gaji dokter spesialis anak

Profesi yang hampir dicita-citakan oleh banyak anak-anak adalah menjadi seorang dokter, hal tersebut karena pekerjaan dokter sangat mulia. Dapat membantu menyembuhkan penyakit yang diderita. Di antara profesi spesialisasi dokter, yang paling banyak diminati adalah menjadi dokter anak.

Selain karena pekerjaannya yang mulia, juga karena gaji dokter spesialis anak yang tentu saja menjadi pertimbangan. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar gaji dokter spesialis anak dalam penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: Wajib Tau! Ternyata Segini Gaji Dokter Gigi di Indonesia

Mengenal Profesi Dokter Anak

gaji dokter spesialis anak
Unsplash/Online Marketing

Sebelum membahas gaji dokter spesialis anak, tentu alangkah lebih baiknya kita membahas terlebih dahulu profesi dokter anak itu sendiri. Agar Sedulur bisa lebih dekat mengenal profesi ini. Dokter anak merupakan dokter yang memiliki spesialisasi dalam merawat anak-anak, mulai dari usia bayi, hingga remaja.

Umumnya, dokter anak tidak hanya melayani perawatan, melainkan juga mendiagnosis, mengobati berbagai kondisi medis dan permasalahan lain yang dialami oleh anak-anak, hingga mengevaluasi setiap tumbuh kembang anak.

Menjadi dokter anak tentu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Ada kualitas khusus yang harus dimiliki oleh seorang dokter anak. Misalnya, dokter anak harus memiliki belas kasihan dan kesabaran yang tinggi. Sebab, inilah kunci agar dokter anak bisa berkomunikasi dengan baik dengan anak-anak, orang tua, hingga staf layanan kesehatan lainnya.

Seorang dokter anak harus memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah dengan baik. Ini karena berprofesi sebagai dokter anak akan berurusan dengan berbagai macam pengobatan, operasi, hingga perawatan pasien. Yang mana, antara pasien satu dengan lainnya tentu memiliki karakter yang berbeda.

BACA JUGA: Gaji Guru Honorer SD sampai SMA, Dilihat Menurut Undang-Undang

Gaji Dokter Spesialis Anak

surat lamaran kerja perawat di rumah sakit
Unsplash/National Cancer Institute

Setelah lebih dekat mengenal gaji dokter spesialis anak di atas, kita masuk ke pembahasan utama terkait gaji dokter spesialis anak. Melansir dari berbagai sumber, inilah estimasi perkiraan gaji seorang dokter spesialis anak berdasarkan rumah sakitnya:

  • Gaji Dokter anak yang bekerja di rumah sakit umum adalah sebesar Rp19.000.000 hingga Rp30.000.000 per bulan.
  • Dokter anak yang bekerja di rumah sakit swasta memperoleh gaji antara Rp18.000.000 hingga Rp25.000.000 per bulan.
  • Dokter kandungan di rumah sakit memperoleh gaji antara Rp50.000.000 hingga Rp100.000.000 per bulan.
  • Sedangkan untuk Dokter Anak Senior memperoleh gaji antara Rp75.000.000 hingga Rp100.000.000 per bulan.

Tidak jarang juga, ada beberapa dokter yang membuka praktik sekaligus bekerja di dua rumah sakit sekaligus. Tentu, ini bisa menambah gaji yang diperoleh setiap bulannya.

Peran dan Tanggung Jawab Dokter Anak

Seperti profesi lainnya yang memiliki peran dan tanggung jawab, seorang dokter anak atau pediatrik juga memiliki peran dan tanggung jawab yang harus diemban. Berikut ada tujuh peran dan tanggung jawab dokter anak yang perlu Sedulur tahu.

  • Memeriksa anak yang sakit, mulai dari mengumpulkan informasi tentang gejala yang dialami sang anak hingga mengetahui kondisi sang anak
  • Membuat diagnosis berdasar pada data dan riwayat medis
  • Memeriksa bayi secara menyeluruh dan teratur, mulai dari anak baru lahir dan anak kecil untuk mengetahui kesehatan sang bayi sekaligus perkembangan fisiknya secara normal
  • Memberikan vaksin kepada bayi, balita, hingga anak-anak
  • Membuat resep obat untuk anak sesuai dengan penyakit yang diderita
  • Merujuk anak ke dokter dari disiplin ilmu lain, apabila hal tersebut diperlukan
  • Memberitahu orang tua tentang olahraga, diet, dan tindakan pencegahan penyakit yang bisa berdampak kepada anak-anak.

Jika gaji-gaji di atas diakumulasikan secara tahunan, maka rata-rata gaji dokter spesialis anak per tahun bisa mencapai minimal Rp240.000.000. Bahkan ada survei yang mengatakan bahwa gaji tertinggi seorang dokter spesialis anak ini bisa mencapai Rp2.400.000.000.

BACA JUGA: Gaji Profesi Account Payable di Indonesia

Faktor Penyebab Gaji Dokter Anak Berbeda

gaji dokter spesialis anak
Unsplash/CDC

Dari besaran gaji dokter spesialis anak di atas, Sedulur bisa melihat bahwa nominalnya memang berbeda. Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ada faktor pendidikan, faktor  jam terbang, dan faktor tempat/ lokasi bekerja.

  • Faktor pendidikan.  Sebelum resmi dilantik menjadi dokter anak, calon dokter harus menempuh pendidikan yang cukup lama, rumit, dan dengan biaya yang tidak murah.
  • Jam terbang. Gaji dokter anak yang masih junior tentu berbeda dengan gaji dokter anak yang sudah senior. Semakin banyak jam terbang, maka gajinya bisa semakin besar. Bahkan untuk membuka praktik sekalipun antara dokter junior dan senior juga memiliki tarif yang berbeda.
  • Tempat dan lokasi bekerja. Bekerja di klinik, puskesmas, rumah sakit, maupun layanan kesehatan lainnya bisa mempengaruhi besaran gaji yang didapat. Begitu juga dengan lokasi yang memang ada di perkotaan maupun tidak, pasti gaji yang didapat juga berbeda.

Jenjang Karir Dokter Anak

Setelah mengetahui penjelasan lengkap dokter spesialis anak di atas, Sedulur juga perlu mengetahui jenjang kariernya. Berikut jenjang karir dokter spesialis anak seperti dirangkum dari situs Quipper Campus:

  • Sarjana Kedokteran: Sedulur perlu mengikuti pendidikan Ilmu Kedokteran selama 3,5-4 tahun di perguruan tinggi pilihanmu. Setelah lulus, Sedulur dapat menjadi co-ass (co-assistant) atau dokter muda. Di fase ini, Sedulur juga akan lebih tahu letak minat dan kemampuan Sedulur di dunia medis.
  • Profesi kedokteran: Setelah menyelesaikan fase co-ass, Sedulur akan diwisuda lagi untuk mendapatkan gelar Dokter (dr). Sedulur juga harus mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang diselenggarakan oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi Dokter (SKD).
  • Dokter Spesialis 1: Dokter yang melanjutkan pendidikan kembali setelah berhasil menamatkan Sarjana Kedokteran (S. Ked) dan meraih gelar profesi Dokter (dr). Tujuannya untuk mengkhususkan diri dalam suatu bidang ilmu kedokteran tertentu. Ilmu yang nantinya akan dipelajari membahas tentang pediatrik atau dokter spesialis anak.
  • Sub-Spesialis atau Konsultan (Spesialis 2): Dokter spesialis yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Nah itulah penjelasan terkait gaji dokter spesialis anak beserta dengan penjelasan lainnya yang berkaitan dan membuat Sedulur mengenal lebih dekat profesi yang memiliki tujuan dan mulai. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, ya!