang punya potensi ditumbuhi rambut.

Setiap cukuran, amati lokasi rambut halus dan cukur bersih sampai habis. Nggak usah takut, karena nantinya kumis atau jenggot itu bakal tumbuh lagi dengan tekstur yang lebih tebal. Segera sikat begitu ada tanda-tanda jenggot mulai tumbuh! Ulangi terus sampai rambut tumbuh dan terasa menebal dengan sendirinya.

3. Minum biotin

cara menumbuhkan jambang
iStock

Cara menumbuhkan jambang dengan minum biotin, biotin termasuk vitamin yang dapat menumbuhkan jambang, kumis dan jenggot. Biotin ini termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks, yang dikenal sebagai vitamin H atau B7 yang efektif bekerja sebagai penumbuh rambut. Bisa jadi solusi untuk mengatasi kebotakan juga.

Vitamin ini bisa didapat dari makanan, seperti kuning telur dan pisang. Tapi, biotin juga tersedia dalam bentuk suplemen untuk Sedulur yang kekurangan asupan biotin. Untuk dosis dan efek samping, Sedulur bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Asal rutin dan sabar, hasilnya bakal terlihat dalam hitungan minggu.

4. Gunakan mentega

cara menumbuhkan jambang
iStock

Cara menumbuhkan jambang secara alami yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan menggunakan mentega. Mentega merupakan salah satu turunan dari olahan susu yang mengandung protein yang tinggi. Sehingga sangat efektif untuk menumbuhkan jambang.

Protein merupakan nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan rambuh serta bulu yang sehat. Jadi, karena itulah mentega bisa menjadi salah satu solusi cara menumbuhkan jambang dengan cepat. Berikut cara menumbuhkan jambang menggunakan mentega:

  • Cuci wajah dengan facial wash atau sabun muka yang biasa Sedulur gunakan.
  • Ketika wajah telah bersih, oleskan mentega di titik wajah yang Sedulur inginkan untuk tumbuh brewok.
  • Diamkan mentega paling tidak 30 menit.
  • Bersihkan atau bilas wajah dengan facial wash hingga lemak mentega luntur.
  • Keringkan wajah Sedulur.

5. Sisir jambang setiap hari

iStock

Salah satu cara menumbuhkan jambang adalah dengan menyisirnya setiap hari. Selam proses penumbuhan jambang, Sedulur harus rajin menyiris kumis, jenggot dan jambang. Tentu tujuannya agar tumbuh secara rapih dan searah.

Selama proses menumbuhkan jambang, Sedulur juga tidak boleh males menjaga kebersihan dengan rajin mencuci muka. Ini merupakan bagian penting agar wajah tetap sehat dan jambang bisa tumbuh dengan rapi. Sebagaimana yang dijelaskan di atas, bahwa jambang akan tumbuh di atas wajah yang bersih dan sehat.

6. Gunakan minyak zaitun

iStock

Cara menumbuhkan jambang selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung nutrisi yang cukup kaya seperti lemak jenuh, omega 6, dan asam lemak omega 3.

Semua ini berpengaruh untuk membantu sintesis protein yang bukan hanya bagus untuk pertumbuhan otot, tapi untuk regenerasi sel pada tubuh. Sedulur juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai minyak pijat pada kumis dan dagu. Caranya campurkan minyak zaitun dengan minyak jojoba, oleskan pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman.

Sedulur juga bisa mengoleskannya pada dagu sebelum tidur, biarkan semalaman sambil sesekali dipijat. Dijamin jambang akan tumbuh dengan cepat dan sehat.

7. Menggunakan lidah buaya

iStock

Cara menumbuhkan jambang selanjutnya dengan menggunakan lidah buaya. Hal ini merupakan salah satu metode menumbuhkan jambang yang paling mudah dan cepat. Pasalnya, lidah buaya bisa dengan mudah ditemukan di pasar atau bahkan di halaman rumah.

Berikut cara menumbuhkan jambang dengan cepat menggunakan lidah buaya:

  • Siapkan daun lidah buaya, lalu potong bagian tengahnya menggunakan pisau. Nanti akan terlihat bagian dalam yang berbentuk seperti jeli berlendir.
  • Ambil bagian dalam, terutama bagian lendir dari lidah buaya tersebut.
  • Lalu oleskan secara merata pada bagian wajah Sedulur yang ingin ditumbuhi brewok/jambang.
  • Diamkan sampai lendir terasa mengering. Proses ini bisa memakan waktu paling tidak satu jam, hingga 2 jam
  • Jika sudah didiamkan hingga mengering dan ditunggu hingga 2 jam, bersihkan dengan air bersih.
  • Terapkan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Konsumsi sarden

iStock

Cara menumbuhkan jambang selanjutnya yaitu dengan konsumsi sarden. Sarden adalah jenis ikan yang mudah ditemui dan praktis karena telah dikemas dalam kaleng. Ikan ini merupakan jenis ikan yang kaya sumber protein, yang tentu baik untuk menumbuhkan brewok di wajah.

9. Konsumsi telur

iStock

Sedulur yang ingin menumbuhkan jambang wajib mengonsumsi telur. Telur, terutama dalam kondisi mentah, adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi untuk membangun otot pria karena kandungan proteinnya yang luar biasa.

Namun di samping itu, telur mengandung vitamin B, yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Kandungan biotin pada telur juga dipercaya dapat menumbuhkan rambut di wajah.

10. Minyak lemon

iStock

Sedulur juga bisa menggunakan minyak lemon sebagai cara menumbuhkan jambang. Minyak lemon juga bisa Sedulur jadikan sebagai cara menumbuhkan jambang. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang memang bermanfaat untuk dijadikan cara alternatif memanjangan rambut.

Tidak hanya vitamin C, minyak lemon dapat merangsang pertumbuhan jambang karena kandungan zat lain berupa kalsium, magnesium, dan asam sitrat.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Pomade Terbaik 2023, Tahan Lama!

11. Minyak Orang Aring

cara menumbuhkan jambang
Beautynesia

Sedulur bisa menggunakan minyak orang-aring sebagai cara menumbuhkan jambang. Tidak hanya itu, kandungan tinta yang terdapat pada minyak orang-aring juga bisa membuat rambut terlihat hitam dan juga lebat. Berikut cara menumbuhkan jambang dengan cepat menggunakan minyak orang-aring:

  • Ambil sedikit minyak urang aring dan letakkan di tangan.
  • Kemudian, oleskan minyak tersebut pada bagian kulit yang ingin Sedulur tumbuhkan brewok.
  • Bila Sedulur mengoleskannya pada brewok maka biarkan hingga semalaman, baru keesokan paginya dicuci bersih. Tetapi bila belum tumbuh brewok, maka oleskan pada kulit dan diamkan selama 30 menit, lalu cuci bersih.
  • Gunakan minyak urang aring secara rutin agar tampak hasilnya dalam waktu 2 minggu.

12. Minyak kemiri

cara menumbuhkan jambang
iStock

Terakhir cara menumbuhkan jambang yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan minyak kemiri yang telah terbukti khasiatnya dalam menumbuhkan jambang atau brewok. Khasiat minyak kemiri terbukti mampu menumbuhkan dan menebalkan rambut pada bayi dan dewasa, mengobati kerontokan, serta menumbuhkan kumis, brewok, dan jambang.

Jadi, Sedulur bisa menerapkan cara menumbuhkan jambang dengan cepat menggunakan minyak kemiri. Berikut cara menumbuhkan jambang menggunakan minyak kemiri:

  • Bersihkan wajah dengan facial wash.
  • Aplikasikan minyak kemiri di titik wajah yang ingin ditumbuhi jambang.
  • Pijat dengan perlahan hingga minyak meresap.
  • Diamkan hingga 30 menit.
  • Bilas wajah Sedulur dengan facial wash untuk melunturkan sisa-sisa minyak.
  • Sedulur bisa lakukan hal ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Nah itulah beberapa tips dan cara menumbuhkan jambang yang bisa Sedulur terapkan. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk mendapatkan jambang yang sehat dengan bentuk yang bagus sehingga bisa membuat Sedulur tampak tampan dan percaya diri.