Buat kamu yang banyak menggeluti dunia teknologi informasi dan komunikasi atau IT, rasanya tidak akan asing dengan kata developer. Ya, developer adalah orang yang mengetahui bahasa pemrograman dan tugas deveoper adalah mewujudkan desain tentang sebuah produk atau layanan. Karena tugasnya tidak mudah, maka tak heran bila profesi yang satu ini mempunyai gaji yang sangat fantastis.

Gaji developer seperti dikutip dari laman Indeed.com khususnya yang ada di Indonesia, mencapai angka kisaran Rp7.683,037 sampai dengan berkisar Rp10.000.000.00. Meski demikian, gaji tersebut hanya berlaku pada beberapa wilayah saja di Indonesia. Seperti di Batam yang berkisar Rp6,688, 527 sedangkan Jakarta berkisar Rp10.261.729. Nah jika tertarik menggeluti dunia developer, maka berikut simak penjelasan terlebih dahulu tentang profesi di bidang IT ini.

BACA JUGA: Apa Itu VPS, Kenali Pengertian, Fungsi, dan Cara Memilih VPS

1. Apa itu developer?

developer adalah
pixabay

Dunia IT berkembang sangat cepat dan luas sehingga memaksa banyak perusahaan membutuhkan teknologi ini untuk keperluan menunjang usaha dan perkembangan perusahaan. Ada banyak sekali perusahaan nasional dan internasional, yang mana basic-nya sekarang adalah IT.

Di Indonesia kita mengenal adanya perusahaan e-commerece seperti Tokopedia, Shopee, Jdid hingga Zalora, menggunakan sarana IT dalam menjalankan usahanya. Nah, dalam penggunaan IT ini, kamu akan menemukan adanya profesi developer.

Developer adalah seseorang yang mempunyai tugas dalam mewujudkan desain sebuah produk dan layanan, biasanya mengurusi masalah perangkat lunak atau software dan website. Software developer adalah profesi yang ditugaskan untuk membuat produk dengan cara menuliskan baris-baris kode yang rumit menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML dan Python.

Mempunyai kemampuan dalam mendesain, membuat developer dimanfaatkan jasanya dalam upaya membuat aplikasi pada perusahaan. Sehingga banyak orang menyebutnya sebagai developer aplikasi. Developer aplikasi adalah seseorang yang membuat dan menguji sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk perangkat electronic computing.

Selain seorang developer aplikasi, peran lain seorang developer adalah bisa memperbaiki website. Sehingga banyak orang menyebutnya sebagai web developer.

Seorang developer harus sanggup melakukan seluruh pekerjaan dengan prinsip-prinsip implementasi untuk perangkat lunak dan website. Termasuk dalam masalah maintainbility, skalabilitas, ketahanan kerja, keamanan, dan desain.

2. Jenis- jenis developer

developer adalah
Pixabay

 Setelah memahami lebih jelas tentang pengertian developer, maka berikutnya mengetahui jenis-jenis profesi yang satu ini. Ya, ternyata profesi developer masih dipecah lagi menjadi beberapa divisi dan perannya masih seputar dunia IT. Penasaran siapa saja mereka? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Web developer

Jenis developer yang pertama adalah web developer. Web developer adalah seseorang pengembang web yang bekerja untuk merancang, membuat dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi kamu bisa menyimpulkan bahwa profesi ini, memang bergelut dibidang pengembangan web.

Aplikasi developer

Selain web developer, masih ada lagi profesi yang masih berkaitan dengan dunia pengembangan IT. Profesi tersebut dinamakan dengan Aplication Developer atau biasa dinamakan Aplikasi Developer. Developer aplikasi adalah seseorang yang membuat dan menguji suatu aplikasi yang didesain khusus untuk perangkat electronic computing. Electronic computing dalam hal ini adalah smartphone dan tablet. Biasanya seorang app developer mempunyai spesialisasi sendiri. Misalnya app developer yang fokus pada mobile aplikasi ataupun hal spesifik lainnya.

Software developer

Berikutnya ada lagi pengembang untuk perangkat lunak atau biasa dinamakan dengan software developer. Software developer adalah seseorang yang mempunyai tugas dalam membangun dan menciptakan sebuah produk. Mereka melakukan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak.

Etl developer

Berikutnya yang tak kalah penting adalah keberadaan Etl developer. Etl developer adalah spesialis IT yang mempunyai tugas dalam merancang sistem penyimpanan data untuk perusahaan. ETL merupakan singkatan dari Extract, Transform & Load. Yang mana adalah sebuah proses dalam memuat data bisnis ke warehouse atau gudang data.

Itulah beberapa istilah yang harus kamu pahami tentang dunia pengembangan alias developer . Berikutnya adalah kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pengembang. Maka dari itu, kamu bisa menyimak beberapa penjelasan di bawah ini.  

BACA JUGA: Apa Itu WordPress? ini Pengertian, Jenis dan Kegunaannya

3. Kemampuan yang harus dimiliki developer

developer adalah
Pixabay

Setelah kamu memahami apa itu seorang developer, lalu kemudian istilah tentang developer, maka berikutnya mengetahui kemampuan apa saja perlu dimiliki oleh setiap developer di atas. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

  • Web developer harus memiliki kemampuan tentang HTML dan CSS, Java Script, Bahasa Pemrograman, Analytical, SEO- Search Engine Optimization, Graphic Design dan multitasking.
  •  Aplikasi developer harus memiliki pengetahuan: mampu menguasai tools, mengetahui penggunaan dari Android SDK dan dapat bekerja secara
  •  Software developer haru memiliki ketrampilan seperti: struktur dan algoritma, bahasa pemrograman, SLDC (Software Development Life Cycle), problem solving dan
  •  Etl developer harus memiliki: ETL tools, SQL, Paramerterization, Scripting Language, Organization

4. Tugas-tugas developer

developer adalah
Pixabay

Selain harus mengetahui skill yang dibutuhkan oleh setiap masing-masing developer, maka berikutnya tentang tugas-tugas yang harus kamu ketahui. Maka dari itu, kamu bisa menyimak ulasan tentang tugas pengembang di bawah ini.

Front-end Developer

Tugas dari profesi ini adalah menerjemahkan konsep produk ke dalam kode-kode dan bahasa pemrograman. Seorang Front- end Developer setidaknya harus memahami tentang 3 bahasa pemrograman yaitu CSS, HTML dan Javascript. Tidak hanya itu, mereka juga bertugas dalam memastikan sebuah produk apakah tampak bagus dan berfungsi atau tidak.

Back-end Developer

Tugas mereka yang mengisi posisi ini adalah membuat kode serta program yang mendukung  suatu software atau server tentang sebuah situs. Salah satu tugas Back-end Developer adalah memastikan situs mempunyai kecepatan mencukupi supaya SEO (Search Engine Optimization) bisa berfungsi optimal.

Full-stack Developer

Peran terakhir yang harus kamu pahami adalah keberadaan Full-stack Developer. Profesi ini banyak dicari karena punya kemampuan dalam membuat produk yang tidak membutuhkan anggaran besar dalam pembuatannya.

Itulah beberapa tugas yang harus kamu tahu dalam dunia developer. Berikutnya adalah ulasan mengenai kualifikasi yang dibutuhkan untuk kamu yang akan terjun dalam bidang pengembangan website. Untuk itu, mari simak ulasan lengkap di bawah ini.

BACA JUGA: Download Video Instagram (Story, Reels, IGTV) Tanpa Aplikasi

5. Kualifikasi developer

developer adalah
Pixabay

Tidak semua orang bisa menekuni bidang yang satu ini, jika tidak belajar dengan giat. Sebab, menjadi seorang developer perlu memiliki beberapa kualifikasi  yang harus kamu pahami. Lantas apa saja kualifikasi yang dibutuhkan dalam bidang pengembangan website ini, maka dari itu, yuk simak ulasan di bawah ini.

Paham bahasa pemrograman

Ada setidaknya 3 bahasa pemrograman yang harus kamu ketahui sebagai calon developer. Seperti HTML, CSS, dan JavaScript. HTML adalah bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat situs dan aplikasi. Lalu CSS dipakai dalam mendeskripsikan presentasi visual di halaman tersebut, seperti font, warna dan layout.

Libraries dan frameworks: Bootstrap dan jQuery

Kualifikasi yang tak kalah penting adalah mengetahui library dan frameworks yang pada dasarnya dibuat untuk menyederhanakan serta mempercepat pekerjaan kamu dengan HTML, CSS da JavaScript.

Git dan Github

Git adalah sistem kontrol yang bisa melacak semua perubahan pada kode yang sudah dibuat. Sementara Github adalah layanan hosting yang menyimpan repositori Git kamu.

Demikian ulasan mengenai pengertian, tugas, kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkah oleh seorang developer. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kamu yang ingin terjun ke dunia developer website.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.