tips membuka bisnis kecantikan

Saat ini, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh sudah mulai tinggi. Hal ini terlihat dengan banyaknya klinik kecantikan yang berdiri dan memiliki banyak klien dan pasien. Jika Sedulur melihat ini sebagai sebuah peluang bisnis, maka Sedulur wajib tahu cara buka klinik kecantikan.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa tips dan cara buka klinik kecantikan yang bisa Sedulur lakukan dan terapkan. Tentu tujuannya agar Sedulur tidak salah dan bisa menjalankan bisnis di bidang kecantikan dengan lancar. Tanpa berlama-lama lagi, seperti apa saja cara buka klinik kecantikan yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita cek penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Tips & Trik Memulai Bisnis Toko Listrik dan Peluang Usahanya

Apa itu klinik kecantikan?

cara buka klinik kecantikan
iStock

Sebelum membahas tentang tips dan cara buka klinik kecantikan, tentu Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari klinik kecantikan itu sendiri. Secara pengertian, klinik kecantikan adalah sebuah tempat yang menyediakan layanan berupa treatment untuk kecantikan.

-->

Treatment yang diberikan mampu meningkatkan kecantikan seseorang. Kecantikan yang dimaksud itu, dalam hal pemeliharaan kulit sekitar area wajah, membantu mengencangkan kulit serta membuat wajah terlihat lebih cerah. Tentu hal ini yang membuat klinik kecantikan berbeda dengan salon.

Berbeda dengan salon, di klinik kecantikan customer akan dilayani dan dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kulit bersertifikat. Sehingga permasalahan kulit akan terselesaikan dengan baik dan profesional.

Tujuan mendirikan klinik kecantikan

Mandalyn Academy

Tujuan dari mendirikannya klinik kecantikan antara lain untuk membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan kulit, meningkatkan kecantikan dan melakukan pemantauan kulit jangka panjang. Setiap rencana perawatan kecantikan dan masalah kulit setiap pasien akan diawasi oleh dokter dan ahli.

Terutama dalam hal ini adalah dokter kulit yang secara spesifik mengerti secara mendalam tentang cara melakukan perawatan kulit dan kecantikan. Hal tersebut membuat pemeriksaan menjadi lebih aman dan tidak akan memiliki dampak yang buruk.

Jenis-jenis klinik kecantikan

Mash Moshem

Bukan hanya satu, terdapat beberapa jenis-jenis klinik kecantikan yang perlu Sedulur ketahui. Jenis-jenis ini juga oenting untuk Sedulur ketahui, karena dalam cara buka klinik kecantikan, Sedulur akan dituntut untuk memilih jenis klinik yang akan dibuka.

Tujuannya agar Sedulur bisa menjalankan klinik dengan fokus sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pasien dan klien. Berikut ini beberapa daftar dari jenis klinik kecantikan itu sendiri:

1. Klinik Kecantikan Pratama

Pertama untuk klinik kecantikan pratama yaitu klinik yang hanya menyelenggarakan pelayanan medik yang dipimpin langsung oleh dokter umum dan dilaksanakan juga oleh dokter umum. Untuk klinik kecantikan pratama ini dapat dimiliki oleh badan usaha dan juga perorangan.

2. Klinik Kecantikan Utama

Kedua yaitu klinik kecantikan utama, yaitu klinik kecantikan yang menyelenggarakan pelayanan medik secara spesifik ataupun pelayanan medik dasar yang dipimpin langsung oleh dokter spesialis. Untuk perizinan klinik utama ini harus dimiliki badan usaha berupa CV dan PT.

BACA JUGA: 5 Kesalahan Saat Menjalankan Bisnis Toko Kelontong

Cara buka klinik kecantikan

iStock

Nah, setelah mengetahui penjelasan di atas, tentu Sedulur harus mengetahui bagaimana cara buka klinik kecantikan. Untuk membuka klinik kecantikan, perizinan klinik kecantikan diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2014. Sedulur dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Membuat surat permohonnan

Cara buka klinik kecantikan yang pertama adalah dengan membuat surat permohonan serta melampirkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Surat ini akan ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan setempat sesuai dengan rencana pendirian klinik kecantikan tersebut.

Perihal persyaratan yang harus dipersiapkan dalam mengajukan surat permohonan mendirikan klinik kecantikan ini, dengan melampirkan fotokopi surat kelengkapan pendirian klinik, kelengkapan dari surat pendirian ini sebagai berikut:

  • FC Akta pendirian berbadan hukum dan KTP;
  • FC Persetujuan lingkungan;
  • FC IMB dan sertifikat tanah; FC perjanjian terkait pengelolaan sampah medik kepada pihak yang berwenang.
  • FC Surat Persetujuan Tetangga/Izin Gangguan dari Pemerintah Kabupaten/Kota. Akan tetapi, kewajiban untuk menyiapkan Surat Izin Gangguan sudah dicabut dengan Permendagri No.19 tahun 2017. Sedangkan, surat izin tetangga masih dibutuhkan untuk kepentingan perizinan tempat usaha.

2. Lengkapi informasi mengenai penanggung jawab teknis medis

Langkah kedua yang perlu Sedulur lakukan dalam cara buka klinik kecantikan yaitu dengan melakukan penunjukan penanggung jawab teknis klinik, ini penting untuk dilakukan agar Sedulur mendapatkan izin pembukaan klinik kecantikan itu sendiri.

Lalu Sedulur harus melampikan informasi mengenai penanggung jawab dengan lengkap, yaitu dengan melengkapi berkas-berkas di bawah ini:

  • Dokumen asli pengangkatan penanggung jawab teknis medis;
  • Dokumen kesiapan dari penanggung jawab medis;
  • FC KTP aktif;
  • FC Surat Izin Praktek (SIP); dan
  • FC sertifikat pendidikan dan pelatihan.

3. Melampirkan surat pernyataan kesediaan mengikuti peraturan

Langkah ketiga yang perlu Sedulur lakukan adalah dengan membuat dan melampirkan surat pernyataan kesediaan mengikuti peraturan. Surat ini ditandatangani langsung oleh pemilik serta penanggung jawab teknis medis yang telah ditunjuk di awal.

Surat ini harus disertai materai Rp. 10.000 baik untuk pemilik klinik maupun penanggung jawab teknis medis. Bagian ini merupakan hal penting dan bersifat mengikat karena menggunakan materai yang bernilai hukum.

4. Mencantumkan informasi akan tarif dan jenis pelayanan yang ditawarkan

Cara mendapatkan izin klinik kecantikan lainnya yaitu dengan mencantumkan informasi akan tarif dan jenis dari pelayanan yang ditawarkan. Draft dari informasi tarif dan jenis pelayanan ini harus sudah draft final dan tidak boleh diubah. Ini penting karena akan berkaitan dengan klien dan pasien nantinya.

5. Melampirkan NPWP

NPWP yang dimaksud bukanlah NPWP dari seorang pemilik klinik, melainkan NPWP usaha yang akan dikeluarkan oleh kantor pajak setempat. Pengurusan NPWP usaha ini Sedulur dapat langsung mengurusnya ke kantor pajak, yang sesuai dengan tempat usaha didirikan.

6. Mencantumkan informasi akan kelengkapan klinik

Bagian atau tahapan terakhir adalah mengenai informasi akan kelengkapan klinik disini yaitu, daftar peralatan, daftar obat-obatan yang digunakan, peta dan denah lokasi bangunan dan lainnya. Semua daftar tersebut juga harus dilampirkan dalam pengajuan izin mendirikan klinik kecantikan.

BACA JUGA: 10 Tips Bisnis Toko Sembako Agar Laris dengan Modal Kecil

Jenis layanan di klinik kecantikan

iStock

Selain cara buka klinik kecantikan di atas yang perlu Sedulur ketahui, Sedulur juga perlu mengetahui apa saja jenis layanan di klinik kecantikan yang bisa diberikan. Ini penting untuk diketahui sebagai sebuah gambaran. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Laser rejuvenation. Perawatan menggunakan mesin laser untuk meremajakan kulit dan menghilangkan flek hitam pada wajah.
  • Perawatan pijat wajah sekaligus memasukkan serum yang dapat membantu meremajakan dan meningkatkan kekenyalan kulit wajah.
  • Chemical peeling. Pengelupasan kulit wajah menggunakan cairan kimia yang aman untuk menstimulasi regenerasi kulit wajah.
  • Intense Pulse Light Hair Removal (IPL). Perawatan kulit wajah menggunakan gelombang cahaya Xenon intensitas tinggi yang dapat membantu meremajakan kulit.
  • Skin tite. Perawatan menggunakan mesin dan serum tertentu yang berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah.
  • Radio Frequency (RF). Perawatan yang memberikan efek mengencangkan atau meniruskan wajah.
  • Perawatan kecantikan untuk mengubah bentuk bagian wajah seperti hidung agar lebih mancung atau dagu agar lebih lancip, dengan menyuntikkan bahan khusus.

Prosedur layanan di klinik kecantikan

cara membuka klinik kecantikan
iStock

Secara umum, berikut adalah beberapa prosedur standar yang biasa dilakukan dokter kulit di klinik kecantikan. Sedulur bisa menyimak penjelasan yang ada di dalam daftar di bawah ini:

  • Dokter kulit akan menanyakan seputar kondisi kulit, penyakit kulit yang pernah diidap, dan perawatan yang pernah dijalani sebelumnya.
  • Dokter kemudian memeriksa kondisi kulit dengan mekanisme standar.
  • Setelah itu, dokter akan menyarankan perawatan yang dibutuhkan sesuai dengan jenis kulit.
  • Jika ada perawatan yang ingin dijalani, dokter juga akan memberi perimbangan apakah bisa dilakukan atau tidak, serta memberi tahu manfaat dan risiko efek samping dari prosedur yang akan dijalani.

Selain prosedur layanan di klinik kecantikan di atas. Berikut beberapa prosedur perawatan yang umum dilakukan di klinik kecantikan, berdasarkan jenisnya:

1. Chemical peeling

Prosedur dimulai dengan mengoleskan cairan yang mengandung asam glikolat atau asam trikloroasetat pada kulit.  Cairan tersebut kemudian bekerja membuat kulit terluar mengelupas, dan digantikan dengan lapisan kulit baru yang lebih muda, lembut, dan cerah.

2. Perawatan laser rejuvenation

Dokter akan memberikan obat anestesi untuk membuat mati rasa selama prosedur. Pada metode laser ablatif, dokter akan mengarahkan sinar laser pada wajah, untuk menghancurkan lapisan epidermis kulit dan merangsang pembentukan kolagen.

Sementara itu, pada laser non-ablatif, sinar laser diarahkan ke kulit tanpa menghilangkan lapisan epidermis.

3. Filler wajah

Dokter menyuntikkan cairan yang mengandung asam hialuronat ke beberapa bagian wajah yang ingin dibuat lebih bervolume. Setelah penyuntikkan, wajah mungkin mengalami sedikit pembengkakan dan kemerahan. Namun, efek ini hanya sementara.

BACA JUGA: Tips dan Cara Bisnis Papan Bunga, Bisa Untung Jutaan!

Persyaratan untuk menjadi Klinik Utama

iStock

Dari jenis klinik kecantikan di atas, disebutkan bahwa jenis Klinik Utama merupakan klinik kecantikan yang melebihi klinik pratama. Untuk menjadi Klinik Utama, ada beberapa hal yang perlu Sedulur lakukan.

Hal pertama yang harus Anda dapatkan yaitu perizinan dari pemerintah daerah Kabupaten/Kota. Kemudian Anda juga harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat. Selanjutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota bisa mengeluarkan rekomendasi setelah klinik tersebut memenuhi ketentuan persyaratan pendirian klinik.

Persyaratan tambahan

cara membuka klinik kecantikan
iStock

Mengenai kelengkapan dokumen yang harus disiapkan dalam hal pengajuan klinik utama, seorang pemilik atau penanggung jawab dokter spesialis harus melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  • Surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Daerah setempat;
  • FC KTP pemohon;
  • Surat permohonan dari badan hukum/perorangan;
  • Pas foto ukuran 3×4 (2 lembar dengan latar belakang berwarna merah);
  • Surat asli izin klinik;
  • FC izin bangunan;
  • FC dokumen SPPL, Upaya Pengelolaan Lingkungan (UPL);
  • FC Surat Tanda Registrasi (STR) dari dokter penanggung jawab;
  • Profil klinik yang akan diajukan sebagai klinik kecantikan utama lengkap dengan gambar umum klinik, tenaga kesehatan, peralatan, akomodasi, jenis pelayanan dan sketsa bangunan dalam skala;
  • Daftar tarif pelayanan klinik; dan
  • Persyaratan administrasi lainnya mengikuti peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat.

Syarat tambahan untuk klinik utama

cara membuka klinik kecantikan
iStock

Terdapat beberapa syarat tambahan lainnya untuk mendirikan klinik kecantikan utama, adapun beberapa persyaratan tambahan untuk klinik utama tersebut yaitu:

1. Wajib bekerja sama dengan rumah sakit

Untuk klinik utama ini wajibkan bekerjasama dengan rumah sakit, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang dialami oleh pasien dan harus dirujuk kerumah sakit. Sehingga, proses rujukan tidak memakan waktu yang cukup lama.

2. Wajib melampirkan salinan sertifikat tenaga kesehatan

Untuk persyaratan lainnya dalam mendirikan klinik utama, tidak hanya dokter yang harus melampirkan Surat Tanda Register, melainkan perawat yang bekerja di klinik tersebut juga.

3. Surat kuasa pengelolaan klinik

Untuk surat kuasa pengelola klinik ini hanya akan dibuat jika klinik tersebut tidak dikelola oleh pemiliknya, surat ini bertujuan untuk memberikan wewenang manajemen klinis kepada pihak yang ditunjuk sebagai penanggung jawab.

4. Surat pernyataan kebenaran

Persyaratan tambahan terakhir yaitu, membuat surat pernyataan kebenaran bahwa dokumen yang dilampirkan sebagai persyaratan pendirian klinik kecantikan tersebut adalah benar.

Bagaimana? Apakah dari penjelasan lengkap terkait cara buka klinik kecantikan di atas ada yang menghalangi Sedulur? Semuanya bisa Sedulur lakukan dengan mengikuti prosedur yang telah dijelaskan. Jangan lupa siapkan segala dokumen yang dibutuhkan agar bisnis bisa berjalan lancar.