bedanya body serum dan body lotion

Apakah Sedulur sudah tahu bedanya body serum dan body lotion? Sebagaimana diketahui, kedua produk tersebut biasa digunakan untuk melembapkan kulit tubuh. Tak heran, banyak yang beranggapan bahwa body serum dan body lotion merupakan jenis produk yang sama dan dapat saling menggantikan.

Namun anggapan tersebut ternyata kurang tepat. Sebab, body serum dan body lotion memiliki sejumlah perbedaan, terutama berkaitan dengan manfaatnya untuk merawat kulit. Agar tidak salah paham lagi, berikut sudah dirangkum perbedaan body serum dan body lotion. Yuk, langsung disimak informasinya selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Penyebab Jerawat Batu di Pipi Beserta Cara Mengatasinya

Bedanya body serum dan body lotion

bedanya body serum dan body lotion
iStock

Body serum dan body lotion merupakan dua jenis produk yang banyak digunakan dalam perawatan kulit tubuh. Kedua produk tersebut terutama dikenal dengan manfaatnya untuk menutrisi kulit sehingga kelembapannya dapat terjaga. Meski memiliki manfaat yang hampir sama, keduanya ternyata memiliki sejumlah perbedaan.

-->

Dihimpun dari berbagai sumber, bedanya body serum dan body lotion yang pertama terlihat dari kandungan di dalamnya. Perbedaan komposisi ini membuat keduanya juga memiliki tekstur, manfaat, cara kerja, hingga penggunaan yang berbeda dalam merawat kulit.

Untuk lebih jelasnya, berikut sudah dirangkum lima perbedaan body serum dan body lotion yang penting untuk Sedulur ketahui.

1. Kandungan

bedanya body serum dan body lotion
iStock

Disebutkan sebelumnya, perbedaan body serum dan body lotion yang pertama bisa dilihat dari komposisi atau kandungan di dalamnya. Perlu diketahui bahwa secara umum, semua produk perawatan kulit memiliki komposisi yang hampir sama, yaitu kombinasi dari bahan air, minyak, dan emolien atau pengencer, namun dengan kadar yang berbeda.

Body serum biasanya memiliki formula yang lebih ringan karena menggunakan bahan yang berbasis air atau water based dan mudah diserap oleh kulit. Selain itu, beberapa bahan utamanya adalah vitamin, antioksidan, glycolic acid (asam glikolat), dan lactic acid (asam laktat) yang bermanfaat untuk mencegah kulit menjadi kering.

Sementara itu, body lotion mengandung minyak bumi dan minyak mineral, serta kandungan bahan pelumas dan pengental yang banyak. Kandungan tersebut tidak ditemukan di dalam body serum.

2. Tekstur

bedanya body serum dan body lotion
iStock

Perbedaan komposisi bahan yang terkandung dalam body serum dan body lotion membuat keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Tekstur body serum cenderung lebih kental namun memiliki sensasi yang lebih ringan ketika dioleskan ke kulit. Sebab, formula ringan dari bahan-bahan berbasis air atau water based membuat body serum lebih mudah meresap ke dalam kulit.

Sementara, body lotion memiliki tekstur yang lebih cair. Kandungan minyak dalam body lotion juga akan memberikan kesan lengket pada kulit setelah diaplikasikan. Sedulur juga bisa merasakan sensasi licin apabila terkena air setelah menggunakan body lotion.

BACA JUGA: Cara Mudah Membersihkan Sisir, Berapa Kali Seminggu?

3. Manfaat

iStock

Perbedaan bahan kandungan dalam body serum dan body lotion sebenarnya disebabkan oleh perbedaan manfaat keduanya dalam merawat kulit. Body lotion yang telah lebih dulu dikenal sebagai produk pelembap bermanfaat untuk menghidrasi kulit sehingga membuatnya tetap lembap dan terhindar dari risiko kulit kering. Selain itu, body lotion juga diformulasikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Berbeda dengan body lotion yang cenderung memiliki manfaat melindungi kulit secara umum, body serum lebih ditujukan sebagai solusi untuk kulit dengan permasalahan tertentu. Hal ini dikarenakan body serum memiliki formula bahan yang memang bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, seperti belang karena terbakar sinar matahari atau kulit sensitif dan sangat kering hingga bersisik.

4. Cara kerja

iStock

Bedanya body serum dan body lotion juga bisa diketahui dari cara kerja masing-masing produk. Seperti dijelaskan sebelumnya, body serum memiliki karakteristik bahan dan tekstur yang cenderung mudah meresap ke dalam kulit. Hal ini juga berkaitan dengan cara kerja body serum yaitu memberikan nutrisi dan perlindungan dari dalam. Sehingga akan menghidrasi dan melembapkan kulit tanpa membuatnya terasa lengket.

Sebaliknya, body lotion merawat kulit dengan cara memberikan lapisan pelindung di atas kulit. Tidak heran, Sedulur akan mendapati kulit terasa lengket atau licin selama beberapa saat setelah menggunakan body lotion.

5. Penggunaan

bedanya body serum dan body lotion
iStock

Terakhir, bedanya body serum dan body lotion juga bisa dilihat dari penggunaannya. Body lotion bisa digunakan untuk perawatan kulit secara umum dan pada semua jenis kulit karena memiliki formula yang lebih ringan. Body lotion juga cocok untuk melembapkan kulit di iklim lembap atau cuaca panas.

Akan tetapi, manfaat body lotion menjadi kurang efektif jika digunakan pada kulit bermasalah, seperti kulit yang sangat kering dan kasar hingga bersisik. Sebab, body lotion hanya dapat memberikan fungsi pelembap dari luar. Untuk kulit bermasalah, Sedulur bisa memilih body serum yang bisa merawat dari dalam karena formulanya lebih mudah meresap ke dalam kulit.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Sabun Cuci Muka, Bagus Untuk Remaja!

Pilih body serum atau body lotion?

iStock

Setelah menyimak uraian mengenai bedanya body serum dan body lotion di atas, mungkin Sedulur bertanya-tanya perihal mana yang lebih baik untuk dipilih sebagai produk perawatan kulit. Sebagaimana sudah dijelaskan, keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit terutama dengan cara mengembalikan kelembapannya. Hanya saja, body serum dan body lotion memiliki cara kerja sekaligus manfaat spesifik yang berbeda.

Body serum cenderung merawat kulit dari dalam dan lebih efektif untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti kulit belang karena terbakar sinar matahari, kering, dan berisisik. Hal ini dikarenakan body serum memiliki konsentrasi pelembap yang lebih tinggi dibandingkan produk pelembap lain seperti body lotion.

Sementara itu, body lotion cocok untuk penggunaan sehari-hari, terutama bagi Sedulur yang tidak memiliki permasalahan khusus pada kulit atau kulit cenderung normal. Body lotion juga cocok menjadi solusi untuk mengembalikan kelembapan kulit akibat pengaruh iklim atau cuaca.

Untuk lebih mengetahui jenis produk perawatan yang cocok, Sedulur juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kulit yang dimiliki. Dengan begitu perawatan kulit juga bisa lebih efektif dan kulit terhindar dari masalah.

Itu dia ulasan mengenai bedanya body serum dan body lotion. Semoga informasi yang sudah dipaparkan di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur, khususnya dalam hal perawatan kulit tubuh.

Untuk melengkapi kebutuhan perawatan di rumah, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super yang menyediakan beragam produk perawatan kulit atau skin care yang meliputi pelembap, sunscreen, face mask, dan lain sebagainya. Selain lengkap, Aplikasi Super juga punya banyak promo diskon dan cashback yang bikin belanja produk skin care makin hemat.

Ditambah, ada layanan pengiriman gratis ongkir sehingga Sedulur tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk berbelanja. Menarik bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang!