Usaha pakan burung adalah salah satu ide bisnis yang menarik. Pecinta binatang peliharaan yang indah ini tidak ada habisnya. Selalu ada dan mungkin saja bertambah. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan burung sendiri mampu membuat rumah terasa lebih hangat dan menyegarkan. Kicauannya membuat suasana tempat tinggal terasa merdu dan menenangkan.

Bersamaan dengan banyaknya pecinta burung, usaha pakan burung 2021 menjadi peluang yang baik. Bagaimana mungkin memelihara peliharaan tanpa memberinya makanan. Apalagi, tidak semua jenis pakan cocok diberikan kepada peliharaan. Si empunya pasti ingin memberikan yang terbaik untuk peliharaan tersayangnya. Disitulah peran pengusaha hadir.

BACA JUGA: Ternak Bebek Peking Berkualitas, Peluang Usaha Dapetin Uang

1. Menggali ilmu dan pengetahuan

1. usaha pakan burung
pexels

Apapun usahanya, menggali ilmu adalah kuncinya. Termasuk ketika akan memulai bisnis pakan burung. Kita tidak mungkin secara tiba-tiba membuka usaha tanpa mengetahui ilmu terlebih dahulu. Minimal kita mengetahui jenis burung, pakan, dan cara merawatnya. Sedulur mungkin bisa mulai Googling atau membaca buku tertentu untuk menambah khazanah perburungan ini.

-->

Ketika membuka usaha jual pakan burung, Sedulur harus mulai dengan mempelajari cara merawat burung dengan benar. Ketahui pula perbedaan jenis-jenis burung agar bisa mengenali treatment terbaik untuk masing-masing jenisnya. Kemudian, makanan seperti apa yang tepat untuk burung serta kapan waktu terbaik memberikan pakan untuk burung-burung, dan lain-lain.

2. Mencari supplier yang kredibel

2. mencari supplier yang kredibel
jalaksuren

Tahap untuk memulai usaha pakan burung berikutnya adalah terkait pencarian supplier. Seperti halnya pemilik burung yang ingin memberikan yang terbaik bagi para burungnya, kita sebagai pengusaha harus siap menyediakan kebutuhan tersebut. Pertama, pastikan Sedulur mendapatkan supplier yang mampu memasok pakan berkualitas, terbaik, dan terjangkau.

Kemudian hal lain yang harus diperhatikan dari seorang supplier adalah harus dapat dipercaya. Tidak sedikit loh orang yang merasa tertipu karena ternyata pemasok tidak mampu memberikan supply untuk distributor. Jika sampai terjadi kesalahan, bukan tidak mungkin penjual juga terkena imbasnya. Pastikan distributor mampu diajak bekerja sama dan disiplin dalam bekerja.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Botol Bekas, Jadi Peluang Usaha & Bisa Cuan!

3. Utamakan kualitas

3. usaha pakan burung
kompas

Kualitas produk adalah salah satu yang paling penting dalam usaha pakan burung. Sedulur harus ingat bahwa pengusaha pakan di luar sana sangat banyak. Salah satu yang bisa dilakukan untuk tampil menonjol agar dicari orang lain adalah menyediakan produk yang berkualitas. Soal harga tentu akan mengikuti. Tidak perlu takut orang khawatir harga mahal.

Lalu apa yang harus dilakukan? Kembali ke poin pertama, Sedulur harus mengenal betul bagaimana jenis pakan yang berkualitas. Misalnya dengan menyediakan pakan yang bersih tanpa sekam, kerikil, dan kotoran lainnya. Kemudian perhatikan komposisi dan nutrisi yang terkandung dalam pakan. Pastikan Sedulur mampu menjelaskan keunggulan produk tersebut.

4. Mengikuti komunitas

4. mengikuti komunitas
burungnya

Kadang ini menjadi poin yang orang lain lewatkan. Padahal lamgkah ini juga termasuk ke dalam tips dan tahap memulai usaha pakan burung loh. Dengan terjun ke dalam komunitas, Sedulur bisa lebih berbaur dengan orang yang ketertarikannya spesifik, yaitu memelihara burung. Ini adalah proses penggalian informasi dan belajar agar Sedulur tahu persis apa yang dibutuhkan.

Dengan mengetahui kebutuhan orang-orang dalam komunitas, itu artinya Sedulur sudah lebih dekat dengan target market. Selain belajar mengenal target market, ini juga waktunya Sedulur untuk melebarkan sayap memperluas jaringan. Bukan untuk saat ini, tapi pupuk saja jaringan dan relasi tersebut sehingga mungkin dari sana bisa terjalin kerja sama dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Potensi Usaha Handycraft Rumahan & Contohnya, Datengin Cuan!

5. Memilih lokasi usaha yang strategis

5. usaha pakan burung
travelingyuk

Strategi usaha pakan burung berikutnya adalah terkait pemilihan lokasi. Kita sering melihat pengusaha pakan burung menjual produknya di teras rumah ya. Ya, itu karena memang bisnis ini bisa dilakukan di mana saja. Namun, tentu kita ingin agar penjualan berjalan seoptimal mungkin. Salah satunya dengan memilih lokasi strategis agar penjualan berlangsung baik.

Hal yang bisa Sedulur pertimbangkan adalah keramaian sebuah lokasi. Misalnya, Sedulur bisa memilih lokasi yang tidak jauh dari jalan raya agar banyak dilalui banyak orang. Dengan terpampang jelas di pinggir jalan saja ini akan membuat orang lain mengenali keberadaan bisnis Sedulur.

6. Riset kompetitor

6. riset kompetitor
travelingyuk

Riset kompetitor adalah hal penting dalam memulai usaha pakan burung dan usaha lainnya. Misalnya Sedulur mencari tahu pesaing di sekitar lokasi apakah banyak dan bagaimana kualitas yang mereka tawarkan. Jangan sampai Sedulur kalah saing sehingga lokasi strategis pun pasti akan dikalahkan dengan mudah. Tapi alangkah lebih baik jika lokasinya minim pesaing.

Selain dilihat dari lokasi, Sedulur juga bisa mencoba cari tahu cara orang lain memasarkan produknya. Misalnya telusuri media sosial atau marketplace-nya. Kemudian lihat jenis produk apa yang laris manis di toko mereka. Setelah itu, Sedulur analisis dan bandingkan dengan produk yang kini tengah Sedulur tawarkan. Buat branding sendiri agar menonjol dari pesaing.

BACA JUGA: Jadi Peluang Usaha, Ini 8 Kreasi Parcel Buah yang Cantik

7. Gencar melakukan promosi

7. pexels
pexels

Usaha pakan burung juga membutuhkan promosi yang baik. Kita tidak bisa mengandalkan kelompok pecinta burung yang itu-itu saja. Banyak hal yang perlu dipersiapkan agar toko yang sudah Sedulur bangun bisa dikenali oleh orang banyak. Tadi salah satunya adalah dengan mendekati komunitas. Ini adalah cara jitu menyebarkan informasi dari mulut ke mulut.

Selain dari mulut ke mulut, di masa yang serba digital ini kita tentu sudah tidak asing dengan penggunaan media sosial. Sedulur bisa mulai membangun brand melalui media sosial. Berikan informasi menarik agar orang mulai aware dengan produk yang Sedulur jual. Jangan lupa sediakan promo menarik baik melalui media sosial maupun Marketplace.

8. Rajin riset konsumen

8.  rajin riset konsumen
posberitakota

Usaha pakan burung juga tidak bisa lepas dari riset. Bukan hanya sebelum usaha dimulai. Bahkan selama bisnis berlangsung, riset harus terus dijalankan. Kita tidak tahu apa saja yang diinginkan oleh target market. Jangan sampai karena kita terlena dalam berbisnis, kita sampai lupa ternyata kebutuhan di luar sana berkembang. Pastikan agar Sedulur selalu up to date.

Selain itu, riset juga bisa dilakukan dengan cara memenuhi apa yang tengah mereka sukai. Baik dalam cara pendekatan terhadap target market maupun dalam memenuhi kebutuhan mereka. Sedulur bisa melakukan riset ini dengan berbaur dalam lingkungan yang isinya target market atau menelusuri aktivitas mereka meski tidak secara langsung.

BACA JUGA: 7 Usaha Online Kecil kecilan & Tips Menjalankannya

9. Modal buka usaha pakan burung

9. Modal Buka Usaha Pakan Burung
pexels

Modal buka usaha pakan burung adalah sebuah hal krusial yang harus diperhitungkan sejak awal. Ada dua hal yang harus Sedulur siapkan berkaitan dengan modal ini. Pertama, modal investasi berupa stok varian pakan burung dan barang penunjang lainnya, minimal 7 juta rupiah.

Kemudian yang kedua adalah modal operasional. Dalam hal ini adalah sewa tempat, biaya listrik, upah karyawan, dan biaya tak terduga lainnya. Biaya ini bisa mencapai 4 juta bisa kurang atau lebih, tergantung kebutuhan.

Demikian pembahasan mengenai usaha pakan burung dari mulai tips hingga modal awal usaha toko pakan. Semoga Sedulur bisa segera membuka usaha dan mempraktikkan tips di atas. Sedulur bisa menambahkan hal lain agar persiapan membuka usaha semakin matang. Selamat berbisnis!