Notulen rapat merupakan catatan yang yang berisi jalannya suatu rapat. Catatan ini juga berisi apa keputusan suatu rapat dan apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan. Cara membuat notulen rapat sebenarnya mudah, asalkan sesuai dengan format yang sudah ditentukan.

Fungsi notulen rapat adalah memberikan bukti bahwa suatu rapat benar-benar terjadi. Selain itu, catatan yang bersifat ringkas, padat, dan sistematis ini juga bisa dijadikan sebagai alat pengukur kesuksesan suatu rapat maupun pedoman dalam menjalankan keputusan rapat.

Bagaimana cara membuat notulen rapat dan contohnya? Simak informasi berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 8 Contoh Teks MC Berbagai Acara yang Mudah Dipelajari

-->

Notulen rapat adalah

cara membuat notulen rapat
iStock

Notulen rapat merupakan sebuah ringkasan mengenai jalannya suatu rapat, diskusi, seminar, maupun sidang, dari awal hingga akhir, beserta hal-hal yang dibicarakan maupun diputuskan dalam forum. Seseorang yang menulis notulen rapat juga dikenal sebagai notulis. 

Fungsi notulen rapat

Notulen rapat memiliki sifat yang ringkas, padat, dan sistematis. Di dalamnya, harus mencakup keseluruhan pembahasan rapat yang ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dalam waktu yang singkat. Fungsi utama notulen rapat adalah sebagai bukti tertulis yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa suatu rapat telah dilaksanakan, baik sudah mendapatkan kesimpulan maupun belum. 

Fungsi lain dari notulen rapat adalah mengukur kesuksesan suatu rapat. Hal ini dapat dilihat dari hasil suatu rapat yang ditulis oleh notulis dalam notulen. Selain itu, notulen juga digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan hasil keputusan yang sudah diambil dalam rapat.  

BACA JUGA: 10 Contoh Teks Editorial Beserta Pengertian & Strukturnya

Format Notulen Rapat

cara membuat notulen rapat
iStock

Menurut Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia), SOP Penulisan Notulen Rapat harus mengikuti suatu format. Meski standar format bisa saja berbeda di setiap instansi atau lembaga, namun secara umum notulen harus ditulis pada kertas berukuran A4 dengan jenis font yang bersifat resmi dan disertai kop pada bagian atasnya. 

Beberapa Isi yang harus ada dalam setiap notulen, antara lain:

1. Judul

Notulen secara umum diawali dengan judul. Hal ini berfungsi untuk menerangkan jenis rapat apa yang telah dilaksanakan. Misalnya Rapat Internal Tim Kreatif dan Rapat Perwakilan Komisi. 

2. Nama peserta rapat

Sebisa mungkin notulen juga mencakup nama peserta yang hadir dalam suatu rapat, sekaligus mencatat apa yang mereka sampaikan.

3. Notula

Notula atau disebut juga notulis merupakan nama peserta rapat yang bertugas menulis notulen. Nama notula ini harus dicantumkan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan bukti apabila pada suatu hari terjadi masalah dalam pelaksanaan keputusan rapat.

4. Keterangan waktu

Dalam notulen juga harus memuat keterangan waktu yang jelas. Keterangan ini berisi keterangan hari, tanggal, dan jam bila diperlukan. 

5. Lokasi rapat

Notula juga harus menuliskan lokasi terjadinya rapat. Bila rapat dilaksanakan secara daring, maka dapat ditulis berdasarkan aplikasi virtual meeting yang digunakan. 

6. Agenda

Di dalam notulen juga harus memuat poin-poin utama yang disampaikan dalam rapat atau dikenal sebagai agenda.

7. Hasil rapat

Bagian terpenting dalam notulen adalah hasil rapat. Hasil inilah yang digunakan sebagai dokumentasi tertulis atau terekam. Hasil ini terdiri atas semua hal yang dibicarakan selama rapat, sekaligus nama peserta yang terlibat dalam sesi tanya jawab atau diskusi. 

8. Kesimpulan

Selain hasil, notulen juga harus mencakup kesimpulan yang merupakan gagasan yang tercapai pada akhir pembahasan suatu rapat. Kesimpulan dapat ditulis dalam poin-poin singkat, padat, jelas, dan bisa mencakup semua hasil rapat. 

9. Follow Up dan Person in Charge (PIC)

Notulen juga dapat dilengkapi dengan poin-poin follow up atau hal-hal yang harus ditindaklanjuti setelah rapat. Selain itu, pihak-pihak yang bertanggung jawab atas pelaksanaan rapat atau PIC juga bisa disertakan. 

10. Penerima Notulen

Notulen juga memuat nama penerima notulen rapat. Penerima ini bertindak sebagai pihak yang harus mengetahui hasil rapat tersebut.

BACA JUGA: Contoh Teks Pidato Hari Pahlawan Singkat dan Jelas

Cara dan tips membuat notulen rapat

cara membuat notulen rapat
iStock

Ada beberapa cara dalam membuat notulen rapat. Berikut adalah ulasan singkatnya.

1. Lakukan persiapan

Sebelum menulis notulen, pastikan Sedulur sudah melakukan persiapan. Mengetahui agenda rapat yang akan dibahas lebih dulu akan membuat notulen rapat menjadi lebih efektif. Selanjutnya, Sedulur bisa mulai menyiapkan alat tulis, buku, atau laptop yang akan digunakan selama membuat notulen rapat. 

Bila diperlukan, Sedulur juga bisa menyiapkan alat perekam suara. Selain digunakan untuk mencatat materi yang terlewat, rekaman suara juga dapat digunakan sebagai rujukan atau klarifikasi terhadap detail informasi dalam rapat. 

2. Catat siapa saja yang hadir 

Saat menulis notulen, jangan sampai Sedulur melewatkan untuk mencatat siapa saja peserta yang hadir dalam rapat ya. Catat juga peserta yang sudah diundang namun berhalangan hadir.

3. Tuliskan poin-poin penting selama rapat

Meski bertugas untuk membuat catatan terhadap jalannya rapat, Sedulur tidak perlu menuliskan semua hal yang terjadi secara detail. Cukup fokus pada percakapan yang berlangsung dan jadikan poin-poin penting. Misalnya, apa yang dibahas, apa yang diputuskan, apa yang dicapai, dan apa langkah atau tindakan selanjutnya.

Bila dalam rapat juga terjadi debat dan diskusi, Sedulur juga bisa menuliskan perspektif peserta secara ringkas dan menuliskan hasil keputusan rapat. Mencatat siapa dan bagaimana keputusan diambil juga bisa dilakukan bila diperlukan. 

4. Bedakan antara fakta dan opini

Sebagai notulis yang cerdas, Sedulur harus bisa membedakan antara fakta dan opini yang ada dalam bahasan rapat. Hanya tuliskan fakta pada notulen agar hasilnya menjadi lebih jelas dan sederhana sesuai dengan sifat notulen yang ringkas dan sistematis. 

5. Buat langkah-langkah selanjutnya secara rinci

Selanjutnya, Sedulur bisa mulai membuat langkah-langkah secara rinci mengenai tindakan apa yang akan diambil setelah rapat selesai. Misalnya, menuliskan siapa saja yang bertanggung jawab untuk setiap tindakan yang diambil, apa saja sumber daya yang dibutuhkan, hingga kapan suatu aksi akan dimulai dan berakhir.

6. Lakukan pengecekan terakhir kali 

Setelah menulis notulen, Sedulur bisa melakukan review terhadap poin penting yang sudah ditulis. Bila memang diperlukan, Sedulur dapat membuat suatu klasifikasi maupun penyesuaian. Terpenting adalah Sedulur sudah menuliskan dengan jelas terkait semua putusan, kegiatan, atau mosi.

7. Kirimkan segera

Bila semua sudah jelas dan tepat, segera kirimkan hasil notulen rapat tersebut kepada semua peserta rapat, baik yang hadir atau berhalangan hadir. Semakin cepat Sedulur mengirimkannya, maka akan semakin baik. Hal ini karena ingatan akan kegiatan masih segar dan jelas, sehingga bila ada penyesuaian bisa dilakukan dengan cepat. 

Nah, agar dapat membuat notulen rapat secara efektif, Sedulur bisa mencoba untuk menerapkan beberapa tips berikut ini.

Mulailah dengan action review

Bila ingin hasil notulen rapat yang efisien, Sedulur bisa memulai dengan meninjau action review dari rapat sebelumnya. Tuliskan ringkasan tersebut sebelum rapat dimulai agar Sedulur bisa membandingkan kemajuan atau perubahan yang telah dilakukan. Cara ini juga bisa menghemat waktu karena Sedulur bisa langsung menandai perkembangan action plan dari rapat sebelumnya. 

Coba gunakan tabel

Agar lebih mudah, Sedulur bisa menggunakan format tabel  sebagai cara membuat notulen rapat. Mudahnya, buat tabel yang terdiri dari tiga kolom, yaitu item, ringkasan diskusi, dan action owner. Dengan demikian, Sedulur bisa langsung memasukkan poin-poin penting pada rapat ke dalam kolom tersebut. Bila sudah, hasilnya baru akan diubah menjadi teks notulen yang sebenarnya. 

Coba gunakan template

Bila sebelumnya sudah ada template yang digunakan untuk notulen rapat, maka jadikan itu sebagai acuan. Bila tidak, Sedulur bisa membuat template sendiri dengan mengambil referensi dari template di internet. Cara ini akan sangat mempermudah penulisan notulen rapat. 

BACA JUGA: 8 Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Ciri dan Strukturnya

Contoh notulen rapat

Berikut adalah beberapa contoh notulen rapat yang bisa Sedulur jadikan referensi.

1. Contoh notulen rapat koordinasi

cara membuat notulen rapat
iStock

Notulen Rapat Program Kerja Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Pintar

Hari/tanggal : Rabu, 17 Maret 2021

Waktu : 09.30 WIB – 11.45 WIB

Tempat : Ruang 44 lantai 4 Fakultas Bahasa dan Sastra

Pemimpin Rapat : Irfan Sailendra

Jumlah Peserta : 55 Orang

Materi Rapat : Penetapan Tanggal Program Kerja Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Pintar

Universitas Pintar

Hasil Keputusan Rapat :

Penetapan Penanggalan

Kaderisasi tahap pertama akan dimulai tanggal 11 Agustus 2021 bersamaan dengan masa orientasi kampus.

  • Kaderisasi tahap kedua akan dimulai pada tanggal 18 Agustus 2021.
  • Kaderisasi tahap ketiga dimulai tanggal 11 September 2021.
  • Kaderisasi tahap keempat dimulai pada tanggal 16 Oktober 2021.
  • Kaderisasi tahap terakhir dimulai pada tanggal 13 November 2021.

Notulis

Dini Rahmayanti

2. Contoh notulen rapat kantor pemerintah

cara membuat notulen rapat
iStock

NOTULEN RAPAT VAKSINASI VIRUS COVID-19

Kepada Yth: Agung (Ketua Camat)

Dari: Andika (Wakil Camat)

Hal: Rapat Mingguan

Hari/Tanggal: Kamis, 04 November 2021

Waktu: 13.00 – 15.00

Tempat: Ruang Serbaguna Lt 2

Acara: Koordinasi evaluasi vaksinasi virus Covid-19

 

Undangan:

Kasudin Kesmas Bandung

Para Camat Bandung

Para Lurah Bandung

Pimpinan Rapat: KA Dinas Kesmas Bandung

Kesimpulan Rapat:

Dengan ini disimpulkan jika hasil kegiatan berdasarkan undangan dari Pemerintah Bandung sebagai berikut:

Acara dibuka oleh Sekda Bandung dan kemudian dilanjutkan dengan arahan

Penyampaian Materi:

Koordinasi evaluasi terkait kegiatan vaksinasi di Bandung oleh Kepala Biro Bintal serta Kesmas

Strategi guna antisipasi meningkatnya kasus Covid-19 oleh Depkes

Demikian laporan ini disusun untuk dijadikan sebagai bahan bapak lebih lanjut.

 

Bandung, 04 November 2021

Peserta Rapat,

Wakil Camat

(Andika)

NIP: 000xxx234

Tembusan:

Kasi Pemberdayaan Masyarakat

3. Contoh notulen rapat perusahaan

cara membuat notulen rapat
iStock

Notulensi Rapat Ulang Tahun Perusahaan

Hari/Tanggal : Senin, 11 Juli 2021

Waktu : 17.00 – 18.00 WIB

Tempat : Kantor PT RUFU

Agenda Rapat : Pembahasan mengenai ulang tahun perusahaan

Pemimpin Rapat : Isnaini Ikhlas selaku CEO dari PT RUFU

Notulis : Lika Andian

Kegiatan :

  • Pembukaan pemimpin rapat
  • Sambutan CEO
  • Pembentukan panitia ulang tahun perusahaan

Keputusan Rapat :

Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2021, telah dilaksanakan rapat mengenai pembentukan panitia ulang tahun PT RUFU yang akan diadakan pada pertengahan bulan Oktober. Maka terbentuk penetapan panitia sebagai berikut.

Ketua pelaksana : Tirta Maldini

Sekretaris : Yulia Kartika

Bendahara : Afwa Hasnani

Acara : Bagus Sartono

Humas : Indri Kartina

Perlengkapan : Mandra Ardani

Konsumsi : Julika Kastina

4. Contoh notulen rapat organisasi

cara membuat notulen rapat
iStock

Notulen Hasil Rapat

Perencanaan Bakti Sosial Acrux Community

Hari, tanggal: Selasa, 27 April 2021

Waktu: 13.00 WIB

Tempat: Cafe HERM, Bandung

Hadir: Ketua asosiasi, sekretaris asosiasi, bendahara asosiasi, ketua pelaksana bakti sosial, seksi penggalangan dana, seksi logistik dan perizinan, seksi acara, seksi konsumsi, seksi dokumentasi, seksi transportasi, seksi humas, dan liaison officer (LO).

Ketidakhadiran: nihil

Pimpinan rapat: ketua asosiasi

Notulen: sekretaris asosiasi

Acara: perencanaan bakti sosial di Kampung Cimekar

 

Keputusan-Keputusan:

Bakti Sosial akan diadakan pada hari Kamis, 4 November 2021 di Kampung Cimekar.

Penggalangan dana akan dilakukan dengan menjual merchandise, sosialisasi melalui media sosial, dan juga penggalangan dana dari sponsorship.

Bakti Sosial dilakukan selama tiga hari. Hari pertama adalah pentas seni dan kelas sains, hari kedua membawa anak-anak bertamasya ke Perpustakaan Daerah, dan hari ketiga adalah syukuran serta penyerahan dana hibah bagi Kampung Cimekar.

Penutup: Rapat ditutup pada hari Selasa, 27 April 2021 pada jam 15.30 WIB. Rapat selanjutnya akan membahas dana yang telah terkumpul pada hari Selasa, 4 Mei 2021 pukul 13.00 WIB di Cafe HERM Bandung.

Demikian notulen hasil kesimpulan rapat bakti sosial Acrux Community dilaporkan.

 

Bandung, 27 April 2021

Ketua Acrux Community Bandung Sekretaris Acrux Community Bandung

Guma Rezki

BACA JUGA: Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dan Strukturnya

5. Contoh notulen rapat desa

cara membuat notulen rapat
iStock

Notulen Rapat Desa Cirata

Hari/tanggal : Rabu, 22 September 2021

Waktu : 17.00 WIB – 19.00 WIB

Tempat : Gedung Serba Guna Desa Cirata

Pemimpin Rapat : Emi Hafiz

Jumlah Peserta : 10 Orang

Materi Rapat : Penetapan Lomba Rukun Tetangga (RT) Paling Bersih di Desa Cirata

Kegiatan Pembukaan :

  • Dibuka oleh ketua pelaksana lomba RT paling bersih.
  • Sambutan dari Kepala Desa Cirata

Hasil Keputusan Rapat :

Pada rapat yang telah dilaksanakan pada Rabu, 22 September 2021, telah diputuskan pemenang lomba Rukun Tetangga (RT) paling bersih di Desa Cirata adalah Rukun Tetangga (RT) 04 dengan perolehan nilai 150, penghargaan akan diberikan pada hari Senin, 27 September 2021.

Pemimpin Rapat, Emi Hafiz    

Notulis, Asri Jamayanti

6. Contoh notulen rapat diskusi online

cara membuat notulen rapat
iStock

Notulensi Diskusi Online “Tips dan Trik Interview Kerja”

Hari/Tanggal: Selasa, 12 Oktober 2021

Tempat: Online via Zoom Meeting

Waktu: 19.30 WIB

Pembicara: Adinda Dandira

 

Biodata Pembicara

Pekerjaan: Perusahaan Food & Beverages bernama PT Enak Makan

Pendidikan: Lulusan Psikolog – Universitas Negeri, mengambil Master of Psychology di Hull University, Inggris.

Pengalaman : Head of HRD PT Enak Makan

Isi Diskusi:

  • Supaya lolos interview kerja, ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya adalah.
  • Selalu jawab jujur pertanyaan yang ditanyakan.
  • Jika ditanya tentang kekurangan diri, selalu berikan solusi tentang bagaimana mengatasinya.
  • Apabila tidak lolos setelah interview, jangan bersedih hati dan fokus kembangkan diri.

Kesimpulan: 

  • Interview kerja adalah proses yang dipenuhi trial and error. Tetapi, dengan beberapa tips dan trik, kemungkinan lolos tahap interview semakin besar.

 

Notulis: Ita

7. Contoh notulen rapat tinjauan manajemen

cara membuat notulen rapat
iStock

Notulen Rapat Tinjauan Manajemen

Hari/tanggal : Rabu, 8 September 2021

Pembukaan

Arahan CEO

Pembahasan hasil audit internal

Penutup

Arahan CEO:

  • Rapat tinjauan manajemen dilakukan per periode, dan harus ada peningkatan dari sebelumnya.
  • Hasil dari audit internal harus ada evaluasi dan tindak lanjut
  • Audit internal dilakukan untuk melihat kegiatan perbaikan selama 6 bulan
  • Jika ada kendala dalam rapat tinjauan manajemen, telusuri permasalahannya. Cari solusi lain jika permasalahan tidak bisa ditangani.
  • Temuan hasil audit dari tim auditor harus ditangani secepatnya setelah rapat tinjauan manajemen.

Pembahasan audit internal:

  • Dari hasil temuan, seluruh ruangan yang dibutuhkan dalam kantor telah tersedia dan dalam kondisi bagus.
  • Kepatuhan pekerja terhadap SOP pada bulan September 2021 adalah sebesar 95%.
  • Kepuasan pelanggan terhadap produk yang dihasilkan berada di angka 87%.

Penutup:

  • Kepuasan pelanggan masih bisa ditingkatkan lagi. Pelayanan seperti customer service dan kemudahan menghubungi perusahaan jika ada masalah harus lebih baik lagi.

Notulis: Indah

8. Contoh notulen seminar

cara membuat notulen rapat
iStock

Notulen Seminar Personal Branding

Tema seminar: Personal Branding untuk Keberlangsungan Karier

Hari/Tanggal: Jumat, 13 Oktober 2021

Waktu: 15.00 – 17.00 WIB

Tempat: Zoom (online)

 

Notulensi Seminar:

Personal branding adalah sebuah hal yang penting bagi setiap orang demi keberlangsungan kariernya. Dengan personal branding yang baik, maka seseorang akan memiliki nilai plus di mata perusahaan dan lingkungan sekitarnya.

 

Notulis 

Andini Putri

BACA JUGA: Contoh Teks yang dibacakan Moderator Presentasi, Wajib Tahu!

9. Contoh notulen rapat RT

iStock

Notulen Rapat RT 03 RW 11

Kelurahan Cibeureum

Kota Cimahi

Hari/tanggal: Sabtu, 08 Juli 2021

Waktu: 19.00 – 21.00 WIB

Tempat: Kediaman Ketua RT 03 RW 11, Indra

Pemimpin Rapat: Haris

Total Peserta: 20 orang

Bahasan Rapat: Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Tahun 2021

Kegiatan Pembukaan:

  • Dibuka oleh Haris
  • Sambutan oleh Ketua RT 03 RW 11, Indra

 

Hasil Rapat:

Untuk memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia Tahun 2021, maka akan diselenggarakan serangkaian acara yang akan dimulai di tanggal 16 Agustus 2021 hingga 19 Agustus 2021 dengan rincian kegiatan sebagai berikut:

  • Tanggal 16 Agustus 2021: Acara lomba untuk anak-anak di siang hari
  • Tanggal 17 Agustus 2021: Upacara bendera
  • Tanggal 18 Agustus 2021: Acara lomba untuk remaja & orang dewasa
  • Tanggal 19 Agustus 2021: Bazaar dan lomba tumpeng

Yang akan diurus oleh kepanitiaan dengan susunan sebagai berikut:

 

Ketua pelaksana: Roni

Sekretaris: Lisa Handayani

Bendahara: Anisa Kartika

Koordinator seksi acara: Bayu Asnawi

Koordinator humas: Alma Kartina

Koordinator seksi kebersihan: Usman Karim

Koordinator seksi konsumsi: Alfan Kintan

Koordinator seksi perlengkapan: Mustawan

Kegiatan ditutup oleh Haris sebagai pemimpin rapat pukul 21.00 WIB

 

Pemimpin Rapat, Notulis,

Haris. Asri.

10. Contoh notulen rapat sekolah

cara membuat notulen rapat
iStock

SMA Negeri 15 Bandung

Jalan Sarimanis I, Bandung

Telp. (022) 35xxxxxx

NOTULEN RAPAT

Hari/Tanggal: Kamis, 11 Februari 2021

Waktu: 10.00 – 11.30 WIB

Tempat: Ruang Guru SMA Negeri 15 Bandung

Pemimpin Rapat: Hilman Ahsan

Jumlah Peserta: 30 orang

Materi Rapat: Penetapan Tanggal Ujian Akhir Semester Genap

 

Kegiatan Pembukaan:

  • Rapat dibuka oleh Hilman Ahsan
  • Sambutan dari Kepala Sekolah

Hasil Keputusan Rapat:

Berdasarkan rapat yang sudah dilaksanakan pada Kamis, 11 Februari 2021 maka ditetapkan tanggal Ujian Akhir Semester Genap pada tanggal 29 Maret 2021. Di mana ujian tersebut akan diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 15 Bandung.

 

Pemimpin Rapat,                                   Notulis,

         ttd.                                                       ttd.

Hilman Ahsan                                    Fitriani Kasandra

11. Contoh notulen rapat dinas

cara membuat notulen rapat
iStock

PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

DINAS PENDIDIKAN

CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH KABUPATEN BANDUNG

 

NOTULEN RAPAT

Nama Rapat:  Rapat Dinas

Hari, tanggal:  Rabu, 17 Maret 2021

Waktu:  09.30 – 11.30 WIB

Tempat:  Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bandung

Acara:  Membahas mengenai Hari Pendidikan Nasional 2021

Pemimpin Rapat: Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bandung

Notulis: Listya Sakina, S.Pd

Hasil Rapat: SMA/ SMK Negeri/ Swasta ikut serta merayakan Hari Pendidikan Nasional 2021 dengan ikut serta dalam:

  • Lomba debat
  • Lomba pentas teater antar SMA/SMK di Kabupaten Bandung
  • Lomba menulis esai dengan tema pendidikan antar SMA/SMK di Kabupaten Bandung

 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bandung

 

Ikhsan Karim, S.Pd, M.Pd

Penata Tk. I

NIP.3248134

12. Contoh notulen rapat tim creative

cara membuat notulen rapat
iStock

Notulen Rapat Tim Creative PT Krakatau Indonesia Oktober 2021

Tanggal: 16 Oktober 2021

Waktu: 14.00 WIB – 16.00 WIB

Tempat: Ruang Rapat 1 PT Krakatau Indonesia di Jl. Sutrapada 22, Bandung

Tujuan Pembahasan: Penentuan Design Language di Tahun 2022

Anggota yang Hadir: Asih (Head of Creative Team), Kiki (Creative Designer), Ania (Creative Designer), Lala (Head of Marketing), Astian (Copywriter)

Pembahasan:

  • Mengevaluasi design language di tahun 2021.
  • Menentukan output kreatif apa saja yang akan ditunjukkan di tahun 2022.

Hasil Keputusan:

  • Primary color yang akan selalu ada dalam desain adalah warna kuning, merah, dan biru.
  • Output yang akan dihasilkan adalah infografis dan video pendek.
  • Bekerja sama dengan tim marketing untuk membuat desain yang menarik minat audiens.

Notulis: Kayla

Demikian informasi terkait contoh notulen rapat beserta cara membuatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur sekalian yang sedang atau akan mendapatkan tanggung jawab sebagai notulis pada rapat-rapat di tempat masing-masing. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.