bebek peking

Bebek peking identik sebagai hidangan orang kaya karena harganya yang tidak bersahabat untuk kantong orang biasa. Hidangan istimewa tersebut memang dulunya lebih sering disantap orang-orang penting yang mampir ke Tiongkok, mulai dari pemimpin negara, diplomat, dan lain sebagainya. 

Seiring berjalannya waktu hidangan tersebut mulai dijual untuk khalayak umum. Meski harga bebek peking tidak bisa dibilang murah, banyak restoran yang berhasil meraup pelanggan darinya. Tak heran, mulai banyak orang yang tertarik beternak. Nah, mau tahu tips ternak bebek ini? Gulir ke bawah saja, Sedulur. 

BACA JUGA: Cara Usaha Ternak Kroto Di Rumah dengan Bahan Sederhana

1. Sejarah bebek peking 

sejarah bebek peking
Unsplash

Mengutip National Geographic, bebek peking adalah hidangan asli Tiongkok yang keberadaannya sudah ada sejak abad ke-13 di Hangzhou, tidak jauh dari Shanghai. Hidangan ini berupa bebek utuh yang dipanggang dalam waktu lama dengan bumbu-bumbu khusus sehingga menghasilkan bagian luar yang renyah dengan warna kecokelatan, tetapi sangat lembut dan empuk di dalamnya. 

Makanan yang kini disebut sebagai kuliner nasional Tiongkok tersebut terbuat dari spesies bebek yang dianggap superior. Bulunya putih bak salju, kulitnya tipis, dan dagingnya sangat lembut, dan asalnya dari Nanjing. 

Namun, di masa kini kebanyakan hidangan bebek peking dibuat dari spesies bernama ilmiah Anas platyrhynchos domesticus atau yang dikenal masyarakat awam sebagai American Pekin. Spesies ini merupakan turunan dari bebek peking asal Nanjing yang dibawa ke Amerika Serikat di tahun 1800an. Kini spesies ini menjadi salah satu yang tersukses secara komersial.   

2. Karakter bebek peking

karakter
Unsplash

 Berikut beberapa karakter bebek pekin yang wajib Sedulur ketahui. 

  • Bebek ini memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga cocok dijadikan sumber penghasil daging. Pertumbuhan mereka pesat dan beratnya bisa mencapai 4-6 kg dan warna bulunya putih sehingga lebih mudah dibersihkan. Ternak bebek pedaging 40 hari panen tidak akan meninggalkan bekas mencolok seperti bebek yang berbulu gelap 
  • Mereka dikenal sebagai bebek yang jinak dan tidak banyak bergerak. Bahkan bisa sangat dekat dengan pemiliknya jika diberikan perhatian
  • Induk bebek pekin tidak begitu suka mengerami telur mereka. Untuk itu Sedulur yang tertarik beternak spesies yang satu ini wajib memahami cara inkubasi telur. Biasanya bebek betina akan meninggalkan telurnya di sembarang tempat dan bisa saja pecah karena tersenggol bebek lainnya
  • Produksi telur bebek pekin atau pekin masuk level sedang. Ia bisa menghasilkan telur sebanyak 150-200 butir setiap tahunnya

BACA JUGA: Cara Sukses Ternak Bebek yang Wajib Sedulur Ketahui

3. Mencari bibit yang tepat

harga bebek peking
Instagram @hoselinkofficial

Mengutip Berempat, untuk mendapatkan bibit anakan yang ideal harus dilakukan perkawinan yang juga benar. Indukannya harus berusia minimal 1 tahun untuk jantan dan 9 bulan untuk betina. Mereka juga harus ditempatkan pada kandang yang luasnya cukup untuk bergerak sehingga tidak stres. Untuk mengawinkan, 1 bebek jantan bisa disatukan dengan 5 bebek betina dalam satu kandang.  

Bibit bebek atau day old duck (dod) yang ideal adalah yang bobotnya minimal 6 gram, lincah, matanya terbuka sempurna, bulunya bagus dan kering, kakinya berfungsi sempurna, serta warna paruh dan kakinya jingga terang.

Sebagai pemula, Sedulur bisa membeli dod bebek peking di peternak yang sudah berpengalaman. Kamu bisa membeli beberapa untuk belajar membesarkannya. Sedulur disarankan untuk ternak bebek peking 100 ekor dulu dari anakan. Biasanya anakan bebek ini dibanderol dengan harga Rp 10-15 ribu per ekor, sehingga modal yang dibutuhkan sekitar Rp 1 jutaan. 

4. Pakan bebek 

pakan
Instagram @fluffy_dumdums

Pakan bebek peking ini tidak jauh beda dengan ternak lainnya. Ia membutuhkan kalsium, protein, serat, dan karbohidrat. Di alam liar, bebek biasa makan jagung, biji-bijian, dan bahkan buah, ikan dan kodok kecil. Bebek juga butuh makanan yang lebih banyak dibandingkan ayam, jadi hitung pula kisaran biaya pakan mereka sebelum memutuskan beternak. 

5. Kandang dan tempat hidup yang ideal

kandang bebek peking
Instagram @oursourdoughlife

Kandang bebek peking tidak susah dibuat, mereka butuh tempat yang hangat dan teduh sehingga aman di malam hari dan saat hujan tiba. Siapkan pula wadah  tidur yang bersih dan kering, ganti beberapa kali bila perlu. Hal yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan mereka untuk bermain air dan menumpahkan air saat minum. Ini akan membuat kandang jadi cepat kotor dan berlumpur. 

Mereka juga butuh kolam untuk mendinginkan diri, mereka tidak bisa jauh dari air lebih dari 8 jam. Jadi, pastikan Sedulur memiliki lahan yang cukup untuk memfasilitasi kebutuhan bebek ternak, mulai dari kandang sampai kolam pemandian. Namun, untuk bebek yang di bawah usia 1 bulan baiknya tidak berada di dekat kolam karena mereka masih belum memiliki lapisan lemak yang cukup untuk menghangatkan diri. 

BACA JUGA: Peluang Bisnis di Balik Belatung, Potensi Hasil Jutaan Rupiah!

6. Keuntungan ternak bebek peking

keuntungan ternak
Instagram @adventuresofpuddlesandwaddles
  • Harga bebek peking cukup mahal di pasaran. Jika Sedulur sudah tahu ke mana arah distribusinya, beternak spesies ini akan cukup menguntungkan dari segi ekonomi. Perawatannya pun sebenarnya secara teori tidak susah. Namun, tetap hasil dan realisasinya bisa berbeda-beda pada tiap individu. Perlu keberanian untuk mencoba dan melakukan kesalahan di awal. Untuk itu, pastikan dulu Sedulur benar-benar memiliki minat di bidang ini, jangan hanya tergoda keuntungannya.
  • Belum banyak pesaing mengingat kebanyakan bebek yang ada di pasaran merupakan bebek impor dari Tiongkok dan Amerika Serikat. Jika ada peternak lokal yang berhasil, pastinya harga bisa ditekan dan membuat bebek peking Sedulur diminati konsumen.  
  • Proses pertumbuhannya cepat, sehingga sangat membantu peterna saat akan memutar modal dan keuntungannya. 
  • Tidak mudah kabur seperti ayam, jadi aman dan mudah diarahkan. Sedulur tidak perlu kandang tinggi seperti ayam 
  • Tidak mudah terserang penyakit, lebih kebal dan kuat dibandingkan ayam 

7. Resiko ternak bebek peking 

resiko ternak bebek
Instagram @lucky.duck.ranch

Selain keuntungan di atas, ada pula beberapa kelemahan dan risiko yang harus ditanggung peternak, yaitu:

  • Bebek cenderung lebih berantakan dan kandangnya cepat kotor dibandingkan unggas lain 
  • Air mandi harus diganti setiap hari karena mereka suka air bersih 
  • Pakan yang harus tersedia lebih banyak dan kompleks dibanding ayam 
  • Ia juga lebih suka berkelana, jadi lahan yang disediakan peternak harus cukup besar 
  • Suaranya cukup berisik sehingga tidak cocok jika kandangnya berada dekat dengan pemukiman 

Bebek peking memang menggiurkan, tetapi tentu modal yang disediakan pun jauh lebih besar dibandingkan peluang ternak unggas lainnya. Sejauh ini masih jarang peternak lokal, sehingga persaingannya tak begitu tinggi. Bila Sedulur tertarik mencoba usaha jenis ini, pastikan dulu kamu tahu rantai distribusinya. Jangan hanya tergiur nilainya secara finansial, tetapi buta arah. 

Sambil menimbang-nimbang jenis usaha apa yang kiranya cocok untuk dimulai, Sedulur bisa sambil belanja sembako di Aplikasi Super. Semuanya tersedia lengkap. Silakan install dan rasakan kemudahannya sekarang juga.