brand sepatu lari indonesia

Sepatu lari belakangan ini sedang banyak menjadi sorotan masyarakat, khususnya bagi mereka para pencinta olahraga seperti lari ataupun jogging. Ternyata banyak sekali brand sepatu lari Indonesia yang mengeluarkan pelindung kaki terbaik untuk olahraga.

Beragamnya brand lokal yang merilis varian sepatu lari ini membuat para pelari atau pencinta olahraga memiliki banyak rekomendasi untuk memilih mana yang paling cocok dengan mereka. Jika Sedulur penasaran, maka wajib banget menyimak ulasan kali ini.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sepatu Lari Wanita Terbaik di 2023!

Rekomendasi Brand Sepatu Lari Indonesia

Unsplash/Jenny Hill

Jogging merupakan salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia. Banyak orang yang memilih berlari untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Untuk mendukung olahraga tersebut, dibutuhkan sepatu yang tepat. Sepatu running akan memberikan kenyamanan dan dukungan yang dibutuhkan untuk berlari.

1. MILLS Sepatu Olahraga Zenos

brand sepatu lari indonesia
Instagram/Mills ID

Merek sportswear lokal Mills memproduksi sepatu Treximo Hydra yang dirancang khusus untuk keperluan jogging hingga berlari cepat. Dengan teknologi upper synthetic and mesh pada bagian upper menawarkan kenyamanan kaki saat melangkah, ringan serta dapat mengikuti bentuk kaki.

Bagian outsole yang berbahan pylon terasa ringan dan kuat sehingga memberikan performa terbaik bagi pelari saat digunakan. Produsen dari MILLS Zenos menggabungkan synthetic leather dan mesh untuk bagian upper sehingga menghadirkan kenyamanan saat berlari, ringan, dan bertekstur sangat lembut.

Sepatu lari lokal terbaik ini juga bisa dipakai untuk melengkapi daily outfit, terutama untuk casual dan sporty style. Tersedia dalam ukuran 39 sampai 44 dengan varian warna navy-yellow-white, white-gum, olive-off white-gum, MILLS Zenos dijual dengan harga 490 ribuan .

2. Eagle Ecolight 2 Sepatu Running

Sepatu Eagle Ecolight 2 dibuat dari breathable mesh untuk bagian upper-nya, sedangkan bagian midsole terbuat dari karet berkualitas tinggi yang akan mendukung gerakan lari Sedulur lebih stabil. Sepatu lari lokal terbaik ini menggunakan material soft collar untuk bagian lining untuk menghasilkan pijakan yang kuat namun tetap lembut.

Untuk pilihan warnanya sendiri tersedia dalam dua warna netral yang cocok untuk pria maupun wanita, yaitu warna abu-sitrun dan abu tua-putih-merah tua. Sepatu lari lokal terbaik ini tersedia mulai dari ukuran 37 hingga 44 dan dijual dengan harga 290 ribuan . Produk ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

3. Specs Moonmist Cool Gray Sepatu Running

Berikutnya, ada produk sepatu running lokal yang berasal dari merk Specs. Produk yang satu ini dibanderol seharga Rp300 ribuan saja. Secara kualitas, sepatu ini tentu tidak mudah rusak dan sangat awet untuk Sedulur gunakan.

Terlebih desainnya yang begitu simple namun menarik ketika digunakan. Ukuran sepatu ini yaitu mulai dari 37 cm hingga 46 cm. Dengan warna moonmist cool grey, sukses menampilkan visual sepatu yang menawan.

Penampilan Sedulur akan terlihat lebih sporty pada saat memakai produk sepatu lari lokal dari merk Specs. Terbuat dari bahan mesh yang sudah dilapisi dengan PU Synthetic secara maksimal.

Alhasil, memberikan kenyamanan yang luar biasa pada saat digunakan untuk olahraga. Bagian bawah sepatu ini dibuat dari bahan rubber berkualitas premium. Tujuannya agar tingkat kepadatan dan kontak sepatu dengan tanah jadi lebih baik.

4. 910 Nineten Geist Ekiden Sepatu Running

910 Nineten Geist Ekiden merupakan produk flagship dari 910 Nineteen dalam kategori lari full maraton 42 km. Upper dari sepatu lari lokal terbaik ini terbuat dari poliester yang diproses menggunakan teknologi single mesh transparan sehingga menghasilkan fitting sempurna, ringan, dan breathable.

Pada bagian upper-nya terdapat lapisan hyper web yang terbuat dari plastik TPU tipis dan berfungsi untuk memberikan struktur yang baik pada sepatu tanpa mempengaruhi fleksibilitasnya. Untuk jogging atau lari sehari-hari, 910 Nineten ini sangat cocok untuk Sedulur. Desainnya juga lightweight sehingga terasa ringan dan nyaman untuk lari.

Bagian upper mesh-nya memiliki sirkulasi udara yang baik dan ringan sehingga terasa sangat nyaman dan tidak panas meski dipakai lama juga ada jahitan Hyperweb untuk menjaga kestabilan kaki serta menambah elastisitas sepatu.

Misole-nya menggunakan Fuzzy Foam yang ringan dengan energy return yang baik dan outsole pun memiliki rubber di bagian depan dan belakangnya untuk menjaga grip dan durabilitas yang maksimal. Sementara untuk outsole sudah disematkan outsole rubber pada posisi depan dan belakang untuk menjaga grip dan durabilitas yang optimal.

5. Piero Arctic 

Dari segi kenyamanan, sepatu lari Piero Arctic dengan desain yang simpel bisa menjadi pilihan bagi pelari pemula. Model sepatunya juga bisa digunakan untuk memaksimalkan gaya kasual pria.

Sepatu Piero Arctic dengan teknologi Motion Knit membuat sirkulasi udara pada kaki saat melangkah lebih lancar dan pergerakannya lebih fleksibel. Kisaran harga dari sepatu Piero Arctic ini yaitu sekitar Rp399 ribu. 

6. Nah Project FLEXKNIT V3.0 KARBON HITAM

Instagram/NAH Project

Sepatu jogging pria dari Nah Project ini merupakan seri FlexKnit yang dibuat dengan benang berkualitas tinggi, lembut dan kuat. Fiturnya sangat elastis dan bisa membungkus kaki dengan sempurna bagaimanapun bentuk kakinya, sehingga terasa sangat nyaman, meski dipakai untuk berlari lama.

Alasnya menggunakan teknologi EVA Phylon yang dilengkapi dengan EVA Insole sehingga terasa sangat empuk dan nyaman di setiap langkah. Bentuknya sesuai dengan bantalan kaki sehingga kaki terkunci dengan nyaman. Kisaran harganya Rp435 ribuan.

7. Ardiles Women Pretzel Sepatu Running Hitam Putih

Ardiles Pretzel menggunakan material flyknit yang sangat rapat untuk bagian upper-nya, sehingga tetap bisa menghadirkan sirkulasi udara yang baik. Untuk bagian sole sepatu, terbuat dari bahan phylon yang dikenal empuk dan memberikan pantulan yang sangat baik saat dipakai untuk berlari.

Karena dikhususkan untuk wanita, ukuran sepatu lari lokal terbaik ini cukup terbatas, hanya tersedia dari ukuran 37 hingga 40. Ardiles Pretzel tersedia dalam tiga varian warna, yaitu merah peach, hitam putih, dan abu, serta harganya Rp200 ribuan .

8. League Phasma LA M 102128061LAN

League menjadi salah satu merk sepatu lari lokal terbaik yang sering dikira sebagai merek asal luar negeri, padahal pabriknya ada di Tangerang. Ada cukup banyak sepatu lari yang diproduksi oleh League, misalnya Legas Phasma LA M.

Sepatu ini cukup bagus karena menggunakan kulit sintetis dengan lapisan bahan mesh untuk bagian upper-nya, sehingga tetap bisa memberikan sirkulasi udara yang baik saat berolahraga.

Bagian insole-nya terbuat dari bahan EVA yang menyerap guncangan dan kokoh, serta digunakan bahan karet berkualitas terbaik sehingga tidak mudah terkikis. Tersedia mulai dari ukuran 36 sampai dengan 46, harga League Phasma LA M di official store-nya sekitar Rp300 ribuan . Sedulur pun bisa menjadikan sepatu ini sebagai teman jogging Sedulur setiap hari.

9. Precise Sepatu Lari T-Lite Run

Sepatu lari lokal terbaik dari merk Precise paling bisa Sedulur andalkan. Pasalnya, produk ini hadir dengan desain yang stylish dan membuat penampilan Sedulur tampak casual. Satu pasang produk ini dijual seharga Rp381 ribuan saja.

Sepatu running dari merk Precise dengan warna merah menyala ini hadir dalam beberapa ukuran yaitu 37, 38, 39, 40, dan 41. Modelnya begitu sporty yang cocok digunakan untuk melakukan olahraga lari.

Menariknya, selain bisa digunakan oleh kalangan pria produk sepatu lari lokal ini dapat juga digunakan oleh wanita. Sepatu ini dibuat dari material mesh dan sol dari bahan phylon. Pastinya, akan membuat Sedulur lebih nyaman dalam menggunakannya terutama untuk berolahraga lari.

Produk yang keren ini tentunya tidak akan mudah rusak karena materialnya sangat pilihan dan premium. Tidak hanya bisa digunakan untuk berlari saja, akan tetapi bisa digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari dengan baik.

10. Athletica AT 693 All Black Sepatu Running

Bagian upper dari sepatu lari lokal terbaik Athletica AT 693 terbuat dari elastiknit yang bersifat sangat fleksibel dan pada bagian tumit terdapat endura heel tab untuk menahan tumit ketika ketika bergerak cepat.

Seperti beberapa produk sebelumnya, bahan phylon digunakan pada midsole dan outsole sehingga sepatu menjadi lebih responsif ketika dipakai berlari. Karena ukurannya tersedia mulai dari nomor 36 sampai 43, sepatu lari ini bisa dikenakan oleh pria maupun wanita. Hadir dalam pilihan warna all black, Athletica AT 693 dijual dengan harga Rp260 ribuan.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Sepatu Lari Pria Terbaik, Nyaman dan Trendy!

11. SPOTEC Sepatu Running Ryder

Instagram/Spotec Official

Jika Sedulur mencari sepatu lari lokal terbaik model slip on namun tetap dilengkapi tali untuk mengontrol kekencangan sepatu, Spotec Ryder bisa menjadi pilihan tepat. Sepatu ini menggunakan bahan knit pada bagian upper-nya, phylon untuk midsole, dan rubber untuk outsole.

Dengan kombinasi itu, sepatu SPOTEC memiliki sifat ringan, breathable, kuat, antislip, dan responsif. Pada bagian ankle-nya terdapat material elastis sehingga bentuk sepatu bisa lebih pas dengan bentuk kaki. 

Modelnya sangat dinamis dengan bagian atas sepatu yang dibuat breatheable sehingga terasa sangat nyaman dan tidak panas saat digunakan. Desain dan warnanya juga dibuat sangat menarik dan trendy sehingga akan membuat penampilanmu semakin menarik.

Dengan tingkat abrasive yang sangat baik, sepatu jogging pria yang satu ini akan sangat kuat dan menunjang Sedulur untuk berlari, meski untuk waktu yang lama sekali pun.

12. Geoff Max

Geoff Max merupakan salah satu merek sepatu lokal yang populer di Indonesia yang terinspirasi oleh model Amerika klasik dari tahun 1950 hingga 1990. Semua sepatu Geoff Max disukai karena model yang bervariasi, desain yang tidak ketinggalan zaman, kenyamanan, dan harga yang terjangkau. 

Sepatu ini diproduksi oleh PT. Geoff Max Footwear, sebuah perusahaan manufaktur sepatu olahraga yang berbasis di Bandung, Jawa Barat. Sepatu Geoff Max menawarkan berbagai macam pilihan untuk pria dan wanita, mulai dari sneakers, sepatu lari, hingga sepatu kasual.

Sepatu ini memiliki desain yang stylish dan modern, serta fitur-fitur yang mendukung kenyamanan dan performa.

13. Larocking Dexter Hitam Oren Running Shoes

Sepatu lari lokal terbaik Larocking Dexter memakai bahan flyknit untuk upper-nya, jadi membuat sirkulasi udara lebih baik dan kaki bebas gerah ketika berlari. Untuk bagian insole-nya terbuat dari foam yang empuk dan outsole terbuat dari karet yang diproses menggunakan teknologi injection. 

Jadi lebih kuat dan tidak mudah jebol. Sepatu lari ini tersedia dalam beberapa varian warna, ada biru oren, hitam abu, dan hitam oren dengan ukuran mulai dari 39 hingga 44. Larocking Dexter bisa dibeli melalui official store Larocking dan harganya Rp190 ribuan .

14. Ortuseight Sepatu Running Hyperdrive Cyan/White

Didesain dalam warna cyan, bagian upper dari sepatu lari lokal terbaik ini terbuat dari jacquard mesh dengan teknologi Quick-Fit yang memungkinkan penyesuaian bentuk sepatu dengan bentuk kaki. Pada area dalam sepatu terdapat Ort-Strap, yaitu lapisan PU ultra tipis dengan fungsi meningkatkan stabilitas sepatu ketika berlari sehingga kaki jadi lebih terlindungi.

Kenyamanan yang dihadirkan oleh Ortuseight Hyperdrive semakin maksimal dengan adanya teknologi Ort-shoX pada insole, jadi sepatu bisa menyesuaikan kontur telapak kaki untuk meminimalisir cedera.

Untuk bagian outsole-nya digunakan material rubber hardness 55 yang dijamin antislip dan kokoh. Sepatu lari lokal terbaik ini tersedia dalam banyak ukuran, mulai dari 37 hingga 46 dan bisa dibeli dengan harga Rp420 ribuan.

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Celana Training Nyaman dengan Harga Miring

Cara Memilih Sepatu Lari yang Bagus

brand sepatu lari indonesia
Unsplash/Gabin Vallet

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menunjang kenyamanan kaki ketika berlari, seperti detail setiap bagian sepatu dan ukuran. Sedulur bisa memperhatikan tips di bawah ini untuk memperoleh sepatu lari lokal dengan kualitas yang bagus, aman, dan nyaman dipakai.

1. Mengecek setiap bagian sepatu

Bagian sepatu lari lokal terbaik yang paling bawah dan langsung bersentuhan dengan permukaan jalan disebut outsole. Bagian tersebut berfungsi sebagai pijakan utama ketika berlari, jadi harus benar-benar diperhatikan.

Supaya bisa berlari dengan nyaman, sebaiknya pilih outsole yang punya daya cengkram baik dan bersifat anti slip. Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat bagian ini adalah rubber atau phylon.

Di atas outsole terdapat lapisan yang disebut sebagai midsole. Lapisan tersebut berfungsi untuk mengurangi risiko benturan dan menopang beban tubuh. Perlu diketahui bahwa berat tubuh bisa meningkat hingga 4 sampai 5 kali dari berat tubuh sebenarnya saat berlari, jadi diperlukan midsole yang kokoh namun tetap empuk.

Oleh karena itu, midsole sepatu lari lokal terbaik biasanya dibuat dari bahan busa berpori, seperti EVA foam yang juga bersifat fleksibilitas dan sangat elastis.

2. Menaikkan pilihan ukuran sepatu

Perlu diketahui bahwa ukuran kaki akan lebih besar ketika berlari. Jadi sebaiknya pilih sepatu lari lokal terbaik dengan setengah ukuran lebih besar daripada ukuran kaki sebenarnya untuk menghindari lecet saat berlari.

Sisakan ruang selebar ibu jari pada di sisi depan sepatu, jadi sepatu juga tidak akan terlalu sempit ketika Sedulur memakai kaos kaki.

3. Utamakan kenyamanan

Perlu diperhatikan ketika akan membeli sepatu adalah mengutamakan kenyamanan dibandingkan dengan model maupun warnanya. Kenyamanan ini bisa diperoleh dari kualitas bahan yang digunakan serta pemilihan ukuran yang tepat.

Kalau Sedulur akan cukup sering menggunakan sepatu itu, sebaiknya beli yang harganya agak mahal supaya lebih awet.

4. Pertimbangkan jenis lari

Jika Sedulur akan berlari jarak jauh, pilihlah sepatu running dengan midsole yang empuk dan outsole yang tahan lama. Tetapi, Sedulur akan berlari di medan off-road, pilihlah sepatu running dengan desain yang tangguh dan tahan lama.

BACA JUGA: 21 Alat Olahraga di Rumah yang Wajib Dimiliki

Merawat Sepatu Lari Agar Tetap Awet

Unsplash/Clique Images

Biar sepatu larimu selalu memberikan kualitas terbaik, Sedulur juga perlu merawatnya supaya bisa awet dalam waktu yang lama. untuk itu, berikut ini beberapa tips merawat sepatu lari agar selalu nyaman dipakai.

  • Longgarkan tali sepatu setelah digunakan agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dari dalam dan keluar sepatu.
  • Segera bersihkan kotoran lumpur atau tanah basah sebelum mengeras.   
  • Letakkan kaos kaki yang basah oleh keringat di luar sepatu untuk mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur di dalam sepatu.
  • Lepaskan bagian sockliner atau insole-nya dan cuci terpisah, sehingga bagian dalam sepatu lebih bersih dan segar.
  • Gunakan pembersih khusus yang terbuat dari bahan silikon untuk mencegah kerusakan pada sepatu.
  • Jangan mencuci sepatu lari di dalam mesin cuci karena ada materi di dalam sepatu yang tidak boleh terpapar panas dan tidak boleh tersendam di air.
  • Keringkan sepatu dengan cara diangin-anginkan tanpa perlu terkena sinar matahari secara langsung.    
  • Semprotkan spray khusus anti bakteri untuk menghilangkan bau tak sedap, baik untuk bagian luar maupun dalamnya.    
  • Simpan sepatu lari di tempat yang tepat dan hindarkan midsole dari lantai karena bisa lebih cepat keropos kalau terpapar perubahan suhu yang terlalu cepat secara terus menerus. Pastikan tempat penyimpanan kering dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Semprotkan anti air dan anti debu yang sesuai dengan jenis material sepatu lari yang Sedulur miliki agar debu maupun kotoran lain tidak terlalu menempel ke sepatu ketika dipakai.

Itulah tadi brand sepatu lari Indonesia yang bisa menjadi pilihan Sedulur. Banyak sekali merek lokal yang punya sepatu berkualitas. Jadi, Sedulur tinggal pilih sesuai dengan kebutuhanmu ya.