cara buat pipi tembem

Memiliki pipi tembem alias chubby merupakan impian banyak orang, khususnya kaum hawa. Bukan tanpa alasan, pipi tembem dianggap dapat menciptakan kesan imut dan juga awet muda. Pipi tembem sendiri biasanya akan muncul sebagai dampak dari bertambahnya berat badan. Namun ternyata, terdapat beberapa cara buat pipi tembem tanpa harus menggemukkan badan.

Nah, apakah Sedulur ingin tahu bagaimana cara buat pipi tembem tanpa menggemukkan badan? Berikut ini Super sudah merangkum 11 tips yang dihimpun dari berbagai sumber. Yuk, langsung disimak informasi lengkapnya!

BACA JUGA: Penting! Ini Manfaat Centella Asiatica yang ada Pada Skincare!

Tips membuat pipi tembem tanpa menggemukkan badan

Bagi sebagian orang, pipi tembem kerap dianggap sebagai kekurangan dalam hal penampilan hingga membuat tidak percaya diri. Hal ini dikarenakan pipi tembem dapat memberikan kesan seseorang terlihat kelebihan berat badan.

Namun di sisi yang lain, sebagian orang lainnya malah mengidamkan pipi tembem. Sebab, menurut mereka pipi tembem akan menciptakan kesan menggemaskan atau imut dan bahkan awet muda.

Dilansir laman Sehat Q, pipi tembem dapat disebabkan oleh beragam hal, misalnya kelebihan lemak, dehidrasi, hingga kualitas tidur yang kurang baik. Hal-hal tersebut umumnya turut disertai dengan terjadinya penambahan berat badan sehingga badan terlihat berisi di samping adanya pipi tembem.

Sementara itu, terdapat beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti apabila menginginkan pipi tembem namun tidak ingin mengalami kenaikan berat badan. Setidaknya, ada 11 tips yang bisa Sedulur coba, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Menggunakan prosedur dermal filler

cara buat pipi tembem
Freepik

Sedulur mungkin tidak asing dengan prosedur perawatan kulit wajah, suntik filler. Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki penampilan seseorang, mulai dari menyamarkan keriput, kerut halus, maupun bekas luka pada wajah. Filler juga kerap dilakukan pada bagian bibir untuk menciptakan kesan tebal.

Selain membantu mengatasi masalah kulit seperti yang telah disebutkan di atas, filler rupanya juga dapat digunakan sebagai cara buat pipi tembem. Prosedur ini disebut dermal filler, yaitu menyuntikkan cairan seperti kolagen atau asam hialuronat pada area wajah tertentu sehingga terlihat lebih berisi.

2. Latihan otot wajah

cara buat pipi tembem
Grid ID

Cara yang kedua adalah melatih otot wajah dengan melakukan senam wajah yang juga disebut facial yoga atau facial exercise. Senam wajah ini dimaksudkan untuk membuat otot-otot wajah menjadi lebih segar sekaligus mengencangkannya sehingga wajah tampak lebih muda.

Terdapat beberapa gerakan atau metode yang bisa Sedulur coba, di antaranya.

  • Tersenyum dengan menarik perlahan kedua pipi ke atas menggunakan jari dari sisi mulut ke arah tulang pipi. Setelah jari berada di tulang pipi, tahan selama 20 detik.
  • Buka mulut membentuk huruf “O” dan tersenyum. Kemudian letakkan jari di pipi dan tarik ke atas dan kemudian turunkan. Lakukan gerakan ini secara bergantian selama 30 detik.
  • Terakhir, kembungkan pipi dengan mulut dalam keadaan tertutup. Tahan selama 45 detik sebelum membuang napas secara perlahan.

3. Minum susu sapi

cara buat pipi tembem
Freepik

Susu merupakan bahan pangan yang kaya akan air, lemak, dan protein. Selain menjadi bahan pangan yang kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh, susu ternyata juga memiliki manfaat untuk merawat kulit. Sebab, susu dapat membantu menjaga kelembapan di samping membuat kulit terlihat bersih.

Di sisi lain, mengkonsumsi susu sapi ternyata juga bisa membantu membuat pipi tembem. Sebab, susu dapat menambah lemak di wajah sehingga pipi akan terlihat berisi.

BACA JUGA: Demi Hasil Maksimal, Urutan Skincare Ini Harus Diikuti dengan Benar

4. Mengonsumsi kacang dan biji-bijian

cara buat pipi tembem
iStock

Sama seperti susu, kacang dan biji-bijian juga merupakan bahan pangan yang kaya akan nutrisi. Selain itu, kacang dan biji-bijian juga mengandung lemak sehat yang dapat membantu membuat wajah lebih berisi.

Untuk memperoleh hasil melalui cara ini, Sedulur perlu mengonsumsi kacang dan biji-bijian secara rutin. Dengan kata lain, cara ini tidak bisa secara instan memberikan hasil setelah mengkonsumsinya satu kali.

5. Menggunakan produk perawatan kulit berbahan apel

iStock

Apel selama ini dikenal sebagai salah satu jenis buah yang banyak digemari masyarakat. Selain memiliki rasa yang lezat, apel juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

Di sisi lain, apel ternyata juga memiliki manfaat untuk menjaga penampilan termasuk membuat kulit terlihat awet muda. Oleh sebab itu, tak sedikit produk perawatan kulit (skincare) yang menggunakan buah satu ini sebagai bahan utamanya.

Selain membuat penampilan terlihat awet muda, apel ternyata juga bisa membantu membuat pipi tembem. Sedulur bisa menggunakan cara buat pipi tembem dengan mengaplikasi buah apel sebagai masker wajah. Caranya yaitu dengan memarut buah apel dan kemudian menggosokkannya pada wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Mengonsumsi buah apel

Facetofeet

Selain menjadikannya masker wajah, Sedulur juga bisa memperoleh manfaat apel untuk membuat pipi tembem dengan mengkonsumsinya. Cara satu ini pun terbilang mudah dibandingkan cara sebelumnya. Sebab, Sedulur cukup mengonsumsi buah apel secara rutin.

7. Mengoleskan minyak alami

Radar Cirebon

Beberapa tahun belakangan, minyak alami tengah menjadi primadona dalam urusan perawatan kulit, khususnya kulit wajah. Hal ini dikarenakan minyak alami dipercaya dapat membantu merawat kulit sekaligus mengatasi masalah pada kulit wajah.

Di sisi yang lain, Sedulur juga bisa menggunakan minyak alami untuk membuat pipi tembem. Caranya pun cukup mudah, Sedulur bisa langsung mengaplikasikannya ke kulit secara rutin.

Namun perlu diperhatikan, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa kulit Sedulur cocok dengan kandungan yang terdapat pada minyak alami yang akan digunakan. Adapun beberapa jenis minyak alami yang dapat Sedulur pilih, di antaranya minyak almond, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak alpukat.

BACA JUGA: Cara Membuat Lulur dari Beras, Putihkan & Cerahkan Kulit

8. Menggunakan madu

Freepik

Bahan alami lainnya yang bisa Sedulur gunakan sebagai cara buat pipi tembem adalah madu. Seperti yang diketahui, madu merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah dan identik dengan rasa manis. Oleh karenanya, madu kerap dipilih sebagai pemanis pengganti gula tebu.

Selain memiliki rasa manis yang lezat di lidah, madu rupanya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsi madu secara rutin pun dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan sehingga tubuh tidak rentan sakit terlebih saat cuaca tak menentu.

Di sisi lain, madu juga kerap digunakan sebagai campuran produk perawatan kulit. Sedulur juga bisa menggunakan madu untuk membuat pipi menjadi tembem. Caranya yaitu campurkan madu dengan buah pepaya yang sudah dihaluskan. Kemudian oleskan campuran tadi ke wajah dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

9. Mengoleskan gel lidah buaya

Depositphotos

Gel lidah buaya sudah lama dikenal akan manfaatnya untuk merawat kulit wajah. Menurut penelitian, gel yang dihasilkan tanaman bernama latin aloe vera ini mengandung vitamin C dan E yang baik untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini.

Adapun Sedulur bisa menggunakan gel lidah buaya sebagai masker untuk mendapatkan pipi tembem. Namun perlu diperhatikan bahwa pada beberapa orang, gel lidah buaya dapat menyebabkan iritasi apabila langsung digunakan tanpa diolah terlebih dahulu. Untuk itu, sebaiknya Sedulur menggunakan produk gel lidah buaya yang siap pakai dan sudah terjamin keamanannya untuk kulit.

10. Mengkonsumsi lidah buaya

IniKpop

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit tidak hanya terdapat pada gelnya saja. Sebab, daging lidah buaya juga mengandung nutrisi yang tak kalah baiknya untuk kesehatan kulit.

Menurut studi, lidah buaya mengandung vitamin B12 yang terlibat dalam produksi kolagen pada tubuh. Oleh karenanya, mengkonsumsi lidah buaya bisa membantu mengatasi masalah pada kulit di samping membuatnya terlihat awet muda.

11. Mengoleskan shea butter

Grid

Tips cara buat pipi tembem yang terakhir adalah mengoleskan shea butter pada kulit wajah. Untuk diketahui, shea butter atau mentega shea merupakan lemak yang diekstrak dari kacang pohon shea. Kacang shea sendiri sudah lama dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan.

Sementara itu, shea butter yang merupakan hasil olahan dari kacang shea disebut memiliki khasiat antioksidan dan anti peradangan. Kedua kandungan itu dapat membantu mengencangkan pipi dan membuat pipi terlihat lebih berisi alias tembem.

Itu dia 11 tips cara buat pipi tembem menggunakan bahan alami. Cara-cara yang telah dipaparkan di atas dapat Sedulur coba di rumah, mengingat bahan-bahan yang digunakan juga cenderung mudah diperoleh di pasaran. Namun perlu menjadi catatan bahwa cara-cara di atas tidak akan memberikan hasil secara instan. Dengan kata lain, Sedulur perlu melakukan tips tersebut secara rutin untuk dapat melihat hasilnya. Selamat mencoba, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.