kerja di Korea lulusan s1

Mencari lowongan kerja di Korea untuk lulusan S1 tentu menjadi kesempatan menarik bagi banyak orang. Apalagi dengan semakin pesatnya era globalisasi, bekerja di luar negeri sudah menjadi hal yang lumrah. Ada cukup banyak lowongan kerja di Korea lulusan S1 yang bisa jadi tujuan Sedulur semua. Namun, sebelum memutuskan pergi ke Negeri Ginseng, sebaiknya mempelajari dan memahami apa saja yang dibutuhkan.

Korea Selatan sendiri memiliki kemajuan dalam beberapa bidang seperti teknologi, keuangan, hingga kesehatan. Namun, beberapa bidang pekerjaan yang populer dan banyak dicari adalah bidang teknologi informasi, pemasaran, pendidikan, desain dan bahasa asing. Untuk lebih lengkap pembahasan tentang kerja di Korea lulusan S1, mari Sedulur simak dalam ulasan lengkap berikut ini ya!

BACA JUGA: Besaran Gaji Pelayaran di Indonesia Sangat Menggiurkan

Keuntungan kerja di Korea

Business Insider

Ada cukup banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika seorang lulusan S1 bekerja di Korea Selatan. Seperti pengalaman kerja yang lebih matang, tunjangan kehidupan yang memadai, hingga gaji yang cukup tinggi.

-->

Sedulur juga bisa memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir menjadi lebih besar karena lingkungan kerja yang sudah terbentuk dengan baik. Selain itu, Korea Selatan memiliki kultur budaya yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, sehingga bisa memudahkan para pencari kerja di Korea lulusan S1 untuk bisa beradaptasi dengan cepat.

Pilihan kerja di Korea lulusan S1

Asia Internship

Korea Selatan menawarkan banyak pilihan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai bidang. Banyak perusahaan internasional di Korea Selatan membuka pintu bagi pekerja asing yang memiliki keterampilan dan bakat yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Bahkan bagi yang tidak berbicara bahasa Korea secara lancar, beberapa perusahaan global di sana menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kerja.

Dengan komitmen, dedikasi, dan keterampilan yang relevan, setiap orang memiliki kesempatan untuk mengejar karir di Korea Selatan dan mengalami pengalaman hidup dan budaya yang unik. Namun sebagai orang baru di dunia kerja di tempat asing, perlu kita ketahui peluang apa saja yang banyak terbuka untuk bekerja di sana. Berikut ini opsi umum terkait bidang pekerjaan yang bisa Sedulur ikuti.

1. Teknologi informasi

kerja di korea lulusan s1
iStock

Korea Selatan menawarkan banyak kesempatan pekerjaan menarik di bidang teknologi informasi (TI) bagi Sedulur jika ingin kerja di Korea lulusan S1. Negara ini dikenal sebagai salah satu pusat teknologi di dunia dan memiliki industri TI yang berkembang pesat.

Beberapa kesempatan pekerjaan yang tersedia meliputi software engineer, data analyst, network engineer, AI/Machine learning engineer, hingga web developer. Selain itu, banyak perusahaan teknologi global di Korea Selatan, seperti Samsung dan LG, juga membuka kesempatan bagi pekerja asing dengan latar belakang pendidikan yang sesuai.

2. Pendidikan bahasa asing

kerja di korea lulusan s1
iStock

Korea Selatan menawarkan kesempatan pekerjaan menarik di bidang pendidikan bahasa asing bagi Sedulur yang ingin kerja di Korea Lulusan S1. Permintaan untuk pengajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris, cukup tinggi di Korea Selatan karena negara ini semakin berfokus pada pembelajaran bahasa asing untuk berkomunikasi secara global.

Beberapa kesempatan tersebut diantaranya menjadi guru bahasa asing di sekolah dan institute, pengajar bahasa asing di lembaga bahasa, di universitas, hingga di perusahaan. Memiliki sertifikasi pengajaran bahasa asing seperti TOEFL atau TEFL dapat meningkatkan peluang Sedulur untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pengajar bahasa asing di Korea Selatan loh.

3. Pemasaran dan desain

kerja di korea lulusan s1
iStock

Negara ini memiliki industri pemasaran dan desain yang berkembang pesat, dan banyak perusahaan mencari lulusan S1 dengan keterampilan dan bakat yang relevan untuk mengisi posisi penting dalam tim pemasaran dan desain mereka.

Beberapa posisi yang banyak dibutuhkan oleh negara ini adalah digital marketing specialist, graphic designer, UI/UX designer, brand manager, dan content creator. Cocok bukan untuk Sedulur yang sedang mencari kesempatan kerja di Korea Lulusan S1?

4. Guru

kerja di korea lulusan s1
iStock

Menjadi guru di Korea memang menjadi impian banyak orang, terutama lulusan S1. Berkarier sebagai guru di Korea Selatan memang menjadi pekerjaan yang menjanjikan di Korea Selatan.

Untuk tingkat SD alias sekolah dasar saja, gaji kerja di Korea lulusan S1 sebagai guru bisa mencapai 1,13 milyar rupiah per tahunnya. Nilai yang sangat fantastis, bukan? Sebagai negara maju, Korea Selatan memang sangat memuliakan profesi ini karena berpengaruh pada kualitas SDM.

5. Sektor wisata

iStock

Korea Selatan memang memiliki panorama alam yang indah. Hal inilah yang membuat pekerjaan di sektor wisata sangat diminati, terutama lulusan S1 mulai dari tour guide, perhotelan, hingga F&B. Salah satu profesi di sektor wisata yang banyak diminati di Korea Selatan yaitu tour guide.

Selain seru karena bisa travelling gratis, gaji kerja di Korea Selatan lulusan S1 sebagai tour guide sangat menjanjikan yaitu kisaran 60 juta rupiah per bulan. Meski begitu, profesi ini mengharuskan Sedulur untuk bisa fasih berbahasa Inggris, Korea, dan bahasa lainnya sesuai turis yang dipandu.

6. Perikanan

iStock

Kebutuhan ikan di Korea Selatan memang terbilang tinggi. Namun, di Negeri Ginseng tersebut, pendidikan sebagai pelaut masih terbilang minim. Hal inilah yang membuat lowongan di sektor perikanan Korea Selatan sangat dibutuhkan.

Gaji yang ditawarkan untuk profesi pelaut dan sektor perikanan juga terbilang tinggi mencapai 100 juta rupiah per bulan. Sangat fantastis, bukan?

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Kerja Online Langsung Dibayar ke Rekening

Tips bekerja di Korea Selatan

profesional wanita yang percaya diri berdiskusi dengan kolega - kerja di korea potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Mengetahui tips kerja di Korea Lulusan S1 sangat penting karena setiap negara memiliki budaya kerja dan lingkungan bisnis yang berbeda. Berikut ini tips yang bisa Sedulur coba untuk bisa bekerja d Korea Selatan, termasuk tips untuk bisa bertahan di sana jika Sedulur telah terpilih menjadi pekerja di negeri ginseng tersebut.

1. Ikuti Program G to G

Program G to G atau Government to Government ini merupakan kerjasama unggulan dari pemerintah Indonesia dengan pemerintah Korea Selatan yang telah berjalan sejak 2004 dan masih berlanjut hingga sekarang. Berikut ini kriteria calon pekerja yang dicari untuk bisa kerja di Korea Lulusan S1.

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia antara 18 hingga 39 tahun
  • Pendidikan minimal SMP, dengan keutamaan untuk lulusan SMK atau SMA
  • Tidak buta warna dan memiliki surat keterangan dokter yang sah dengan masa berlaku 3 bulan
  • Kondisi jasmani dan rohani yang sehat
  • Tidak pernah terlibat dalam kasus hukum atau menjadi residivis
  • Memiliki rekening pribadi yang masih aktif dan email pribadi yang masih aktif
  • Tidak pernah dideportasi dari negara manapun
  • Pengalaman bekerja atau tinggal di Korea Selatan tidak lebih dari 5 tahun
  • Tidak memiliki kebutuhan khusus, cacat jari, atau amputasi
  • Lulus ujian EPS-TOPIK.

2. Lakukan ujian EPS-TOPIK

EPS-TOPIK adalah merupakan singkatan dari Employment Permit System serta Test Proficiency in Korean. Ujian ini wajib dilakukan berdasarkan perizinan ketenagakerjaan di Korea Selatan. Ujian biasanya menggunakan  point system dan dilaksanakan setiap 3 sampai 4 bulan sekali dalam setahun dengan biaya sebesar 24 USD. Kualifikasi umur untuk mendaftar tes ini mulai dari usia 18 hingga 39 tahun dengan minimal pendidikan terakhir tingkat SMP.

3. Persiapkan kemampuan bahasa Korea

Persyaratan penting untuk bekerja di Korea adalah memiliki kemampuan dan penguasaan bahasa Korea yang baik. Selain mengikuti kursus, Sedulur bisa lebih memantapkan kemampuan Sedulur dengan belajar mandiri. Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya praktik berbicara, menonton film dan mendengarkan musik korea, dan bergabung dengan komunitas Bahasa Korea.

4. Riset tentang budaya di Korea Selatan

Korea Selatan memiliki budaya kerja yang unik dengan nilai-nilai seperti hierarki yang kuat, etika kerja yang ketat, dan kepatuhan terhadap aturan dan tata tertib. Mengetahui dan memahami budaya kerja ini akan membantu Sedulur beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda dan menjadi lebih efektif dalam bekerja.

Selain itu, Sedulur juga bisa mempelajari tentang nilai-nilai penghormatan dan toleransi di Korea Selatan. Hal itu akan membantu Sedulur menghindari perilaku yang tidak pantas atau menyinggung, serta menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

5. Gali informasi tentang alumni

Menggali informasi tentang alumni yang pernah tinggal di Korea Selatan bisa membantu kita beradaptasi di sana. Meski demikian, Sedulur tetap harus berhati-hati dalam melakukan kontak dan berkenalan dengan orang baru. Pastikan sumber informasi ini bisa dipercaya.

Adapun cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mengontak alumni ini adalah dengan menghubungi pusat alumni perguruan tinggi, bergabung dengan grup alumni di media sosial, dan mengunjungi acara atau seminar alumni.

6. Belajar bahasa Korea

Tips penting selanjutnya yaitu belajar bahasa Korea. Bagi Sedulur yang tertarik untuk bekerja di Korea Selatan, tips yang wajib dilakukan adalah belajar bahasa Korea. Sedulur bisa belajar secara otodidak atau melalui kursus bahasa Korea.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan Sedulur dalam berkomunikasi, baik dengan pekerja, atasan, dan masyarakat Korea. Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung, begitu kurang lebih kata pepatah di Indonesia.

Di mana pun berada, harus menghargai tradisi tempat tinggal, salah satunya bahasa. Sedulur yang kerja di Korea, tentu wajib menguasai bahasa Korea.

BACA JUGA: Gaji Kerja di Kapal Pesiar Sampai Milyaran Per Tahun, Tertarik?

Lowongan kerja di luar negeri untuk lulusan SMK/SMA sederajat

iStock

Selain lowongan kerja S1, banyak sekali lowongan kerja di Korea untuk lulusan SMK sederajat. Fasilitas ataupun gaji kerja di korea yang relatif berbeda diberbagai sektor bahkan lokasi yang berada di Korea Selatan. Untuk itu Sedulur juga harus bisa menggali lebih dalam minat serta kemampuan.

Tujuannya agar dapat bekerja dengan mudah sesuai dengan passion-mu serta bidang pekerjaan yang diperlukan oleh negara ginseng ini. Berikut ini beberapa rekomendasi lowongan kerja untuk lulusan SMK/SMA sederajat di Korea:

1. Lowongan kerja di Korea bidang jasa

Pada bidang ini biasanya kita menyebutkan dengan nama “pelayanan” yang dikontribusikan diberbagai perusahaan yang ada di Korea Selatan. Melalui jasa yang kita kontribusikan, rata-rata gaji dari PMI (Pekerja Migran Indonesia) sebesar 4.000 sampai 5.000 Won Korea atau senilai 35 sampai 50 juta lebih dalam bentuk Rupiah setiap bulannya.

Terdapatnya fasilitas asrama atau akomodasi lainnya yang ditanggung oleh perusahaan. Masa kontrak yang cukup lama menjadikan pekerjaan primadona bagi para pencari kerja yang berada di Indonesia. Bidang jasa ini tidak hanya untuk resepsionis hotel saja, namun ada beberapa seperti tour guide pada pelayanan pariwisata, koki restaurant, reparasi alat rumah tangga dan lain sebagainya.

2. Lowongan kerja di bidang manufaktur

Perusahaan yang identik dengan industri atau dikenal sebagai pabrik. Pada perusahaan ini biasanya terkait produksi barang elektronik, makanan, produksi tekstil hingga peralatan mesin ataupun terkait dengan tenaga kerja tertentu.

Untuk rata-rata gaji pun sangat menarik yaitu sesuai dengan UMR Korea Selatan dan jika dikirakan ke dalam rupiah antara 20 – 30 juta ke atas di setiap sebulannya. Pada bidang ini paling banyak diminati oleh warga negara Indonesia dikarenakan banyak juga terdapat fasilitas pendukung lainnya seperti asuransi kesehatan dan macam-macam penunjang kesejahteraan selama tinggal di Korea Selatan.

Itulah pilihan dan tips bekerja di Korea lulusan S1. Dengan mengetahui tips bekerja di Korea Selatan, Sedulur bisa memiliki keunggulan dalam menghadapi tantangan dan kesempatan dalam karir di mana pun berada. Selamat mengaplikasikan tips-tipsnya, semoga bermanfaat!