brand ambassador

Di era digital seperti saat ini, istilah dalam dunia bisnis makin berkembang. Sedulur pasti pernah mendengar istilah brand ambassador. Bagi yang masih asing terhadap kata tersebut, mungkin bingung dengan definisinya. Apa itu brand ambassador? Singkatnya, brand ambassador adalah seseorang yang punya peran besar bagi brand dan pemasaran perusahaan.

Meski tidak termasuk karyawan, seorang yang bekerja di bidang ini punya fungsi penting dalam perusahaan. Kebutuhan brand ambassador terus berkembang seiring banyaknya pengguna media sosial. Setiap perusahaan kini berlomba-lomba untuk mendapatkan brand ambassador terbaik.

Dalam artikel ini, mari membahas hal-hal terkait brand ambassador. Mulai dari pengertian, tanggung jawab, hingga gajinya. Yuk, langsung kupas tuntas!

BACA JUGA: Copywriting: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya

Pengertian brand ambassador

brand ambassador
Freepik

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, brand ambassador artinya adalah duta merek. Jadi, brand ambassador adalah orang yang mewakili atau menjadi duta untuk mempromosikan suatu merek maupun produk dengan mendukungnya dalam bentuk aktivitas sesuai identitas perusahaan. Pada dasarnya, adanya duta merek ini bertujuan membuat masyarakat makin mengenali sebuah produk atau brand.

Biasanya, perusahaan yang memiliki strategi promosi yang besar akan bekerja sama dengan individu atau kelompok tertentu untuk membantu mempromosikan produk. Orang-orang itulah yang disebut sebagai brand ambassador. Namun, perlu dicatat bahwa pemilihan individu atau kelompok tersebut tidak sembarangan. Hanya orang-orang yang telah diakui kemampuannya sebagai profesional di suatu bidang.

Sebagai gambaran, brand ambassador Indonesia biasanya adalah para selebritas atau publik figur. Idealnya selebritas maupun publik figur yang dipilih sesuai dengan identitas dari perusahaan yang akan dipromosikannya. Karena mereka yang nantinya dipilih mewakili perusahaan pada acara-acara tertentu.

Tanggung jawab dan tugas brand ambassador

Freepik

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab utama seorang duta merek yang perlu Sedulur ketahui.

  • Memahami visi dan misi perusahaan.
  • Mewakili brand secara positif dalam berbagai bentuk.
  • Membantu pembuatan konten untuk mempromosikan brand atau produk, contohnya menulis artikel blog, review, dan membuat caption.
  • Berpartisipasi dalam event marketing perusahaan.
  • Bekerja bersama tim sales dan marketing untuk mengonsep strategi campaign.
  • Membangun brand awareness melalui word-of-mouth marketing.
  • Membangun opini positif tentang brand.
  • Mempromosikan brand melalui akun media sosial pribadinya.
  • Menjaga hubungan baik dengan vendor atau orang yang menjual produk serta layanan perusahaan.
  • Memantau kritik dan saran dari konsumen serta melaporkannya kepada tim marketing perusahaan.
  • Memberikan saran tentang produk atau jasa baru.

Dari tugas dan tanggung jawab di atas, Sedulur bisa tahu bahwa menjadi seorang brand ambassador tidaklah mudah. Mereka harus benar-benar menjaga diri untuk menggambarkan nilai-nilai yang dianut perusahaan. Hal ini karena contoh brand ambassador adalah ‘wajah’ dan citra utama brand. Biasanya, tanggung jawab yang telah disebutkan di atas dibuat dalam kontrak dengan jangka waktu relatif panjang antara perusahaan dengan individu atau kelompok yang berperan sebagai brand ambassador.

Kemampuan yang harus dimiliki

brand ambassador
Freepik

Untuk menjadi brand ambassador yang baik, terdapat beberapa syarat dan keahlian yang harus dimiliki. Berikut daftarnya.

  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.
  • Mampu membangun jaringan yang kompleks demi jangkauan pasar lebih luas.
  • Ada pengaruh yang besar dan terkenal di media sosial.
  • Dapat membuat dan menyajikan ulasan positif tanpa bias.
  • Mempunyai pengetahuan dasar dalam dunia pemasaran.
  • Kreativitas tinggi.
  • Mengedepankan orisinalitas dalam membuat konten.

BACA JUGA: 8 Cara Membuat Portofolio Menarik & Profesional

Pentingnya brand ambassador bagi perusahaan

Freepik

Salah satu alasan pentingnya perusahaan menggunakan duta merek adalah guna meningkatkan nilai jual dan kepopuleran produk di mata konsumen. Kehadiran seorang duta merek menjadi inovasi dalam strategi marketing untuk peningkatan demand. Sederhananya, duta merek berperan sebagai ikon perusahaan sembari memperluas jaringan pemasaran perusahaan tersebut.

Manfaat menggunakan brand ambassador

brand ambassador
Freepik

Sedulur mungkin masih ragu, jika brand ambassador begitu penting bagi perusahaan, lantas, apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat kehadiran brand ambassador yang penting diketahui.

  • Meningkatkan traffic konsumen yang berkunjung ke situs pemasaran suatu perusahaan. Hal ini biasanya terjadi karena seorang duta merek menautkan link guna memudahkan calon konsumen.
  • Menjadi penopang dalam pertumbuhan perusahaan. Pasalnya, mereka bertanggung jawab untuk memberikan ulasan positif terhadap produk sekaligus perusahaan yang menaunginya. Hal ini membuat kepercayaan publik terhadap perusahaan makin meningkat.
  • Membangun dan memperbaiki citra publik. Bila suatu hal buruk terjadi dan mengancam citra perusahaan, seorang duta merek dapat membantu membersihkan dan mengembalikan nama baik perusahaan.

Jenis brand ambassador

Freepik

Walau secara umum didefinisikan sebagai orang yang mewakili atau menjadi ikon sebuah brand, ternyata brand ambassador terbagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenisnya berdasarkan tipe serta kewajibannya adalah sebagai berikut.

  • College brand ambassador. Jenis ini berada dalam lingkungan yang tidak terlalu luas, hanya antar-individu saja. Sesuai namanya, targetnya yaitu meningkatkan brand awareness perusahaan di kalangan pelajar sekolah hingga mahasiswa.
  • Affiliate brand ambassador. Perusahaan menggunakan sistem afiliasi sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan signifikan dari strategi marketing yang diterapkan. Mekanisme dari jenis ini yaitu seorang affiliate brand ambassador akan mendapatkan komisi setiap konsumen belanja melalui tautan link yang disertakan dalam konten. Jenis ini lebih mudah melacak penjualan karena transaksi tercatat secara rinci dalam sistem.
  • Informal brand ambassador. Jenis ini tidak terikat dalam kontrak apa pun, tidak berbayar, dan bersifat informal. Cara menjadi informal brand ambassador pun sangatlah mudah. Siapa pun dapat secara tidak sengaja maupun sengaja menjadi duta merek suatu brand. Biasanya, jenis ini berasal dari konsumen yang puas dengan suatu brand, lalu merekomendasikannya ke teman atau kerabat. Mereka mempromosikan brand atau produk secara sukarela.
  • Influencer brand ambassador. Jenis ini fokus pada sosok yang lebih berpengaruh di mata publik sehingga bisa menjangkau konsumen lebih luas. Perusahaan biasanya bekerja sama dengan influencer untuk memasarkan produk lewat konten media sosial influencer dalam periode yang telah disepakati kedua belah pihak. Untuk melakukan kerja sama ini, perusahaan cenderung memberikan protokol ketat dan membuat perjanjian kerja sama sebelum meneken kontrak.

BACA JUGA: Notaris: Pengertian, Tugas, Jenis & Kewenangannya

Gaji

Freepik

Berapa rata-rata pendapatan seorang brand ambassador? Jawabannya sangatlah beragam. Beberapa faktor seperti profil diri, kredibilitas, dan reputasi sangat menentukan penghasilannya. Bahkan, pembayaran gaji seorang duta merek berbeda-beda. Ada yang berbentuk gaji per bulan, per jam kerja, hingga komisi.

Namun, jika dirata-rata, gaji brand ambassador di Indonesia berada di kisaran Rp3 juta sampai Rp6 juta. Tentu angka tersebut tidak bisa menjadi patokan. Angkanya dapat meningkat hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah apabila individu tersebut punya popularitas yang tinggi.

Perbedaannya dengan endorser

brand ambassador
Freepik

Masih banyak yang menganggap brand ambassador dan endorser adalah hal yang sama, padahal keduanya berbeda. Dari segi rentang waktu kerja samanya, endorser memiliki waktu yang lebih singkat, bisa sehari atau beberapa hari saja. Bentuk kerja samanya pun hanya berupa unggahan konten di media sosial untuk mempromosikan produk.

Sementara brand ambassador memiliki rentang waktu kerja sama yang lebih lama, untuk periode tertentu, bahkan perlu terikat dengan kontrak. Sampai saat ini, belum ada duta merek yang melakukan kontrak hanya hitungan jam atau beberapa hari saja seperti endorser.

Perbedaan selanjutnya dari cakupan pekerjaan. Endorser tugasnya fokus pada promosi produk sesuai syarat yang ditetapkan kedua belah pihak. Sedangkan, seorang duta merek cakupan kerjanya lebih luas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, duta merek menjadi ikon atau ‘wajah’ perusahaan. Mereka bertanggung jawab dalam kesuksesan campaign, ikut serta mengisi acara khusus sebagai representasi produk, terlibat dalam strategi marketing, hingga bertanggung jawab membuat konten promosi di media sosial.

Itulah pembahasan lengkap mengenai brand ambassador. Dari ulasan ini, Sedulur bisa mengetahui lebih jelas tanggung jawab dari profesi ini. Sangat kompleks dan tidak semudah yang dibayangkan, bukan?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!