beda hair spa dan hair mask

Apakah Sedulur sudah tahu beda creambath, hair spa, dan hair mask? Seperti diketahui, perawatan rambut merupakan salah satu rutinitas yang penting dilakukan, terutama bagi kaum hawa. Selain untuk menunjang penampilan, perawatan yang memadai juga bisa menjaga kesehatan rambut sehingga terhindar dari berbagai masalah. Adapun creambath, hair spa, dan hair mask adalah tiga jenis perawatan rambut yang banyak dipilih.

Namun tak bisa dipungkiri, banyaknya jenis perawatan rambut seringkali membuat Sedulur bingung terlebih jika baru pertama kali melakukan perawatan di salon. Agar tidak bingung, Sedulur perlu mengetahui perbedaan di antara ketiga jenis perawatan tersebut.

Berikut sudah dirangkum informasi mengenai beda creambath, hair spa, dan hair mask dalam perawatan rambut. Selain itu juga akan dipaparkan tips maupun informasi lain terkait perawatan rambut yang perlu Sedulur ketahui. Baca sampai habis, ya!

BACA JUGA: 10 Cara Bleaching Rambut Pria di Rumah Anti Gagal

-->

Beda creambath, hair spa, dan hair mask

beda hair spa dan hair mask
iStock

Rambut rontok, tampak kusam, bercabang, hingga kulit kepala berketombe merupakan masalah yang umum dialami. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari termasuk dalam rangka styling. Untuk mencegah ataupun mengatasi hal tersebut, Sedulur bisa melakukan perawatan rambut secara rutin di salon dengan bantuan ahli. Misalnya dengan melakukan creambath, hair spa, ataupun hari mask.

Sebelum memilih jenis perawatan rambut yang akan dilakukan, Sedulur perlu mengetahui beda creambath, hair spa, dan hair mask. Sebab ketiganya memiliki manfaat serta cara kerja yang berbeda untuk memberikan nutrisi bagi rambut. Berikut ulasan selengkapnya, sebagaimana telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Creambath

iStock

Creambath disebut sebagai perawatan dasar untuk rambut. Sebab, creambath ditujukan untuk memperbaiki masalah pada lapisan kutikula atau lapisan terluar. Sehingga perawatan satu ini lebih cocok untuk Sedulur yang cenderung tidak memiliki masalah khusus maupun belum pernah melakukan styling atau penataan dengan bahan kimia yang bisa merusak rambut, seperti pewarnaan dan hair curling.

Perawatan rambut dengan metode creambath juga terbilang cukup sederhana. Pertama-tama rambut Sedulur akan dicuci kemudian diolesi dengan krim khusus yang terbuat dari bahan alami, seperti buah dan sayuran yang bermanfaat untuk menutrisi rambut. Kemudian proses dilanjutkan dengan memijat kulit kepala yang sekaligus bisa melancarkan peredaran darah serta memberi efek relaksasi. Selanjutnya, rambut akan diuapi dengan steam atau dibungkus dengan handuk hangat selama 10-15 menit. Berikutnya, rambut akan didinginkan dan kemudian dilanjutkan dengan keramas.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Conditioner Untuk Rambut Kering dan Rontok

2. Hair spa

beda hair spa dan hair mask
iStock

Jenis perawatan rambut yang kedua adalah hair spa alias spa rambut. Perawatan satu ini terutama cocok bagi Sedulur yang memiliki masalah rambut kusam, kering, dan kasar akibat styling karena prosedur hair spa dapat menutrisi rambut secara efektif.

Berbeda dengan creambath yang tergolong sebagai perawatan dasar, hair spa ditujukan sebagai perawatan mendalam dan memberikan nutrisi karena menggunakan bahan yang kaya akan vitamin. Selain itu, hair spa juga bermanfaat untuk merevitalisasi kulit kepala dan memperkuat folikel sehingga rambut menjadi lebih sehat.

Terkait dengan prosedurnya, hair spa sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan creambath. Pertama-tama, rambut Sedulur akan dibersihkan dengan cara keramas. Kemudian rambut diolesi dengan krim yang kaya akan vitamin atau dicampur dengan serum rambut. Berikutnya, dilakukan pemijatan pada kulit kepala agar nutrisi yang terkandung dalam krim dapat diserap dengan baik oleh kulit kepala maupun setiap helai rambut.

Proses hair spa dilanjutkan dengan penguapan rambut. Namun berbeda dengan creambath yang menggunakan mesin steam, proses penguapan rambut pada hair spa umumnya hanya menggunakan handuk hangat. Terakhir, rambut didinginkan sebentar lalu dicuci kembali hingga bersih dan kemudian dikeringkan.

3. Hair mask

iStock

Perawatan rambut ketiga yang bisa Sedulur coba adalah hair mask atau menggunakan masker rambut. Hair mask terutama dianjurkan bagi Sedulur yang mengalami kerusakan rambut seperti rambut kering dan rontok yang cenderung parah akibat styling. Pasalnya, hair mask dianggap lebih efektif untuk memulihkan kelembapan rambut sehingga masalah-masalah tersebut bisa teratasi.

Beda creambath dan hair spa dengan hair mask terletak pada prosedurnya. Di mana dalam perawatan rambut dengan hair mask, tidak dilakukan proses pemijatan pada kulit kepala. Selain itu juga tidak dilakukan steaming dengan alat. Meski begitu biasanya jika Sedulur melakukan perawatan hair mask di salon akan dilakukan pemijatan pada bagian tubuh lain, seperti belakang leher, bahu, dan punggung. Selain itu rambut juga akan dibungkus dengan handuk hangat setelah diolesi masker, baru kemudian dibilas.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Masker Rambut Kering Terbaik, Anti Rontok!

Trivia tentang perawatan rambut

iStock

Setelah memahami beda creambath, hair spa, dan hair mask, tak ada salahnya Sedulur menyimak beberapa informasi yang sudah dirangkum sebagai berikut untuk menambah wawasan terkait perawatan rambut.

  • Perawatan rambut untuk kulit kepala berketombe

Pada dasarnya, masalah kulit kepala berketombe lebih banyak disebabkan oleh masalah kebersihan dan produksi minyak. Adapun dengan menjaga kebersihan kulit kepala dengan keramas secara rutin dan melakukan perawatan seperti creambath, hair spa, ataupun hair mask dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Meski begitu, Sedulur dapat berkonsultasi dengan ahli di salon untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

  • Pilih salon yang menggunakan produk berkualitas

Selain mempertimbangkan jenis perawatan yang dilakukan, Sedulur juga perlu memperhatikan salon yang dipilih. Pastikan salon kecantikan tersebut menggunakan produk-produk yang berkualitas serta memilih tenaga profesional dalam bidang perawatan rambut. Dengan demikian, Sedulur akan memperoleh hasil perawatan yang lebih memuaskan.

  • Lakukan perawatan rambut secara rutin

Pertanyaan lain yang mungkin muncul di benak Sedulur adalah kapan harus melakukan perawatan rambut, seperti creambath, hair spa, dan hair mask. Sebenarnya, jangka waktu perawatan dapat disesuaikan dengan kondisi rambut kerusakan yang Sedulur alami. Meski demikian, secara umum para ahli menganjurkan untuk melakukan perawatan rambut setidaknya 2-3 kali dalam sebulan.

Demikian tadi ulasan tentang perawatan rambut khususnya terkait beda creambath, hair spa, dan hair mask. Selain itu juga sudah dipaparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan perawatan rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah, Sedulur tentu tidak cukup hanya melakukan perawatan di salon. Melainkan juga perlu merawat rambut di rumah dengan cara keramas secara rutin sehingga kebersihan rambut dapat terjaga. Untuk itu penting bagi Sedulur melengkapi produk perawatan rambut di rumah, seperti sampo dan kondisioner.

Kabar baiknya kini Sedulur bisa membeli berbagai produk untuk merawat rambut dengan harga terjangkau di Aplikasi Super. Sebab, selain menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dan sembako, Aplikasi Super juga punya aneka pilihan produk perawatan rambut dan tubuh yang dapat menunjang penampilan. Sehingga Sedulur bisa melengkapi berbagai kebutuhan hanya dengan satu aplikasi saja.

Menarik bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan lengkapi berbagai kebutuhanmu. Jangan lupa, Aplikasi Super juga punya layanan pengiriman gratis ongkir yang bikin agenda belanja makin mudah dan praktis!