cara membuat lulur dari beras

Perawatan lulur seringkali dilakukan untuk menjaga kulit wajah maupun badan agar tetap sehat dan cerah. Tak heran perawatan lulur sering ditawarkan di sejumlah salon kecantikan. Namun, ternyata Sedulur juga bisa lho melakukan perawatan lulur di rumah dan membuat sendiri bahan-bahannya. Salah satunya dengan menggunakan beras. Cara membuat lulur dari beras ternyata tidak terlalu rumit dan bisa dipraktikkan di rumah.

Selama ini, beras dikenal sebagai salah satu bahan makanan pokok yang diolah menjadi nasi dan hampir selalu harus ada di setiap hidangan. Namun, ternyata beras juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit lho. Apa saja manfaat lulur beras dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Apa itu lulur beras?

cara membuat lulur dari beras
Freepik

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat lulur adalah beras yang biasa kita konsumsi setelah menjadi nasi. Namun untuk menjadi sebuah lulur, beras harus diubah terlebih dulu menjadi tepung beras.

Cara membuat beras menjadi tepung beras adalah dengan menumbuk butiran beras hingga halus. Hasil tumbukan yang halus inilah yang biasa disebut dengan tepung beras dan biasanya akan menjadi bahan dasar untuk membuat lulur beras. Inilah langkah awal cara membuat lulur dari beras.

-->

cara membuat lulur dari beras

Sebelum membuat lulur dari beras, Sedulur sebaiknya juga memilih beras yang berkualitas baik untuk ditumbuk sebelum digunakan. Agar lulur beras yang dihasilkan juga bisa maksimal, pastikan beras yang dipilih memiliki kualitas premium.

Beras dengan kualitas premium yang bisa kamu pilih adalah Beras Karya Alam Hijau. Sejumlah kandungan baik dalam merek beras ini bisa membantu Sedulur mendapatkan lulur yang juga berkualitas. Selain itu, jika dikonsumsi, beras ini tentu memiliki rasa yang enak dan pulen.

Cara mendapatkan Beras Alam Karya Hijau pun cukup mudah. Sedulur tinggal membelinya di toko kelontong Super Agen selaku distributor resmi beras tersebut.

Jika ingin cara yang lebih mudah, Sedulur juga bisa membeli Beras Karya Alam Hijau lewat Aplikasi Super. Belum punya aplikasinya? Cukup unduh lewat Google Play Store secara gratis. Mudah bukan?

Manfaat rutin menggunakan lulur beras

cara membuat lulur dari beras
Freepik

Dilansir dari Healthline, ternyata  ada sejumlah manfaat lulur beras yang bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat lulur beras? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Mengatasi wajah berminyak

Beras ternyata memiliki manfaat untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Dilansir dari Healthline, beras tak lagi memiliki protein dan lemak. Itulah mengapa pati beras dipercaya bisa mengikat air dan menyeimbangkan lemak. Sehingga jika digunakan sebagai lulur, lulur beras dipercaya bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah.

2. Berfungsi sebagai sunblock

Penggunaan sunscreen dalam tahapan penggunaan skincare sangatlah penting. Sebab meski kulit sudah dilapisi dengan berbagai moisturizer dan serum, tak akan lengkap tanpa pengaplikasian sunscreen. Sebab kulit wajah Sedulur sangat butuh dilindungi dari paparan sinar UV.

Ternyata lulur beras dipercaya memiliki manfaat sebagai sunblock. Hal ini dikarenakan sejumlah kandungan dalam tepung beras yang bisa melindungi kulit dari sinar UV, yakni asam ferulat dan PABA.

PABA pernah menjadi salah satu bahan untuk pembuatan sunscreen. Kandungan ini juga terbukti merangsang kembali sel-sel kulit yang mati. Sementara asam ferulat adalah senyawa organik dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Asam ferulat juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang merusak, terutama dalam kombinasi dengan vitamin C dan E.

3. Membantu proses penyembuhan luka

Tak hanya berfungsi untuk kecantikan, lulur beras ternyata juga bisa digunakan untuk proses penyembuhan. Salah satunya adalah proses penyembuhan luka pada kulit. Senyawa organik dalam beras, salah satunya adalah  allantoin, yang memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi. Dengan manfaat ini, dipercaya bisa membantu proses penyembuhan luka lebih cepat.

4. Melembapkan kulit

Kulit kering seringkali menjadi masalah bagi mereka yang tinggal di daerah tropis. Kondisi cuaca yang kering saat kemarau bisa berpengaruh pada kondisi kulit. Masalah kulit kering biasanya terlihat mengelupas atau lebih parah bisa terlihat bersisik.

Penggunaan lulur beras dipercaya bisa memberikan hidrasi bagi kulit kering. Sehingga kulit bisa tampak lebih lembut dan kenyal.

Cara membuat lulur dari beras

Freepik

Setelah mengetahui beberapa manfaat lulur beras, kini tak ada salahnya Sedulur untuk mengetahui cara membuat lulur dari beras. Caranya cukup mudah kok Sedulur dan bisa langsung dipraktekkan di rumah.

1. Cara membuat lulur dari beras, kopi, dan kunyit

Unsplash

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Beras
  • Kunyit bubuk
  • Bubuk kopi tanpa gula

Cara membuat:

  • Rendam beras semalam
  • Setelah di rendam semalaman, blender beras dengan dicampur sedikit air
  • Setelah beras halus, campur dengan kunyit bubuk dan bubuk kopi tanpa gula
  • Aduk hingga rata
  • Simpan di wadah tertutup dan bisa disimpan di dalam kulkas
  • Oleskan pada wajah, tangan, dan kaki Sedulur. Diamkan beberapa saat, lalu basuh hingga bersih dengan air.

2. Cara membuat lulur dari beras dan lemon

Freepik

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • ⅓ cangkir beras
  • ½ irisan lemon

Cara membuat:

  • Hancurkan beras di dalam lesung dan alu. Sedulur juga bisa menggunakan rolling pin atau blender. Pastikan butirannya sedikit kasar dan tidak perlu terlalu lembut. Setelah selesai tuangkan pada wadah atau mangkuk.
  • Tambahkan irisan lemon pada beras yang telah dihancurkan. Sedulur bisa langsung menggunakan lulur beras lemon ini di seluruh tubuh. Aplikasikan sambil pijat lembut dengan gerakan melingkar.

3. Cara membuat lulur dari beras yang disangrai

cara membuat lulur dari beras

Untuk membuat beras yang disangrai cukup mudah lho Sedulur. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak terlalu banyak.

Sedulur cukup menyiapkan beras secukupnya, lalu sangrai (goreng tanpa minyak) di teflon atau wajan panas. Sangrai sebentar saja jangan sampai gosong, lalu dinginkan. Setelah dingin, tumbuk atau blender beras yang telah disangrai.

Saat akan digunakan, campur dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Pastikan jangan terlalu banyak menuangkan air agar tidak terlalu encer.

Sedulur bisa menggunakan pasta lulur beras tersebut di seluruh tubuh. Tekstur lulur beras yang kasar bisa sekaligus menjadi eksfoliator.

4. Cara membuat lulur dari beras dan kopi

cara membuat lulur dari beras
Freepik

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Beras
  • Bubuk kopi tanpa gula

Cara membuat:

  • Ambil beras sesuai kebutuhan
  • Rendam beras semalam
  • Hancurkan beras dengan blender
  • Setelah halus dan menjadi pasta, campurkan dengan kopi bubuk tanpa gula
  • Lulur beras dan kopi siap digunakan

5. Cara membuat lulur dari beras dan kunyit

Unsplash

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Beras
  • Bubuk kunyit

Cara membuat:

  • Rendam beras semalam
  • Hancurkan beras dengan blender
  • Setelah halus dan menjadi pasta, campurkan dengan bubuk kunyit
  • Lulur beras dan kunyit siap digunakan

Sama halnya seperti beras, kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Beberapa manfaat kunyit untuk kulit antara lain mencegah tanda-tanda penuaan, menenangkan kulit yang berjerawat, serta menghilangkan noda pada kulit wajah.

6. Cara membuat lulur dari beras dan temulawak

Freepik

Tak hanya kunyit, bumbu dapur lainnya yang juga bisa dijadikan lulur adalah temulawak. Cara membuat lulur dari beras dan temulawak juga cukup mudah. Yuk simak jika Sedulur berniat membuat sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Satu ruas temulawak
  • Beras secukupnya
  • Susu cair tawar

Cara membuat:

  • Kupas temulawak, cuci hingga bersih
  • Parut temulawak hingga halus (bisa diganti dengan temulawak bubuk)
  • Siapkan beras, lalu blender sampai halus hingga menjadi tepung beras
  • Campur parutan temulawak atau temulawak bubuk dan tepung beras hingga rata. Campur juga dengan susu sedikit demi sedikit, hingga teksturnya menjadi seperti pasta
  • Lulur beras dan temulawak siap digunakan. Aplikasikan pada wajah dan tubuh secara merata.

Keuntungan menggunakan lulur temulawak dibandingkan kunyit adalah lulur dari temulawak bisa dibersihkan secara mudah dan tidak mudah meninggalkan noda kuning seperti kunyit. Lulur beras dan temulawak dipercaya bisa membuat wajah lebih cerah.

Itu tadi sejumlah manfaat dan cara membuat lulur dari beras yang bisa bermanfaat bagi Sedulur. Ternyata cara membuatnya cukup mudah bukan? Tentu akan lebih hemat dibandingkan harus perawatan di salon atau pusat kecantikan.

Selain itu, sebelum membuat lulur, pastikan selalu memilih beras dengan kualitas yang baik ya. Agar lulur yang dihasilkan pun berkualitas. Selamat mencoba di rumah!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.