cemas masuk pertama kerja

Segala hal apapun, jika untuk pertama kalinya akan menimbulkan kecemasan dan kegugupan. Termasuk merasakan cemas masuk kerja pertama. Selain bersemangat mengawali pekerjaan di lingkungan yang baru, ada perasaan takut terkait pekerjaan yang akan dikerjakan.

Sedulur perlu tahu bagaimana cara mengatasi perasaan cemas masuk kerja pertama. Karena dengan mengatasi perasaan tersebut, Sedulur bisa melakukan kinerja secara maksimal dan tidak banyak kesalahan. Untuk itu, kita akan membahasnya bersama dalam artikel ini. Seperti apa tips dan cara mengatasinya? Yuk, kita simak penjelasannya berikut!

BACA JUGA: Cari Lowongan Kerja di Korea Lulusan S1? Ini Pilihan dan Tipsnya!

1. Persiapkan fisik dan mental dengan baik

Unsplash

Cara pertamam mengatasi rasa cemas masuk kerja pertama yaitu dengan mempersiapkan fisik dan mental dengan baik. Persipan fisik dan mental untuk mengatasi gugup di hari pertama kerja adalah dengan menjaga kesehatan dan meyakinkan diri bahwa Sedulur bisa di hari pertama.

Sedulur bisa membayangkan tentang kantor baru, misalnya beban kerja yang cukup berat atau rekan kerja yang toxic pastinya bisa membuatmu semakin khawatir. Namun, jangan sampai pikiran tersebut membuatmu ketakutan sehingga tidak bisa tidur semalaman.

Jika tidur tidak nyenyak tentunya akan membuat fisik dan mental kurang fit. Jadi, hindari pikiran-pikiran negatif yang bisa membuat Sedulur semakin khawatir. Cobalah pikiran apa saja hal baik yang akan terjadi di hari pertama esok.

2. Pahami apa saja tugas dan tanggung jawab

Salah satu kunci untuk mengatasi rasa cemas masuk kerja pertama adalah dengan lebih percaya diri. Jika merasa cemas atau gugup karena akan melakukan suatu pekerjaan yang terbilang sangat baru bagi Sedulur, sebaiknya pahami lagi apa saja tugas dan tanggung jawab Sedulur untuk tujuan agar Sedulur bisa lebih percaya diri.

Coba baca lagi deskripsi pekerjaan Sedulur dan pahami tiap detail dan tugas serta fungsinya. Saat sudah benar-benar paham dengan apa yang harus dilakukan, tentunya Sedulur tidak akan terlalu merasa gugup.

Dengan memahami apa saja tugas di pekerjaan yang baru, tentu akan membuat kita lebih siap bekerja. Hal ini tentu saja bisa jauh membuat Sedulur lebih tenang dan lebih bisa mengatasi rasa cemas.

3. Makan siang bersama rekan kerja

Di hari pertama kerja mungkin Sedulur masih merasa segan jika diajak rekan kerja untuk makan siang bersama. Namun, hal yang satu ini bisa menjadi kesempatan untuk beradaptasi dan menghilangkan rasa gugup saat berada di kantor.

Mungkin awalnya masih terasa agak canggung jika langsung pergi makan bersama. Namun, hal yang satu ini bisa Sedulur jadikan cara untuk mengenal rekan kerja dengan lebih baik. Saat makan siang, Sedulur bisa mencairkan suasana dengan mencoba bertanya hal-hal yang ringan.

Misalnya, rekomendasi tempat makan siang yang murah atau jajanan enak yang ada di dekat kantor. Makan siang bersama rekan kerja juga bisa jadi ajang untuk sosialisasi dengan teman-teman kantor. Sedulur juga bisa mengetahui bagaimana suasana bekerja dan budaya kerja yang ada di kantor baru.

4. Miliki sesuatu yang dinantikan di hari pertama kerja

Memiliki sesuatu yang dinantikan di hari pertama kerja juga bisa menjadi cara untuk mengatasi gugup di hari pertama kerja. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan yang menjelaskan bahwa kita bisa lebih termotivasi di hari pertama kerja jika memiliki hal yang dinantikan.

Misalnya ingin menyelesaikan pekerjaan di hari pertama tepat waktu atau berkenalan dengan teman-teman yang baru. Dengan memiliki suatu hal yang dinantikan, pastinya dapat membantu kita mengurangi perasaan gugup.

Sesuatu yang dinantikan di hari pertama kerja merupakan salah satu motivasi yang akan dicapai yang bisa menghilangkan bahkan menjauhkan rasa cemas. Karena Sedulur akan focus dengan sesuatu yang menjadi tujuan Sedulur di hari pertama

5. Sebisa mungkin mencoba bersosialisasi

Jika ingin memiliki kesan yang baik di hari pertama bekerja, sebaiknya jangan lupa untuk mencoba bersosialisasi. Biasanya akan ada sesi perkenalan dengan rekan kerja di kantor baru. Gunakan kesempatan tersebut untuk bersosialisasi dengan semua orang yang ada di kantor.

Namun, Sedulur juga harus berhati-hati saat bersosialisasi di hari pertama kerja. Jangan sampai Sedulur ngobrol terlalu lama hingga melupakan pekerjaan. Selain itu, jika topik pembicaraan mulai mengarah ke gosip sebaiknya hindari dulu hal itu.

Saat masih baru bekerja cobalah untuk tetap netral dan tidak mudah terpengaruh dengan gosip. Setelah itu, coba hindari juga teman kerja yang suka menggosip agar Sedulur bisa terhindar dari drama kantor.

Ada banyak cara yang bisa Sedulur lakukan untuk bersosialisasi, misalnya dengan ikut makan siang saat waktu istirahat. Atau jangan dulu langsung pulang saat setelah selesai bekerja. Sedulur bisa ikut untuk berbaur dan nongkrong terlebih dahulu.

BACA JUGA: Jadi Pekerjaan Idaman, Intip Berapa Gaji Pegawai Bank Berikut!

6. Sampaikan gaya kerja Sedulur

Asia Internship

Jangan segan untuk menyampaikan gaya kerja Sedulur seperti apa. Jelaskan segalanya dengan jelas, termasuk kepribadian Sedulur. Dengan cara menceritakan gaya kerja Sedulur ke atasan atau rekan kerja, mereka dengan sendirinya sudah bisa menilai profesionalitas Sedulur dalam bekerja.

Atau juga bisa menjelaskan ke atasan atau supervisor Sedulur, jika Sedulur tipe orang yang akan berdiam saja ketika tengah meeting. Atau juga bisa menceritakan sejak awal, jika Sedulur lebih senang bekerja di tempat yang lebih sepi sehingga dengan baik mampu berkonsentrasi.

JIka sudah menyampaikan segalahnya, maka atasan atau pimpinan Sedulur akan memberikan porsi pekerjaan dan peran yang lebih tepat. Sehingga menjalankan tugas dengan baik dan sesuai kemampuan.

Meskipun menjalin pertamanan di kantor sangat penting, namun penting juga untuk tidak terlalu membuka diri. Terutama bagi Sedulur yang memiliki kepribadian tertutup. Meskipun berat dan sulit untuk melakukan pertemanan, namun hal tersebut penting dan harus dicoba paksakan.

Membangun hubungan baik dengan rekan kerja di kantor tentunya sangat membantu Sedulur dalam menjalankan pekerjaan. Di saat mengalami kesulitan, Sedulur  bisa bertukar pikiran atau meminta tolong pada rekan kerja Sedulur.

Maka dari itu, kembali lagi pada konteks pertama bahwa penting untuk menyampaikan gaya kerja Sedulur agar setiap rekan kerja Sedulur tidak salah paham terkait karakter dan kepribadian Sedulur.

7. Jangan lupa cari tempat untuk menyendiri

Penting untuk mencari tempat untuk menyendiri. Rasa cemas atau gugup merupakan rasa tidak nyaman, terutama jika Sedulur merupakan seorang yang introvert. Maka dari itu, penting bagi Sedulur untuk mencari tempat atau daerah untuk menyendiri.

Apalagi jika Sedulur bekerja di perusahaan yang besar dan memiliki ruang kerja banyak, pasti ada saja salah satu sudut atau tempat kosong untuk Sedulur menyendiri. Terkadang bagi orang yang introvert tempat sepi sangat diperlukan sekali. Terutama untuk menenangkan diri.

Nah itulah cara dan tips mengatasi rasa cemas masuk kerja pertama. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, jangan lupa untuk mengikuti tips di atas agar Sedulur bisa sukses menjalani hari pertama di lingkungan pekerjaan yang baru.