rekomendasi sepatu lari pria

Umumnya, sepatu running memiliki beberapa fitur yang bertujuan untuk melindungi kaki. Selain itu, running shoes juga memiliki fitur untuk meningkatkan performa saat berlari. Biasanya, bobot yang dimiliki pun cukup ringan. Hal ini bertujuan agar tidak membebani kaki sehingga dapat berlari lebih cepat. Jadi tidak heran jika rekomendasi sepatu lari pria berbeda dengan wanita.

Dibutuhkan material dan kualitas running shoes yang lebih kuat dan ringan. Selain itu, sepatu juga harus memiliki bantalan yang dapat meredam benturan saat kaki menapak permukaan tanah. Dengan demikian, sepatu dapat mengurangi dampak pada persedian dan otot.

Sirkulasi sepatu running pun biasanya didesain sangat baik agar menjaga kaki tetap kering. Terkadang, running shoes disamakan dengan sneakers, padahal secara prinsip, keduanya berbeda. Dari segi bobot, sneakers memiliki bobot yang lebih berat daripada running shoes.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Alat Pull Up Bar Terbaik 2023

Sneaker Tidak Untuk Lari

rekomendasi sepatu lari pria
Runner’s World

Lalu apakah sneakers bisa digunakan untuk running? Sebaiknya sneakers tidak digunakan untuk berlari karena bisa mengakibatkan cedera pada tulang kaki. Meski demikian, ada beberapa produsen yang menggabungkan konsep running shoes dan sneakers dalam satu produk. Jadi kamu dapat menggunakannya sebagai sepatu jogging maupun sepatu kasual.

Demi menunjang kenyamanan, tentunya banyak orang melakukan jogging dengan sepatu lari atau running shoes. Sepatu jenis ini memang dirancang khusus untuk berlari maupun perlengkapan olahraga kamu. Lalu seperti apa sih sepatu untuk running atau jogging?

BACA JUGA: 17 Alat Fitnes Rumahan yang Wajib Kamu Miliki!

Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat

Continental Tier

Setelah mengetahui berbagai merek sepatu running untuk pria, tentu kamu juga harus tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu lari. Dengan begitu kamu bisa memakai sepatu yang nyaman dan cocok sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk itu, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Gunakan sepatu sol tipis dan keras di jalan datar

Sepatu lari pria dengan sol tipis dan keras akan memberikan stabilitas terbaik. Oleh karena itu, sepatu jenis ini kami rekomendasikan untuk kamu yang jogging di jalan rata. Kamu pun dapat menginjak tanah secara kukuh.

Sepatu jogging jenis ini cocok untuk pria yang suka pergi ke gym. Tidak hanya berlari di treadmill, sepatu dengan sol tipis dan keras dapat mentransfer beban ke tanah selama latihan otot. Kamu menjadi bisa dapat melakukan latihan otot secara benar.

2. Pilih bantalan tumit dan outsole lebar agar aman untuk pemula

Apabila kamu seorang pemula, pilihlah bantalan tumit yang tinggi untuk melindungi sendi dari hentakan saat memijak ke tanah. Pertimbangkan pula untuk memilih outsole yang lebar karena sol jenis ini memberikan keseimbangan saat mendaratkan kaki.

Di samping itu, outsole lebar juga memberikan kebebasan bergerak untuk kamu yang memiliki kaki lebar. Dengan demikian, kamu bisa nyaman berlari dalam jangka waktu lama.

3. Cari upper yang lembut dan breathable

Dalam memilih upper sepatu jogging, penting untuk mempertimbangkan bahan yang lembut, fleksibel, dan breathable. Bahan yang lembut dan fleksibel memungkinkan kamu bergerak dengan nyaman. Risiko kaki lecet tentunya akan lebih minim.

Sementara, bahan yang breathable memungkinkan kaki kamu bernapas sehingga dapat meminimalkan bau kaki. Beberapa merek yang terkenal memiliki fitur ini antara lain New Balance dan Nike.

4. Utamakan sepatu dengan ukuran 1 cm lebih besar

Sebelum membeli sepatu running, sebaiknya kamu memilih sepatu dengan ukuran 1 cm lebih besar. Dengan demikian, jari-jari kamu bebas dari tekanan yang berlebihan. Perlu dicatat bahwa tekanan yang berlebihan pada jari-jari kaki dapat meningkatkan risiko cedera. Kamu pun dapat berlari dalam waktu yang lama secara nyaman dan aman.

BACA JUGA: 11+ Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha

Rekomendasi Sepatu Running Shoes Pria

Bagi kamu yang sedang bingung mencari running shoes yang bagus, berikut ini beberapa rekomendasi sepatu lari pria yang bisa kamu coba. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing, jadi Sedulur bisa memilih sesuai selera.

1. Nike Air Zoom Maxfly

rekomendasi sepatu lari pria
Kallos Vietnam

Rekomendasi sepatu lari pria yang pertama adalah dari Nike. Berbeda dari kebanyakan sepatu lari yang ada di pasaran, sepatu lari Nike Zoom Maxfly dirancang lebih unik. Hal ini karena, pada bagian bawah sepatu terdapat spikes atau duri yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan dan teknik saat berlari, sehingga lebih pas untuk kamu yang menggeluti olahraga lari sprint.

Selain itu, sepatu lari sprint ini memiliki desain yang lebih slim, membuatnya serasa lebih menempel dikaki.  Sebagai produk yang terbilang langka dan agak sulit untuk ditemukan, harga separu lari Nike ini tentu ditawarkan lebih tinggi dari kebanyakan sepatu lari.

Meskipun begitu, untuk masalah durabilitasnya, sepatu lari sprint ini cukup tahan lama dan juga kuat. Dilengkapi dengan tali pada bagian atasnya, yang mudah diikat dan bisa membuat sepatu lari Nike ini terasa lebih mantap dan tidak mudah mudah lepas.

Nike Air Zoom Maxfly adalah pilihan terdepan bagi pelari yang ingin mencapai performa luar biasa dengan gaya. Dengan desain yang futuristik, teknologi Air Zoom yang canggih, dan daya tahan yang terjamin, tidak heran jika Air Zoom Maxfly menjadi favorit para pelari profesional.

2. New Balance 413 Men’s Running

Kalau kamu mau sepatu yang multifungsi dan bisa dipakai untuk berbagai kegiatan, sepatu lari New Balance bisa menjadi produk yang pas untuk kamu miliki. Sebab produk yang satu ini memiliki desain yang trendi dan casual, sehingga cocok untuk dipakai untuk olahraga ataupun sekedar hangout.

Bagian lidah pada sepatu ini dibuat tebal, agar dapat memberikan kenyamanan saat dipakai. Terbuat dari bahan mesh untuk bagian upper-nya, membuat sepatu lari New Balance ini terasa ringan untuk lari. Jadi performa lari pun jadi lebih maksimal.

Range ukuran yang ditawarkan juga cukup beragam, jadi bisa disesuaikan dengan ukuran kaki kamu. Dibanderol dengan harga yang cukup miring dan masih di bawah Rp700 ribu, sepatu lari New Balance ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mencari sepatu yang affordable.

3. Hoka One One Gel Challenger ATR 7

Jika kamu sedang mencari rekomendasi sepatu lari pria yang fleksibel dan berkualitas tinggi, kamu bisa menggunakan rekomendasi produk dari Hoka ini. Sepatu lari ini diklaim menggunakan bahan daur ulang untuk lapisan mesh, sehingga produk ini sangat ramah lingkungan.

Desainnya dibentuk J-Frame untuk kenyamanan posisi kaki agar tidak menekuk dan lebih leluasa ketika digunakan. Hoka One One Gel Challenger ATR 7 ini bisa menjadi salah satu yang masuk ke wishlist kamu.

Sebab, sepatu lari ini memiliki desain yang dapat membuat posisi kaki lebih nyaman, tidak menekuk, sehingga kamu pun bisa lebih leluasa saat berlari ataupun jogging. Produk ini hadir dengan sejumlah fitur yang mengesankan. 

Sepatu ini memiliki desain upper yang ringan dan breathable, yang membuat kaki kamu tetap sejuk dan kering sepanjang latihan. Material upper-nya terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang tahan lama, sehingga sepatu khusus lari ini akan bertahan lama bahkan dalam penggunaan yang intens.

Selain itu, salah satu aspek yang membuat sepatu ini unik adalah teknologi midsole-nya. Dibekali dengan midsole berbahan EVA yang ringan dan menawarkan cushioning yang luar biasa. Sehingga langkahmu akan terasa empuk dan nyaman serta, mengurangi resiko cidera dan kelelahan ketika berlari. 

Sepatu lari pria ini memiliki kombinasi warna menarik, dengan dominasi warna soft grey yang memiliki sentuhan warna orange, dan hitam yang memberikan kesan kekinian dan keren. Tali yang ada pada sepatu ini juga elastis, sehingga memudahkan kamu untuk pemakaiannya.

4. Puma Electrify Nitro Men’s Running Shoes

Kalau kamu menyukai warna electric, sepatu lari Puma dengan seri Electrify Nitro bisa menjadi piliha yang bagus untuk kamu. Karena produk ini memiliki desain yang futuristik yang mengkombinasikan warna biru dan hijau elektrik, sehingga membuat tampilannya lebih kekinian.

Tidak ketinggalan pula logo Puma pada bagian samping, yang membuat sepatu ini memiliki ciri khas tersendiri. Selain tampilannya yang menarik, sepatu lari ini memiliki fitur nitro foam sebagai bantalan, yang memberikan kenyamanan pada kaki. Jadi kaki tidak akan terasa sakit saat berlari.

Dilengkapi juga dengan teknologi PumaGrip yang berada pada bagian bawah sepatu. Hal ini akan membuat sepatu memiliki bounce yang lebih baik dan dapat meningkatkan performa saat lari. Teknologi ini juga membuat sepatu lari ini antislip dan lebih aman serta nyaman untuk dipakai lari.

5. League Unisex Running Kumo Racer Crossbar

Untuk kamu yang lebih menyukai produk lokal, League Running Kumo Racer Crossbar bisa menjadi sepatu lari lokal terbaik yang kamu pilih. Memiliki desain yang bulky tetapi sepatu lari ini merupakan produk unisex, sehingga bisa digunakan untuk pria dan wanita.

Menggunakan bahan yang breathable pada bagian upper, menjadikan sirkulasi udara pada bagian dalam sepatu jadi lebih baik, sekaligus mengurangi kemungkinan bau tidak sedap pada sepatu. Didominasi dengan warna hitam, membuat sepatu ini tidak mudah kotor ataupun terlihat kusam.

Sepatu lari League ini juga cukup ringan dan nyaman dipakai saat berlari di outdoor, treadmill, ataupun sekedar jogging. Bagian outsole pada sepatu ini dibuat dengan lapisan karet, yang membuatnya jadi tidak licin dan lebih aman.  Sebagai produk lokal, sepatu lari unisex ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau dan ramah di kantong.

6. Reebok Energen Plus 2 Men Running Shoes

rekomendasi sepatu lari pria
Reebok

Supaya performa lari lebih maksimal dan nyaman, sepatu lari Reebok Energen Plus 2 Men Running Shoes bisa menjadi item yang kamu pilih. Memiliki outsole yang empuk dan antislip, membuat sepatu lari ini cocok untuk dipakai pada berbagai medan dan pastinya tidak akan licin.

Bahan mesh pada bagian uppersole juga membuat sirkulasi udara jadi lebih baik dan sepatu pun terasa lebih ringan. Dilengkapi dengan sistem tali yang suportif, membuatnya terasa lebih mengunci dan amat saat dipakai.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika sepatu akan mudah lepas saat kamu sedang berlari. Bagian lidah pada sepatu ini juga dibuat tebal dan dapat memberikan kenyamanan tersendiri saat dipakai.

Untuk tampilannya, sepatu lari pria yang bagus ini lebih menampilkan kesan monokrom, karena banyak di dominasi oleh warna hitam dan grey yang netral. Meskipun begitu, sepatu lari Reebok ini memiliki range ukuran yang cukup banyak dan bisa membuat kamu memiliki lebih banyak pilihan untuk menyesuaikannya dengan ukuran kaki.

7. Eagle Ecolight 2

Bagi kamu yang memiliki budget terbatas tapi menginginkan produk yang berkualitas, Eagle Ecolight 2 bisa menjadi produk yang pas untuk kamu. Dibandingkan dengan merek sepatu lainnya, sepatu lari Eagle ini ditawarkan dengan harga yang miring, sehingga lebih ramah dikantong dan affordable.

Meskipun ditawarkan dengan harga yang ekonomis, tetapi bagian upper pada sepatu ini dibuat dengan bahan mesh yang nyaman di kaki, ringan, dan terasa fleksibel.  Selain itu, bagian outsole pada sepatu ini dibuat dengan kombinasi bahan rubber dan phylone, yang membuatnya tidak licin dan lebih aman pada medan atau area yang basah.

Dengan bagian lidah yang dibuat tebal, menjadikan sepatu lari Eagle ini memiliki kenyamanan ekstra pada kaki. Sepatu lari ini juga cukup multifungsi karena desainnya yang trendi dan kekinian, jadi kamu bisa menggunakannya untuk lari ataupun jalan-jalan.

8. Decathlon Kalenji Active Grip

Decathlon Kalenji Active Grip adalah pilihan terbaik bagi para pelari yang mencari sepatu lari yang tidak hanya berkualitas tinggi tetapi juga ramah di kantong. Kalenji, merek andalan dari Decathlon, telah menciptakan sepatu ini dengan fokus pada performa dan kenyamanan.

Sepatu lari terbaik ini dirancang dengan teknologi terkini untuk memberikan sejumlah manfaat kepada penggunanya. Teknologi bantalan CS di tumitnya meningkatkan peredam guncangan, menjadikan setiap langkah kamu lebih nyaman dan aman.

Bahan-bahan berkualitas yang digunakan dalam pembuatan sepatu ini menjamin keandalan dan daya tahan yang baik. Komposisi material bahannya yaitu karet sintetis, Etilena Vinil Asetat (EVA), poliester, dan poliuretan, sehingga menjadikan sepatu ini pilihan yang cerdas untuk kamu yang ingin mencapai performa optimal dalam setiap kali latihan.

Keunggulan utama Kalenji Active Grip adalah teknologi Traction Active Grip pada outsole-nya. Teknologi ini memberikan traksi yang luar biasa di berbagai jenis permukaan, termasuk tanah, batu, dan aspal. Dengan ini, kamu akan merasa aman dan stabil dalam setiap langkah kamu, bahkan dalam kondisi cuaca yang tidak terduga.

Desain ergonomis dan padding yang pas, sepatu lari ini juga nyaman untuk digunakan sehari-hari. Baik kamu berlari atau hanya berjalan-jalan, kaki kamu akan tetap nyaman.

9. 910 Nineten FUJI RCV Sepatu Lari

Rekomendasi sepatu lari pria yang cukup anti mainstream adalah 910 Nineten FUJI RCV. Sepatu ini memiliki upper mesh yang berpori-pori untuk sirkulasi udara yang baik dan mengurangi berat sepatu. Selain itu, sol sepatunya terbuat dari bahan busa yang ringan dan dapat meningkatkan efisiensi serta performa lari kamu dengan baik.

Sepatu ini memiliki berat sekitar 200 gram, yang termasuk ringan untuk sepatu lari. Berat sepatu yang ringan dapat membantu pelari untuk bergerak lebih cepat dan mudah.

10. Skechers Go Run Elevate Men’s Sneakers

Skechers Go Run Elevate Men’s Sneakers menjadi salah satu sepatu yang bagus dan cocok bagi kamu yang gemar berlari setiap hari. Sepatu ini memiliki beberapa fitur unggulan, seperti upper berbahan mesh yang dapat memberikan fleksibilitas pada kaki kamu dengan warna-warna yang menarik.

Sementara itu, sol bagian dalam sepatu dibuat yang nyaman dan menyerap keringat dengan baik.

11. Nike Air Zoom Pegasus

BBC

Sesuai namanya, sepatu ini menggunakan Zoom Air pada bagian depan sepatu, yaitu bantalan udara yang memberikan sensasi pantulan yang cepat dan responsif saat berlari. Selain itu, sepatu lari pria terbaik ini memiliki React foam, yaitu busa yang ringan dan elastis.

Hal tersebut mampu memberikan kenyamanan jangka panjang dan daya tahan yang tinggi. Pemilihan alas kaki yang tepat akan membuat kamu terhindar dari penyakit karena salah pilih sepatu.

12. Adidas Pureboost 21 GY5099

Adidas Pureboost 21 GY5099 bisa menjadi pilihan yang menarik bagi kamu. Nama besar Adidas tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Kualitas produk-produknya dijamin merupakan kualitas unggulan. Desain, fitur, dan materialnya dipilih dengan saksama. 

Aalam produk sepatunya yang satu ini, Adidas pun melakukan terobosan yang sangat baik. Sepatu ini menggunakan bahan daur ulang berkualitas, Parley Ocean Plastic. Jadi, selain nyaman, sepatu ini juga merupakan produk yang ramah lingkungan. Namun bentuknya regular fit, jadi mungkin kurang cocok bagi kamu yang memiliki kaki lebar.

13. Specs Sonic-Moonmist Cool Gray 

Specs merupakan salah satu merek lokal yang banyak memproduksi sepatu olahraga, termasuk sepatu lari. Specs Sonic-Moonmist Cool Gray menggunakan material mesh yang dilapisi dengan dekorasi PU Synthetic. Memiliki desain yang sporty dan rubber yang kuat, membuat daya cengkram sepatu ini sangat baik.

 Perpaduan keduanya juga menghasilkan upper yang kukuh, sekaligus memiliki sirkulasi yang baik. Di samping itu, rubber didesain dengan kepadatan khusus yang antiselip dan tidak licin. Sepatu ini cocok untuk kamu yang suka jogging di jalan yang rata. Namun, warnanya yang cerah sepatu ini bisa lebih mudah terlihat kotor.

14. ASICS Men Dynablast 3

Rekomendasi sepatu lari pria selanjutnya adalah ASICS Men Dynablast 3. Sepatu ini memiliki transisi super mulus sehingga nyaman ketika digunakan untuk berlari jarak jauh. Bobot juga ringan. jadi, bagi kamu yang pemula dan mengutamakan kenyamanan saat berlari, ASICS Men Dynablast 3 bisa menjadi pilihan. 

Salah stau sepatu running terbaik dari ASICS ini memiliki teknologi FLYTEFOAM™ BLAST yang memberikan pantulan responsif. Selain itu, bagian upper menggunakan kain rajutan lembut yang memberikan sirkulasi udara yang baik. Bagian lidah didesain berlekuk sehingga membantu mengurangi titik tekanan di atas in-step.

15. HOKA Bondi 8

Entertainment Tonight

HOKA Bondi 8 dirancang khusus untuk kamu yang mencari sepatu jogging. Bantalannya cukup tebal dan empuk sehingga nyaman untuk kamu yang suka jogging kasual. Sepatu ini pun memiliki desain lidah berlapis yang membuat tumit kamu bebas dari iritasi. 

Bagian outsole-nya pun memiliki cengkeraman yang kuat sehingga kamu tidak perlu khawatir akan tergelincir saat melewati medan basah. Sepatu ini memberikan stabilitas yang baik dan tersedia dalam 16 varian warna. Namun sayangnya bobotnya agak berat dan bagian atas menyempit sehingga kurang nyaman untuk pemilik kaki besar.

Itulah tadi beberapa rekomendasi sepatu lari pria yang bisa kamu pilih. Jika dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya, jogging memang olahraga yang terbilang murah, mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk menjalankan olahraga yang satu ini, kamu bisa melakukannya di mana saja, baik di taman, lapangan, atau bahkan stadion.

Adapun aksesoris yang perlu kamu persiapkan hanyalah sepatu. Itulah kenapa memilih sepatu lari yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan maupun bentuk kakimu menjadi sangat penting. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih running shoes ya.