marketing adalah

Marketing adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis, sebagai seorang pebisnis Sedulur wajib tahu segala hal tentang marketing dan strateginya. Terutama yang menjalankan bisnis berkaitan dengan produk yang berhubungan langsung dengan konsumen. Dengan memahami marketing, Sedulur bisa mengetahui seperti apa kondisi yang sedang terjadi di pasar.

Karena marketing adalah bagian penting, tentu saja akan banyak manfaat jika memahaminya dengan baik. Kali ini, kita akan sama-sama membahas terkait marketing, mulai dari definisi, fungsi, jenis dan tujuannya. Pertama-tama kita mulai pembahasan dengan membahas definisi marketing itu sendiri.

BACA JUGA: Personal Branding: Tujuan, Strategi dan Cara Membangun Citra

Apa itu Marketing?

marketing adalah
topbrand-award

Marketing adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Baik dengan cara memproduksi produk dan memberikan harga yang baik, lalu melakukan promoasi kepada konsumen agar terwujudnya transaksi jual-beli antara produsen dan konsumen.

-->

Pengertian lain dari marketing adalah rencana secara rinci yang berisikan tentang bagaimana cara menjual sebuah produk atau jasa (layanan). Marketing mewujud sebagai sebuah strategi yang hadir untuk memastikan bagaimana sebuah produk dan jasa dapat dipasarkan secara efektif kepada satu target pasar tertentu.

Fungsi Marketing

liputan6

Secara garis besar, penjelasan di atas dapat menjadi pengertian dari marketing, dan cukup membuat Sedulur menyadari bahwa marketing adalah hal penting untuk berjalannya bisnis dengan baik. Marketing sendiri memiliki beberapa fungsi yang menjadi dasar untuk menjalankannya, yaitu:

1. Fungsi pertukaran

Marketing juga berfungsi sebagai pertukaran, menukar uang dari konsumen menjadi sebuah produk atau menukar produk yang telah dibeli konsumen kepada produk lainnya. Hal ini bergantung dengan kebijakan dari perusahaan dalam menerapkan strategi marketing. Bagi perusahaan sendiri, marketing adalah hal penting karena berkaitan dengan kenaikan jumlah penjualan produk atau jasa.

2. Fungsi distribusi

Marketing sendiri memainkan peran dalam distribusi atau penyaluran. Cara kerjanya yaitu dengan memindahkan produk dengan mengangkut atau menyimpan produk, hingga kemudian sampai pada tangan konsumen. Marketing juga memainkan peran sebagai penyimpanan, agar ketersediaan pasokan produk bisa terjamin ketika konsumen membutuhkannya.

3. Fungsi perantara

Selain fungsi menyalurkan, marketing juga berperan sebagai perantara. Hal ini terlihat dari sebuah produk yang dibuat oleh produsen, kemudian dipasarkan hingga sampai pada tangan konsumen dalam sebuah proses jual beli. Marketing adalah sebuah sistem yang menghubungkan produsen dan konsumen dalam jaringan transaksi jual beli.

Tugas Seorang Marketing

marketing adalah
goodnewsfromindonesia

Karena marketing adalah hal penting, sebagaimana fungsinya yang telah dijelaskan di atas, maka dari itu marketing juga akan memainkan beberapa tugas yang sangat vital bagi berjalannya sebuah bisnis. Terutama bagi seseorang yang bekerja sebagai seorang marketing. Tugas dari seorang marketing itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Sebagai orang yang pertama kali mengenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat, terutama pada produk-produk baru yang membutuhkan banyak promosi.
  • Bertugas menjadi orang yang menjualkan produk perusahaan kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.
  • Bertugas untuk mencari informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang dijual.
  • Bertugas menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
  • Bertugas menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.

Jenis-Jenis Marketing

iblu-academy

Selain itu, sebagai seorang pengusaha Sedulur juga mesti mengetahui bahwa terdapat beberapa marketing yang dibagi berdasarkan fungsi dan perannya. Berikut ini adalah beberapa jenis marketing yang wajib Sedulur ketahui untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik dan sempurna:

  1. Digital marketing adalah jenis marketing yang dibagi berdasarkan alat yang digunakan. Digital marketing sendiri merupakan teknik pemasaran yang menggunakan saluran digital untuk mempromosikan produk melalui saluran televisi, internet, sosial media dan website.
  2. Multi level marketing adalah teknik pemasaran berjenjang, yang mungkin kita kenal dengan istilah MLM. Strategi ini merupakan strategi yang dianggap paling menguntungkan perusahaan, namun penerapannya di Indonesia mengandung polemik. Karena MLM sendiri dianggap mengandung riba, gharar, dzulm dan maisir yang merukana unsur-unsur haram dalam bisnis Islam.
  3. Affiliate marketing adalah jenis marketing yang dibagi berdasarkan teknik pemasaran. Memungkinan orang lain berafiliasti untuk menjual produk dari perusahaan dan akan mendapatkan reward atas setiap produk yang terjual.
  4. Search Engine Marketing yaitu menjalankan strategi bisnis berdasarkan SEO (Search Engine Optimization) untuk memperoleh traffic dari mesin pencarian. Strategi ini berkaitan dengan konten-konten yang ditulis. Biasanya setiap konten yang ditulis harus memenuhi spesifikasi SEO akan menempati posisi paling atas dalam mesin pencarian. Merupakan cara yang efektif untuk melakukan pengembangan strategi pemasaran produk bisnis kita.
  5. Content marketing merupakan salah satu jenis strategi pemasaran produk baru. Sebagaimana yang telah disinggung di atas, content marketing berkaitan dengan SEO. Ada dua jenis konten yang digunakan, pertama teks kedua visual. Dua konten tersebut akan membuat informasi berkaitan dengan produk yang kita miliki.
  6. Jenis marketing lainnya adalah free shipping, atau fitur bebas biaya atau subsidi ongkos kirim. Untuk melakukan ini, Sedulur sebagai pelaku bisnis harus menentukan anggaran sendiri, menentukan batas maksimum subsidi ongkos kirim, menentukan produk yang mendapatkan fitur free shipping. Keuntungan melakukan strategi ini dapat menarik pelanggan untuk membeli produk kita secara online.

Banyak lagi jenis marketing yang sebenarnya sering digunakan dalam berbisnis, namun jenis-jenis yang dijelaskan di atas merupakan yang paling ampuh dan sering digunakan. Selain jenis-jenis di atas, Sedulur juga perlu mengetahui apa itu 4P dalam marketing. Yuk, mari kita langsung simak ulasannya.

Mengenal 4P Marketing

marketing adalah
kumparan

4P marketing adalah sebuah variabel dalam strategi marketing. 4P marketing juga dikenal dengan nama marketing mix. Marketing mix adalah strategi marketng berdasarkan product, price, place dan promotion. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini penjelasannya:

1. Product (Produk)

Hal penting dalam variabel 4 strategi pemasaran adalah produk. Produk adalah hal pertama yang dipertimbangkan saat berbisnis. Terdapat beberapa elemen produk yang menjadi pertimbangan penting untuk diperhatikan, yaitu fitur, kualitas, merek atau logo, keunikan dan perbedaan dengan produk kompetitor, variasi produk dan pengemasan.

2. Price (Harga)

Setelah produk, variabel dalam strategi pemasaran 4P adalah harga atau price. Harga dan produk harus selaras, karena bagian ini pelanggan akan membandingkan dengan kompetitor. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam harga adalah nilai (value) dari produk atau jasa, perbandingan harga dengan kompetitor, dan harga diskon yang sering diberikan.

3. Place (Tempat)

Selanjutnya adalah tempat, ini merupakan faktor penentu dalam kesukesan sebuah bisnis. Dalam pemasaran, variabel tempat yang harus diperhatikan adalah jenis tempatnya, saluran dan jaringan distribusi, penanganan produk, dan bagian logistik. Jangan lupa juga untuk mempelajari strategi tempat kompetitor.

4. Promotion (Promosi)

Yang terakhir adalah promosi, ini akan meningkatkan brand awareness terkait produk dan bisnis yang kita jalankan. Sebelum menjalankan promosi, kita harus memperhatikan waktu pelaksanaan promosi, media yang digunakan untuk melakukan promosi dan pelajari bagaimana kompetitor melakukan promosi. Lakukan riset dan kesimpulan dari riset bisa memberikan keputusan kapan promosi dapat dilakukan.

BACA JUGA: Berbagai Macam Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui

Manfaat Menerapkan Marketing yang Tepat

ekrut

Dari penjelasan terkait marketing di atas, kita menjadi tahu bahwa banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dalam menerapkan marketing yang tepat untuk bisnis yang kita sedang jalankan dan sedang dibangun. Berikut ini adalah manfaat dari marketing yang dijalankan secara tepat yang bisa Sedulur dapatkan, di antaranya adalah:

  • Tujuan bisnis akan menjadi sesuai dengan target pasar yang akan dicapai.
  • Dapat membantu mengidetifikasi produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen.
  • Membantu kita membuat perencanaan produk yang tepat bagi konsumen.
  • Membantu mengembangkan dan melaksanakan pemasaran yang efektif.
  • Mengetahui kekuatan bisnis yang kita jalankan.
  • Menghindari pembengkakan biaya dalam menjalankan bisnis.
  • Mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan promosi kepada konsumen.

Karier di Dunia Marketing

marketing adalah
maboor.media

Dari penjelasan di atas, pemahaman bahwa marketing adalah hal penting dalam bisnis tentu telah Sedulur miliki. Maka dari itu, berkarir di dunia marketing juga merupakan hal yang sangat menjanjiakan. Setidaknya, saat ini ada empat jenis peran marketing yang digunakan, yaitu digital marketing, media sosial dan konten marketing, dan SEO (Search Enginge Optimization) .

Keempat peran tersebut merupakan peluang bisa Sedulur jalankan dalam dunia marketing. Akan semakin membuat peran marketing adalah yang paling vital dan efektif untuk meningkatkan pemasukan bisnis. Dalam peran-peran tersebut, Sedulur akan menjadi eksekutor yang memastikan bisnis akan tetap optimal.

Selain itu, akan ada jenjang bisnis yang menjanjikan, yaitu menjadi manajer marketing. Jenjang manajer biasanya didapatkan oleh orang dengan pengalaman di atas dua tahun di posisi staf. Di jenjang ini, tugas besarnya adalah membuat konsep, memelihara, dan mengevaluasi strategi. Terdapat juga posisi direktur yang lebih tinggi dari manajer yang bisa mengantarkan karir Sedulur lebih terpandang lagi.

Berdasarkan penjelasan di atas, Sedulur akan paham bahwa marketing adalah hal penting. Semoga dari penjelasan di atas, Sedulur bisa secara perlahan lebih memahami tentang dunia bisnis dan menguasai marketing agar dapat menjalankan usaha yang mendatangkan untung super melimpah.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.