Instagram merupakan salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan.

Banyak orang telah memanfaatkan Instagram untuk berbisnis. Salah satunya mungkin Sedulur Super. Orang-orang berjualan dengan memanfaatkan Instagram, yang memang memiliki fitur sangat pas untuk mempromosikan sebuah produk. 

Dengan desain yang menarik secara visual dan penggunaannya yang sederhana, Instagram menjadi platform yang digemari untuk memasarkan produk. Sebanyak 62% dari 800 juta pengguna aktif Instagram mengikuti akun online shop dan beberapa brand sebuah produk. Karena itulah, Instagram menjadi lahan yang menggiurkan bagi para pengusaha untuk memasarkan produknya agar mendapatkan untung super melimpah.

Apakah Sedulur Super juga tertarik memasarkan produk di Instagram? Dalam artikel kali ini, Sedulur Super akan mendapatkan beberapa tips untuk meningkatkan pemasaran produk dari bisnis yang Sedulur jalankan. Sebelumnya, Sedulur Super harus memahami bahwa interaksi dengan pelanggan dan kemudahan akses untuk membeli produk merupakan hal dasar untuk peningkatan penjualan produk. Dan, hal tersebut bisa dicapai hanya melalui Instagram. Apa saja dan bagaimana cara mewujudkannya? Yuk, mari kita simak tips untuk memasarkan produk di Instagram yang akan diulas di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menemukan Ide Bisnis Melalui Media Sosial

Tips Sukses Memasarkan Produk di Instagram

1. Perbaiki dan Kembangkan Tampilan Instagram

Sebelum posting sebuah gambar, Sedulur Super harus memikirkan bagaimana tampilan produk yang akan diposting di Instagram. Penempatan produk yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan penjualan dan engagement bagi bisnis yang Sedulur Super jalankan. Tentukan konsep desain halaman Instagram Sedulur dan konsistenlah dengan konsep tersebut.

Setelah Sedulur memiliki foto produk yang akan dijual, gunakan filter internal Instagram atau aplikasi seperti VSCO Cam dan aplikasi lainnya, agar foto produk Sedulur tampak lebih tajam dan jelas. Jangan lupa kalau tampilan produk tidak boleh membohongi pelanggan, terkadang social selling akan lebih sukses dengan foto tanpa filter. Jika Sedulur ingin menampilkan satu produk dari berbagai sudut, cobalah aplikasi Instagram Layout. Aplikasi ini memudahkan Sedulur untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar. Gunakan aplikasi ini untuk menampilkan produk dengan sudut yang berbeda, terutama jika kamu menjual perhiasaan atau pakaian.

2. Buat Caption Semenarik Mungkin

Selain untuk menjelaskan produk, caption juga harus bisa menarik perhatian calon pembeli. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menambahkan beberapa emoji yang relevan. Emoji akan mempercantik caption Instagram dari produk Sedulur Super sekalian. Sedulur juga dapat memvisualisasikan produkmu dengan emoji. Cara menjual produk yang dilakukan beberapa online shop adalah menggunakan emoji untuk menggambarkan produk yang mereka tawarkan. Cara ini sukses menjual produk mereka dengan lebih efektif.

Ambil contoh, sebuah toko kelontong yang memiliki Instagram dan memasarkan salah satu produknya. Misalkan toko kelontong tersebut ingin mempromosikan bahwa mereka memiliki beras dengan kualitas terbaik dengan harga super murah. Emoji yang bisa digunakan adalah emoji tertarik dan tidak sabar untuk berbelanja.

3.  Promosi Produk dengan Menggunakan Tagar

Penggunaan tagar mempengaruhi bagaimana produk yang Sedulur Super jual akan ditemukan di Instagram. Sedulur dapat menggunakan fitur Pencarian (Search) dan Jelajah (Explore) untuk melihat tagar terpopuler untuk demografi dan jenis produk yang Sedulur tawarkan. Gunakan tiga hingga lima tagar saat mempromosikan produk yang Sedulur tawarkan.

Jangan lupa untuk membuat tagar untuk brand Sedulur sendiri. Lakukan pencarian tagar di setiap hari untuk melihat siapa yang menggunakannya, kemudian pertimbangkan untuk menampilkan foto atau video terbaik dari pengguna tagar tersebut. Gunakan aplikasi Regram untuk menampilkan foto pelanggan di feed Instagram. Membuat caption dengan tagar untuk brand sendiri merupakan  cara yang efektif dan tepat untuk menjual produk di Instagram. Tagar membuat pemasaran yang Sedulur lakukan tepat sasaran karena hanya konsumen yang membutuhkan produk yagn ditawarkan Sedulur yang mencari tagar tersebut.

4. Gunakan Sistem Pembelian Semudah Mungkin

Para pelanggan sangat tidak menyukai sesuatu yang sulit dan ribet. Sebisa mungkin Sedulur memikirkan sistem pembelian yang sangat mudah namun aman dan terjamin. Sedulur bisa menggunakan tautan web e-commerce yang tersedia. Hal ini merupakan langkah penting, karena akan menjadikan followers Instagram menjadi pembeli.

Sedulur juga bisa memberikan beberapa giveaway atau promosi-promosi menarik lainnya yang akan menarik hari pra followers Sedulur untuk membeli dagangan Sedulur Super sekalian. Jangan lupa lakukan evaluasi dan analisis berkaitan dengan sistem pembelian yang Sedulur terapkan. Gunakan selalu sistem pembelian yang efesian, mudah dan aman.

Baca Juga: Kisah Inspiratis Pendiri Aplikasi Super

5. Bekerjasama dengan Influencer

Sedulur Super dapat memperluas brand awareness dan meningkatkan penjualan dengan bekerjasama dengan influencer Instagram. Melalui influencer, produk yang Sedulur Super miliki akan menjangkau audiens dan pelanggan yang lebih luas lagi. Hal ini akan berdampak baik bagi penjualan produk bisnis yang Sedulur Super jalankan.

Untuk menghubungi para influencer, Sedulur Super bisa menggunakan aplikasi Captiv8. Aplikasi Captiv8 akan membantu Sedulur untuk berhubungan dengan influencer. Melalui fitur pencarian, jelajah, dan manajemen alur kerja yang disediakan, kamu dapat memantapkan hubungan influencer. Cari tahu penempatan produk terbaik yang sejalan dengan citra influencer dan tagar tren yang memungkinkan engagement paling banyak.

Selain itu, Sedulur juga harus benar-benar mengetahui waktu yang tepat untuk posting sebuah feed di Instagram. Ketahui jam berapa saja para netizen aktif menggunakan Instagram. Hal ini juga akan berdampak baik untuk perkembangan bisnis yang Sedulur lakukan. Instagram juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis apapun, bukan hanya bisnis yang memiliki produk khusus. Instagram bisa digunakan untuk memasarkan setiap barang dagang apapun, termasuk juga sembako.

Walaupun sembako terlihat tidak begitu cocok didagangkan di Instagram, namun hal tersebut juga bisa kita lakukan. Selain itu, jika Sedulur memiliki toko kelontong dan sedang memikirkan untuk mengembangkannya, Sedulur Super bisa menggunakan Aplikasi Super dan bergabung dengan Mitra Super Center. Mitra Super Center akan memberikan pembinaan dan pelatihan untuk mengembangkan bisnis toko kelontong yang Sedulur jalani. Kemudahan tersebut belum dengan bonus yang akan Sedulur dapatkan dari Aplikasi Super.Menggunakan Aplikasi Super akan menjamin Sedulur Super sekalian untung super melimpah. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super bisa klik di sini dan mulai gunakan Aplikasi Super sekaligus merasakan langsung setiap kemudahan dan untung super melimpah yang diberikan oleh Aplikasi Super.