franchise potong rambut pria

Kebutuhan pria akan pangkas rambut memang berbeda dengan wanita yang lebih sering memanjangkan rambut. Pria pada umumnya cenderung lebih ingin terlihat rapi dan mengikuti tren. Itulah kenapa kebutuhan franchise potong rambut pria cukup diminati.

Namun, bisnis potong rambut ini memang sangat potensial. Bahkan Sedulur bisa melakukan franchise potong rambut dengan modal yang tidak terlalu besar lho. Mengapa franchise? Tentu karena membangun brand dari nol membutuhkan konsistensi dan kesabaran sehingga cara ini bisa menjadi jalan cepat untuk terjun di bisnis barber.

BACA JUGA: 16 Merek Alat Cukur Rambut Terbaik dan Berkualitas

Rekomendasi Franchise Potong Rambut

franchise potong rambut pria
Unsplash/Nathon Oski

Itulah kenapa dengan memilih bisnis waralaba, Sedulur tak perlu repot memikirkan semua sendiri. Sedulur bisa mendapatkan pelatihan dari para mentor, alat-alat esensial, serta berhak mengusung nama besar brand berikut penerapan sistem dan standar pelayanan yang pastinya sudah mumpuni.

-->

Kini juga sudah ada cukup banyak pemain franchise barbershop yang menawarkan paket usaha dengan harga terjangkau. Bahkan, Sedulur bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan atau minat kamu. Apa saja kira-kira? Berikut ini beberapa rekomendasi franchise potong rambut pria yang bisa menjadi pilihan.

1. Arfa Barbershop

franchise potong rambut pria
Unsplash/Michael Demoya

Arfa Barbershop adalah salah satu franchise potong rambut pria yang sudah terkenal di Indonesia. Alasan kenapa jasa Arfa barbershop ini banyak dipilih masyarakat adalah layanan pangkas rambut yang rapi namun dengan biaya yang murah.

Pada mulanya Arfa Barbershop berdiri sejak tahun 2007 di Yogyakarta, kemudian bisnis ini semakin berkembang hingga saat ini sudah mempunyai 60 gerai yang tersebar di Yogyakarta, Solo, Semarang dan Cilacap. 

Untuk bermitra dengan bisnis franchise barbershop ini, Sedulur harus menyediakan dana sebesar Rp50 juta. Harga ini termasuk murah untuk sekedar franchise barbershop lo, tapi meski begitu Arfa Barbershop juga selalu memperhatikan kualitas pelayanan, tempat dan karyawannya.

Setiap karyawannya harus profesional dan ahli di bidangnya. Harga Rp50 juta tersebut Sedulur sudah mendapatkan tiga orang barber, empat kursi barber dengan standar internasional, branding, peralatan profesional sebanyak tiga set dan cermat. 

2. Lanang Barbershop

Selanjutnya franchise potong rambut pria yang laris dan murah adalah Lanang Barbershop, usaha ini terbilang sebagai pemain lama. Berdiri sejak tahun 2007 lalu dan kini sudah punya lebih dari 100 cabang di daerah Jabodetabek dan Semarang.

Selain pemain lama, kualitas dari Lanang barbershop juga tidak perlu diragukan. Tempat yang nyaman, bersih, dilengkapi dengan AC, pelanggan bisa memperoleh kenyamanan mendapat perawatan rambut. 

Lanang Barbershop ini sudah termasuk pemain lama di dunia barbershop. Bagi Sedulur yang berminat untuk bermitra dengan Lanang Barbershop, Sedulur hanya perlu menyiapkan modal sebesar 50-60 juta rupiah saja. Sejumlah harga ini Sedulur juga akan mendapatkan set perlengkapan barber yang lengkap, kursi barbershop dengan standar internasional, ruangan ber AC dan pegawai profesional. 

Lanang Barbershop menerapkan sistem yang sangat simpel. Prospek ke depan juga sangat baik karena Lanang Barbershop memiliki standar yang tinggi, sehingga para customer yang datang akan dapat dipastikan datang lagi untuk menikmati layanan di sana. Tidak perlu ragu dengan kualitas SDM-nya, karena sudah melakukan pelatihan training sebelumnya supaya bisa memberikan kepuasan pada pelanggan nanti ketika terjun ke lapangan. 

3. Mister T- One Barbershop 

Mister T-One adalah salah satu franchise potong rambut pria terbaik dan murah, bisnis ini sudah berdiri sejak tahun 2018 lalu di Tangerang Selatan. Bisnis ini terkenal dengan barbernya yang sudah berpengalaman mengukir gaya rambut konsumen yang keren dan kekinian.

Terdapat tiga paket untuk modal bisnis franchise barbershop ini yaitu paket Basic seharga Rp45 juta, regular seharga Rp75 juta dan premium seharga Rp120 juta. Masing-masing paket sudah mendapat fasilitas set perlengkapan barber, kapster untuk di training, training manajemen, dekorasi interior hingga grand opening.

Tidak hanya itu, bisnis ini juga menawarkan konsultasi gratis apabila mitranya mengalami masalah saat menjalani bisnisnya. Untuk royalti nya tergolong murah, hanya 10% dari harga modalnya. 

4. Moxie Barbershop

Moxie Barbershop juga termasuk franchise potong rambut pria yang cukup laris dan mempunyai banyak gerai. Bisnis ini di bangun sejak tahun 2011 di Jatinangor, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dikabarkan usaha potong rambut ini sudah memiliki 17 cabang yang tersebar di Bandung, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi hingga Lampung.

Jika Sedulur tertarik bergabung dengan franchise barbershop terlaris ini, Sedulur akan ditawari dua pilihan paket franchise Jatinangor yaitu paket silver dengan harga mulai Rp18 juta, sedangkan untuk paket Gold modalnya Rp35 juta.

Untuk paket Silver Sedulur sudah termasuk semua peralatan barbershop, sedangkan paket gold Sedulur akan mendapatkan biaya tambahan 1TV LED, pendingin ruang, kursi hidrolik, dan TV LED. 

Walaupun franchise ini tersedia dua paket usaha, nyatanya harga tersebut belum termasuk sewa tempat. Jika Sedulur tertarik, Moxie menyarankan luasan minimal 3×3 meter persegi. Kontrak mitra berlangsung selama setahun dan bisa diperpanjangan jika Sedulur membayar Rp4 juta setiap tahun.  

5. Raja Cukur Barbershop

Bisa dibilang franchise barbershop satu ini adalah salah satu yang termurah. Bisnis ini bermula dari Semarang, Jawa Tengah pada tahun 2015. Bisnis ini terbilang sukses karena sudah memiliki cabang sebanyak 135 cabang yang tersebar di Semarang, Solo, Klaten, Rembang, Cilacap, Surabaya, Tasikmalaya, Bali, Tangerang, Depok, Jakarta, Lampung, Pekanbaru dan Banjarmasin.

Sesuai yang dibahas sebelumnya. Modal awal dari bisnis franchise potong rambut pria ini sangat murah, hanya sekitar Rp17,5 juta. Namun barbershop ini ada juga yang menawarkan paket agak fancy sebesar Rp250 juta. Masing-masing paket akan mendapatkan sumber daya manusia yang profesional.

BACA JUGA: 27 Gaya Potongan Rambut Undercut Paling Keren di 2023!

6. Ixobox 

franchise potong rambut pria
Unsplash/Hai Phung

Kenapa namanya “Ixobox” karena franchise potong rambut pria ini mampu menghisap sisa-sisa potongan rambut hingga pelanggan tidak perlu lagi membilas kepala. Meski terkesan mahal namun sebanding dengan kecanggihan teknologi yang disuguhkan. Maka mungkin bisa jadi salah satu referensi ide bisnis franchise barbershop kamu. 

Apalagi ini juga salah satu franchise barbershop terbaik dan punya 50 cabang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Rekomendasi paket franchise barbershop mencakup: paket kiosk Rp350 juta, paket outlet Rp375 juta, dan paket shophouse Rp 400 juta.

Jika memilih franchise ini Sedulur juga bisa dapatkan mesin kiosk, environmental box, perlengkapan penunjang, hairstylist dan promosi.

7. Giovani Barbershop

Selanjutnya ada bisnis franchise barbershop dengan menerapkan konsep direct management, yaitu Giovani Barbershop. Semua perencanaan, pembangunan hingga administrasi dilakukan oleh pihak Giovani. Oleh karena itu disebut “direct management”.

Alasan franchise barbershop ini menerapkan sistem tersebut karena pihak Giovani sendiri sangat selektif memilih mitra dan selalu berusaha agar semua mitra sukses dalam menjalankan usahanya. Modal awal untuk menjadi mitra Giovani Barbershop adalah Rp70 juta untuk periode 5 tahun. 

Biaya tersebut sudah termasuk SDM, penggunaan brand, materi promosi dan pemasaran. Namun akan lebih baik jika Sedulur siapkan modal Rp 130 juta-280 juta untuk komponen biaya lain seperti pertumbuhan furniture, peralatan barbershop, dan dana operasional untuk tiga bulan ke depan.

8. Barbertopia

Brand Barbertopia telah ada sejak tahun 2010 dan terkenal di masyarakat Indonesia. Keuntungan bermitra dengan Barbertopia yaitu mendapatkan manajemen dengan resiko yang baik ketimbang bisnis barang atau perdagangan barang.

Barbertopia juga memiliki para tenaga kerja yang profesional dan unggul di bidangnya. Sehingga bisnis yang berjalan bisa tetap untung dan memberikan layanan yang berkualitas. Peralatan yang digunakannya pun lengkap serta modern, yang bisa mitra dapatkan dalam satu paket harga franchise Barbertopia.co.id.

9. Serious Cut Barbershop

Serious Cut barbershop adalah satu-satunya barbershop yang memiliki tim digital marketing lalu disertai dengan tukang cukur yang handal. Tempatnya yang nyaman juga tidak perlu diragukan lagi, bahkan kini sudah punya 25 cabang yang tersebar di Indonesia.

Apalagi franchise ini punya sistem pengaman berbasis AI sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecurangan pegawai.  Waralaba Barbershop yang selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah Serious Cut Barbershop.

Bisnis waralaba ini sudah berdiri sejak 2014 dan sudah memiliki gerai sebanyak 20 buah yang tersebar di Pulau Jawa. Sedulur perlu merogoh kocek sebesar Rp60 juta untuk menjalankan brand barbershop satu ini. Sedulur akan mendapatkan dana marketing, seragam kapster, dan dua unit kursi.

10. F1 Barbershop

Franchise Barbershop berikutnya yaitu dari F1 Barbershop. Barbershop ini terkenal sebagai barbershop premium yang ada di Indonesia. Outlet besarnya sudah ada di Jakarta, Tangerang, Palembang, Lubuk Linggau, Bangka dan kota besar lainnya. 

F1 Barbershop ini mengusung tema ajang balap Formula 1 dalam setiap cabangnya. Kesuksesan itu tidak lepas dari pelayanan yang dapat melayani dari berbagai kalangan dan usia. F1 Barbershop juga menyediakan kursi berbentuk jet darat Ferrari di F1 bagi customer anak-anak.

Bagi customer dewasa F1 Barbershop juga menyajikan pelayanan one-stop-service, layaknya pit stop di ajang balap F1. Customer juga akan mendapatkan pelayanan komplit dan cepat dengan hasil yang sudah pasti memuaskan. Tentunya sudah terdapat banyak layanan unggul yang tersedia disini mulai dari Royal+ Service, Premium Service, Kid Cut Service, Shaving, Hair Coloring hingga facemask.

BACA JUGA: 7+ Rekomendasi Franchise Mie Pedas Viral Beserta Modalnya

11. Captain Barbershop

Unsplash/Delfina Pan

Tempat cukur yang mewah dan terbesar di Indonesia Captain Barbershop hadir sejak tahun 2015. Captain Barbershop kini sudah memiliki 86 cabang yang tersebar di Jabodetabek, Karawang, Bandung, Surabaya, Medan dan Karawang.

Pelayanannya terbaik serta memiliki layanan yang beragam mulai dari fashion hair color, basic hair color, smoothing hair treatment, perm hair treatment, gentleman grooming, anti-dandruff treatment, hair repair treatment. Kabarnya, Captain Barbershop juga disebut sebagai franchise potong rambut termewah yang pernah disinggahi oleh para artis yang ada di Indonesia.

12. Mr One Barbershop

Satu lagi franchise barbershop yang menjanjikan adalah Mister One Barbershop. Meski baru berdiri pada 2018, bisnis ini sudah dikenal memiliki kualitas yang baik dengan penawaran franchise yang menjanjikan.

Sedulur perlu merogoh kocek sebesar Rp45 juta hingga Rp120 juta untuk penawaran harga perpaketnya. Sedulur akan mendapatkan berbagai peralatan lengkap, kapster, pelatihan manajemen, dekorasi interior, hingga grand opening.

13. DeftBarber

Ingin franchise cukur rambut yang modern, handal dan terasa layanannya seperti bercukur di salon ternama? Cobalah mitra DeftBarber asal dari kota Bogor berikut. Keunggulan dari hasil potongan rambut DeftBarber yaitu bisa menyesuaikan potongan yang diinginkan.

Hasilnya pula rapi, bersih dan dikerjakan oleh orang yang profesional yang sudah tersertifikasi.

BACA JUGA: 12 Bisnis Franchise Ayam Goreng Terlaris , Dijamin Cuan!

Keuntungan Franchise Barbershop

Unsplash/Dwi Rina

Meskipun bisnis franchise barbershop Sedulur akan dilatih secara langsung, tapi Sedulur juga perlu tahu beberapa model gaya rambut yang sering diminta konsumen. Kemudian untuk memulainya, tentu juga banyak yang perlu dipersiapkan.

Meskipun mungkin banyak yang perlu dipikirkan, ada beberapa alasan mengapa bisnis franchise barbershop bisa cukup menguntungkan untuk kamu. Berikut diantaranya:

  • Bisnis barbershop merupakan bisnis yang pasti, bukan bisnis yang harus selalu terpaku dengan trend. Maka bisnis ini tidak akan terpengaruh saat krisis ekonomi, inflasi dan lainnya. 
  • Resiko kerugian yang minim, karena bisnis ini berupa jasa. Bukan bisnis produk yang membutuhkan modal agak besar. 
  • Modal awal yang tidak terlalu besar, namun memiliki keuntungan yang besar. 
  • Karena usaha franchise, Sedulur tidak perlu repot memikirkan sistem bisnis berlangsung. Sedulur hanya perlu menjalaninya saja. 
  • Selalu dibutuhkan masyarakat mulai dari anak sekolah ketika jelang masuk ajaran baru hingga orang dewasa sekalipun untuk keperluan bekerja. 
  • Dibandingkan dengan wanita, pria lebih sering melakukan potong rambut di bandingkan wanita. Biasanya pria mencukur rambutnya 2 kali dalam sebulan. 

Tips Memulai Bisnis Franchise Barbershop

franchise potong rambut pria
Unsplash/Firza Pratama

Bagi pria ternyata gaya rambut memberikan kesan dan identitas bagi setiap pria. Baik untuk sekadar menarik perhatian calon pasangannya atau untuk kerapihan ketika memulai karir. Maka memulai bisnis franchise barbershop adalah pilihan yang tepat.

Bagi Sedulur yang ingin memulai bisnis tapi masih belum berpengalaman, mencoba bisnis franchise bisa menjadi pilihan. Terutama bagi Sedulur yang tertarik memulai bisnis barbershop. Untuk itu, berikut ini beberapa tips memulai bisnis franchise barbershop.

  • Menentukan lokasi

Lokasi memang memegang peranan penting dalam menentukan kesuksesan barbershop yang Sedulur bangun. Maka cari lokasi yang berada di tengah keramaian. Namun sebelum memilih lokasi, pastikan Sedulur pilih target pasar yang jelas.

  • Siapkan konsep unik 

Setelah menentukan lokasi dan tahu harga sewa suatu tempat, tentukan juga konsep bisnis yang akan Sedulur buat. Ciptakan konsep bisnis franchise barbershop Sedulur menarik dan unik sehingga memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk para pelanggan.

Hal ini sangat penting untuk brand image Sedulur dan akan berpengaruh pada konsep interior, pelayanan bahkan cara komunikasi di media promosi yang nantinya akan Sedulur gunakan.

  • Rekrut tukang cukur berpengalaman 

Pastinya barbershop butuh barber andal yang terjun langsung dalam melayani pelanggan. Apalagi bisnis Sedulur memang akan sangat bergantung pada kualitas barber kamu. Maka menyeleksi barberman memang tidak bisa asal. Memilih barberman tidak serta merta bagaimana ia menata rambut, namun juga caranya memuaskan pelanggan.

  • Peralatan dan perlengkapan barbershop 

Peralatan barber haruslah lengkap, misalkan ada kursi pangkas rambut, cermin besar dan cermin kecil. Sementara perlengkapan yang dibutuhkan adalah mesin cukur, beberapa jenis gunting, pisau cukur, handuk, dan aksesoris.

  • Siapkan strategi pemasaran

Agar menarik perhatian para pelanggan Sedulur bisa menyediakan paket-paket pelayanan tertentu dengan harga khusus. Sedulur juga bisa gunakan kupon untuk pelanggan pada pelayanan selanjutnya. Cara ini juga efektif untuk mempertahankan pelanggan lama.

Itulah tadi beberapa franchise potong rambut pria dan beberapa tips untuk memulainya. Salah satu bisnis yang menggiurkan memang franchise barbershop. Hal ini lantaran barbershop sudah menjadi sebuah kebutuhan sehingga permintaannya tetap akan tinggi.

Selain itu, bisnis ini juga relatif mudah dilakukan, modal yang tidak terlalu besar, bisa dijadikan bisnis sampingan, dan cepat balik modal. Melihat beberapa keuntungan dari bisnis franchise barbershop, tak sedikit orang yang tertarik untuk mencobanya.