Pengertian sales executive

Sales executive adalah salah satu posisi penting dalam sebuah perusahaan, perannya yaitu memastikan perusahaan meraih pendapatan dan pemasukan yang stabil. Sales executive juga merupakan jembatan antara perusahaan sebagai produsen dengan pembeli sebagai konsumen dalam sebuah rantai perekonomian.

Meskipun sales executive adalah peran yang amat penting agar perusahaan mendapatkan keuntungan dan pemasukan, namun bukan berarti pekerjaannya hanya sebatas itu saja. Banyak tanggung jawab dan pekerjaan lainnya. Dalam kesempatan ini, kita akan sama-sama mengulas tuntas tentang jabatan sales executive.

Oleh karena itu, mari kita mulai dengan membahas pengertiannya, sebagaimana dalam penjelasan di bawah ini. Yuk, mari kita simak!

BACA JUGA: ASN adalah Pegawai Instansi Pemerintah, Ini Fungsi & Tugasnya

-->

Pengertian Sales Executive

sales executive adalah
Anak Teknik

Sales executive adalah jabatan yang berperan dan bertanggung jawab atas strategi penjualan sebuah perusahaan secara keseluruhan. Dalam proses bekerja, seorang sales executive diharuskan untuk mengembangkan strategi dan membentuk tim untuk memastikan tujuannya tercapati

Menjadi seorang sales executive adalah sesuatu yang penuh tantangan. Karena kita akan selalu bertemu orang banyak yang merupakan klien kita, baik dalam kota maupun luar kota. Hal ini yang membuat mobilitas seorang sales executive sangat tinggi. Karena tuntutannya adalah memastikan perusahaan mendapatkan pemasukan yang cukup.

Selain itu, dalam rantai transaksi ekonomi, antara produsen dan konsumen terjalin sebuah rangkaian yang panjang. Di antara keduanya ada seseorang yang menjadi jembatan, jembatan tersebut adalah seorang sales executive itu sendiri. Maka dari itu, posisi ini sangat penting

Jenis-Jenis Sales Executive

Ricebowl
 

Banyak yang bingung terkait perbedaan sales executive dan sales representative. Namun pada dasarnya kedua profesi tersebut sama-sama bertugas memastikan penjuala produk barang dan jasa kepada klien. Agar tidak bingung lagi, Sedulur harus mengetahui beberapa jenis pekerjaan dari sales executive.

Bukan hanya antara sales executive dan sales representative saja, ada juga yang sering kali membingungkan yaitu perbedaan sales executive dan sales counter. Biasanya, seorang sales counter bertugas untuk melayani konsumen yang datang ke toko sedangkan sales executive bertugas untuk mempresentasikan produk kepada calon klien yang ingin bekerja sama. Maka dari itu, sales executive dan sales counter adalah sama, hanya beda istilah saja.

Berikut ini ada beberapa jenis dari pekerjaan sales executive yang perlu Sedulur ketahui, di antaranya yaitu:

1. Account Executive

sales executive adalah
Glints

Jenis dari pekerjaan sales executive adalah account executive. Account executive harus memiliki pengetahuan mendalam tentang produk dan layanan. Selain itu, seorang account executive juga harus mampu menjembatani perusahaan dengan klien. Account executive bertugas menginisiasikan pertemuan dengan klien serta menyusun brief dan anggaran.

2. Finansial Advisor

Lifepal

Jenis kedua adalah finansial advisor, jabatan ini biasanya ditemui dalam industri asuransi. Pekerjaan ini bertugas untuk memberikan saran kepada klien, baik itu individu atau perusahaan yang ingin menggunakan asuransi. Di beberapa perusahaan, posisi financial advisor bertanggung jawab membantu klien menyusun rencana keuangan.

3. Medical Representative

sales executive adalah
Properti Terkini

Medical representative merupakan posisi sales executive yang diterapkan di perusahaan yang bergerak di industri farmasi dan obat-obatan. Medical representative bertugas untuk mengenalkan produk obat, cara dan teknik pengobatan, maupun alat kesehatan. Tidak sampai situ saja, seorang medical representative juga bertugas menjalin relasi secara profesional dengan kunjungan ke dokter, survey apotek untuk mengetahui pola peresepan dokter.

4. Sales Officer

Glints

Terdapat juga jenis lain, yaitu sales officer. Sales officer adalah jabatan yang bertugas melaksanakan survei kelayakan konsumen untuk mencapai produktivitas dan kualitas yang ditetapkan. Selain itu, sales officer juga bertanggung jawab membangun serta menjaga hubungan baik densan seluruh networking yang dimiliki. Termasuk dengan jaringan distribusi dan pelanggan (channel distribution dan channel customer).

5. Sales Executive

sales executive adalah
LinovHR

Ini merupakan posisi atau jabatan yang tengah kita bahas saat ini. Sebagaimana yang telah diuraikan di atas, pada penjelasan terkait pengertian, pekerjaan ini memastikan penjualan dari produk yang dimiliki perusahaan terjamin. Agar perusahaan dapat memastikan produk yang didapatkan. Sedulur juga wajib tahu, sales executive merupakan pekerjaan yang sangat penting di dunia startup seperti saat ini.

BACA JUGA: Distributor Adalah: Pengertian, Fungsi dan Jenis yang Harus Dipahami

Tugas Sales Executive

Outlet Pintar

Sales staff executive adalah sebutan lain untuk pekerjaan ini. Di setiap perusahaan biasanya menggunakan istilah yang berbeda untuk jabatan ini, ada yang menggunakan sales executive, sales staff executif hingga account manager. Tugasnya sama, yaitu memastikan segala hal yang berkaitan dengan penjualan produk, dan mewujudkan perannya sebagai jembatan antara perusahaan dan pembeli.

Secara umum tugas sales executive adalah mencakup dua hal, yaitu Sales Executive Business to Business (B2B) dan Sales Executive Business to Consumer (B2C). Agar Sedulur dapat lebih memahaminya, beritu ini adalah penjelasannya lebih lengkapnya:

  1. Business to Business (B2B): Ini merupakan tugas pertama, yang memastikan barang, produk, atau layanan yang ditawarkan dapat dibeli oleh perusahaan lainnya. Pendekatan yang digunakan sales executive B2B lebih kepada mengenalkan manfaat produk bagi perusahaan lain.
  2. Business to Consumer (B2C): Salah satu pekerjaan dan tugas dari sales executive adalah lumrah berhubungan dengan pembeli atau consumer. Tugas sales executive pada industri B2C antara lain meeting dengan klien potensial, negosiasi perjanjian, hingga riset pasar.

Selain dua jenis tugas di atas, ada satu tugas yang menjadi dasar dari pekerjaan seorang sales executive, yaitu direct sales executive. Direct sales executive adalah salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh seorang sales executive, dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan baru dan retensi. Serta mempromosikan produk dan menjaga citra baik dari produk.

Job Desk Sales Executive

sales executive adalah
Finansialku

Setelah mengetahaui tugas dari sales executive adalah hal yang berat, mungkin Sedulur bertanya tentan job desk yang harus dimiliki oleh seorang sales executive. Beriku ini beberapa job desk yang harus dimiliki, tetapi perlu diingat setiap perusahaan atau startup mungkin menerapkan job desk yang berbeda:

  • Memberi informasi tentang produk dan layanan
  • Memenuhi target penjualan bulanan dan tahunan
  • Menghasilkan prospek penjualan melalui telepon, email atau bertatap muka langsung
  • Memelihara basis data Consumer Relationship Management (CRM)
  • Melakukan pertemuan tatap muka atau presentasi online untuk proses penjualan
  • Menjaga hubungan yang baik dengan klien saat ini dan yang baru
  • Mempersiapkan dokumen invoice, kontrak hingga proposal
  • Menghadiri pameran dagang
  • Meninjau kinerja penjualan

Gaji Sales Executive

Outo Hub

Mungkin Sedulur penasaran berapa kira-kira sales executive gaji, terkait hal ini tentu saja tergantung pada kebijakan perusahaan itu sendiri. Ada yang menerapkan persentase dari total penjualan atau menggunakan flat rate untuk setiap pencapaian.

Di Indonesia, rata-rata gaji sales executive adalah Rp4,25 juta dan gaji terendah adalah Rp2,3 juta per bulan. Angka tersebut merupakan gaji pokok di luar dari komisi dan bonus yang didapat dari penjualan. Namun tentu besaran gaji ini bervariatif sesuai dengan perusahaan, dan pengalaman sales executive yang sudah dilalui.

BACA JUGA: Mengenal Bisnis Keagenan, Ini Cara Memulai dan Tipsnya

Syarat yang Harus Dimiliki

sales executive adalah
Top Brand Award

Karena Sedulur telah mengatahui penjelasan sales executive adalah sebuah pekerjaan yang terpandang. Tentu Sedulur ada yang berminat untuk bekerja dengan posisi sebagai seorang sales executive. Terutama bagi Sedulur yang tengah meniti karir di bidang bisnis dan perusahaan, pekerjaan ini bisa menjadi salah satu tujuan.

Beberapa syarat yang harus Sedulur miliki untuk menjadi sales executive adalah hal wajib yang harus Sedulur kejar, biasanya syarat berkaitan dengan pendidikan, pengalaman, kemampuan bahasa dan softskill yang dimiliki. Untuk lebih jelas lagi, sedulur bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

1. Pendidikan

Glints

Syarat yang pertama adalah jenjang pendidikan. Meskipun tidak ada pendidikan khusus untuk menjadi sales executive, karena pekerjaan ini terbuka untuk semua jurusan dan program studi. Selama pelamar memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat menjual produk yang dimiliki perusahaan sehingga bisa mengantarkan keuntungan.

2. Pengalaman

sales executive adalah
Web Developer Indonesia

Di beberapa perusahaan mensyaratkan pengalaman sales executive minimal selama 3 tahun atau juga punya pengalaman sebagai sales representative selama minimal 3 tahun. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk pelamar baru, karena beberapa perusahaan biasanya tertarik dengan lulusan yang baru (fresh graduate).

3. Menguasai Bahasa Asing

Panelhar

Karena salah satu tugas pertama dari seorang sales executive adalah berkomunikasi dengan klien, maka kemampuan bahasa asing adalah hal yang wajib menjadi syarat. Karena sangat berpotensi tinggi klien berasal dari luar negeri. Minimal bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, untuk berkomunikasi dengan klien dari luar negeri.

4. Softskill

Hotlier

Karena peran seorang sales executive adalah hal penting bagi perusahaan, maka untuk menjabat posisi ini, Sedulur harus memiliki beberapa softskill, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Interpersonal skill, tujuannya agar dapat membangun hubungan yang baik dengan klien, dan komunikasi yang baik dengan konsumen.
  • Pengetahuan tentang produk yang baik dan mendalam, agar bisa menjual produk barang atau jasa yang dimiliki dengan perusahaan dengan lancar.
  • Mampu menganalisi data dan informasi penjualan, hal ini bertujuan agar mampu merancang dan mengeksekusi strategi besar penjualan perusahaan.
  • Memiliki kemampuan time management yang baik, ini tentu saja bertujuan agar setiap rencana dan scheduling terlaksana dengan baik.

Berdasarkan dari penjelasan di atas, Sedulu menjadi tahu bahwa menjadi seorang sales executive adalah pekerjaan yang membanggakan dengan segudang tanggung jawab yang harus diemban. Semoga penjelasan kali ini bisa menambah wawasan Sedulur tentang berbagai pekerjaan yang ada, dan bisa memberi motivasi bagi Sedulur yang ingin mengejar karir di bidang sales dan dunia bisnis.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.