alat olahraga di rumah

Banyak orang malas berolahraga karena harus bolak-balik ke gym. Mungkin ada juga yang kurang percaya diri untuk mencoba alat olahraga di gym terlalu canggih, terkesan mengintimidasi, dan sulit digunakan. Sebenarnya berolahraga tidak perlu ribet, lho. Apalagi jika Sedulur bisa menyediakan alat olahraga di rumah sendiri.

Ada sejumlah alat olahraga sederhana yang bisa digunakan di rumah. Membeli peralatan olahraga juga menjadi salah satu investasi yang baik untuk masa depan karena bisa menghemat uang dan menjaga kesehatan Sedulur. Selain kegunaannya yang banyak, alat-alat ini bentuknya ringkas, penyimpanannya mudah, dan bisa Sedulur bawa ke mana pun.

Dengan memiliki alat olahraga yang mudah dan praktis, Sedulur bisa bisa menghemat biaya dan tenaga untuk berangkat ke tempat gym dan melakukan olahraga mandiri di rumah. Berikut adalah rekomendasi alat olahraga di rumah dan cara penggunaannya yang bisa Sedulur praktikkan dengan mudah.

BACA JUGA: 15 Manfaat Lompat Tali di Sore Hari bagi Kesehatan Tubuh

1.  Resistance band

Greatist

Resistance band adalah seutas tali karet elastis untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Tingkat elastisitas resistance band bermacam-macam, mulai dari rendah hingga tinggi. Semakin rendah elastisitasnya, semakin sulit tali tersebut Sedulur bentangkan sehingga otot harus bekerja ekstra untuk melawannya.

Latihan squat rutin juga bisa Sedulur modifikasi dengan bantuan si karet elastis ini. Cobalah lakukan 8-25 kali pengulangan (repetisi) untuk 2-3 set per latihan.

2.  Tali skipping

Lompat tali alias skipping adalah olahraga rumahan  yang murah meriah untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, sekaligus melatih kekuatan otot kaki. Skipping juga baik sebagai alternatif olahraga kardio untuk membakar lemak jika Sedulur tidak suka berlari.

Pada awalnya, lakukanlah lompatan secara terus-menerus selama 30 detik atau setara dengan 50 kali lompatan. Ulangi dalam 3-4 set, kemudian istirahat selama 30-90 detik antara kedua set. Tingkatkan durasi lompat tali Sedulur secara bertahap menjadi 60 detik hingga 90 detik.

3.  Foam roller

Foam roller adalah gulungan busa empuk yang Sedulur gunakan untuk melemaskan otot-otot yang terasa kaku dan kencang sehabis olahraga berat. Alat olahraga di rumah ini juga bisa Sedulur gunakan sebelum berolahraga guna mencegah cedera.

Selain itu, foam roller juga bisa menjadi alat bantu olahraga selama yoga untuk membantu mempertahankan dan menguatkan keseimbangan tubuh. Manfaat lainnya dari foam roller adalah untuk menghilangkan selulit pada tubuh, terutama untuk wanita.

4.  Matras yoga

Saat berolahraga di rumah, rasanya tidak lengkap kalau Sedulur belum memiliki perlengkapan yang satu ini. Ya, matras yoga merupakan salah satu alat olahraga di rumah ini penting bagi Sedulur yang rutin yoga atau meditasi. Alat ini juga bermanfaat untuk melakukan berbagai gerakan senam lantai, seperti plank, push up, dan sit up.

Matras yoga berfungsi untuk menjaga pijakan Sedulur tetap mantap selama melakukan pose-pose yoga, sekaligus melindungi tubuh Sedulur dari benturan ketika jatuh tergelincir. Selain itu, Sedulur juga akan merasa lebih nyaman berlama-lama melakukan yoga menggunakan matras.

5.  Dumbbell

Dumbbell adalah versi mini dari alat angkat beban yang ada di gym. Bobot dumbbell sendiri bervariasi, mulai dari yang sangat ringan sekitar 0,5 kg hingga berat hingga mencapai 10 kg.

Jika Sedulur baru mulai melakukan latihan angkat beban, dumbbell bisa membantu Sedulur untuk membentuk otot lengan dan bahu. Selain itu, dumbbell juga bisa Sedulur gunakan sebagai variasi saat melakukan sit up, bench press, hingga squat sebagai tantangan dan memaksimalkan sesi olahraga Sedulur.

6.  Kettlebell

Greatist

Kettlebell adalah alat fitness berbentuk bola beban yang memiliki sebuah pegangan. Biasanya Sedulur menggunakan kettlebell dengan cara diangkat atau diayunkan. Beban kettlebell mulai 8 kg hingga 20 kg, sehingga Sedulur lebih baik menggunakan kedua tangan saat menggunakannya.

Sama halnya seperti dumbbell, alat olahraga di rumah ini cocok untuk melatih dan menguatkan otot tubuh bagian atas, termasuk otot inti. Meski begitu, Sedulur juga bisa memodifikasi sesi plank, squat, hingga push up dengan menggunakan kettlebell guna membantu menguatkan bagian tubuh bawah, seperti bokong, paha, dan betis.

7.  Bola fitness

Bola fitness atau juga dikenal sebagai gym ball adalah salah satu alat olahraga di rumah yang bisa digunakan untuk segala umur. Selain untuk olahraga, ibu hamil atau orang dengan kondisi tertentu menggunakan bola ini untuk ini meningkatkan kesehatan tubuhnya.

Alat olahraga di rumah ini umumnya baik untuk latihan kardio, kekuatan, keseimbangan, postur, dan fleksibilitas tubuh. Beberapa gerakan sederhana yang bisa Sedulur lakukan dengan bantuan bola fitness, seperti plank, push up, dan ball crunch.

8.  Pull bar

Pull bar saat ini sudah tersedia dalam versi portable sehingga Sedulur bisa melakukan latihan pull up di rumah. Alat fitness sederhana untuk di rumah ini bisa dengan mudah dipasang ke dinding atau pintu dengan daya cengkram yang kuat untuk menahan gerakan tubuh Sedulur saat pull up.

Alat fitness ini umumnya berupa palang tunggal dengan material besi baja yang kuat. Untuk membuat nyaman selama latihan, bagian pegangan biasanya terbuat dari bahan busa atau foam yang lembut dan tidak licin saat Sedulur genggam.

9.  Slider disc

Slider disc merupakan alat bantu olahraga yang berbentuk pipih sehingga lebih mudah untuk Sedulur simpan dan bawa kemana saja. Alat olahraga di rumah ini berfungsi untuk membantu melancarkan gerak tubuh saat melakukan olahraga kalistenik, seperti lunges atau mountain climber.

Benda pipih dan bulat ini akan melancarkan gerak tubuh pada permukaan datar, baik lantai, karpet, atau hardwood. Slider disc akan mengurangi gesekan antara tubuh dengan permukaan, sehingga Sedulur tidak perlu mengangkat tangan atau kaki yang menjadi tumpuan gerak saat melakukan latihan.

10.  Ab Wheel

Ab wheel memiliki bentuk berupa roda berputar dengan kedua pegangan pada masing-masing sisinya. Peralatan ini biasanya Sedulur gunakan untuk latihan ab wheel rollout yang bertujuan untuk melatih otot punggung, otot bahu, otot lengan, dan otot inti tubuh.

Cara menggunakan ab wheel adalah dengan menggerakkannya maju-mundur dalam posisi tubuh tengkurap. Posisikan tubuh setengah plank dengan tumpuan pada lutut dan pegang ab wheel dengan kondisi punggung dan lengan lurus. Kemudian dorong dan tarik ab wheel dengan kekuatan otot inti tubuh.

BACA JUGA: Manfaat Jalan Kaki untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

11.  Sepeda statis

CNET

Sepeda statis memiliki manfaat yang tidak berbeda jauh daripada bersepeda pada umumnya. Siapa saja bisa melakukan olahraga ini untuk meningkatkan kebugaran tubuh atau bahkan membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari Harvard Health, bersepeda statis selama 30 menit membakar 252 kalori pada orang dengan berat badan 70 kg. Dibandingkan dengan bersepeda di luar ruangan, sepeda statis juga terbilang lebih nyaman dan aman. Sedulur bisa berolahraga sambil mendengarkan musik atau menonton TV.

12.  Push Up Bar

Push up bar merupakan perlengkapan olahraga dapat membantu teknik push up yang lebih maksimal. Alat ini juga bisa membantu membentuk otot dada dan tangan agar lebih bidang.

13.  Samsak Tinju

Perlengkapan olahraga lainnya yang bisa Sedulur koleksi di rumah, yaitu samsak tinju. Alat ini terbuat dari material busa khusus untuk melatih otot lengan. Bahannya tidak mudah sobek saat terkena tinjuan atau tendangan yang kuat.

14.  Perban Tinju

Bagi pecinta olahraga tinju, Sedulur dapat menggunakan perban  dari Evolve. Soalnya, perban ini dapat mencegah kemungkinan terjadinya cedera pada pergelangan tangan. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan melilitkannya pada kepalan tangan. Pastikan terasa nyaman dan pas saat Sedulur melayangkan tinjuan.

15.  Tummy Trimmer

Memiliki perut yang rata merupakan idaman semua orang. Selain menjaga pola makan sehari-hari, Sedulur juga harus melakukan olahraga yang fokus pada otot perut. Salah satunya menggunakan tummy trimmer.

Cara penggunaannya sangat mudah,yaitu dengan mengaitkan kedua telapak kaki dan tarik pegangannya. Jika dilakukan secara rutin, maka bisa membentuk otot perut, lengan, dan kaki.

16.  Jogging Trimmer

Greatist

Untuk membentuk postur tubuh yang lebih sempurna, gunakan alat jogging trimmer. Cara menggunakannya hanya dengan melakukan gerakan melingkar. Meski terlihat simpel, alat ini sangat berguna untuk melancarkan kelejar hormon, mengencangkan otot perut, dada, lengan, hingga kaki.

17.  Mini Stepper

Mini stepper merupakan perlengkapan olahraga berupa alat pedal. Kalau mau menggunakannya, Sedulur bisa melakukan gerakan mengayuh sembari berdiri. Alat ini sangat cocok bila Sedulur ingin melatih otot tubuh bagian bawah.

18.  Roda Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat Sedulur lakukan dengan mudah di rumah. Buat melengkapi sesi olahraga satu ini, Sedulur bisa coba menggunakan roda yoga. Fungsi dari roda yoga adalah untuk mencapai postur tubuh yang tepat sesuai dengan pose yoga.

19.  Flex Strap

Ingin coba pilates di rumah? Maka, Sedulur dapat menggunakan flex strap. Perlengkapan satu ini memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga bisa Sedulur gunakan saat stretching atau pemanasan.

20.  Chest Expander

Bila Sedulur ingin memiliki bahu yang bidang dan kekar, maka alat bernama chest expander dapat menjadi solusi. Alat ini terbuat dari material lateks yang elastis, tetapi berat, sehingga bisa membantu proses pembentukan otot bahu dan dada. Cara memakainya denagn posisikan kepala sedikit ke atas, lalu tarik kedua sisi chest expander hingga sejajar dengan bahu.

21.  Wonder Core

Greatist

Wonder core merupakan alat fitness revolusioner yang berfungsi untuk membentuk otot perut, lengan, pinggang, dan kaki. Alat ini dirancang khusus untuk Sedulur yang ingin memiliki bentuk tubuh sixpack. Bagi pengguna baru, sebaiknya melakukan latihan maksimal 30 menit per hari.

Berolahraga di rumah bisa Sedulur jadikan alternatif apabila kondisi luar ruangan kurang kondusif, misalnya lalu lintas kendaraan bermotor yang padat dan tingkat polusi udara yang tinggi.

Itu tadi rekomendasi aktivitas yang mudah untuk kamu lakukan di rumah Sedulur. Bagaimana? Alat olahraga rumahan mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan Sedulur?