Coffee shop merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan, jika bisa mengelolanya dengan tepat dan cermat. Bisnis ini cukup memiliki pasar yang luas, karena berkembangnya kebiasaan masyarakat dalam konsumsi kopi. Untuk memulai bisnisnya, pastikan terlebih dahulu mencatat peralatan coffee shop yang lengkap.

Selain mencatat apa saja alat yang diperlukan, Sedulur juga harus mencatat persiapan lainnya seperti modal awal, sumber daya manusia, bagaimana strategi pemasaran, konsep, serta lokasi usaha yang strategis. Semua hal tersebut harus dipikirkan dengan matang serta terkonsep agar bisnis yang akan dilakukan menjadi lancar. Lalu, apa saja peralatan coffee shop yang harus ada? Berikut adalah referensinya. Simak dan catat, ya!

BACA JUGA: Deretan Biji Kopi Terbaik di Indonesia. Mana Pilihanmu?

1. Drip coffee maker

Peralatan coffee shop
pexels

Drip coffee maker adalah salah satu peralatan yang bisa membuat sajian kopi Sedulur menjadi lebih berkualitas serta nikmat. Drip coffee maker merupakan peralatan coffee shop yang wajib ada karena fungsinya adalah untuk membantu proses pembuatan kopi. Alat ini banyak dipilih oleh pebisnis kopi baru karena pemeliharaannya murah serta harganya lebih terjangkau. Selain itu, alat ini juga merupakan alat yang modern karena memiliki program yang mengatur pembuatan kopi secara otomatis. Dalam waktu yang bersamaan,mesin ini bisa menyeduh hingga 12 cangkir kopi karena kapasitasnya yang cukup besar. Sehingga, konsumen tidak akan menunggu terlalu lama ketika pebisnis kopi sudah memiliki mesin ini.

-->

2. Espresso tampers

Peralatan coffee shop
pexels

Tampers atau tamping berasal dari bahasa Inggris, yang memiliki arti memadatkan (espresso). Alat ini menjadi salah satu yang tidak mungkin dilewatkan oleh pebisnis kopi sebelum meracik kopi yang nikmat. Sebagai konsumen, mungkin sering melihat barista melakukan gerakan menekan dengan siku yang bersudut 90 derajat. Kemudian, alat yang biasa disebut dengan tampers tersebut akan dimasukkan ke dalam portafilter. Bagi sebagian orang awam, kegiatan ini mungkin bukan sesuatu yang penting. Namun, hal ini merupakan kegiatan awal akan terciptanya sebuah kopi nikmat dan sempurna.

Untuk melakukannya, barista harus terlebih dahulu memadatkan bubuk kopi agar espresso yang dihasilkan dapat menyatu erat di dalam portafilter. Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, bubuk kopi harus dituangkan secara merata. Hasil kopi akan semakin baik jika kepadatan bubuk kopi semakin merata. Ketika portafilter sudah dimasukkan ke dalam mesin espresso, maka air akan keluar dengan tekanan tinggi dari mesin, dan kemudian terciptalah ekstraksi espresso yang dihasilkan dari peralatan coffee shop ini.

BACA JUGA: 7 Manfaat di Balik Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Wajib Tau!

3. Teko untuk foam (Frothing Pitchers)

Peralatan coffee shop
pexels

Teko untuk foam digunakan untuk membuat minuman khusus seperti latte dan cappucino. Peralatan coffee shop yang satu ini digunakan bersamaan dengan tongkat uap pada mesin espresso untuk membuat busa susu yang ditambahkan ke dalam shot espresso selama proses pembuatan minuman. Tengko yang yang nyaman memungkinkan kamu menjadi barista yang kreatif serta inovatif. Sederhananya, teko untuk foam ini adalah wadah yang Sedulur gunakan untuk membuat minuman kopi yang mengandung susu, krim, dan busa seperti latte. 

4. Cangkir dan sendok ukur

Peralatan coffee shop
pexels

Hanya dengan beberapa gram bubuk kopi yang takarannya berbeda saja, rasa kopi yang baru diseduh rasanya bisa berubah. Maka dari itu, takaran yang tepat sangat penting meskipun terlihat sepele. Dengan hanya mengandalkan timbangan dapur saja ketika membuat kopi akan menjadi sangat merepotkan dan ribet. Untuk mengatasinya, Sedulur dapat menggunakan cangkir dan sendok ukur. Memang, sendok ukur tidak menjadi satu hal yang seakurat timbangan dapur. Namun, untuk menakar kopi, peralatan coffee shop sederhana ini cenderung lebih efektif untuk menghasilkan cita rasa yang pas. Sehingga, konsumen bisa menikmati kopi yang disajikan dengan takaran yang bisa diatur sesuai selera.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan & Kecantikan

5. Moka pot

Peralatan coffee shop
neyyorktimes

Hasil seduhan kopi yang dihasilkan oleh moka pot biasanya akan memiliki cita rasa berbeda, yaitu lezat serta unik. Selain itu, karakter yang dihasilkan dalam sebuah kopi akan cenderung kental. Nama peralatan coffee shop ini biasanya disebut dengan espresso kompor. Ada tiga bagian yang tersusun dalam moka pot, diantaranya adalah bagian dasar yang memiliki fungsi menyimpan air, kemudian bagian tengah yang berfungsi sebagai filter, serta bagian ketiga yang berfungsi untuk menampung kopi yang telah selesai dan jadi.

6. Pompa sirup

Peralatan coffee shop
nwcoffeesupply

Jika Sedulur menyertakan minuman sirup dalam menu coffee shop, maka pompa sirup wajib ada disana. Banyaknya sirup yang dihasilkan akan lebih mudah untuk diukur ketika akan mencampurkannya ke dalam segelas minuman. Sehingga, minuman akan menjadi enak dan pas. Peralatan coffee shop yang praktis ini bisa menghasilkan kurang lebih 10 ml sirup dalam sekali pompa. Selain cafe, alat ini juga cocok digunakan di restoran.

BACA JUGA: 15 Manfaat Minum Kopi dan Efeknya Jika Dikonsumsi Tiap Pagi

7. Blender dan juicer

Peralatan coffee shop
pexels

Jangan meremehkan peran blender serta juicer dalam sebuah kafe, ya. Hal ini dikarenakan banyak konsumen yang juga menyukai minuman yang diblender. Kualitas jus akan menjadi lebih baik ketika menggunakan peralatan coffee shop ini karena jus akan tercampur secara merata. Konsumen juga akan lebih sehat karena juicer merupakan alat yang tidak menghilangkan nutrisi pada buah saat mengolahnya menjadi minuman.

8. Silverware

Peralatan coffee shop
pixabay

Stainless steel, gold, atau logam adalah beberapa peralatan makanan yang tergolong silverware. Untuk memulai sebuah bisnis cafe, alat ini wajib ada. Ada banyak toko yang menjual peralatan coffee shop ini dan mudah untuk dicari oleh Sedulur. Silverware terdiri dari sendok untuk es atau kopi, sendok makan, sendok teh, mangkuk, piring, sendok besar, sendok gula, garpu, pisau, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Cara Mudah Membuat Es Kopi Susu di Rumah, Bikin Nagih

9. Pengatur waktu

pexels

Meskipun terkesan sederhana dan sepele, pengatur waktu ternyata memiliki kegunaan yang cukup besar, lho. Apalagi ketika ada banyak pelanggan yang berada di kedai dan barista ingin menyiapkan minuman dengan cepat dan tepat. Salah satu peralatan coffee shop ini bisa digunakan untuk memantau berapa lama kopi diseduh serta mengingatkan barista kapan saatnya menyiapkan gelas yang baru. Untuk bisa digunakan sebagai pengatur waktu banyak hal dalam waktu yang bersamaan, carilah alat pengatur waktu yang bisa diprogram untuk beberapa peristiwa sekaligus. 

10. Celemek

pixabay

Selain pengatur waktu, celemek atau apron juga menjadi peralatan sederhana namun cukup berpengaruh pada suatu kedai kopi. Kegunaan dari apron sendiri adalah untuk melindungi tubuh seorang barista dari berbagai cipratan susu, kopi, atau liquid lainnya. Barista juga bisa menyimpan beberapa barang di dalam celemek seperti towel atau portafilter.

BACA JUGA: 9 Jenis Jenis Kopi Terbaik Yang Wajib Diketahui

12. Peralatan untuk menyimpan makanan

pixabay

Agar bisa mengeluarkan cita rasa terbaik,bahan makanan yang ada di dalam cafe harus selalu dalam kondisi yang baik serta segar. Maka dari itu, Sedulur memerlukan berbagai peralatan untuk menyimpan makanan beku seperti freezer, kulkas, ataupun showcase cooler. Beberapa toko menawarkan paket peralatan coffee shop ini untuk menyempurnakan dapur Sedulur. Sehingga, makanan akan menjadi awet serta tidak mudah membusuk. Selain makanan, berbagai peralatan tersebut juga bisa Sedulur gunakan untuk menyimpan botol serta aneka minuman.

13. Peralatan untuk memanggang

pixabay

Sedulur pastinya juga akan memerlukan peralatan memanggang seperti grill roaster, toaster, gas torch flame gun, dan oven. Khususnya jika pada coffee shop terdapat menu seperti pizza, steak, atau beef patty. Peralatan coffee shop yang satu ini tentunya akan sangat berguna. Persiapkan pula perlengkapan memanggang seperti alumunium foil, penjepit makanan, arang, serta spatula untuk melengkapinya.

BACA JUGA: Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Sedulur Ketahui

14. Penggiling kopi

pixabay

Untuk menghasilkan bubuk kopi sesuai dengan keinginan, peralatan coffee shop ini sangat diperlukan dalam sebuah bisnis kopi. Dibandingkan dengan kopi bubuk kemasan, tentunya hasilnya pun menjadi lebih enak serta fresh.

15. Tea ball infuser

pixabay

Tea ball infuser berguna untuk menyeduh daun teh serta menyaringnya. Meskipun tea ball infuser adalah peralatan coffee shop sederhana, namun barista akan cukup terbantu apalagi ketika banyak rempah daun yang ada di dalam suatu teh. Barista tidak akan perlu lagi unruk menyaringnya dengan manual.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis di Musim Hujan yang Menjanjikan, Cek Disini!

16. Peralatan keamanan

pexels

Untuk meminimalisir kerugian serta melindungi kedai kopi dari bahaya kejahatan, memiliki peralatan keamanan tentunya sangat disarankan. Peralatan coffee shop ini contohnya adalah kamera cctv yang berfungsi untuk memantau keadaan cafe dari dalam maupun luar. Selain itu, ada pula fire extinguisher yang berguna untuk memadamkan kebakaran secara cepat.

17. Pendingin udara

pixabay

Pendingin udara merupakan salah satu peralatan yang diperlukan dalam memulai sebuah bisnis kafe, agar lingkungan menjadi nyaman serta tidak pengap dan panas. Jika lingkungan panas, maka konsumen akan menghindarinya dan penghasilan pun akan menjadi menurun drastis. Tidak hanya air conditioner (AC) yang bisa digunakan, kipas pun bisa menjadi pilihan sebagai pendingin udara. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan modal usaha coffee shop ya, agar menghindari kerugian yang mungkin dialami karena over budget.

BACA JUGA: 10 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Terbukti!

18. Peralatan kebersihan

pixabay

Faktor utama yang harus diperhatikan ketika membuka sebuah kedai kopi atau kafe adalah kebersihan. Kebersihan di dalam cafe akan membuat konsumen merasa nyaman ketika sedang menikmati kopi atau menyantap hidangan. Contoh peralatan kebersihan yang bisa dibeli adalah dustpan (pengki), mop holder, window washer, botol sprayer, kemoceng, wiper karet, sikat lantai, alat pel, kop toilet, sapu, dan lain sebagainya.

Itu dia berbagai macam peralatan coffee shop yang bisa Sedulur pertimbangkan ketika ingin membuka sebuah bisnis coffee shop. Jika semua peralatan di atas sudah Sedulur miliki, maka usaha sudah bisa dijalankan dengan baik. Jangan lupa untuk selalu memperhitungkan dengan berapa banyaknya modal yang dimiliki, agar tidak terjadi over budget serta toko tidak akan mengalami kerugian. Buat juga marketing serta konsep yang menarik, sehingga konsumen bisa berdatangan menuju kafe Sedulur. Semoga bermanfaat!

Selain itu, tak ada salahnya beberapa kebutuhan yang Sedulur butuhkan untuk coffe shop bisa dibeli di Aplikasi Super. Harganya dijamin murah dan mudah!