Ada banyak sekali jenis franchise bisnis makanan yang menjanjikan. Salah satunya yang cukup populer sekarang ini adalah olahan mie pedas. Ya, franchise mie pedas ini memang cukup booming dan memiliki banyak cabang di berbagai daerah.

Selain menawarkan harga yang murah, mereka juga memiliki mie level kepedasan yang berbeda-beda sehingga membuat pecinta pedas ketagihan. Franchise mie pedas kekinian memang menjadi lini usaha kuliner yang menawarkan peluang bisnis menjanjikan dan bisa mendatangkan keuntungan besar.

Apalagi mie termasuk kuliner favorit semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selain mengenyangkan seperti nasi, mie kekinian menawarkan beragam toping dan makanan pendamping.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Lasagna Beserta Analisis Usahanya, Pasti Cuan!

-->

Rekomendasi Franchise Mie Pedas

Unsplash/Ruth Georgiev

Berbagai gerai mie kekinian juga menawarkan berbagai level kepedasan yang dapat dipilih sesuai selera konsumen. Walaupun dulu mie menjadi makanan yang kurang popular, saat ini tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa franchise mie kekinian menjadi salah satu peluang bisnis favorit.

Bahkan, sudah banyak sekali bisnis mie kekinian yang berlomba lomba untuk membuka peluang kemitraan untuk memperluas pasar mereka. Itulah mengapa menjadi mitra dari salah satu franchise mie pedas kekinian dapat Sedulur jadikan sebagai pertimbangan dalam memulai sebuah bisnis.

Namun, agar Sedulur tidak salah dalam memilih bisnis franchise, berikut ini beberapa rekomendasi franchise mie pedas yang bisa Sedulur pertimbangkan.

1. Mie Gacoan

Unsplash/Cody Chan

Pertama tentu saja ada franchise mie kekinian yang paling popular saat ini, yakni Mie Gacoan. Saat ini, pasti banyak dari Sedulur yang pernah mendengar atau bahkan mengunjungi outlet dari waralaba mie Gacoan. Bahkan, brand ini terbilang sebagai brand yang paling popular pada tahun 2021 hingga saat ini.

Waralaba Mie Gacoan menyediakan berbagai macam olahan mie dengan mengutamakan cita rasa dan kualitas mereka. Tak hanya itu, mereka pun juga selalu memastikan harga yang mereka pasang juga bersahabat dengan perekonomian warga Indonesia. 

Franchise ini mungkin baru saja berdiri pada tahun 2018 lalu. Namun, Sedulur tidak perlu ragu dengan popularitas mereka, karena sudah banyak sekali warga Indonesia yang mengetahui dengan baik brand mie kekinian yang satu ini.

Franchise Mie Gacoan sendiri mengusung price to quality, bisa dibilang franchise ini lebih mengutamakan harga yang terjangkau dengan rasa yang enak dan kualitas yang tak murahan. Berdiri sudah cukup lama dari tahun 2016 di Kota Malang, Jawa Timur, meski begitu, produk ini baru mulai naik tahun sejak tahun 2019 hingga sekarang.

Kini franchise Mie Gacoan sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Hal yang menjadi alasan mengapa produk ini begitu laris karena franchise Mie Gacoan menawarkan harga yang sangat terjangkau.

Berdasarkan forum dagang di Facebook pernah membeberkan harga franchise Mie Gacoan mulai dari Rp125 juta dan harus memiliki lahan atau tempat yang strategis.

2. Mie Tunggal Rasa (Mie TuRa)

Franchise mie pedas dengan peluang yang menjanjikan berikutnya yaitu Mie Tunggal Rasa atau Mie TuRa. Mie TuRa sendiri memang menggunakan teknik pengolahan tradisional. Namun, mereka terus berinovasi dengan cita rasa makanan mereka agar sesuai dengan selera warga Indonesia saat ini. 

Makanan yang berasal dari franchise mie ini memiliki hingga tujuh variasi rasa yang berbeda. Mulai dari Mie Ayam Spesial, Mie Yamin, Chicken Katsu, Mie Ayam Spesial Kriukk, Teriyaki, Saus Spaghetti, Mie Ayam Sosis, hingga Judess atau Juara Pedees.

Apabila Sedulur ingin menjadi mitra dari franchise mie kekinian ini, maka harus mempersiapkan modal sebesar Rp20 juta selama masa promosi. Nantinya, pihak Mie TuRa tidak akan mengambil franchise fee apapun dalam kurun waktu promosi tertentu. 

Akan tetapi, apabila masa promosi tersebut sudah terlewat atau kadarluasa. Maka harga franchise mie kekinian ini berubah menjadi Rp35 juta. Selain itu, franchise mie kekinian ini juga memberikan penawaran dengan mengelola usaha franchise Sedulur, namun dengan sistem bagi hasil sebesar 50 : 50.

3. Mie Setan Njerit

Didirikan sejak 2014 di Madiun oleh Diestha Cindy, Mie Setan Njerit terus berkembang hingga merambah ke berbagai daerah. Hingga saat ini, Mie Setan Njerit telah memiliki lebih dari 100 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mie Setan Njerit menyajikan cita rasa yang khas, dengan pedas asli cabai dan harga yang terjangkau sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi segala kalangan. Mereka menawarkan tiga paket kemitraan, berikut di antaranya:

  • Paket 25: Paket ini dipatok seharga Rp25 juta dan akan mendapatkan fasilitas meliputi perlengkapan dapur 50 item, materi promosi, figura poster menu dan bahan baku free untuk 160 porsi.
  • Paket 50 : Dibanderol dengan harga Rp75 juta mitra akan mendapatkan fasilitas meliputi Perlengkapan dapur 50 item, materi promosi, figura poster menu, bahan baku free untuk 400 porsi, kulkas, freezer, meja kasir, kipas angin, meja kursi 8 set.
  • Paket 75: Paket ini diberi harga Rp75 juta dan akan mendapatkan fasilitas meliputi Perlengkapan dapur 70 item, materi promosi, figura poster menu, bahan baku free untuk 800 porsi, kulkas, freezer, meja kasir, kipas angin, meja kursi 15 set, speaker, tv, banner dan mesin kasir.

4. Mie Kober

Franchise mie kekinian selanjutnya yang dapat Sedulur pertimbangkan yaitu Mie Kober. Perlu Sedulur ketahui juga, franchise Mie Kober ini adalah bisnis yang berdiri pada tahun 2010 lalu oleh pendirinya yang Bernama Gemmy Ramadhan. Sehingga, usia dari Mie Kober saat ini sudah menginjak angka 14 tahun. 

Tak hanya itu, waralaba Mie Kober sendiri selalu saja memberikan inovasi terbaru dan mempertahankan kualitas dan cita rasa mereka. Agar brand bisnis ini dapat bertahan pada persaingan bisnis kuliner mie yang semakin ketat dari waktu ke waktu. 

Selain itu, brand yang satu ini juga terbilang sebagai pelopor dari adanya mie pedas atau yang mungkin Sedulur kenal dengan nama mie setan. Hingga kini Mie Kober telah memiliki lebih dari 33 gerai kemitraan, dengan pusat keterkenalan yang justru berada di Bali.

Sebagai informasi, Mie Kober merupakan mie pertama yang menghadirkan berbagai sajian mie setan. Jika muncul pertanyaan mengapa memilih Kober sebagai nama bisnis ini, nama Kober memang berasal dari bahasa Jawa Timuran yang memiliki arti mau repot.

Jika ingin bergabung ke dalam kemitraan Mie Kober, calon mitra hanya perlu menyiapkan beberapa hal dasar dalam menyiapkan usaha. Paling utama adalah lokasi yang strategis dan memadai. Brand ini tidak memakai sistem take away sehingga calon mitra perlu menyiapkan lokasi yang cukup luas. Setidaknya ada area dapur, dining, penyimpanan hingga parkir dan perlu digaris bawahi bahwa lokasi usaha harus berada di pinggir jalan.

Mengenai biaya franchise, belum ada kepastian karena tidak pernah dipublikasikan secara umum. Data terakhir yang didapat pada tahun 2014 biayanya mencapai 700 juta sampai 1,3 miliar tergantung dengan luas tempat.

5. Mie Katrok

Kelima ada franchise mie kekinian yang dapat Sedulur pertimbangkan, adalah Mie Katrok. Brand yang satu ini menyajikan berbagai macam olahan mie yang lengkap dengan berbagai macam rasa sambal dari berbagai level.

Mulai dari sambal mercon, judes, pedas manis, soto katrok, sambal extrada, hingga katrok panggang. Sehingga, hal ini dapat membuat para pecinta mie selalu saja kurang dengan masakan yang Mie Katrok ini sajikan.

Apabila Sedulur tertarik untuk menjadi mitra dari waralaba Mie Katrok, nantinya Sedulur akan mendapatkan berbagai macam fasilitas yang dapat membantu penjualan bisnis. Mulai dari gerobak dengan desain menarik, SOP, kontrak kerja sama selama 3 tahun, pelatihan, perlengkapan memasak lengkap, bahan baku, bantuan marketing, dan lain lain. 

Selain itu, waralaba mie ini juga menawarkan hingga 3 jenis paket usaha yang dapat Sedulur sesuaikan dengan modal. Mulai dari startup Mie Katrok dengan harga Rp6 juta, Micro Mie Katrok dengan harga Rp9 juta, serta paket mini cafe dengan harga Rp16 juta. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

BACA JUGA: 10 Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha dan Cara Mencegahnya

6. Mie Setan Express

merek mie kuah pedas
Unsplash/Fran From 5 AM Ramen

Melihat tingginya minat dan antusias terhadap model makanan seperti ini, menjadi salah satu alasan hadirnya Mie Setan Express. Diikuti dengan potensi bisnis yang tinggi karena hampir semua masyarakat Indonesia menyukai olahan mie, memberi jawaban bagi para calon pelaku usaha untuk memulai franchise Mie Setan Express.

Jika Sedulur berminat menjadi bagian kemitraan Mie Setan Express, berikut modal investasi yang harus dipersiapkan:

  • Paket 7,5 juta dan mitra akan mendapatkan booth kecil, peralatan masak, video tutorial, bahan baku untuk 100 porsi dan brosur.
  • Paket Rp15 juta dan mitra akan mendapat gerobak, peralatan masak, video tutorial, bahan baku untuk 300 porsi, X banner, seragam karyawan 2 pcs dan brosur serta banner.
  • Paket Rp25 juta dan mitra akan mendapat gerobak, peralatan masak, video tutorial, bahan baku untuk 500 porsi, X banner, seragam karyawan 4pcs, brosur serta banner dan sistem kasir online.

Selain itu, Mie Setan Express juga memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mitra. Namun, semuanya masih memungkinkan untuk Sedulur wujudkan ketika ingin bermitra dengan mereka. Berikut ini di antaranya:

  • Menyiapkan lokasi usaha yang strategis.
  • Menyiapkan minimal 2 karyawan.

Melihat persyaratannya tentu bukan sesuatu yang sulit. Untuk itu bagi Sedulur yang tertarik, berikut langkah-langkah untuk menjadi mitra Mie Setan Express:

  • Memilih paket kemitraan dan menghubungi pihak Mie Setan Express.
  • Membayar paket yang sudah dipilih beserta ongkos kirim peralatan.
  • Pengiriman barang maksimal h+2 setelah pembayaran.

7. Bakmi dan Bakso Booster

Selanjutnya, apabila Sedulur mencari franchise mie yang dapat menarik perhatian banyak konsumen setiap harinya, maka brand Bakmi dan Bakso Booster adalah pilihan yang tepat. Waralaba mie yang satu ini tidak hanya mengandalkan gaya yang sesuai dengan perkembangan trend saja. 

Melainkan, mereka juga selalu menjaga kualitas dan cita rasa dari makanan mie yang mereka produksi. Sehingga, cita rasa mie dari brand ini dapat bersaing dengan restoran, ataupun juga hotel bintang lima. Dengan mempersiapkan modal sebesar Rp20 juta, Sedulur akan memperoleh berbagai macam fasilitas penjualan lengkap dari pihak Bakmi dan Bakso Booster. 

Selain itu, pihak pusat juga akan membantu Sedulur dengan program pelatihan karyawan selama 2 minggu agar dapat menghasilkan makanan yang sesuai dengan standar mereka. Selanjutnya, Bakmi & Bakso Booster sendiri juga memiliki menu yang cukup bervariasi dengan harga yang sangat bersahabat.

8. Mie Kota Batavia

Kemudian ada franchise mie kekinian yang juga cukup populer adalah Mie Kota Batavia. Brand yang satu ini berada pada naungan Bakmi Naga Resto yang sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu. 

Sudah banyak sekali peluang bisnis yang Bakmi Naga Resto ini berikan kepada warga Indonesia. Dan Mie Kota Batavia sendiri sudah berhasil memiliki hingga lebih dari 30 outlet. Untuk modal franchise mie kekinian ini disinyalir mencapai Rp75 juta.

9. Mie Mie Grill Pan No. 1

Selanjutnya ada bisnis Mie Grill Pan No. 1 di Indonesia dengan modal terjangkau dan terbukti laris di pasaran. Franchise mie ini mengusung konsep mie pedas kekinian khas Garut dengan inovasi racikan bumbu rahasia.

Dengan proses memasak yang otentik, dijamin bikin pelanggan penasaran dan ketagihan. Jika Sedulur tertarik franchise ini, berikut yang akan Sedulur dapatkan.

  • Bahan baku eksklusif, peralatan, perlengkapan, semua tersedia lengkap.
  • Harga jual terjangkau dan terbukti laris di pasaran.
  • Training dan SOP lengkap bahkan bisa diberikan pelatihan khusus via Zoom untuk semua mitra.
  • Metode penelitian dan pengembangan menu secara berkala agar bisnis Sedulur jangka panjang dan selalu match dengan kebutuhan pasar.
  • No royalti fee, tanpa bagi hasil, dan bebas iuran tahunan mitra.

10. Mie Jadian 

Fenomena mie pedas kekinian atau Mie Jadian semakin menjadi jadi. Banyak brand besar yang bermain. Bahkan di setiap pembukaan outlet baru selalu antri panjang mengular, dan terus antri sampai sekarang. Untuk itu, Mie Jadian ini bisa menjadi pilihan. 

Kini hadir Mie Jadian dengan menu kekinian dan harga sangat hemat serta tidak bikin kantong bolong. Produk mereka juga pas dengan target marketnya generasi millenial dan generasi Z. Mie Jadian menyediakan menu minuman dan cemilan kekinian. Dengan menu beragam ini akan menjadi daya tarik lebih bagi konsumen semakin besar. 

Untuk paket franchise ada tiga, yaitu PAKET HAUNTING senilai Rp49 juta, PAKET STASHING senilai Rp3 juta, dan PAKET GHOSTING 7 juta. untuk lebih lengkapnya Sedulur bisa membuka website resmi mereka di miepedaskekinian.com.

BACA JUGA: Menjanjikan, 7 Ide Usaha Sarapan Pagi yang Praktis & Mudah!

Keunggulan Franchise Mie Kekinian

Unsplash/Christian Dala

Model bisnis franchise memang terkenal menawarkan berbagai keuntungan. Pasalnya mie pedas kekinian menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini. Ya, karena mie s dengan level peda pasti diminati banyak orang. Apalagi jika memiliki beragam level dengan harga murah.

Kunci dalam berjualan mie pedas adalah pada bumbu yang digunakan. Kemudian, harga yang murah tentu semakin menarik banyak peminat. Untuk itu, berikut beberapa alasan bisnis franchise mie pedas bisa menjadi pertimbangan.

1. Masyarakat Indonesia menyukai makanan mie

Karbohidrat merupakan salah satu zat yang sangat penting dalam keseharian manusia. Sehingga, selain menjadikan nasi sebagai makanan utama mereka, warga Indonesia juga menjadikan mie sebagai pilihan alternatif untuk memenuhi karbohidrat tersebut.

Sehingga, walaupun mie berasal dari negara Cina, banyak masyarakat Indonesia yang sudah jatuh cinta dengan makanan tersebut.

2. Proses penyajian dapat dimodifikasi secara penuh

Mie adalah bahan makanan yang memiliki waktu dan cara pengolahan yang terbilang cepat. Sehingga, banyak sekali waralaba mie kekinian yang memanfaatkan hal ini dengan menghadirkan variasi menu mereka masing masing. Mulai dari mie rebus, mie goreng, camilan, ataupun juga mie bakar.

Selain itu, mie juga dapat mereka sajikan dengan cita rasa pedas dengan level yang sangat tinggi. Itulah mengapa banyak dari pihak pengelola franchise berusaha menuangkan kreatifitas mereka agar para konsumen tidak merasa bosan dengan makanan mie yang itu itu saja.

3. Sedulur memiliki brand yang sudah dikenal

Karena brand telah dikenal oleh masyarakat, membuat mitra menjadi lebih mudah untuk menjual produknya. Jadi, segi promosi pun akan lebih ringan.

4. Memiliki sistem usaha yang jelas

Pihak yang membuka franchise tentu telah memiliki sistem usaha yang jelas, yang membuat mitra hanya perlu mengikuti sistem usaha dari pusat. Mereka juga telah memiliki target pasar yang jelas. Jadi, Sedulur tidak perlu lagi untuk mengamati bagaimana kondisi pasar, karena hal ini telah dilakukan oleh tim dari pihak kemitraan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi franchise mie pedas yang bisa menjadi pertimbangan. Tapi tentu saja, harga yang tertera di atas bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Bagi Sedulur yang ingin memulai bisnis, franchise mie pedas kekinian dapat menjadi pilihan.

Karena olahan mie merupakan salah satu makanan yang disukai oleh semua kalangan sehingga potensi bisnisnya terbuka lebar dan membuat Sedulur dapat meraih kesuksesan. Sedulur juga bisa mencari kebutuhan bisnis yang lengkap dengan belanja di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp. Selamat mencoba!