moderator presentasi

Ditunjuk sebagai moderator presentasi tentunya menjadi kesempatan emas untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Tapi bagi beberapa orang, menjadi moderator atau pemandu dan pengarah jalannya presentasi bukanlah hal yang mudah.

Dibutuhkan latihan yang tekun untuk bisa menjadi seorang moderator handal. Hal ini karena memimpin jalannya diskusi harus dilakukan secara tepat agar suasana yang terbentuk idak menjadi canggung ataupun membosankan. 

Apakah Sedulur sedang berlatih menjadi moderator? Simak contoh teks yang sering dibaca moderator presentasi berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 8 Tips Beserta Cara Pembukaan Presentasi dengan Kalimatnya

Tips menjadi moderator presentasi

moderator
iStock

Sebelum membahas mengenai contoh teks yang biasa dibaca oleh seorang moderator, Sedulur perlu mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi moderator yang baik. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Pelajari materi yang akan dipresentasikan

Saat ditunjuk menjadi seorang moderator, pastikan Sedulur belajar mengenai materi apa yang akan dipresentasikan oleh penyaji. Dengan memahami materi lebih awal, Sedulur dapat memberikan pertanyaan menarik kepada penyaji agar pembahasan menjadi lebih rinci.

Meskipun tidak harus paham secara detail, namun memahami secara singkat mengenai materi yang akan dipresentasikan merupakan hal yang harus dilakukan sebagai moderator. Hal ini juga berguna saat moderator diminta membuat kesimpulan atas presentasi yang sudah dilakukan.

2. Pujilah pihak penyaji atau audiens

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memberikan pujian kepada pihak penyaji maupun audiens. Sebagai moderator, Sedulur harus membiasakan diri untuk memuji dua pihak tersebut. Hal semacam ini berguna untuk membuat suasana menjadi lebih akrab dan semua menjadi lebih bersemangat. 

3. Gunakan manajemen waktu yang baik

moderator
iStock

Penting untuk diketahui, menjadi seorang moderator juga harus bisa memanajemen waktu dengan baik. Sedulur harus tahu berapa waktu presentasi akan berlangsung, berapa waktu untuk sesi tanya jawab, dan berapa waktu seorang penyaji dapat menjawab pertanyaan dari audiens. Manajemen waktu yang baik juga akan membuat presentasi menjadi lebih efisien. 

4. Lakukan interaksi dua arah dengan diksi menarik

Seorang moderator harus melakukan interaksi dua arah dengan audiens. Sedulur dapat memulai dengan tersenyum dan menanyakan kabar, lalu membahas suasana hati pada hari presentasi berlangsung. 

Interaksi dua arah ini berguna agar audiens fokus kepada pihak yang melakukan presentasi dan menyimak dengan baik apa yang disampaikan. Penggunaan diksi yang baik juga dibutuhkan agar audiens lebih cepat memahami apa yang dimaksud oleh seorang moderator.  

5. Rajin berlatih agar semakin percaya diri

Tips terakhir untuk menjadi seorang moderator adalah rajin berlatih. Dengan latihan yang teratur, Sedulur akan semakin percaya diri untuk berbicara di depan umum. Rasa percaya diri ini sangat penting karena para audiens tidak hanya memperhatikan penyaji namun juga moderator ketika berada di depan.

BACA JUGA: Brainstorming: Pengertian, Metode & Cara Melakukannya

Contoh teks yang dibacakan moderator presentasi

Berikut adalah contoh teks yang biasa dibacakan oleh moderator saat memimpin atau memandu jalannya sebuah presentasi. 

Contoh dalam presentasi online

moderator
iStock

Selamat pagi. Yang terhormat Bapak Budi selaku dosen mata kuliah Ilmu Komunikasi dan yang saya banggakan teman-teman seperjuangan di kelas A1.

Perkenalkan saya Hanisa selaku moderator yang akan memandu jalannya presentasi dan diskusi kali ini. Hari ini, kelompok yang bertugas melakukan presentasi adalah kelompok 1 dengan materi Dasar-dasar Jurnalistik. 

Sebelumnya, saya akan memperkenalkan nama anggota kelompok 1, yaitu Aina Nabila, Putri Ramadani, Rina Wijaya, dan Yumna Setiawati. Adapun rangkaian presentasi online pada hari ini adalah sebagai berikut:

  1. Sesi pembukaan
  2. Sesi presentasi
  3. Sesi tanya jawab
  4. Sesi masukan dari dosen  
  5. Sesi penutup

Pembukaan dan presentasi:

Mari kita buka presentasi ini dengan membaca basmalah bersama. Selanjutnya sesi kedua, yaitu presentasi. Kepada Aina, saya persilakan.

Sesi tanya jawab:

Presentasi selesai, sekarang adalah sesi tanya jawab. Pada sesi kali ini, moderator membatasi jumlah penanya maksimal 3 dengan masing-masing satu pertanyaan. Bagi yang ingin bertanya silakan mengangkat tangan.

Sesi masukan dari dosen:

Baiklah, teman-teman, sesi tanya jawab selesai. Sekarang lanjut ke sesi masukan dari dosen pengampu mata kuliah. Kepada Bapak Budi kami dipersilakan.

Penutup:

Demikianlah kegiatan presentasi dan diskusi hari ini. Terima kasih kepada kelompok 1 yang sudah menjelaskan dengan detail dan menarik. Saya selaku moderator meminta maaf atas segala kesalahan yang ada dan mari kita tutup kegiatan hari ini dengan membaca hamdalah.

Contoh dalam presentasi mata kuliah

moderator
iStock

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi. Yang saya hormati dosen pembimbing mata kuliah Akuntansi serta yang saya banggakan teman-teman sekalian.

Perkenalkan saya Dista, perwakilan dari kelompok tiga yang akan menjadi moderator dalam diskusi pagi hari ini. Adapun anggota dari kelompok tiga selain saya adalah Sari, Deno dan Arya. 

Pada kesempatan ini kami akan berdiskusi tentang materi Akuntansi Biaya dengan susunan presentasi sebagai berikut.

  • Pembukaan
  • Penyampaian materi
  • Sesi tanya jawab
  • Penutup

Pembuka dan penyampaian materi:

Langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama, yaitu pembukaan. Semuanya, mari ucapkan basmalah bersama-sama. Kemudian, penyampaian materi akan disampaikan oleh saudara Arya. Silakan dimulai.

Sesi tanya jawab:

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang dibuka menjadi dua sesi. Setiap sesi hanya terdiri dari tiga penanya. Kepada teman-teman yang ingin bertanya silakan acungkan tangan.

Penutup:

Demikian presentasi dari kelompok 3, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Saya sebagai moderator pamit undur diri. Mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih untuk perhatiannya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

BACA JUGA: Teks Ulasan: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis-Jenisnya

Contoh dalam presentasi offline

moderator
iStock

Selamat pagi semuanya. 

Kepada Ibu Syarifah selaku guru Sosiologi yang saya hormati dan teman-teman sekalian yang saya banggakan. Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT dan sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW. 

Pada hari ini, kami akan berdiskusi tentang materi Hewan Vertebrata. Sebelumnya, perkenalkan saya Nuzula selaku moderator yang akan membimbing jalannya diskusi ini, dan anggota kelompok saya yang lain, yaitu Andita. Mustofa, dan Amirta.

Beberapa rangkaian acara yang akan kita lalui pada diskusi ini antara lain:

  • Pembukaan
  • Penyajian materi
  • Sesi tanya jawab
  • Penutup
  • Masukan dari guru

Pembukaan dan penyajian materi:

Acara yang pertama yaitu pembukaan. Marilah kita bersama-sama mengucapkan basmalah. Memasuki acara yang kedua yaitu penyajian materi. Kepada Andita dipersilakan untuk menyampaikan hasil diskusi. 

Sesi tanya jawab:

Acara berikutnya adalah sesi tanya jawab. Sebelum itu, saya akan bacakan peraturannya, yaitu:

Sesi bertanya dibagi menjadi dua termin, dengan satu termin berisi tiga orang penanya dan tiap pertanyaan akan diberikan dua sanggahan. Waktu bertanya hanya terbatas 15 menit. Jadi bagi yang mau bertanya untuk segera mengacungkan tangan.

Penutup:

Demikian diskusi mengenai Hewan Vertebrata yang telah disampaikan oleh kelompok empat dengan sangat baik. Sebagai moderator, saya memohon maaf atas kekeliruan selama memandu jalannya presentasi. Beri tepuk tangan kepada para penyaji.

Contoh dalam presentasi siswa SMA

moderator
iStock

Selamat pagi. Yang terhormat Bapak Syandi dan teman-teman kelas 11 IPA 2. Saya Karina sebagai moderator yang akan memandu kegiatan diskusi pada pagi hari ini. Topik yang akan dibahas adalah Enzim Pencernaan dengan susunan kegiatan diskusi sebagai berikut.

  • Pembukaan
  • Penyajian materi
  • Sesi tanya jawab
  • Penutup

Pembukaan dan penyampaian materi:

Mari kita buka sesi diskusi pada hari ini dengan mengucapkan basmalah bersama-sama. Selanjutnya adalah penyajian materi selama 15 menit. Kepada Pandu selaku penyaji materi saya silakan. 

Sesi tanya jawab:

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang akan dilakukan dalam dua sesi. Setiap sesi hanya dibuka tiga pertanyaan. Selama proses diskusi berlangsung, dimohon audiens untuk tetap fokus dan tenang.

Penutup:

Rangkaian acara diskusi telah selesai, sebelum ditutup, saya akan membacakan simpulan dari diskusi kita hari ini.

  1. ….
  2. ….
  3. ….

Demikian diskusi kelompok 1, Saya sebagai moderator juga memohon maaf atas kesalahan yang ada saat proses memandu diskusi pada hari ini.

BACA JUGA: Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Jenis, Tujuan & Contohnya

Contoh dalam presentasi singkat

Selamat pagi Bapak Indra dan teman-teman sekalian yang berbahagia. Mengawali acara diskusi pada pagi hari ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat sehingga kita dapat berkumpul di ruang kelas ini.

Perkenalkan, saya Vita yang akan bertugas sebagai moderator dalam diskusi dengan materi Tumbuh Kembang Anak. Adapun anggota kelompok saya adalah Jira, Luna, dan Airin.

Baik teman-teman, langsung saja kita mulai sesi yang pertama yaitu pembukaan. Marilah mengucapkan basmalah bersama-sama. Selanjutnya, penyampaian materi, saya persilakan Luna untuk membacakan materi yang pertama.

Penutup:

Demikian presentasi kelompok kami, semoga diskusi kali ini dapat menambah wawasan kita semua. Saya selaku moderator meminta maaf atas kekurangan yang ada selama memandu diskusi pada pagi hari ini.  

Demikian contoh teks yang biasanya dibaca oleh seorang moderator presentasi. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur saat berlatih menjadi seorang moderator yang cakap. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.