kerajinan dari botol bekas

Botol plastik menjadi salah satu penyumbang terbesar di tempat pembuangan sampah. Jumlah konsumen yang membelinya pun sudah sulit dihitung dengan jari. Bagi yang peduli dengan lingkungan dan ingin membuatnya menjadi lebih bermanfaat dan punya daya jual, kenapa tidak membuat kerajinan dari botol bekas saja?

Saat ini, sudah ada banyak cara membuat kerajinan dari barang bekas botol Aqua maupun botol kaca. Hasil akhirnya tergantung pada ketersediaan alat dan kreativitasmu. Bila berhasil, kamu bisa menjadikan karya tersebut sebagai dekorasi ruangan di rumah. Kamu juga bisa menjualnya dan menjadikannya sebagai ladang bisnis kecil-kecilan untuk mendapatkan pundi-pundi pemasukan tambahan nih, Sedulur.

BACA JUGA: Macam Kerajinan Bahan Lunak dan Cara Membuatnya

1. Wall decor

Wall decor
Unsplash

Salah satu kerajinan dari botol bekas yang mudah bisa didapatkan dari botol coklat. Warnanya yang gelap dan transparan sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu dekorasi dinding. Kamu bisa menaruhnya di tembok dan menjajarkannya dengan mangkok di tembok berwarna putih polos. Hadirnya aksen coklat ini bisa membuat ruangan terkesan lebih hidup dan berwarna.

Sebelum menaruhnya di tembok, pastikan untuk membersihkan bagian dalamnya agar tidak ada bau yang menempel. Selain itu, jangan lupa untuk mengelupaskan sticker di bagian luarnya. Bila sudah bersih, keringkan dan taruh di tembok. Gampang, bukan?

2. Vas bunga transparan

Vas bunga transparan
Unsplash

Bila ingin mewujudkan dekorasi ruangan simplicity, kamu bisa mengambil botol kaca bening dan menjadikannya sebagai vas bunga. Pastikan agar tidak ada stiker yang menempel di bagian permukaannya. Selain itu, cuci bersih bagian dalam dan luarnya agar tidak ada cairan dan bau yang menempel. Setelah kering, kamu bisa menaruh bunga dan memberinya air. Lalu, bisa dipajang di meja ruang tamu Sedulur, deh.

3. Vas bunga berwarna

kerajinan tangan dari botol bekas Vas bunga
Pexels

Kerajinan dari botol bekas kaca juga bisa dikreasikan menjadi vas bunga. Supaya terkesan lebih elegan artsy, kamu bisa mengecatnya dengan warna yang cerah di permukaannya. Misalnya saja dengan kuning maupun oranye.

Supaya hasilnya lebih halus dan rapi, pertama-tama kamu perlu membersihkan bagian dalam dan luar botol. Pastikan agar permukaannya kering agar lebih bagus ketika dicat dengan warna pilihanmu. Tutup botolnya bisa dipakai kembali atau dilepas. Sesuaikan saja dengan preferensi masing-masing.

BACA JUGA: Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

4. Instalasi lampu

instalasi lampu
Unsplash

Bagi yang suka dengan desain interior ruangan yang unik, kamu bisa mencoba untuk memasang instalasi lampu dari botol transparan. Desain ini akan lebih ciamik bila bentuk dan ukurannya seragam. Misalnya saja dengan memakai botol susu.

Kerajinan tangan dari botol bekas kaca ini memang memerlukan effort lebih membutuhkan bantuan sang ahli untuk pemasangannya. Lampu ini akan lebih bagus apabila dinyalakan saat petang dan malam hari. Ruanganmu bakal terkesan lebih mewah dan unik seperti instalasi karya seni di pameran dan museum.

5. Lampu meja

lampu meja
reliable-remodeler.com

Selain dipasang di langit-langit, kamu bisa membuat lampu meja dari botol kaca warna-warni. Kamu bisa memasukkan lampu kecil-kecil ala tumblr ke dalam botol. Untuk menyalakannya secara serempak, kamu tinggal menyalakan saklar kecilnya. Setelah itu, ruangan bakal langsung syahdu ambience-nya.

6. Miniatur perahu

Miniatur perahu
Unsplash

Apabila memiliki referensi kerajinan tangan dari botol bekas yang lebih kompleks, kamu bisa membuat miniatur perahu di dalam botol. Benda ini cukup banyak didapati di pusat oleh-oleh di tempat wisata di dalam dan luar negeri. Jika kamu adalah orang yang telaten dengan detail, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat karya ini. Setelah jadi, bisa ditaruh di meja sebagai dekorasi tambahan, nih.

BACA JUGA: Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

7. Celengan plastik

celengan kerajinan dari botol bekas
Pexels

Celengan kerajinan dari botol bekas juga bisa diwujudkan. Dari segi bentuk bisa disesuaikan dengan bentuk botolnya. Tidak harus berbentuk ayam, kamu bisa membentuknya seperti tabung, lingkaran, dan sebagainya. Jangan lupa untuk memberikan lubang supaya bisa memasukkan uang koin ke dalamnya. Bila ingin membuat penampakan luarnya lebih menarik, kamu bisa mewarnainya dengan cat dan aksen lainnya.

8. Kalung plastik

kalung
Unsplash

Selain dekorasi rumah, kamu juga bisa membuat kerajinan dari botol bekas dan mewujudkannya dalam bentuk aksesoris. Salah satunya adalah kalung plastik. Kamu bisa memilih botol berwarna dan menggunting serta menyusunnya hingga menjadi kalung. Aksen berlian juga bisa didapatkan apabila kamu mempraktikkan teknik yang tepat.

9. Gelang

kerajinan dari botol bekas yang mudah gelang
Unsplash

Dengan memanfaatkan botol bekas, kamu bisa membuat gelang berdesain mewah. Kamu bisa mewarnai bagian luarnya dengan warna gelap dan menambah aksen gold di beberapa bagian di pinggirnya. Bagus, bukan?

BACA JUGA: Seni Makrame: Definisi, Teknik Menyimpul & Cara Membuatnya

10. Tirai colorful

tirai
premery.net

Selain botolnya, kamu juga bisa membuat tutupnya dan dikumpulkan untuk dijadikan tirai. Kamu bisa menyusunnya sesuai dengan warna. Bila ingin lebih sederhana, kamu bisa mewarnainya dengan warna cat tertentu. Dekorasi ini bisa ditempatkan di bagian luar sebagai tambahan eksterior maupun di bagian dalam rumah.

11. Tirai floral

Tirai floral
pinterest.com

Selain yang berwarna, kamu bisa membuat tirai dengan motif bunga-bunga yang didapat dari bagian bawah botol. Supaya lebih rapi, kamu bisa menjahitnya dengan benang putih saja di bagian pinggir bunganya. Bakalan bagus banget nih bila dipasang di jendela ruang tamu.

Apabila kamu merasa kurang hanya dengan warna transparan, Sedulu bisa mewarnainya dengan cat. Kamu bisa membuatnya menjadi semi transparan atau diblok dengan warna yang pekat.

BACA JUGA: Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik & Murah Tapi Mewah

12. Tempat pensil

kerajinan dari barang bekas botol aqua Tempat pensil
yearofcleanwater.org

Warna botol yang transparan membuat benda ini bagus untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan. Kamu bisa membuat tempat pensil untuk menyimpan alat tulis. Supaya lebih lucu dan mudah untuk memasukkan benda, kamu bisa memanfaatkan retsleting besar dengan warna cerah. Bakalan rapi dan tidak berantakan lagi, deh.

Membuat kerajinan dari botol bekas memang susah-susah gampang. Selain dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi, kamu juga perlu punya niat dan keinginan yang besar untuk tidak pantang menyerah. Ayo gencarkan gerakan untuk mengurangi sampah plastik dan mendaur ulangnya supaya bisa menjadi barang yang bermanfaat dan punya nilai jual tinggi. Kamu bisa membuat rumah jadi lebih indah dengan dekorasi ini. Selain itu, kamu bisa menyeriusinya menjadi bisnis rumahan dan memasarkannya ke jangkauan yang lebih luas.

Apabila Sedulur setiap bulannya rutin membeli sembako di Aplikasi Super, kamu juga bisa memanfaatkan kemasan plastiknya untuk dijadikan sebagai benda daur ulang. Kamu bisa mempraktikkan ide recycle di atas atau dengan cara lain yang lebih simpel dan memberikan hasil akhir yang artsy. Belanjaan dapat harga murah, kamu bisa memberi kontribusi lebih untuk menyayangi Bumi. Sebuah langkah bagus yang baik, ‘kan?