cara membersihkan sisir rambut

Meskipun digunakan setiap hari, kebersihan sisir rambut seringkali diabaikan oleh pemiliknya. Entah karena lupa atau tidak ada waktu, sisir rambut yang dibiarkan begitu saja akan kotor karena banyak debu dan kotoran yang menempel. Padahal, cara membersihkan sisir rambut sangat mudah dilakukan.

Kotoran yang menempel pada sisir sebenarnya tidak hanya berasal dari rambut, namun juga bisa karena minyak berlebih, sisa produk, hingga sel kulit mati. Jika dibiarkan terus-menerus, rambut akan mudah berketombe dan bisa menimbulkan masalah rambut lainnya. Hal ini karena bakteri yang terperangkap dari sisir akan mudah berpindah ke kulit kepala.

Pentingnya menggunakan sisir yang bersih membuat Sedulur harus membersihkan sisir rambut secara rutin. Simak cara membersihkan sisir rambut di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: Cara Menggulung Lengan Baju Kemeja Mudah dan Rapi

-->

Waktu Ideal Untuk Mencuci Sisir

cara membersihkan sisir rambut
iStock

Sebenarnya, mencuci sisir bisa dilakukan kapanpun sesuai kebutuhan. Tidak ada aturan khusus yang mengatur berapa kali sisir rambut harus dibersihkan atau dicuci. Semuanya sangat tergantung pada keadaan rambut dan produk perawatan yang sedang digunakan. Jika Sedulur rajin menggunakan produk rambut dengan kandungan bahan kimia, maka Sedulur bisa mencuci sisir rambut seminggu sekali. 

Sementara itu, jika Sedulur tidak pernah menggunakan produk perawatan rambut yang terlalu berat, Sedulur bisa mencuci sisir setiap 2-3 minggu sekali. Selain menyesuaikan dengan produk perawatan yang digunakan, membersihkan sisir rambut juga bisa berdasarkan tujuannya. Pada sisir untuk styling, Sedulur bisa membersihkannya dengan teknik deep cleaning minimal seminggu sekali. Sedangkan sisir detangling, Sedulur bisa membersihkannya minimal 2 kali seminggu.

Mencuci sisir rambut memang sangat penting. Oleh karena itu, Sedulur dituntut untuk bisa lebih peka terhadap produk perawatan yang sedang digunakan untuk rambut dan jenis sisir yang digunakan. Agar Sedulur tidak lupa dengan kapan waktu mencuci rambut dan bisa lebih teratur, sediakan catatan kecil di cermin kamar mandi maupun tempat lain yang sekiranya mudah untuk dilihat.  

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berminyak Terbaik 2023!

Cara Membersihkan Sisir Biasa

cara membersihkan sisir rambut
theAsianparent

Simak cara membersihkan sisir rambut di bawah ini untuk hasil yang maksimal. 

1. Tiup

Langkah pertama adalah tiup. Sedulur bisa memegang pada gagangs sisir dan tiup ujung sikat ke dalam mangkuk air hangat. Agar hasilnya lebih optimal, Sedulur bisa membersihkan secara ekstra dengan menambahkan satu sendok teh soda kue maupun cuka putih ke dalam air campuran tersebut.

2. Gosok

Setelah direndam air hangat, saatnya Sedulur melakukan teknik gosok. Caranya, cukup oleskan sedikit sampo ke sikat gigi, lalu gosok sisir hingga bagian pangkal sisir dengan menggunakan sikat gigi tersebut secara merata.

3. Bilas

Jika dirasa semua kotoran sudah terangkat, saatnya melakukan teknik bilas. Sedulur bisa membilas sisir rambut dengan memasukkannya ke dalam mangkuk berisi air bersih atau mengguyurnya dengan air mengalir dari kran.  

4. Keringkan

Sebagai langkah terakhir, Sedulur bisa membiarkan sisir mengering dengan sendirinya dengan posisi sisir menghadap ke bawah. Setelah kering, jangan lupa simpan sisir di tempat tertutup yang bersih untuk menghindari debu dan kotoran.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Eyeshadow Palette Terbaik & Terbaru 2023

Cara Membersihkan Sisir dengan Bantalan

cara membersihkan sisir rambut
iStock

Selain empat cara di atas, Sedulur juga perlu mengetahui metode lainnya. Hal ini karena sisir yang terbuat dari kayu atau yang memiliki bantalan akan rusak jika menggunakan metode celup dan gosok. Oleh karena itu, ikuti cara membersihkan sisir rambut lainnya berikut ini.  

1. Tiup

Pada langkah pertama, Sedulur bisa memegang sikat pada gagangnya dan tiup sisir ke dalam semangkuk air hangat. Sama seperti sebelumnya, Sedulur juga bisa menambahkan soda kue atau cuka putih untuk hasil yang lebih optimal. 

2. Gosok

Setelah itu, mulailah dengan mengoleskan sedikit sampo ke sisir dan menggosok sisir tersebut. Lakukan secara hati-hati agar tidak mengenai bantalan atau pegangan kayu pada sisir.  

3. Bilas

Sama dengan sebelumnya, Sedulur perlu membilas sisir yang sudah dicuci dengan air. Lakukan dengan mengibaskan bulu sisir ke dalam mangkuk berisi air bersih dengan hati-hati.

4. Lap

Pada langkah berikutnya, gunakan lap basah atau kain microfiber. Sedulur bisa juga menggunakan sedikit alkohol gosok sebelum menyeka bagian luar sisir hingga bersih.  

5. Kering

Jika sudah, biarkan sikat mengering dengan sendirinya, tentunya dengan posisi sisir yang menghadap ke bawah.

Nah, itulah cara membersihkan sisir rambut dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk menjawab seberapa sering Sedulur harus membersihkan sisir, maka tidak ada aturan pasti yang mengatakan bahwa Sedulur harus membersihkannya setiap hari. Sedulur bisa membersihkan sisir rambut sekitar sekali seminggu atau hanya dengan menghilangkan rambut yang menempel dan menyeka residu dari krim, gel, atau hairspray saja.

Setelah paham mengenai kebersihan sisir rambut, Sedulur juga perlu memerhatikan kecantikan diri dari sisi lain. Misalnya dengan menggunakan make up, seperti mascara, lipstik, pensil alis, bedak, dan eyeshadow. Semua produk make up tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan mudah melalui Aplikasi Super

Tak hanya menyediakan produk yang lengkap, Sedulur juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai promo dan cashback menarik dalam setiap transaksi. Ada juga harga grosir dan promo gratis ongkir untuk pembelian dengan jumlah tertentu. Sangat praktis, bukan? Yuk, segera download Aplikasi Super di PlayStore dan mulai belanja semua kebutuhanmu!