usaha fried chicken

Siapa di sini yang sedang mencari ide untuk usaha dan menambah pemasukan? Di suasana pandemi yang masih berlangsung sekarang ini, kita perlu berpikir kreatif karena terkadang situasi bisa tak menentu. Bahkan, banyak orang yang terpaksa diputus hubungan kerjanya karena perekonomian yang lesu. Maka dari itu, para Sedulur perlu punya backup plan, salah satunya adalah bikin usaha. Lalu kira-kira apa sih usaha yang menarik untuk dicoba? Yaitu usaha fried chicken.

Kenapa usaha ini dipilih? Karena ayam menjadi menu paling dekat dengan masyarakat dan sampai sekarang ayam goreng masih diminati. Lalu seperti apa sih keuntungan usaha fried chicken dan apa saja yang harus disiapkan? Simak ulasan berikut ini ya Sedulur!

BACA JUGA: Peluang Usaha Toko Listrik, Ini Analisa Modal & Untungnya

1. Membuat konsep usaha

Raup Untung Jutaan dari Bisnis Cuci Helm, Ini Cara Mulainya!
pexels.com

Sebelum memulai usaha fried chicken ini, kamu perlu memikirkan seperti apa konsepnya nanti. Sebab ini cukup penting mengingat pesaingnya sudah cukup banyak. Jadi Sedulur harus pintar-pintar dan kreatif dalam membuat konsep sehingga beda dengan yang lain.

-->

Kalau semua hal itu bisa terpenuhi, tentu rasa penasaran konsumen akan lebih tinggi karena konsep usaha ayam gorengmu berbeda. Lalu seperti apa sih konsepnya? Misalnya adalah usaha fried chicken gerobak. Mungkin ini menjadi konsep yang cukup sederhana untuk dipilih. Namun, tak ada salahnya juga Sedulur mencari banyak informasi dulu terkait usaha ini.

Misalnya, mencari soal paket usaha fried chicken. Sebab, gak sedikit di luar sana yang menawarkan paket usaha fried chicken murah, terlebih untuk kepentingan franchise. Kemudian mempelajari juga kelemahan usaha fried chicken hingga membuat analisis SWOT usaha fried chicken.

Atau, Sedulur juga memilih untuk membuka usaha fried chicken dari rumah dengan cara online yang nantinya mengandalkan jasa antar makanan lewat aplikasi. Bisa juga menyewa tempat untuk usahamu. Tapi tentu saja semua itu harus ada hitungannya ya Sedulur. Terpenting konsep harus disesuaikan dengan kondisi, modal, dan kebutuhannya. Jadi utamakan prioritasnya dulu.

BACA JUGA: 12 Tips Membangun Usaha Konter Pulsa Rumahan yang Sukses

2. Susun sistem operasional

Raup Untung Jutaan dari Bisnis Cuci Helm, Ini Cara Mulainya!
pexels.com

Setelah konsep terpikirkan dan mulai Sedulur tentukan, hal selanjutnya yang harus disiapkan juga adalah bagaimana sistem operasional nantinya. Sebab, tanpa hal ini usaha fried chicken Sedulur bisa berjalan tanpa arah dan berantakan. Tentu Sedulur gak mau hal tersebut terjadi, bukan? Nah, apa sih yang perlu disusun di sistem operasional ini?

Sedulur pasti sudah tahu banyak banget gerai fast food populer yang menjadi favorit banyak orang. Apalagi mereka merupakan perusahaan besar yang tentunya sudah memiliki sistem operasional yang bagus. Lalu apa sih yang menjadi andalan mereka soal ini? Jawabannya adalah praktis, cepat, dan enak.

Nah, Sedulur perlu meniru hal tersebut biar usaha fried chicken kamu juga bisa memuaskan pelanggan. Misalnya, Sedulur bisa menentukan kebersihan yang oke, sistem operasional rapi, order flow yang cepat, layanan pesan antar, dan lainnya. Jika hal ini bisa terpenuhi, bukan tidak mungkin calon pelanggan akan suka makan ayam goreng di tempat Sedulur.

BACA JUGA: Tips Usaha Ayam Geprek, Rincian Modalnnya & Keuntungannya

3. Menentukan modal awal

Raup Untung Jutaan dari Bisnis Cuci Helm, Ini Cara Mulainya!
pexels.com

Setelah konsep sudah ditentukan dan sistem operasional sudah disusun dengan rapi, saatnya Sedulur memikirkan modalnya. Tentu ini bisa macam-macam, misalnya jika Sedulur ingin membuat usaha ala warung tenda, coba buat rancangan modal usaha fried chicken kaki lima.

Atau, siapkan semacam proposal usaha fried chicken yang nantikan di sini bisa menjelaskan tentang konsep hingga anggaran. Proposal ini penting jika Sedulur ingin mencari bantuan dalam pembiayaan usaha fried chicken.

Atau, Sedulur bisa mempelajari merek waralaba yang sudah sukses, misalnya Hisana Fried Chicken. Mengutip laman Berempat.com, modal usaha Hisana Fried Chicken memiliki angka yang kompetitif. Bahkan, mereka membuka mitra untuk bergabung dengan Hisana. Biaya untuk ini sebesar Rp16,5 juta. Nah, menjadi mitra waralaba yang sudah berhasil tentu juga menjadi opsi bagi Sedulur.

Atau, jika Sedulur ingin berdiri sendiri mungkin ada gambaran modal yang perlu disiapkan. Tentunya modal awal ini juga untuk membeli alat-alat usaha fried chicken yang pastinya tidak sedikit. Tapi yang jelas besaran modal ini akan berpengaruh dengan konsep yang akan digunakan Sedulur. Misalnya ingin memakai gerobak, dari rumah dan memanfaatkan jasa layanan antar makanan lewat aplikasi, sewa tempat, atau lainnya.

BACA JUGA: Peluang Usaha Kebab Gerobak, Segini Modal dan Cara Promosinya

4. Bikin paket hemat hingga diskon

Jurus Jitu! Usaha Fried Chicken Omset Jutaan Perhari
pexels.com

Siapa sih yang gak suka makan dengan harga murah? Apalagi kalau makanannya enak, pasti jadi favorit pembeli. Nah, nantinya Sedulur juga perlu membuat paket hemat di menu usaha fried chicken Sedulur. Misalnya, nasi ayam plus minumnya dibandrol dengan harga Rp10 ribu dan semacamnya.

Tujuannya adalah agar pelanggan bisa mendapatkan harga miring, tapi sudah merasa ‘cukup’. Diharapkan dengan memiliki paket hemat seperti ini, pelanggan akan sering berkunjung ke usaha fried chicken Sedulur karena merasa puas dengan menu-menu yang ditawarkan.

5. Siapa target pasarmu?

Jurus Jitu! Usaha Fried Chicken Omset Jutaan Perhari
pexels.com

Hal ini akan berkaitan dengan lokasi di mana usaha fried chicken Sedulur nanti. Misalnya jika Sedulur menargetkan pasar mahasiswa, mungkin membuka usaha di area kampus adalah pilihan yang tepat. Terus kalau ingin menggaet anak sekolah, tentu membuka di lingkungan sekolah menjadi lokasi yang menjanjikan.

Namun jika dua lokasi itu tidak memungkinkan, mungkin Sedulur bisa mengincar lokasi lain. Misalnya di area perkantoran, pinggir jalan besar, dan semacamnya. Dan, soal jam buka mulai dari jam berapa sampai jam berapa, juga perlu ditentukan. Tapi ada baiknya jika mulai dari pagi menjelang siang. Semua bisa disesuaikan, ya.

BACA JUGA: Peluang Usaha Barbershop, Modal Kecil Banyak Cuannya

6. Buat menu yang lebih beragam

Jurus Jitu! Usaha Fried Chicken Omset Jutaan Perhari
pexels.com

Biar menjadi pembeda dengan usaha fried chicken lainnya, salah satu yang bisa Sedulur eksplorasi adalah varian menu. Sebab, pelanggan pasti akan bosan jika menunya hanya itu-itu saja. Nah, untuk menyiasati rasa bosan pelanggan, membuat menu yang variatif bisa menjadi solusinya. Tapi ini gak cuma untuk menu makan saja ya, tapi menu minuman juga boleh beragam.

Misalnya, untuk menu ayamnya bisa versi pedas, original, pakai kuah siram, geprek, dan lainnya. Lalu untuk menu minum juga bisa menyediakan selain es teh, minuman bersoda, dan semacamnya. Misalnya, ada jus buah, milkshake, es krim, es buah, dan lain sebagainya. Pokoknya Sedulur bebas berkreasi dalam hal menu dan tentunya harus enak, ya.

7. Mempelajari resep ayam fried chicken

Jurus Jitu! Usaha Fried Chicken Omset Jutaan Perhari
pexels.com

Kalau konsep, sistem operasional, lokasi, dan lainnya sudah dibuat tapi Sedulur belum tahu cara bikin ayam fried chicken yang enak, tentu akan sama saja. Makanya, Sedulur bisa mempelajari resep ayam goreng agar usaha fried chicken nanti bisa disukai oleh banyak pelanggan. Nah, daripada berlama-lama ini resep fried chicken yang bisa Sedulur coba:

BACA JUGA: Resep Terong Crispy Gurih & Super Kriuk, Wajib Cobain

Bahan untuk bumbu daging ayam (1 ekor):

  • 6 siung bawang putih (ditumbuk)
  • ½ ruas kunyit (ditumbuk)
  • 1½ sendok teh bubuk kaldu ayam
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok teh garam

Bahan tepung ayam fried chicken:

  • 1 kg tepung terigu protein tinggi
  • 1½ sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh baking powder
  • 9 gram bubuk kaldu ayam
  • 2 sendok teh bubuk bawang putih
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh vetsin

Bahan rendaman daging ayam:

  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 2½ liter air matang

Bahan lainnya

  • 3 liter minyak goreng
  • 1 ekor ayam

Cara membuat fried chicken:

  1. Pertama cuci bersih daging ayamnya dan potong menjadi beberapa bagian, dari dada, paha, dan sayap. Lalu masukkan ke dalam mangkuk dan sisihkan.
  2. Masukkan semua bumbu daging ke dalam mangkuk ayam tadi, lalu diratakan sambil daging ayam dipijat-pijat agar bumbunya meresap.
  3. Setelah itu tutup mangkuknya dan diamnya selama kurang lebih 3 jam agar proses marinasi maksimal.

Siapkan bahan untuk tepung:

  1. Larutkan susu bubuk dalam air hangat. Lalu ambil ayam dan masukkan ke dalam tepung, putar-putar pastikan semua bagian terlapisi tepung.
  2. Setelah itu, masukkan ayam ke rendaman air susu. Tiriskan, lalu masukkan kembali ayam ke tepung dan ratakan setiap sisinya dengan tepung. Lakukan langkah ini setidaknya sebanyak 3 kali dan proses paling terakhir posisi ayam terlapisi tepung.
  3. Lalu goreng ayam di minyak yang benar-benar panas dengan api sedang selama kurang lebih 12 menit sampai warnanya keemasan. Ayam perlu dibolak-balik agar matangnya merata.
  4. Kalau sudah matang, angkat, tiriskan dan ayam goreng bikinanmu siap disajikan.

BACA JUGA: Resep Ayam Serundeng Kelapa yang Gurih, Nikmat & Harum

8. Gencarkan promosi untuk mengenalkan usahamu

Jurus Jitu! Usaha Fried Chicken Omset Jutaan Perhari
pexels.com

Promosi menjadi nilai yang penting. Jika kamu bisa membuat ayam goreng yang enak tapi tidak ada promosi, tentu akan sia-sia. Makanya pada poin terakhir ini perlu Sedulur siapkan baik-baik. Salah satu cara yang bisa dimanfaatkan adalah melalui media sosial. Apalagi jika target pasar Sedulur adalah anak-anak muda, media sosial menjadi tempat yang cocok karena banyak anak muda menggunakannya.

Bentuk promosinya pun bisa dibuat lebih menarik. Misalnya selain menggunakan foto, bisa disiapkan juga berupa video agar calon pelanggan bisa lebih tertarik untuk mencoba. Selain itu, kenalkan juga menu-menu andalannya sekaligus diskon agar usaha fried chicken Sedulur semakin ramai dikunjungi pelanggan.

Bagaimana, melihat tips usaha fried chicken ini Sedulur sudah siap memulainya? Tapi tentu saja dalam membangun usaha Sedulur pasti butuh kerja keras karena tidak akan mudah. Apalagi ini masih usaha rintisan, jadi akan sangat menantang. Belum lagi kompetitor juga sangat banyak dan pastinya mereka siap bersaing karena sudah memulai lebih dulu.

Nah, khusus untuk membuat ayam gorengnya, Sedulur bisa belanja kebutuhan dan bahan-bahannya di Aplikasi Super. Di sini Sedulur tidak perlu repot karena bahannya sangat lengkap dan cara belanjanya yang mudah. Untuk itu, Sedulur bisa men-download aplikasinya di sini ya!