cara unreg kartu telkomsel

Sebelum membuang kartu Telkomsel yang sudah terpakai, sebaiknya Sedulur melakukan unreg terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar NIK dapat diregistrasi kembali. Seperti yang sudah kita ketahui, pemerintah telah membuat kebijakan registrasi kartu SIM  Card harus menggunakan NIK dan juga KK. Aturan ini sudah berlaku sejak tahun 2018 kemarin.

Dengan adanya kebijakan ini, tentunya Sedulur harus mengetahui cara unreg kartu Telkomsel agar NIK dapat digunakan kembali ketika Sedulur ingin mengganti kartu. Berikut cara unreg kartu Telkomsel yang perlu Sedulur ketahui. 

BACA JUGA : Cara Cek Kuota Indosat dengan Mudah Secara Online dan SMS

Cara unreg kartu Telkomsel aktif

Terdapat beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk unreg kartu Telkomsel yang masih aktif. Berikut caranya. 

-->

1. Cara unreg melalui SMS

Xiaomo Dev

Cara pertama untuk unreg kartu Telkomsel yang masih aktif adalah melalui SMS. Berikut langkah-langkahnya. 

  • Gunakan nomor Telkomsel yang ingin di-unreg.
  • Buka menu SMS yang ada di smartphone kemudian buat pesan baru.
  • Ketik UNREG#Nomor Kartu Keluarga.
  • Isikan 4444 di kolom nomor penerima.
  • Pastikan nomor kartu keluarga terisi dengan benar, lalu kirim SMS tersebut.
  • Unreg melalui SMS selesai. Kamu akan mendapatkan notifikasi status nomor Telkomsel yang di-unreg.

2. Cara unreg melalui Dial-Up

Kiraky

Begini cara unreg katu Telkomsel melalui Dial-up. 

  • Gunakan nomor Telkomsel yang ingin Sedulur unreg. Siapkan KTP dan KK.
  • Buka menu panggilan pada handphone. Tekan *444# pada keypad. Lalu, buatlah panggilan ke nomor USSD tersebut.
  • Ketikkan ‘3’ lalu kirim balasan tersebut. Kode ‘3’ adalah kode yang akan digunakan untuk memproses menu unreg.
  • Masukkan nomor KK yang digunakan pada saat registrasi nomor tersebut.
  • Kirim balasan, lalu tunggu notifikasi status unreg dari kartu Telkomsel kamu.

BACA JUGA : QRIS adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Memakainya

3. Mendatangi kantor GraPARI

cara unreg kartu telkomsel
Telkomsel

Cara unreg kartu Telkomsel berikutnya adalah dengan langsung mendatangi kantor GraPARI. Pastikan Sedulur sudah membawa Kartu Keluarga pada saat mengunjungi GraPARI. Lalu, sampaikan kepada petugas GraPARI bahwa Sedulur ingin melakukan unreg kartu SIM Telkomsel. Sedulur cukup   Ikuti prosesnya hingga akhir yang akan dibantu oleh petugas GraPARI. .

4. Melalui Call Center Telkomsel

cara unreg kartu telkomsel
DroidLime

Kamu bisa menghubungi 188 dari handphone untuk menghubungi call center Telkomsel. Seperti halnya melakukan unreg di GraPARI, kamu hanya perlu menyampaikan keinginan untuk melakukan unreg kepada petugas. Jangan lupa siapkan KTP dan Kartu Keluarga yang kamu gunakan saat melakukan registrasi, ya!

5. Cara unreg melalui USSD

PulsaSeluler
  • Pertama, buka menu Panggilan. 
  • Ketik *444# pada bagian Panggilan.
  • Setelah mengetik *444#, Sedulur dapat mengetik angka 3 atau unreg.
  • Jika sudah, masukan nomor Kartu Keluarga yang terdaftar dari kartu Telkomsel yang akan di unreg.
  • Terakhir klik Kirim dan tunggu notifikasi status unreg kartu Telkomsel.

Cara unreg kartu Telkomsel yang hilang atau rusak

cara unreg kartu telkomsel
Kumparan

Jika kartu Telkomsel yang Sedulur gunakan hilang atau rusak, pasti tidak bisa melakukan unreg via SMS atau pun  USSD. Akan tetapi Sedulur tidak perlu khawatir, Sedulur masih tetap bisa melakukan unreg kartu Telkomsel dengan cara mengunjungi kantor GraPARI terdekat.

Sebelum ke kantor GraPARI, pastikan Sedulur sudah mempersiapkan dokumen pendukung seperti  membawa KTP di dompet sebab, pihak customer service akan meminta NIK di KTP yang sudah didaftarkan sebelumnya. Hal ini sebagai proses validasi data pengguna Telkomsel agar proses unreg kartu berjalan lancar.

Cara unreg kartu Telkomsel yang sudah hangus

Detik

Jika Sedulur sudah tidak lagi menggunakan kartu Telkomsel dalam jangka waktu yang sangat lama hingga sudah melewati masa tenggang, apakah masih perlu melakukan unreg kartu?

Dikutip situs resmi Telkomsel, ketika nomor pelanggan telah melewati batas akhir masa tenggang, maka nomor yang digunakan otomatis akan hangus (expired) sehingga nomor tersebut tidak dapat diisi ulang pulsa atau paket internet.

Jadi, Jika kartu Telkomsel yang Sedulur gunakan sudah melewati masa tenggang tidak perlu lagi melakukan unreg. Sebab, nomor tersebut akan secara otomatis hangus dan tidak bisa digunakan lagi.Akan tetapi, nomor yang hangus tersebut masih bisa digunakan kembali lho Sedulur. Terapat dua cara yang dapat Sedulur gunakan yaitu melakukan reaktivasi nomor melalui *888*89# atau mengunjungi kantor GraPARI terdekat. 

Apabila Sedulur mengalami kesulitan saat melakukan unreg kartu Telkomsel,Sedulur dapat menghubungi secara langsung call center ataupun media sosial Telkomsel di bawah ini. 

  • Call Center Telkomsel: 188
  • Email: cs@telkomsel.co.id
  • Twitter: @Telkomsel
  • Facebook: Telkomsel
  • Instagram: @telkomsel
  • TikTok: telkomsel

Demikianlah penjelasan tentang beberapa cara unreg kartu Telkomsel  yang dapat Sedulur lakukan, mulai unreg melalui SMS hingga mendatangi kantor GraPARI. 

Nah untuk mempermudah Sedulur melakukan berbagai pembayaran, Aplikasi Super hadir dengan fitur menarik lho. Sedulur dapat melakukan pembayaran token listrik, tagihan BPJS hingga tagihan PDAM di Aplikasi SuperJika Sedulur belum memiliki Aplikasi Super di Hp, Sedulur dapatmelakukan pembayaran melalui Super Agen terdekat. Cukup bilang ke Super Agen, maka Super Agen akan melalukan pembayaran sesuai yang Sedulur butuhkan. Mudah bukan? Yuk langsung saja kunjungi Super Agen terdekat.