pidato hari pahlawan

Mengingat tanggal 10 November 2022 merupakan peringatan Hari Pahlawan Nasional, akan ada perayaan upacara di hari penting tersebut. Bagi Sedulur yang akan berpidato di Hari Pahlawan, tentu membutuhkan rekomendasi pidato Hari Pahlawan.

Dalam kesempatan kali ini, akan disampaikan beberapa rekomendasi pidato Hari Pahlawan yang bisa dibacakan. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak daftar rekomendasi pidato di Hari Pahlawan di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Contoh Pidato Maulid Nabi Singkat untuk Inspirasi Ceramah!

1. Pidato Hari Pahlawan 1

pidato hari pahlawan
iStock

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera. Yang terhormat Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang saya banggakan.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt., karena atas kuasanya, beliau memberikan nikmat sehat hingga kita semua bisa berkumpul di sini.

Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November, di mana momen ini bisa kita manfaatkan untuk mengenang jasa-jasa para pejuang pendiri Republik Indonesia.

Mereka yang turun dalam Pertempuran Surabaya adalah perintis kemerdekaan yang mengorbankan segalanya demi negara yang merdeka, bebas dari belenggu para penjajah.

Mengingat besarnya jasa para pejuang, kini tugas kita adalah mengisi kemerdekaan dengan berkarya, berprestasi agar tak ada tiap tetesan darah yang terbuang percuma.

Teman-teman saudara, sebangsa dan setanah air, kita harus bersatu sesama rakyat Indonesia, tak boleh saling benci atau mengadu domba.

Perbedaan suku, agama, ras, dan golongan kita jadikan sebagai pengikat agar kita semakin kuat, bersatu dalam satu negara, Republik Indonesia.

Rekan yang berbahagia, perjuangan kita saat ini mungkin berbeda dengan zaman dahulu ketika menghadapi penjajah, tapi semangatnya tak boleh ikut dibedakan mengingat kemerdekaan sudah diraih.

Peringatan Hari Pahlawan ini bisa menjadi renungan untuk kita semua agar terus melanjutkan perjuangan mereka, para pahlawan di Pertempuran Surabaya tahun 1945.

Di era yang semakin maju mari kita bisa jadi pahlawan untuk diri sendiri juga menjadi pahlawan untuk keluarga, orang tua dan masyarakat. Sudah saatnya generasi muda menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dengan cara masing-masing.

Demikian pidato singkat ini, semoga kita semua bisa meneledani perjuangan para pahlawan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya dan hohon dimaafkan jika ada kesalahan kata.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

2. Pidato Hari Pahlawan 2

iStock

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan berkah serta rahmat-Nya kepada kita semua yang hadir di ruangan ini.

Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah,

Yang saya hormati guru-guru,

Serta teman-teman dan adik-adik yang saya sayangi dan saya banggakan.

Tak lupa pula selawat serta salam selalu kita haturkan kepada nabi besar kita Nabi Muhammad SAW yang selalu kita harapkan syafaatnya di yaumil akhir.

Pada pagi yang cerah ini kita masih diberikan usia yang panjang untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat. Selain itu, pada hari ini 10 November bertepatan dengan Hari Pahlawan. Pada hari Pahlawan ini merupakan hari yang bersejarah, tidak hanya bagi kita sebagai masyarakat, tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia. Pada hari yang baik ini, marilah kita menengok kembali sejarah perjuangan para pahlawan kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa kemerdekaan bangsa kita tidak didapat dari hasil pemberian, melainkan perjuangan. Apakah kalian masih mengingat berapa lama kita hidup di bawah tekanan penjajahan Jepang dan Belanda? Itu saja sudah cukup mengingatkan kita betapa berat penderitaan bangsa Indonesia pada zaman penjajahan.

Sekarang mari kita bayangkan, dalam kurun waktu yang sangat lama jika tidak ada para pahlawan yang rela mengorbankan pikiran, tenaga, harta, serta nyawa mereka, apakah bangsa kita ini akan menghirup aroma kebebasan dan merasakan kemerdekaan yang mutlak seperti hari ini? Mereka melawan para penjajah dengan berbagai cara, dari bergerilya hingga yang terang-terangan. Setelah semua yang telah kita ketahui mengenai perjuangan para pahlawan kita, apakah yang hendak kita lakukan?

Bersyukurlah karena hal tersebut sudah lebih dulu dilakukan oleh pemerintah kita dengan menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan. Tugas kita kini adalah menjaga bangsa ini agar tidak lagi mengalami penjajahan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, menjaga persatuan dan kesatuan serta kedaulatan bangsa kita. Tak lupa pula untuk selalu menyertakan doa untuk para pahlawan kita agar arwahnya diterima di sisi-Nya.

Sebelum saya menutup pidato ini, marilah kita teriakkan dengan segenap jiwa raga kita ‘Merdeka…!’

Semoga bangsa kita ini senantiasa dikaruniai kemerdekaan yang abadi dan kita semua selalu dalam lindungannya. Aamiin..

Sekian pidato saya, maaf atas segala kekurangan dan kepada Allah saya mohon ampun.

Wassalamualaikum Wr.Wb

3. Pidato Hari Pahlawan 3

pidato hari pahlawan
iStock

Assalammualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi

Yang Terhormat kepada Bapak Kepala Sekolah serta Bapak Ibu Guru dan teman teman sekalian yang saya sayangi.

Pertama tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam peringatan Hari Pahlawan Nasional Indonesia dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa juga selawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia.

Hari Pahlawan adalah peristiwa sejarah pertempuran Indonesia yang terjadi pada 10 November 1945. Peristiwa ini diperingati untuk mengenang kembali jasa pahlawan kita. Pahlawan Indonesia telah berjuang mempertaruhkan jiwa, raga serta hartanya untuk kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang sangat tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup di bawah penindasan penjajah.

Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Hal lain yang perlu teladani yaitu kita sebagai generasi muda harus tangguh seperti pahlawan kita yang tangguh untuk menggapai cita-cita mereka. Mereka mau belajar untuk mecapai cita-cita mereka. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat, tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Namun, mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka.

Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani juga.

Sudah saatnya sebagai generasi muda dikenalkan kembali kepada nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur dan tidak berarti lagi. Dengan mengenal para pahlawan, kita akan diajarkan untuk membangun kembali sikap kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme. Lihatlah mereka yang telah berhasil, mereka telah menunjukkan bahwa cita-cita mereka bukan hal yang mustahil.

Teman-teman sekalian,

Semoga pidato ini dapat membuat kita lebih tangguh dan semangat untuk menjadi penerus bangsa kita. Berjalan selaras untuk meneruskan perjuangan para pahlawan mencapai cita–cita bangsa, yaitu Indonesia yang lebih baik ke depannya.

Kita sebagai generasi penerus harus senantiasa mendoakan arwah para pahlawan agar diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Semoga bangsa ini senantiasa dalam lindungan-Nya, tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. Amiin.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan saya mohon maaf.

Wassalamuallaikum Wr. Wb

Sekali merdeka, tetap merdeka!

BACA JUGA: 40 Contoh Pantun Penutup Pidato yang Menarik dan Berkesan

4. Pidato Hari Pahlawan 4

iStock

Assalamu’alaykum Warahmatullah

Salam sehat, dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Pimpinan/Ketua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Tamu Undangan

Pertama dan di atas segalanya marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat tiada putus kepada kita semua.

Shalawat dan salam mari kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta para tamu undangan yang berbahagia;

Pada tahun 2022 ini, kita kembali diajak untuk singgah di momentum bersejarah bernama Hari Pahlawan Nasional, tepatnya pada 10 November Tahun 2022.

Jikalau kita melihat-lihat postingan, gambar, quotes, hingga twibbon bertema Hari Pahlawan, maka tampaklah oleh kita ada gambar bendera, bambu runcing, hingga kepalan tangan.

Apa makna dari semua itu? Maknanya tiada lain ialah; bahwa pahlawan itu identik dengan perjuangan. Namun pada tahun 2022 di era pandemi ini, pemerintah mengambil tema “Pahlawanku Inspirasiku”.

Dilihat dari judul tema, termaktub makna bahwa sejatinya peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022 bukan lagi sekadar mengulang kisah tentang pertempuran Surabaya 10 November 1945 melainkan juga mengajak kita semua untuk memetik inspirasi dari para pahlawan negeri.

Inspirasi yang dimaksud adalah nilai-nilai perjuangan, karya, teladan, hingga karsa para pahlawan. Misalnya dari jati diri seorang pahlawan itu sendiri.

Saudara-saudari yang berbahagia, tahukah kita siapa yang dimaksud dengan pahlawan itu?

Pahlawan tiada lain ialah orang yang rela mengorbankan kenyamanan dan kesenangan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti yang ia rasakan.

Bila kita sandingkan dengan kemerdekaan? Maka pahlawan adalah pejuang kemerdekaan yang rela mengorbankan waktu, tenaga, hingga darah.

Sedangkan bila kita sandingkan dengan hari ini, maka pahlawan bisa datang dari guru, dokter, perawat, petani, pejabat, pelajar, atlet, hingga siapa saja yang mampu dan mau mengorbankan diri untuk kebahagiaan orang banyak serta kejayaan negeri ini.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia;

Menyimak keadaan hari ini, kadang kita cukup dibuat resah oleh geliat para generasi muda yang begitu gampang berkiblat kepada tren-tren kekinian seperti Squid Game, K-Pop, TikTok, hingga sederet keviralan lainnya.

Jikalau mereka menyukai hal tersebut secukupnya saja, sungguh itu tidaklah menjadi masalah. Tapi jikalau mereka sudah “mabuk” tren? Itu yang bahaya. Padahal di negeri ini ada begitu banyak pahlawan yang bisa menjadi pelajaran dan inspirasi.

Contohnya seperti tukang sapu. Mereka bangun setiap hari lebih awal daripada fajar hanya untuk menyapu jalan, menyingkirkan sampah, hingga daun-daun kering. Sedangkan kita? Jangan sampai diri ini sehari-hari keseringan rebahan.

Bapak, Ibu, serta Saudara-Saudari yang berbahagia;

Pada momentum Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022 ini, marilah kita petik nilai-nilai teladan dan inspirasi dari pahlawan negeri. Karena berjuang itu tidak harus terjun ke medan perang melainkan juga bisa berjuang dengan menebar kebaikan dan berkarya.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Banyak maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Nah itulah beberapa rekomendasi pidato Hari Pahwalan yang bisa Sedulur gunakan sebagai pidato saat peringatan Hari Pahlawan di tanggal 10 November nanti. Semoga dengan pidato di atas, kita bisa memaknai hari penting dan mengingat setiap jasa para pahlawan yang gugur untuk Indonesia merdeka.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.