Siapa sih yang tidak suka dengan menu ayam goreng dengan tepung yang kriuk dan memiliki rasa super gurih? Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pasti tidak akan menolak hidangan satu ini. Jadi tak heran kalau bisnis franchise ayam goreng begitu menjamur dan laris manis.

Bagi Sedulur yang ingin mencoba terjun ke dalam dunia bisnis kuliner. Usaha satu ini memang bisa jadi pilihan menarik. Apalagi bisnis franchise ayam goreng termasuk mudah dijalankan dan memiliki potensi keuntungan yang besar.

Nah, supaya Sedulur bisa mendapatkan bayangan bagaimana bisnis ini bekerja. Mari simak ulasan lengkap tentang bisnis franchise ayam goreng beserta rekomendasi brand yang bisa diajak bekerja sama.

BACA JUGA: 100+ Ide Nama Usaha Kue yang Unik dan Menarik

-->

Tips Bisnis Ayam Goreng

aneka resep ayam goreng kampung
Unsplash/Ke Vin

Sebelum memulai usaha franchise ayam goreng. Sedulur perlu mengetahui beberapa hal penting agar bisnis yang dijalankan bisa semakin maksimal. Berikut ini beberapa tips untukmu.

  • Tentukan lokasi dengan tepat

Tips pertama adalah menentukan lokasi bisnis. Sedulur sebaiknya melihat dan memilih lokasi bisnis yang potensial sesuai dengan target konsumen.

Misalnya, makanan seperti ayam goreng franchise biasanya sangat laku ketika dijual dekat dengan perumahan warga atau wilayah kampus. Hal ini karena masyarakat akan lebih mudah dan praktis menjangkau usahamu.

  • Siapkan modal dan rencana bisnis

Meskipun Sedulur menjalankan bisnis franchise yang tidak terlalu besar, bukan berarti perencanaan keuangan yang baik diabaikan ya. Hal ini malah menjadi kunci agar bisnis franchise bisa makin luas dan menguntungkan.

Dengan perencanaan modal serta bisnis yang baik. Sedulur bisa membuat pos-pos keuangan untuk melakukan invasi bisnis yang lebih luas di beberapa daerah lain. Tentunya ini dengan perkiraan pendapatan selama setahun menjalankan bisnis ya.

  • Buat strategi pemasaran

Di semua bisnis, pemasaran adalah salah satu hal yang menentukan kesuksesan sebuah usaha. Strategi pemasaran seperti apa yang sesuai dengan bisnis ayam goreng ini?

Sedulur bisa melakukan kombinasi dari pemasaran online dan offline. Misalnya, untuk pemasaran offline, Sedulur bisa mulai dengan membagikan brosur berisi informasi detail mengenai bisnismu.

Sementara untuk pemasaran online, Sedulur bisa berpromosi dan beriklan menggunakan media Google Ads, Instagram & Facebook Ads, dan juga TikTok Ads.

  • Buka pemesanan online

Penjualan online sekarang menjadi salah satu lini bisnis yang sangat mendongkrak penjualan usaha kuliner. Untuk itu, Sedulur tidak boleh melewatkan kesempatan mendapatkan keuntungan lebih dengan fitur ini.

BACA JUGA: Resep Es Kacang Merah, Segar dan Nikmat untuk Buka Puasa

Rekomendasi Franchise Ayam Goreng

Setelah mengetahui tips menjalankan bisnis franchise ayam goreng. Tentunya agar Sedulur bisa memilih usaha yang tepat dan cocok dengan karakter, berikut ini ada beberapa rekomendasi franchise yang bisa dicoba!

1. Rocket Chicken

Pexels/Labskiii

Dranchise ayam goreng lokal satu ini sangat populer dan berhasil mengambil hati para pelanggannya dengan menyajikan berbagai menu ayam goreng lezat setiap harinya. Menu utama dalam Rocket Chicken tentu saja ayam goreng, selain itu franchise ini juga menjual olahan burger, steak, dan berbagai minuman menyegarkan lainnya.

Outlet Rocket Chicken seringkali ditemukan di berbagai kota besar maupun kecil sekelas kabupaten. Selain melayani orderan dine in dan take away, kini Rocket Chicken juga menyediakan aplikasi pemesanan yang bisa dimanfaatkan oleh para konsumennya secara online.

2. Hara Chicken

Bagi Sedulur yang ingin membuka franchise fried chicken di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, Sedulur bisa menjadi mitra Hara Chicken. Namun, tidak menutup kemungkinan Sedulur bisa membukanya di daerah lain juga.

Hara Chicken merupakan restoran cepat saji yang menyajikan menu ayam goreng tepung dan ayam geprek dengan level kepedasan tertentu. Selain itu, Hara Chicken juga menawarkan beberapa pilihan menu tambahan, seperti aneka saus, sambal, hingga beberapa minuman.

3. Olive Chicken

Olive Chicken adalah franchise ayam goreng lokal yang menjadi kebanggaan masyarakat Jogja dan sekitarnya. Kalian tidak akan menemukan kelezatan ayam goreng Olive jika tidak berkunjung ke kota asalnya.

Menu yang disediakan oleh Olive Chicken sebenarnya tidak jauh berbeda dengan franchise lainnya. Namun soal rasa tetap jadi juara. Sementara itu untuk harga setiap menu di Olive Chicken terbilang cukup ekonomis dan cocok di kantong pelajar dan mahasiswa.

4. Crispyku Fried Chicken

Franchise ayam goreng yang masih banjir orderan terakhir adalah Crispyku Fried Chicken. Berdiri sejak tahun 2010, waralaba ini sudah memiliki lebih dari 600 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Seperti Orchi Fried Chicken, Crispyku Fried Chicken juga menawarkan menu selain ayam goreng, yakni ayam geprek dan ayam spicy BBQ.

Bagi yang tertarik untuk bergabung sebagai mitra Crispyku Fried Chicken, perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 22 juta hingga Rp 250 juta untuk memiliki restoran. Biaya ini sudah termasuk training, booth aluminium (tergantung paket), restoran (tergantung paket), warmer, deep fry, bahan baku, serta perlengkapan lainnya.  

5. Jatinangor House

Jatinangor House adalah sebuah resto yang menyajikan hidangan autentik yang berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat. Karena meningkatnya popularitas resto ini, kini Jatinangor House membuka cabang di berbagai kota seperti Jakarta, Solo, dan Yogyakarta.

Menu utama di Jatinangor House adalah nasi, ayam goreng, dan omelet yang disajikan dengan kailan goreng yang membuat cita rasa hidangan ini semakin nikmat.

6. Sabana Fried Chicken

bisnis franchise ayam goreng
Unsplash/Shardar Tarikul Islam

Sabana Fried Chicken adalah franchise ayam goreng lokal yang telah mengembangkan sekitar 3000 outlet yang berlokasi di Jawa dan Sumatera. Sabana juga membuka kemitraan untuk para pebisnis pemula yang ingin berjualan ayam goreng mereka.

Ayam goreng Sabana terkenal sangat juicy dan enak, lho. Selain ayam goreng, ada berbagai jenis menu lain seperti burger dan kentang goreng yang bisa kalian coba jika berkunjung ke outlet-nya.

7. California Fried Chicken

California Fried Chicken atau CFC adalah brand ayam goreng lokal yang sudah setara dengan KFC atau McDonalds dan bernaung di bawah PT. Pioneerindo Gourmet International, Tbk. Brand ini juga bisa Sedulur temukan di banyak tempat mulai dari mall, supermarket, Rumah Sakit dan juga di SPBU maupun Rest Area.

Selain menawarkan ayam goreng sebagai menu utama, CFC juga memiliki banyak menu lain yang digemari masyarakat seperti burger, spaghetti, kentang goreng dan lainnya. Merek ayam goreng yang sudah ada sejak tahun 1983 ini kini telah memiliki 285 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia dan 20% diantaranya dimiliki oleh mitra waralaba.

Ada dua sistem kerjasama yang ditawarkan oleh CFC jika Sedulur tertarik menjadi mitra yakni sistem Joint Venture dan sistem waralaba biasa. Untuk sistem Joint Venture, Sedulur akan mendapatkan 11% dari omzet penjualan perbulan.

Sementara untuk paket waralaba Sedulur bisa memilih diantara tiga paket yakni paket satelit Rp 115 juta, paket Food Court Rp 330 juta dan paket dining dengan harga Rp 400 juta.

8. Orchi Chicken

Orchi Fried Chicken yang berdiri sejak tahun 2009  menjadi pilihan franchise ayam goreng lokal yang bisa Sedulur dapatkan dengan modal yang minim. Dengan konsep booth atau gerobak, Orchi Fried Chicken juga menawarkan ayam goreng dengan rasa yang tak kalah enak dibanding ayam goreng lainnya.

Selain menyajikan ayam goreng crispy, gerai Orchi Fried Chicken juga menawarkan menu lain berupa ayam geprek yang kini banyak digemari. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, Sedulur bisa membeli paket waralaba yang ditawarkan hanya dengan modal Rp 15 juta saja.

Sedulur akan mendapatkan perlengkapan lengkap untuk memulai bisnis mulai dari booth berukuran 1,5 meter, kompor, alat penggorengan, ice box, banner, seragam karyawan dan lainnya.

9. Ranisa Fried Chicken

Satu lagi merek franchise ayam goreng lokal yang juga punya kualitas tak kalah dengan kompetitornya, Ranisa Fried Chicken. Berbeda dengan pesaingnya, ranisa Fried Chicken menawarkan menu yang banyak digemari yakni ayam goreng dengan saus keju dan juga ayam goreng saus pedas.

Rasa ayam goreng dan saus yang unik menjadi ciri khas tersendiri franchise ayam goreng yang satu ini ditambah harganya yang murah mulai dari Rp 11 ribuan saja. Berdiri sejak tahun 2010, Ranisa saat ini sudah memiliki banyak gerai yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Franchise ini juga menawarkan beberapa paket kemitraan termasuk paket booth dengan harga Rp 12 juta, paket gerobak Rp 14 juta dan paket kios premium dengan harga Rp 130 juta. Dengan adanya pilihan paket tersebut, Sedulur bisa memilih mana konsep berjualan yang sesuai dengan budgetmu. Dengan keuntungan lebih dari Rp 10 juta per bulan, Sedulur bisa lirik franchise yang satu ini untuk memulai bisnis ayam goreng.

10. Quick Chicken

Quick Chicken adalah usaha ayam goreng yang pertama kali didirikan oleh Bedi Zubaedi pada tahun 2000 di Yogyakarta. Berbeda dengan franchise ayam goreng lainnya, Quick Chicken tidak hanya menawarkan makanan atau menu ala barat tetapi juga menu lokal seperti nasi goreng dan kwetiau.

Ada beragam menu yang ditawarkan Quick Chicken dan tentu saja dengan harga yang lebih murah yakni mulai dari Rp 10 ribuan saja. Brand yang kerap mendapatkan penghargaan ini sudah memiliki lebih dari 1000 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kalau Sedulur tertarik untuk bergabung dalam kemitraan Quick Chicken Sedulur harus menyiapkan dana sebesar Rp 316 juta yang sudah termasuk franchise fee sebesar Rp 25 juta untuk periode lima tahun.

BACA JUGA: Resep Tempe Cripsy, Renyah, Praktis, dan Nggak Lembek

11. Ayam Geprek Bensu

bisnis franchise ayam goreng
Unsplash/Brian Chan

Salah satu franchise yang memiliki menu ayam goreng crispy yang digeprek adalah Geprek Bensu. Usaha ayam goreng geprek milik artis Ruben Onsu ini memang sudah cukup terkenal dan bisa diajak bekerja sama dalam franchise.

Untuk membuka satu gerai Geprek Bensu, calon mitra bisa menyiapkan biaya sekitar Rp400 juta dengan biaya mitra 5 persen dari modal. Dengan biaya tersebut, nantinya mitra akan mendapatkan konsep desain dagang, peralatan, bahan baku, POS kasir hingga media promosi.

12. Hisana Fried Chicken

Hisana mengusung konsep penjualan menggunakan gerobak sehingga pembeli umumnya hanya bisa membawa pulang dan tidak makan di tempat. Untuk bermitra membuka Hisana Fried Chicken, Hisana menawarkan paket kemitraan dengan modal mulai dari Rp16,5 juta.

Dengan paket tersebut, mitra bisa mendapatkan merek dagang, bahan baku, dan gerai yang berbentuk gerobak. Adapun, Hisana juga menganut konsep syariah sehingga para karyawan yang bekerja juga akan memperoleh hak kepemilikan dari perusahaan atau sistem bagi hasil.

Nah, itu tadi deretan rekomendasi ayam franchise goreng yang bisa Sedulur coba. Agar bisnis makin menguntungkan, jangan lupa juga untuk mencari supplier kebutuhan memasak yang tepat mulai dari minyak goreng, beras, hingga bumbu dapur di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko, warung atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp. Selamat mencoba!