Jualan jamu tenyata sangat menggiurkan. Apalagi kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, membuat penyakit dengan mudah menyerang tubuh kita. Ditambah lagi, banyak virus mulai menyerang seperti varian Covid-19, omicron yang mulai merebak.

Nah, melihat kondisi seperti itu, mencoba berbisnis ramuan herbal seperti jualan jamu akan mendatangkan cuan yang cukup besar lho Sedulur. Nah, sebelum memulai bisnis yang satu ini, yuk simak beberapa langkah yang wajib Sedulur pahami.

BACA JUGA : Tips Memulai Usaha Jus Buah Kekinian dengan Modal Minim

1. Peluang jualan jamu

jualan jamu
liputan6

Jualan ramuan herbal yang satu ini bisa membawa keuntungan yang berkali-kali lipat lho Sedulur. Terlebih kondisi saat ini, varian Covid-19 yang ditemukan di Benua Afrika yaitu omicron yang mulai masuk ke dalam negeri. Meski di Indonesia belum bisa terkonfirmasi orang meninggal karena varian omicron, namun pencegahan sejak dini perlu dilakukan.

-->

Nah, buat kamu  yang bingung  akan usaha apa, maka peluang jualan jamu mungkin bisa kamu mulai. Apalagi pola pikir masyarakat Indonesia yang masih percaya dengan pengobatan herban sebagai penunjang pengobatan medis.

2. Logo jualan jamu

jualan jamu
detik

Setelah kamu mengetahui peluang usaha jualan jamu, maka yang bisa kamu lakukan adalah membuat logo yang pas dan tepat untuk usaha kamu. Logo menjadi salah satu cara agar produk jamu kamu banyak dikenal secara luas oleh masyarakat secara umum. Desain logo dengan tampilan yang tidak terlalu mencolok dan pilihah warna yang tepat.

BACA JUGA : 16+ Ide Usaha Online Shop yang Laris dan Sustainable di Tahun 2022

3. Jenis-jenis peluang usaha jualan jamu

jualan jamu
sindonews

Selama ini kita tahu penjual minuman herbal yang satu ini selalu identik dengan menggendong dagangannya atau menggunakan pakaian adat jawa. Nah, saat  ini, kemajuan teknologi semakin berubah, sehingga banyak sekali inovasi cara berjualan minuman herbal ini. Supaya tidak penasaran, berikut ini jenis-jenis usaha jualan jamu:

Jualan jamu keliling

Jenis usaha yang pertama adalah mereka yang masih berkeliling menggunakan kendaraan roda dua atau mungkin berkeliling dengan cara menggendongnya.  Memang cara seperti ini tidak salah. Namun, cara semacam ini sudah mulai ditinggalkan banyak orang karena terlalu merepotkan.

Jualan jamu online

Perkembangan teknologi dan kemudahan dalam bertransaksi, membuat banyak orang melirik usaha jamu online. Jika Sedulur memilih usaha yang satu ini, maka Sedulur harus paham penggunaan media sosial seperti Facebook, WhatsApps, atau aplikasi sosial lainnya. Penjualan secara online, lebih berpeluang cepat mendapatkan pemasukan.

Usaha jamu rumahan

Usaha ini tidak butuh modal yang sangat besar, dengan modal Rp 500 saja Sedulur sudah bisa memulai usaha jualan jamu lho. Jadi, apabila memang tertarik menekuni bisnis yang satu ini, bisa dimulai dari usaha rumahan.

Bisnis jamu kemasan

Dalam memulai bisnis ini, kamu harus menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan seperti cup sealers dan kemasan yang rapi dan aman dari kontaminasi virus. Nah, buat kamu yang sedang memulai bisnis ini, kamu bisa menyiapkan modal sebesar Rp 500 ribu dan setidaknya bisa memproduksi sekitar 70 botol sehari.

Dikutip dari laman Liputan6.com siapkakan juga lima varian jamu yang bisa ditawarkan mulai dari beras kencur, jahe, temulawak, kunyit asem dan pahitan. Nah, kamu bisa menjual jamu kemasan pun seharga Rp 13 ribu untuk jamu ukuran 350 ml dan Rp 18 ribu untuk ukuran 500 ml.

Bisnis jamu seduh

Masyarakat juga sangat menggemari minuman herbal dengan cara harus diseduh terlebih dahulu. Biasanya, jamu yang diseduh lebih nikmat  karena bisa membuat sendiri secara langsung dan akan lebih terkesan alami.

BACA JUGA : Peluang Usaha Roti Bakar, Begini Tips Memulainya dari Nol!

4. Cara promosi jualan jamu

jualan jamu
lifepal

Menjual produk olahan jamu yang  merupakan minuman herbal, sebenarnya bisa kamu lakukan dalam beberapa hal. Tergantung jenis usaha yang kamu sedang terapkan. Nah, berikut ini ulasan mengenai cara promosi jualan jamu kamu agar lebih cepat  laku. Yuk simak dengan baik-baik ulasan di bawah ini.

Cara jualan jamu online

Jualan jamu online memang terkesan lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan cara yang manual. Sedulur hanya perlu memanfaatkan e-commerce, website, bahkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya.

Sistem online juga memudahkan kamu supaya cara berjualan agar cepat laku. Sebab, kamu hanya tinggal memasang harga di website e-commerece dan memainkan media sosial dengan tepat.

Cara jualan jamu manual

Biasanya orang yang belum memahami kemajuan teknologi akan kesulitan dalam menerapkan penjualan secara online. Maka tindakan yang bisa kamu lakukan hanya berkeliling menggunakan kendaran atau membuka toko di  rumah. Atau bisa menyebarkan pamflet selebaran yang berisi tentang produk olahan jamu kamu. 

5. Risiko usaha jamu

jualan jamu
tugujatim

Dalam usaha jamu memang selalu ada pasang surut. Minuman ini tidak selalu dibutuhkan ketika seseorang sedang tidak sakit. Dikutip dari laman Bisnis.com, bahwa risiko dalam industri minuman herbal yang satu ini adalah terkait daya beli masyarakat.

BACA JUGA : Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula, Mudah & Dijamin Untung

6. Modal jualan jamu

cnnindonesia

Apabila Sedulur tertarik ingin memulai usaha jualan jamu, maka modal menjadi hal yang harus dipikirkan. Sebab, tanpa modal usaha  pun juga tidak akan bisa berjalan. Dikutip dari laman Liputan6.com, sebagai pemula dibidang usaha,  kamu bisa memulainya  dengan modal Rp 500 ribu. Modal tersebut bisa memproduksi sekitar 70 botol kemasan jamu.

Nah, selanjutnya, Sedulur siapkan botol atau kemasan dengan dua ukuran yang berbeda yang pertama 350 ml dijual dengan harga Rp 13  ribu sedangkan ukuran 500 ml, kamu bisa menjualnya dengan harga Rp 18 ribu. Tentu saja keuntungan besar bisa kamu dapatkan. Namun, hal ini hanya berlaku buat Sedulur yang memulai usaha dari rumah.

Demikian ulasan mengenai peluang usaha  jamu. Semoga membantu Sedulur yang sedang memikirkan usaha di tahun 2022. Bisnis ini sangat menjanjikan, sebab kondisi saat ini cuaca tidak menentu dan virus mudah menyebar, sehingga dibutuhkan ramuan herbal.

Jika Sedulur tertarik untuk mulai jualan jamu, Sedulur bisa lho membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Dijamin mudah dan murah. Yuk unduh aplikasinya sekarang di sini.