cara melipat lengan baju kemeja

Memakai baju lengan baju lengan panjang memang bisa memberikan kesan rapi dan formal saat berjumpa seseorang. Namun, baju berlengan panjang bisa memberikan kesan santai tapi tetap rapi. Salah satu caranya adalah dengan menggulung lengan baju tersebut. Namun, cara melipat lengan kemeja tidak boleh sembarangan lho Sedulur. Ada beberapa tips dan triknya agar penampilanmu tetap on point.

Nah, agar penampilan bisa maksimal ketika memakai kemeja lengan panjang. Simak baik-baik cara melipat lengan kemeja agar tetap rapi, trendi, dan tidak terlihat lusuh!

BACA JUGA : 13 Outfit Korean Style Casual Simpel Untuk Hangout

Cara melipat lengan kemeja model gulungan klasik

WikiHow
  • Longgarkan manset lengan lalu lepaskan kancing manset.
  • Mulailah melipat secara perlahan. Lipat manset ke bagian luar hingga lipatannya tepat berada pada jahitan manset bertemu dengan lengan baju.
  • Jika kemeja tidak mempunyai manset yang terpisah oleh jahitan, Sedulur dapat mencoba untuk melipat ujung lengan dengan jarak sekitar 5 centimeter. Lakukan ini secara merata sampai ujung lengan.
  • Setelah itu gulung ke atas.Lipat lagi lengan baju dengan lebar lipatan pertama sebagai panduan. Ulangi sebanyak yang diperlukan atau diinginkan. Menggulung lengan sampai beberapa lipatan atau sampai melewati siku dapat membantu lipatan supaya tidak kendor dan tergelincir ke bawah dengan mudah.
  • Jika diperlukan, Sedulur dapat menggunakan pengaman agar semakin lebih rapi. Biasanya kemeja dibuat dari bahan yang mudah dilipat dan akan secara otomastis mengikuti lipatannya, tetapi jika Sedulur mengenakan kemeja yang terbuat dari sutera atau kain licin lainnya, Sedulur dapat menggunakan sebuah peniti sebagai bantuan.
  • Pastikan juga Sedulur meletakkan penitinya pada bagian dalam agar tersembunyi dan tidak mengganggu penampilan luar ya. 

Cara melipat kemeja 2/3 lengan

WikiHow
  • Buka kancing manset atau pengait lainnya sepanjang lengan baju.
  • Lipat manset keluar sehingga bahan bagian dalam lengan dapat terlihat. Lipatan harus tepat di tempat jahitan kerah lengan bertemu lengan kemeja agar semakin lebih rapi.
  • Mulai tambah lipatan dengan berpedoman pada lebar lipatan awal agar sama dan lebih rapi.
  • Setelah lipatan sampai di tengah lengan, Sedulur bisa menyelipkan bagian sudutnya. Perhatikan dan pastikan pada bagian sudut di mana terdapat jahitan terselip di bawah lipatan sehingga lipatan akan lebih kokoh dan tidak mudah kendor.
  • Jika Sedulur mengenakan kemeja terbuat dari kain licin, amankan kerah lengan di tempatnya menggunakan peniti. Ulangi cara tersebut di lengan satunya lagi .

Jenis gulungan ini akan sangat cocok jika Sedulur mengenakan sweter di atas kemeja . Sedulur dapat menaikkan lengan sweter sedikit sebelum mulai melipatnya, kemudian sesuaikan kembali sehingga ujung lengan sweter jatuh di atas tepat gulungan kerah lengan. Gulungan jenis ini juga merupakan pilihan yang tepat jika Sedulur tidak ingin kemeja terlihat kusut bila harus menggulungya sampai ke siku.

-->

BACA JUGA  : 12 Rekomendasi Sunscreen SPF 50, Lindungi Kulit dari Sinar UV

Gulungan model siku bergaya high rolls

IDN Times

Nah, untuk Sedulur yang memiliki otot bisep yang menonjol atau tato yang ingin diperlihatkan, dapat mencoba untuk menerapkan metode gulungan High Rolls. Cara ini hampir sama seperti yang lainnya. Bedanya, Sedulur hanya perlu menggulung lengan kemeja sampai melewati siku-siku. Agar gulungan lengan kemeja tetap terlihat rapi, pastikan gulungan pertama sudah sesuai dengan lebar cuff  kemeja, ya! Sisanya, Sedulur hanya perlu mengikuti arah lipatan dan dijamin akan lebih rapi. 

Cara melipat lengan cardigan

cara melipat lengan baju kemeja
Fimela

Selain kemeja, Sedulur juga bisa menggunakan friday style ini dengan melipat lengan cardigan hingga ke siku. Sedulur hanya perlu membuat lipatan yang lebarnya medium agar lipatan lengan tidak terlalu tebal. Cara ini cocok bagi Sedulur yang suka gaya casual karena cara ini membuat Sedulur terlihat lebih proporsional. 

Cara melipat lengan sweater

Fimela

Terdapat dua cara jika Sedulur ingin menggunakan outer yang digulung namun ingin tetap terlihat trendi. Pertama dengan cara melipat ujung lengan dalam ke luar. Tidak perlu sampai ke siku, cukup sampai di area pergelangan tangan saja. Dengan cara ini Sedulur dapat membuat gaya yang lebih smart ala orang kutu buku. 

Tips

Adapun tips lain yang dapat Sedulur praktikan ketika melipat kemeja di antaranya yaitu sebagai berikut. 

  • Jika baju berbahan rajut atau yang berbahan elastis, Sedulur dapat menarik lengan baju sampai melampaui siku dengan mudah.
  • Sedulur dapat menggulung lengan baju dengan satu tangan ketika sedang mengenakan kemeja, tetapi akan lebih mudah untuk melakukannya dengan kedua tangan sebelum memakainya.
  • Beberapa katalog menjual semacam gelang yang sudah dirancang untuk menjaga kerah lengan agar tidak turun dan membuat lebih nyaman saat Sedulur ingin melipatnya.
  • Jika lengan kemeja terlalu panjang, Sedulur harus mempertimbangkan untuk memendekkannya dengan jahitan tangan atau cari penjahit agar dapat menyelesaikannya secara professional.

Demikianlah rangkuman informasi cara melipat lengan baju kemeja yang dapat Sedulur praktikan agar penampilan lebih rapi. Selain menjaga penampilan agar selalu rapi, Sedulur juga perlu menunjang penampilan dan merawat diri dengan pemakaian make up dan skin care. Nah, Sedulur bisa membelinya dengan mudah dan murah di Aplikasi Super lho. 

Tak hanya menyediakan produk berkualitas dan tentunya aman untuk digunakan, Sedulur juga akan mendapatkan berbagai promo menarik dalam setiap transaksi. Ada gratis ongkir tanpa minimal pembelian setiap hari juga lho Sedulur. Yuk langsung donload dan belanja di Aplikasi Super sekarang!